cover
Contact Name
Rahmat Perdana
Contact Email
rahmat260997@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpaii.cic@gmail.com
Editorial Address
Cahaya Ilmu Cendekia Publisher, Jambi, Indonesia 36361
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII)
ISSN : 27220397     EISSN : 2722628X     DOI : 10.37251/jpaii
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) is a double-blind peer-reviewed education and teacher training journal. JPAII is intended to provide academic forums for researchers interested in discussing current and future education and teacher training issues, especially in the Muslim world. All articles will be reviewed by experts before being accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of the published articles. JPAII is published four a year in March, June, September, and December. JPAII accepts unpublished, high-quality, original research manuscripts from quantitative, qualitative, and mixed research methodologies related to or associated with Islamic education. These issues include but are not limited to, practices, policies, and research in Islamic education from early childhood education to higher education which cover: Studies in Social Education; Studies in Science Education; Mathematics Education; Management Education; Teaching & Learning; Quality Education; Education Development & Society; Educational Technology; Language Education; Philosophy of Education; Religious Education; Teacher Education; Early Childhood Education.
Articles 76 Documents
Penggunaan metode STAD untuk meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam Syamsuri Syamsuri
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jpaii.v1i1.60

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini dimaksudkan untukmenjawab permasalahan: 1) Bagaimana metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajarsiswa terhadap mata pelajaran PAI di kelas V SDN 135/X Bangun Karya. 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas V SDN 135/X Bangun Karya. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindangan kelas (Class Action Research). Hasil Temuan: Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru, pengamat dan siswa melalui observasi. Dengan lima komponen metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I rata-rata 60% meningkat menjadi 80% pada siklus II sehingga terdapat peningkatan sebesar 20%. Keterbaruan: Penggunaan Model STAD mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama secara efektif.
Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler palang merah remaja terhadap prestasi siswa di SMPN 20 Kota Bengkulu Rahmat Sanjaya
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jpaii.v1i1.61

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk membentuk manusia yang berkualitas atas bukanlah hal yang mudah tetapi harus diusahakan dengan kerja keras dan pengorbanan yang tidak sedikit. Salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui jalur pendidikan.Melihat fenomena yang ada, melalui kegiatan ekstrakulikuler Palang Merah Remaja inilah siswa dibiasakan dan dilatih untuk berprilaku disiplin dalam segalah hal. Sehubungan dengan masalah tersebut peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Terhadap Prestasi Siswa Di SMPN 20 Kota Bengkulu. Metodologi: Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dan menggunakan metode Deskriptif, ada pun yang dimaksud dengan metode penelitian itu adalah suatu cara atau langkah yan ditempuh dalam mengumpulkan, mengorganisasikan, menginterprestasi data. Temuan utama: Dari uji R square. tabel nilai .r. product moment, ternyata .r. hitung lebih lebih dari pada .r. tabel, dengan nilai r hitung >rtabel = ( 0,467 > 0,361 )pada taraf signifikasi 5% (0,361), dengan demikian hipotesis (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan hipotesis (Ho) ditolak. Hassil dari uji T bahwa t hitung> t tabel (2,428 > 1,701). Karena t hitung> t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa. Dan dari hasil uji t pula, diketahui nilai sign. 0,003 lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar. Keterbaruan: Dengan mengikuti kegiatan ekstrakuliker palang merah remaja, mampu meningkatkan prestasi yang dimiliki oleh siswa.
Identifikasi karakter disiplin siswa Madrasah Tsanawiyah Syifa’ul Qulub pada mata pelajaran akidah akhlak Wisnu Ardi Desmawan; Gusti Nugroho
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jpaii.v1i1.62

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakter disiplin yang dimiliki oleh siswa madrasah tsanawiyah pada mata pelajaran akidah akhlak Metodologi: Tipe penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain penelitian survei dengan diperkuat dari hasil wawancara. Dimana Jumlah dari seluruh sampel dari penelitian ini adalah 40 siswa yang diambil dengan berdasarkan teknik purposive sampling. Temuan utama: Dari hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa siswa telah memiliki karakter disiplin yang baik yaitu sebesar kategori baik sebesar 43,75% untuk laki-laki dan 38,2% untuk perempuan serta penyebaran angket dengan hasil laki-laki sebesar 50% dan perempuan sebesar 29,4% . Keterbaruan: Dengan mengetahui karakter yang dimiliki oleh siswa, guru mampu memilih model pembelajaran yang sebagaimana yang, cocok untuk diimplementasikan didalm pembelajaran.
Meningkatkan pemahaman konsep sejarah agama Islam melalui strategi Indexii Card Match di kelas xii MA Syifa’ul Qulub Risma Setya Suryani; Gusti Nugroho
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jpaii.v1i1.63

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Indexii Card Match dalam mendeskripsikan pemahaman konsep Sejarah agama islam peserta didik dikelas XII Madrasah Aliyah Syifa’ul Qulub. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dan tempat penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Syifa’ul Qulub. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Temuan utama: Pada kondisi awal nilai rata-rata peserta didik adalah 58,1, pada siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 67,2. Kemudian setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 84,9. Sebelum dilaksanakan penelitian, peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari sama 75 sebanyak 7 peserta didik (28%). Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan strategi Indexii Card Match dapat meningkatkan pemahaman konsep Sejarah agama islam peserta didik di Kelas XII Madrasah Aliyah Syifa’ul Qulub. Keterbaruan: Dalam mengimplementasikan indexii card match, dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam konsep sejarah islam yang diajarkan.
Konsepsi pola pendidikan agama Islam menurut Surat Luqman dan Hadits Tarbawi dalam mewujudkan Akhlaqul Karimah Muhammad Safrizal
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jpaii.v1i1.64

