cover
Contact Name
Rahmat Perdana
Contact Email
rahmat260997@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpaii.cic@gmail.com
Editorial Address
Cahaya Ilmu Cendekia Publisher, Jambi, Indonesia 36361
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII)
ISSN : 27220397     EISSN : 2722628X     DOI : 10.37251/jpaii
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) is a double-blind peer-reviewed education and teacher training journal. JPAII is intended to provide academic forums for researchers interested in discussing current and future education and teacher training issues, especially in the Muslim world. All articles will be reviewed by experts before being accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of the published articles. JPAII is published four a year in March, June, September, and December. JPAII accepts unpublished, high-quality, original research manuscripts from quantitative, qualitative, and mixed research methodologies related to or associated with Islamic education. These issues include but are not limited to, practices, policies, and research in Islamic education from early childhood education to higher education which cover: Studies in Social Education; Studies in Science Education; Mathematics Education; Management Education; Teaching & Learning; Quality Education; Education Development & Society; Educational Technology; Language Education; Philosophy of Education; Religious Education; Teacher Education; Early Childhood Education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2020): December" : 5 Documents clear
Peran Guru Pai Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Pada Siswa Smp Negeri 1 Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe Aribani Janis
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 4 (2020): December
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.824 KB) | DOI: 10.37251/jpaii.v1i4.685

Abstract

Tujuan Penelitian: untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remajapada siswa SMP Negeri 1 Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Metodologi: tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kecamatan Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Data diperoleh dari wawancara, diman aprosedur pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan dilanjutkan dengan metode wawancara/interview, analisis data menggunaka metode deskriptif, deduktf, dan induktif Temuan Utama: Mengenai kenakalan terjadi di SMP Negeri 1 Nusa Tabukan, setiap peserta didik masing-masing memiliki kenakalan yang berbeda-beda, tetapi pada umumnya jenis kenakalan yang ada meliputi peserta didik sering terlambat ke sekolah, bolos di jam pelajaran dan tidak hadir tanpa keterangan atau alpa. Selain itu jarak rumah dan sekolah sangat jauh sehingga menyebabkan siswa terlambat masuk ke sekolah. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penelitian ini termasuk penelitian studikasus yang meneliti tentang bagaimana peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja pada Siswa SMP Negeri 1 Nusa Tabukan dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam menanggulangi kenakalan remaja pada peserta didik di SMP Negeri 1 Nusa Tabukan.
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Sumbergepol Tulungagung Binti Kurniatin
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 4 (2020): December
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.464 KB) | DOI: 10.37251/jpaii.v1i4.686

Abstract

Tujuan Penelitian: untuk menjelaskan Pelaksaan, Metode guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung dan faktor dan menghambat dan mendukung dalam pembentukan karakter religius tersebut. Metodologi: penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, sampel penelitian ini guru PAI di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, instrumen yang digunakan berupa wawancara, anais data menggunakan miles and huberman. Temuan Utama: hasil penelitian ini yaitu guru harus membentuk karakter religius siswa, Karena dalam pembiasaan ini menjadi tumbuh dan berkembang dengan baik dan tentunya dengan pembiasaan-pembiasaan yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga muncul suatu rutinitas yang baik dan tidak menyimpang dari ajaran agama Islam. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: peneitian ini fokus pada karakter religius siswa pada pembelajaran Agama Islam
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Wanada Siti Salsabilah
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 4 (2020): December
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.312 KB) | DOI: 10.37251/jpaii.v1i4.687

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui perencanaanguru pendidikan agama islam yang digunakan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri Bengkulu. Metodologi: metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitiandeskriptif, instrumen penelitian yaitu wawancara dan dokumentas, dan analisis penelitian menggunakan miles and huberman. Temuan Utama: hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perencanaan guru pendidikan agama Islam di MTs Negeri Bengkulu berupa administrasi pembelajaran, yaitu penyusunan RPP untuk proses belajar mengajar di dalam kelas dan penentuan cara yang tepat untuk diterapkan engan melihat kondisi siswa. Dari perencanaan tersebut maka guru PAI dapat dengan mudah menyampaikan materi pembelajaran melalui RPP dan juga mengetaui cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri Bengkulu Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Motivasi belajar pendidikan agama islam dan Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam di MTs Negeri Bengkulu.
Implementasi Thariqah Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Rabbani Tembilah Ismih Raudah; M Ridwan; Seri Yanti Siagin
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 4 (2020): December
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.752 KB) | DOI: 10.37251/jpaii.v1i4.688

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana implementasi thariqoh qira’ah dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi thariqoh qira’ah dalam pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Insan Rabbani Tembilahan. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel sumber data penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yaitu: guru bahasa Arab dan peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teori Miles dan Hubbermant yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Temuan Utama: Hasil analisis data melalui wawancara dan dokumentasi disimpulkan bahwa: implementasi thariqoh qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Insan Rabbani Tembilahan dengan langkah penyajian berikut: (a) appersepsi dan pretest, (b) peserta didik membuka buku dan menyimak bacaan, (c) peserta didik mengulangi bacaan, (d) diskusi dan tanya jawab, (e) bacaan dibuat sederhana dan mudah dimengerti, (f) memberikan penjelasan dan menuliskan arti kata-kata sulit di papan tulis, (g) di akhir pertemuan guru memberikan tugas. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: kurangnya motivasi dan semangat belajar peserta didik dan masih terdapat peserta didik yang kesulitan dalam membaca huruf Arab. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini digunakan metode qira’ah. Hal ini dikarenakan bahwa metode ini memprioritaskan keterampilan membaca peserta didik, tanpa mengesampingkan porsi tiga keterampilan lainnya.
Pengaruh Pelaksanaan Metode Diskusi Oleh Siswa Terhadap Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah An-Najah Desa Petalongan Kecamatan Keritang Ngafini Ngafini; Syarifudin Syarifudin; Faridatul Munawaroh
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 4 (2020): December
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.04 KB) | DOI: 10.37251/jpaii.v1i4.689

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pelaksanaan metode diskusi pada pembelajaran pendidikan agama Islam, bagaimana karakter siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, apakah terdapat pengaruh antara pelaksanaan metode diskusi oleh siswa terhadap karakter siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Metodologi: Subjek yang diteliti adalah siswa, adapun objeknya pengaruh pelaksanaan metode diskusi oleh siswa terhadap karakter siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 siswa kelas VII dan VIII. Pengumpulan data menggunakan angket dengan jenis skala likert untuk variabel X dan Y. Adapun teknik analisa data menggunakan rumus uji regresi sederhana. Temuan Utama: Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah An-Najah Desa Petalongan Kecamatan Keritang mencapai angka 74,31% termasuk katagori BAIK kerena angka 74,31% berada pada interval 61%-80%. Terdapat pengaruh pelaksanaan metode diskusi oleh siswa terhadap karakter siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Madrasah Tsanawiyah An-Najah Desa Petalongan Kecamatan Keritang. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Dalam pembelajaran pendidikan agama islam guru menggunakan berbagai metode termasuk salah satunya adalah metode diskusi dengan menggunakan metode diskusi siswa saling berkomunikasi satu sama lain untuk menentukan jawaban dari yang ditugaskan guru hanya saja dalam penerapan

Page 1 of 1 | Total Record : 5