cover
Contact Name
Ita Wulan Sari
Contact Email
lpmesstaifi@gmail.com
Phone
+6285959626769
Journal Mail Official
lp2m@stai-muafi.ac.id
Editorial Address
Jl. Lon Kebun Ketapang Daya Ketapang Sampang 69261
Location
Kab. sampang,
Jawa timur
INDONESIA
Islamic Economics And Finance Journal
ISSN : "_"     EISSN : 2962861X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
ISECO Journal is a scientific journal in the field of economics and Islamic economics. This journal is published by the Islamic Economics Study Program (ES) of STAI Muafi Sampang. Published manuscripts are in the form of scientific papers related to: 1) Scientific research in the fields of economics, banking and non-bank finance. 2) Problem solving in conceptual and methodological fields related to economics, banking and non-bank finance. 3) Islamic economics and Islamic finance. 4) Taxation, fiscal policy and microeconomics. 5) Theoretical study of economics and financial services.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2023): ISECO" : 6 Documents clear
ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA MASARAN BANYUATES TERHADAP ‎KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM Nur Intan Permata; Ahmad Fauzan
Islamic Economics And Finance Journal Vol 1 No 2 (2023): ISECO
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Muafi Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.71 KB) | DOI: 10.32806/iseco.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengelolaan dana Desa Masaran Banyuates terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat dalam perspektif Islam. Hal tersebut dikarnakan pembangunan ekonomi merupakan berbagai aktivitas dan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperluas lapangan kerja dan mengurangi pengangguran. Pengangguran dapat dikurangi dengan cara memperluas lapangan kerja dan melakukan pemerataan pendapatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor pendukung pengelolaan dana Desa di Desa Masaran Banyuates yakni adanya dukungan dari pemerintah dalam pengelolaan dana Desa dengan peraturan Bupati Nomor 32 Tahun 2016 tentang pengelolaan kuangan Desa serta peraturan Bupati Nomor 53 Tahun 2016 tentang kalender pengelolaan keuangan Desa. Pengelolan dana Desa yang dilaksanakan secara padat karya menguntungkan Masyarakat karna 30% Dari Dana Desa Harus diserap masayarakat. Faktor Penghambat Pengelolaan dana Desa yakni rendahnya sumber daya manusia pengelolaan kuangan Desa, kurangnya partisipasi aktif dari Masyarakat Desa Masaran Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang.
STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN IKAN ‎TERI PADA PT. MARINAL INDOPRIMA KABUPATEN SUMENEP‎ Haridah; Amiliya Fahroni
Islamic Economics And Finance Journal Vol 1 No 2 (2023): ISECO
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Muafi Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.136 KB) | DOI: 10.32806/iseco.v1i2.18

Abstract

Bauran pemasaran merupakan salah satu strategi yang diterapkan oleh perusahaan yang bergerak dibidang industri untuk mencapai tujuan dan target pasar. Variabel dalam bauran pemasaran dikenal dengan 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh PT. Marinal Indoprima Kabupaten Sumenep yang bergerak dibidang penjualan ikan teri. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh PT. Marinal Indoprima Kabupaten Sumenep berjalan sesuai tujuan dan target pasar yang telah direncanakan sehingga mampu meningkatkan volume penjualan serta menjual produknya ke kancah internasional seperti Negara Jepang dan Singapura.
IMPLEMENTATION OF ISTISNAK CONTRACT IN HOUSEHOLD EQUIPMENT ‎BUYING TRANSACTIONS (CASE STUDY OF FURNITURE ENTREPRENEURS IN ‎POTOAN DAYA VILLAGE, PALENGAAN PAMEKASAN)‎ Zainol Fata
Islamic Economics And Finance Journal Vol 1 No 2 (2023): ISECO
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Muafi Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.347 KB) | DOI: 10.32806/iseco.v1i2.21

Abstract

People in conducting transactions often do not know about the transactions being carried out. They carry out buying and selling transactions for household appliances in accordance with existing customs. It is the same with istisna' buying and selling contract transactions. In this study, the researchers focused on the problem of how the buying and selling system of household appliances is and how to apply the istisna contract to buying and selling household appliances in Potoan Daya Village, Palengaan Pamekasan. The researcher uses a qualitative approach, this type of research is descriptive, namely the data collected in the form of words and not numbers. In the research that has been done, the findings are based on the focus of the research, namely the system of buying and selling household appliances in Potoan Daya Village is in accordance with the provisions of the elements and pillars of buying and selling. The application of the istisna contract in the sale and purchase of household appliances in Potoan Daya Village is in accordance with sharia provisions because in the transaction the pillars and conditions have been fulfilled.
TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTEK SEWA MENYEWA RUKO ‎DI PASAR TRADISIONAL KETAPANG SAMPANG Nayofi
Islamic Economics And Finance Journal Vol 1 No 2 (2023): ISECO
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Muafi Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.793 KB) | DOI: 10.32806/iseco.v1i2.30