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsepsi pola pendidikan agama Islam menurut Surat Luqman dan Hadits Tarbawi dalam mewujudkan akhlaqul karimah. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah bersifat kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui analisis dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis), dengan pendekatan tafsir ayat-ayat pendidikan akhlak Luqman (telaah Surat Luq-man ayat 13-19). Temuan utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Surat Luqman dan Hadits Tarbawi mengandung konsep tentang urgensi akhlaqul karimah. Tujuan konsep pendidik-an akhlak dalam Surat Luqman adalah mewujudkan akhlaqul karimah; adapun materi-materi pendidikannya meliputi pendidikan akhlak terhadap Allah, kedua orangtua, diri sendiri, dan segenap manusia; serta metode yang digunakan dalam konsep pendidikan Luqman adalah metode mauizhah (nasihat). Keterbaruan: Penciptaan akhlaqul karimah dengan mengimplementasikan konsep dengan pola pendidkan islam menurut surat luqman dan hadits tarbawi.
Strategi guru pendidikan agama Islam untuk menanamkan pendidikan karakter religius di sekolah dasar Mukhliso Mukhliso
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 1 (2020): March
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jpaii.v1i1.65

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi guru tentang pentingnya pendidikan karakter agama di sekolah dasar dan untuk menggambarkan pelaksanaan pendidikan karakter agama di sekolah dasar. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Temuan utama: Dari hasil penelitian dan diskusi dapat disimpulkan bahwa SDN 122/IX Petaling adalah sekolah dasar yang mencerminkan karakter keagamaan yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari pandangan guru tentang pentingnya pendidikan karakter agama dan juga dibuktikan dengan implementasi pendidikan karakter agama di sekolah. Keterbaruan: Melihat strategi guru pendidikan agama islam dalam menanmkan karakter religious siswa untuk mendukung kehidupan siswa sehari-hari.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menguatkan Sikap Kejujuran Peserta Didik di Sekolah Dasar Ida Nurdianti; Waliyo Waliyo
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 2 (2020): June
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jpaii.v1i2.94

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya sikap jujur (kejujuran) peserta didik di sekolah dasar dan untuk mengetahui serta menggambarkan bagaimana peran peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menguatkan kejujuran seorang peserta didik. Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu seluruh guru dan peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Temuan Utama: Dari hasil penelitian dan diskusi maka disimpulkan bahwa SD Negeri 190/VIII Perintis adalah sekolah yang memiliki peserta didik dengan kejujuran yang lumayan tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana perlakuan peserta didik mengenai berbagai upaya yang dilakukan oleh guru dalam menguatkan sikap jujur di sekolah. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Dengan mengetahui bagaimana tingkat kejujuran dari peserta didik, maka guru akan memberikan berbagai upaya yang tepat dalam melakukan penguatan sikap jujur di sekolah.
Menumbuhkan Sikap Cinta kepada Allah dan Makhluknya melalui Pendidikan Karakter Wanada Siti Salsabilah
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 2 (2020): June
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jpaii.v1i2.100

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini menjelaskan bagaimana cara menumbuhkan sikap cinta kepada Allah dan makhluknya melalui pendidikan karakter. Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi di sekolah dasar negeri 136/IX Desa Talang Belido Kabupaten Muaro Jambi. Temuan Utama: Pendidikan karakter dalam menumbuhkan rasa cinta kepada Allah dan makhluknya sudah diterapkan di sekolah dasar negeri 136/IX. Salah satunya adalah mengajarkan peserta didik untuk saling menyayangi sesama makhluk Allah SWT. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Pendidikan karakter dapat digunakan sebagai sarana dalam menumbuhkan sikap cinta kepada Allah dan makhluknya.
Pedidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Al-Qur’an Ratnawati Ratnawati; Yanuar Triadi
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 2 (2020): June
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37251/jpaii.v1i2.101

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman karakter pada anak yang berbasis pada Al-Quran. Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualtitatif. Temuan Utama: Peneliti menemukan hal yang luar biasa mengenai penanaman karakter dengan melalui metode Al-Quran. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penanaman karakter melalui metode Al-quran sangat memiliki efek yang luar biasa.
Pedidikan Agama Islam Sebagai Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Muhammad Toto Nugroho; Sunaikah Sunaikah
Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) Vol. 1 No. 2 (2020): June
Publisher : Cahaya Ilmu Cendekia Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.636 KB) | DOI: 10.37251/jpaii.v1i2.102

Abstract

Tujuan Penelitian: tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana Pendidikan Agama Islam mampu untuk membentuk karakter bertanggung jawab pada diri peserta didik disekolah dasar Metodologi: peneli menggunakan metode kajian kepustakaan, yaitu memanfaatkan sumber dari jurnal dan artikel. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dengan cara memilih, membandingkan, menggabungkan dan memiliah informasi hingga menemukan informasi yang relevan. Temuan Utama: Pembentukan karakter tanggung jawab melalui Pendidikan Agama Islam dapat dilakukan dengan cara, penanaman konsep tanggung jawab pada peserta didik, pembiasan, penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dan penggunaan teknik klarifikasi nilai. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penelitian ini sangat bermanfaat bagi setiap individu dalam membentuk karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan agama islam.