cover
Contact Name
Abdul Gafur
Contact Email
abdulgafur@polbeng.ac.id
Phone
+6285265539135
Journal Mail Official
inovtekserimesin@gmail.com
Editorial Address
Jalan Bathin Alam Sungai Alam Bengkalis
Location
Kab. bengkalis,
Riau
INDONESIA
Inovtek Seri Mesin
ISSN : -     EISSN : 27471470     DOI : https://doi.org/10.35314/ism.v1i1
Inovtek Seri Mesin published original, theoretical, and applied research in the domain of mechanical engineering. The topics include, but not limited to : • Material & Manufacturing Production • Mechanical Design & Mechanism • Renewable Energy & Thermofluids • Mechatronics, Robotics, & Optoelectronics • Other related fields Research papers are examined through peer-reviewed process prior publication. The content of the research papers expose the depth of mechanical engineering research works. Aside from full-length articles, the journal also considers technical briefs, design innovation papers, reviews, discussions of published papers with rebuttal, book reviews, and editorials.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020)" : 8 Documents clear
Pengaruh Variasi Material Peredam Terhadap Getaran yang dihasilkan Genset 27 Kva di Galangan Perkapalan Politeknik Negeri Bengkalis Ade Safri Mahadar; Razali Razali
INOVTEK - SERI MESIN Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.736 KB) | DOI: 10.35314/ism.v1i1.1719

Abstract

Getaran ialah gerakan ossilasi disekitar sebuah titik. Vibrasi adalah getaran, dapat disebabkan oleh getaran udara atau getaran mekanis, misalnya mesin atau alat-alat mekanis lainnya. Getaran merupakan efek dari suatu sumber yang memakai suatu ukuran hertz. Getaran (vibrasi) adalah suatu factor fisik yang menjalar ketubuh manusia mulai dari tangan sampai keseluruh tubuh turut bergetar (oscilation) akibat getaran peralatan mekanis yang dipergunakan dalam tempat kerja. Hasil pengujian dengan 3 variasi peredam getaran karet, kayu manggis, dam kayu rambai mendapatkan nilai tertinggi dari peredam karet dengan nilai 1,92 m/s², nilai tertinggi dari peredam kayu manggis 1,08 m/s², dan untuk nilai tertinggi peredam kayu rambai 9,48 m/s².
Rancang Bangun Alat Penggiling Terasi dengan Variasi Diameter Lubang Pengeluaran Muhammad Taufiq; Akmal Indra
INOVTEK - SERI MESIN Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.657 KB) | DOI: 10.35314/ism.v1i1.1725

Abstract

Potensi perikanan Republik Indonesia memenangkan pasar MEA (Masyarakat EkonomiASEAN) dan produk makanan olahan hasil laut telah meraih green ticket yang dikeluarkan oleh USAFDA sehingga beberapa industri pengolahan hasil laut menembus pasar AS dan Eropa. Desa PanipahanKecamatan Pasir Limau Kapas sebagai besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Merekamemanfaatkan hasil tangkapan berupa udang rebon untuk diolah menjadi terasi, untuk mengetahuiperbandingan kapasitas hasil gilingan dengan variasi diameter lubang pengeluaran alat penggiling terasidan untuk mengetahui rendemen dengan variasi diameter lubang pengeluaran..Upaya untuk pembuatanalat ini menggunakan extruder yang berfungsi untuk menggiling udang rebon kebagian die.Hasildesakan udang rebon tersebut kemudian digiling dengan jumblah pisau penggiling 2 mata pisauyangdipasang bertingkat dengan kecepatan 1400 RPM dengan daya 1 Hp. Menggunakan sistempenggiling ini bahan baku dapat tergiling lembut yang kemudian dikeringkan dan dibentuk sesuai dengakebutuhan. Untuk menegetahui bahwa terasi hasil dari alat itu layak untuk dipasarkan ataupundikosumsi maka dilakukan pengujian densitas. Setiap perbedaan lubang keluaran maka berbanding lurusdengan perbedaan hasil berat terasi yang mana diameter lobang keluaran 3 mm menyusut dalam waktu8,49 menit, 8,55menit dan 9,11 menit. Diameter lubang keluaran 4 mm menyusut dalam waktu 6,29menit, 6,40 menit, dan 7,21 menit, dan diameter lubang keluaran 5 mm menyusut dalam waktu 6,9menit, 6,12 menit, dan 7,11 menit. Semakin lamawaktu penjemuran udang rebonsemakin basar pulanilai penyusutan pada berat udang, begitu juga semakin kecil lubang diameter dies akan menghasilkannilai densitas yang tinggi.
Penerapan Predictive Maintenance Pada Lubrication System Berdasarkan Analisa Getaran Mesin Caterpillar 3512b Unit 15 Pltd Bengkalis Ari Kuswara; Imran Imran
INOVTEK - SERI MESIN Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.524 KB) | DOI: 10.35314/ism.v1i1.1723