Abstract

Kebutuhan manusia di zaman modern ini sangatlah beragam, manusia dituntut untuk memenuhi kebutuhan tersebut guna melangsungkan kehidupan. Dalam memenuhi kebutuhannya yang saling membutuhkan diantaranya dengan banyak cara yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan salah satunya sewa-menyewa yang mana transaksi ijarah atau sewa-menyewa adanya perpindahan manfaat (hak guna), bukan perpindahan kepemilikan (hak milik). Jadi pada dasarnya prinsip ijarah sama saja dengan prinsip jual beli, tapi perbedaanya terletak pada objek transaksinya Sewa menyewa ruko adalah hubungan atau kesepakatan antara pemilik dan penyewa untuk sebuah ruko yang dipindah hak guna atau pemakaian dari pemilik asal terhadap penyewa dengan biaya, durasi dan aturan hukum syara’ dimana hal ini termasuk dari muamalah yang terprogram dalam perekonomian islam dan merupakan hubungan antara manusia dengan manusia yang dapat berubah sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan tempat. Praktek akad sewa menyewa ruko di pasar tradisional Ketapang ini tidaklah jauh berbeda dengan sewa menyewa biasanya di masyarakat sekitar. Apalagi dalam lokasi yang dianggap strategis karena berada dalam kawasan pasar yaitu pasar lebbeck dan dipraktekkan dengan dua cara yang diimplementasikan dalam sewa menyewa ruko di pasar tradisional Ketapang yakni: Pertama, Sewa menyewa secara lisan/ucapan saja yang mana hal ini biasa terjadinya ketika si penyewa masih ada ikatan kerabat ataupun orang dekat. Kedua, Sewa menyewa secara lisan yang diperkuat dengan adanya tulisan yang disebut dengan kata lain surat sewa antara pemilik dan penyewa demi menjaga kesalah pahaman di kemudian hari.
ANALISIS MANAJEMEN HOME INDUSTRI DALAM MENSEJAHTERAKAN ‎EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KETAPANG BARAT KECAMATAN ‎KETAPANG KABUPATEN SAMPANG (STUDI KASUS : HOME INDUSTRY ‎PISANG CAVENDISH)‎ Futuhal Arifin; Chairul Imam
Islamic Economics And Finance Journal Vol 1 No 2 (2023): ISECO
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Muafi Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.657 KB) | DOI: 10.32806/iseco.v1i2.31

Abstract

Adanya home industri pisang cavendish di ketapang barat serta manajemen yang diterapkan menjadikan sebagai lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar dan peluang kerja yang sangat menguntungkan bagi setiap orang yang bergabung bisnis pisang cavendish, dengan fasilitas adanya pendampingan dan jaminan pemasaran. faktor penghambat manajemen home industri pisang cavendish yaitu jenis virus baru pada akar yang berakibat buruk pada proses pertumbuhan pisang (bibitnya atau bahkan pisang yang sudah dewasa) saat ini masih belum menemukan pengendali yang lebih efektif untuk mencegah pertumbuhan virus baru pada akar, maka perlu adanya pengembangan pupuk atau obat yang tepat. Selanjutnya kurangnya pemahaman kandungan pupuk dengan tanah, maka perlu adanya pemberdayaan yang lebih terorganisir kepada semua pengelola dan karyawan lapangan yang berupa pemberdayaan pelatihan ini dapat membantu pekerjaan lebih mudah, produksi lebih bagus dan sistem kerja lebih baik. Faktor pendukungnya home industri pisang cavendish memiliki target pasar yang luas dari mulai ekspor ke china dan arab yang bekerja sama dengan banana express.
IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR ‎BRINGKONING DESA TLAGAH KECAMATAN BANYUATES KABUPATEN ‎SAMPANG Abdul Hasis; Rismanto
Islamic Economics And Finance Journal Vol 1 No 2 (2023): ISECO
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Muafi Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.359 KB) | DOI: 10.32806/iseco.v1i2.32

Abstract

Etika Bisnis Islam pada Pedagang Pasar merupakan seperangkat nilai tentang baik, buruk, benar, dan salah dalam dunia bisnis berdasarkan pada prinsip-prinsip moralitas. Tetapi di pasar Bringkoning terdapat permasalahan diantaranya sikap yang tidak ramah terhadap konsumen, hal tersebut ditandai dengan raut wajah yang tidak ramah dan Ketidak jujuran dalam berdagang merupakan sikap yang tidak baik, seperti halnya menyembunyikan cacat pada barang yang di jual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala pasar Bringkoning, pedagang dan konsumen. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako rata-rata berperilaku sesuai dengan ajaran Syariat Islam, karena memiliki sifat diantaranya:1) Jujur dalam menjelaskan produk. 2) Suka sama suka. 3) Tidak menipu takaran. 4) Mengutamakan kepuasan pelanggan. 5) Tidak menimbun barang. 6) Saling menghargai. 7) Tidak boleh iri. 8) Tidak boleh bersaing dengan cara yang salah. 9) Tidak meninggalkan sholat. 10) Berniat baik dan tidak jahat. 11) Berdoa dan bersedekah. 12) Niat ikhlas mengharap ridha’ Allah SWT.. 13) Niat mencari keuntungan dunia dan akhirat. 14) Tidak boleh bersumpah palsu. Tetapi ada sebagian pedagang yang berniaga tidak sesuai dengan Nila-nilai Islam disebabkan: 1) Tidak jujur. 2) Lalai terhadap shalat. 3) Menimbun barang. 4) Menipu takaran. 5) Tidak menghargai satu sama lain. 6)Bersaing secara tidak sehat. 7)Tidak mengutamakan kepuasan pelanggan. 8) Berniat jahat. Kedua, faktor pendukung implementasi etika bisnis Islam pada pedagang sembako diantaranya: 1) Memiliki keimanan yang kuat. 2) Berpendidikan. 3) Faktor keluarga.

Page 1 of 1 | Total Record : 6