Abstract

Mesin caterpillar 3512b adalah mesin yang digunakan sebagai tenaga penggerak, dimana pada salah satunya difungsikan sebagai penggerak generator listrik. Pada PLTD Bengkalis menggunakan mesin diesel caterpillar 3512b sebagai tenaga penggerak generator untuk menyuplai listrik di pulauBengkalis, Mesin diesel ini mengalami penurunan performa pada lubrication system. Penerapan predictive maintenance untuk memprediksi terjadinya kegagalan yang terjadi pada komponen-komponen yang mungkin menyebabkan kegagalan pada lubrication system. didapatkan bahwa komponenkomponen lubrication yang kritis tersebut menjadi perioritas utama perbaikan yang berpotensi menyebabkan kegalan pada lubrication system sehingga menyebabkan gangguan pada mesin diesel caterpillar 3517b tersebut. Hasil dari pengujian getaran oil pump, nilai getaran yang terendah pada tekanan rendah arah sumbu Vertikal Horizontal dan Axial adalah 3,9 cm/s dan nilai getaran yangtertinggi pada pada arah sumbu radial Vertikal Horizontal dan Axial adalah dengan 3,75 cm/s. Beban normal nilai getaran yang terendah adalah pada arah sumbu Axial yaitu 3,39 cm/s dan nilai getaran yang tertinggi pada getaran normal arah sumbu Horizontal dan Vertikal yaitu 4,36 cm/s. Tekanan puncak arah sumbu horizontal adalah 4,40 cm/s dalam 1 menit dan nilai getaran yang tertinggi pada pada arah sumbu Vertikal adalah dengan 4,6 cm/s.
Analisa Pengaruh Penambahan Bioaditif Minyak Serai Wangi Pada Bahan Bakar Premium Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Absolute Revo 110 Joanly Saputra Sibarani; Alfansuri Alfansuri
INOVTEK - SERI MESIN Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.305 KB) | DOI: 10.35314/ism.v1i1.1722

Abstract

Semakin menipisnya cadangan minyak bumi saat ini dan diperkirakan habis 15-20 tahun lagi, membuat kelangkaan bahan bakar minyak akan sulit dihindari. Ide-ide mengenai bahan bakar alternatif pun mulai dipikirkan, baik pengembangan bahan bakar baru pengganti bahan bakar maupun penambahan bahan–bahan tertentu pada bahan bakar minyak. Penelitian ini akan menggunakan minyak serai wangi sebagai bioaditif pada bahan bakar premium, untuk mencari pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang sepeda motor, serta mendapatkan komposisi terbaik untuk campurannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan statistika deskripsitf untuk pemaparannya, dan analisis regresi untuk melihat seberapa besar pengaruhnya. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah premium (premium murni), premium + minyak serai wangi 2%, premium + minyak serai wangi 4%, premium + minyak serai wangi 6%,premium + minyak kayu putih 8%, dan premium + minyak kayu putih 10%.
Analisa Kegagalan Sistem Kemudi Rack and Pinion pada Mobil Listrik Laksmana V2 dengan Metode FMEA (Failure Mode Effect and Analysis) Muhammat Tarmizi; Razali Razali
INOVTEK - SERI MESIN Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.477 KB) | DOI: 10.35314/ism.v1i1.1724

Abstract

Sistem kemudi yang paling banyak digunakan yaitu sistem kemudi rack and pinion.Sistem kemudi kendaraan pada umumnya ditunjang dengan mekanisme power steering untukmenunjang keamanan dan kestabilan. Mekanisme power steeringyang banyak digunakan yaitu hidrolikpower steering dan electrical power steering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi carakerja dan kegagalan yang terjadi pada kemudi tipe rack and pinion pada mobil listrik laksmana V2penelitian ini di lakukan di bengkel teknik mesin politeknik negeri Bengkalis metode di gunakan untukmenganalisa kegagalan sistem kemudi rack and pinion dengan metode (failure mode effect andanalysis). Dari hasil penelitianterdapat 3 kegagalan fungsi sistem kemudi pada mobil listrik yaitu gerakbbas sudut dan kesetabilan sistem kemudi yang mana yang paling berpotensi kerusakan pada sudutroda.
Halaman Sampul, Tim Redaksi dan Daftar Isi Irmayanti -
INOVTEK - SERI MESIN Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.908 KB) | DOI: 10.35314/ism.v1i1.1734

Abstract

Analisis Resiko Kerusakan pada Mesin Doosan GV180 TI dengan Menggunakan Metode FMEA untuk Meningkatkan Kinerja Pemeliharaan Preventif 750 Running Hours pada PLTMG PT. Bima Golden Powerindo Site Melibur Abdul Wahid Muharram; Razali Razali
INOVTEK - SERI MESIN Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.11 KB) | DOI: 10.35314/ism.v1i1.1727

Abstract

Keandalan pembangkit listrik merupakan kemampuan suatu peralatan atau komponen listrikdalam melakukan fungsi operasinya pada priode waktu dan kondisi operasi tertentu. Sehingga dapatmenghasilkan energi listrik dan mampu melayani pasokan listrik ke konsumen. Untuk mendukungkeandalan tersebut digunakan sistem pendukung keputusan dan analisa resiko yang dapatmengidentifikasi potensi penyebab dan dampak terjadinya kerusakan pada komponen pembangkit listrikdengan menggunakan FMEA. Dengan mengunakan sistem ini akan didapatkan prioritas pemeliharaanperalatan berdasarkan nilai RPN. Keandalan peralatan yang tinggi didapatkan dengan dukunganpemeliharaan yang terencana melalui metode pemeliharaan preventif. Kinerja preventif dan FMEA,diukur berdasarkan target kinerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hasil dari nilai RPN tertinggipada PLTG yaituvalve in/exe (180) dan sparklug (140) diharapkan menjadi bahan evaluasi perusahaanuntuk meningkatkan keandalan serta perlakuan resiko yang tepat dalam kegiatan operasionalpembangkit listrik.
Analisa Pengaruh Variasi Waktu Penyambungan Terhadap Kekuatan Tarik Dan Uji Liquid Penetrant Test pada Aluminium 6061 Menggunakan Metode Friction Welding Sebri Yenaldi; Alfansuri Alfansuri
INOVTEK - SERI MESIN Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Politeknik Negeri Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.45 KB) | DOI: 10.35314/ism.v1i1.1726

Abstract

Las gesek (Friction Welding) merupakan salah satu teknologipengelasan terbaru dimana biayaproduksinya lebih rendah dan sambungan yangdihasilkan juga berkualitas baik. Denganmengkombinasikan panas dan tekanan makadua buah logam yang sama maupun tidak sama bisatersambung. Dalam penelitian ini akan menganalisa pengaruh variasi waktu penyambungan 60, 70, dan80 detik terhadap kekuatan uji tarik dan uji liquid penetrant test pada aluminium 6061. Hasil penelitianmenujukan ada perbedaan bentuk dan kekuatan dari ketiga variasi waktu tersebut. Berdasarkan nilaitegangan tertinggi dari ketiga variasi waktu terdapat pada variasi waktu 80 detik yaitu sebesar 90.04N/mm², sedangkan nilai terendah dari ketiga variasi waktu terdapat pada variasi waktu 60 detik yaitusebesar 40.39 N/mm². Sedangkan nilai regangan tertinggi dari ketiga variasi waktu terdapat padavariasi waktu 80 detik yaitu sebesar 3.53 %, sedangkan nilai terendah dari ketiga variasi waktu terdapatpada variasi waktu 60 detik yaitu sebesar 2.36 %. Berdasarkan standarisasi penerimaan hasil pengujianliquid penetrant test pada variasi waktu 80 detik masih diterima, sedangkan 60 dan 70 ditolak karenasudah melebihi batas toleransi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8