cover
Contact Name
Agus Dian Mawardi
Contact Email
jurnalq17@gmail.com
Phone
+6285654963323
Journal Mail Official
jurnalq17@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pematon No.10 Komplek Pembangunam I RT.18 RW.02 Banjarmasin Barat, Kode Pos 70116
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JIS : Journal ISLAMIC STUDIES
ISSN : -     EISSN : 29632072     DOI : -
JIS : Journal ISLAMIC STUDIES adalah jurnal peer-review sebagai publikasi multi-disiplin yang didedikasikan untuk studi ilmiah tentang semua aspek keislaman dan dunia Islam, khususnya pada karya-karya yang berhubungan dengan pendidikan islam, sejarah islam, politik islam, ekonomi islam, sosiologi islam, hukum islam, Psikologi islam, filsafat islam.
Articles 41 Documents
Inovasi Pengembangan Sekolah Dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Dalam Manajemen Strategi Pemasaran Di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta Ayep Rosidi
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.492 KB)

Abstract

Inovasi pengembangan sekolah dan peningkatan kualitas pelayanan dalam manajemen strategi yang dilakukan dalampenelitian ini bertujuan mengetahui manajemen pemasaran pendidikan di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdiri dari 3 aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pemasaran pendidikan di SD Muhammdiyah Kleco adalah dengan pembentukan Tim Inovasi Pengembangan Sekolah (TPIS) yang memiliki tugas dan tanggung jawab antara lain untuk: 1) meningkatkan kualitas pelayanan 2) meningkatkan kualitas akademik 3) menambah fasilitas 4) menambah menu/produk sekolah 5) mengadakan promosi dan 5) mendesin penampilan. Tim tersebut terdiri dari dua, yaitu tim inti dan tim pendukung di bawah koordinasi Waka bidang humas.
Visi Dan Misi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kulonprogo Yogyakarta Dalam Implementasi Manajemen Strategic Irwanto
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.279 KB)

Abstract

Visi dan Misi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kulonprogo Yogyakarta dalam implementasi manajemen strategic yang dilauakn dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Visi Misi dan mengkaji implementasi manajemen strategi pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kulonprogo. Penelitian ini bersifat studi kasus yang mengumpulkandata tentang wawancara dan dokumentasi. Hasilnya menunjukan bahwa implementasi manajemen strategik terkait visi dan misi Madrasah Ibtidaiyah dan stekholder dengan melakukan analisi swot. Dilanjutkan dengan menentukan target yang ingin di capai, kemudian diikuti dengan penentuan strategi yang akan di gunakan oleh madrasah demi terealisasinya semua target mutu yang telah di rumuskan dan di sepakati. Implementasi strategi terkait visi dan misi Madrasah Ibtidaiyah yang dilakukan di MIN 1 Kulonprogo yaitu dengan membuat tim tim tiap bidang untuk melaksanakan semua strategi yang sudah di buat dalam bentuk kegiatan kegiatan terprogram dan terukur. Evaluasi yang di gunakan oleh MIN 1 kulonprogo yaitu dengan mengadakan rapat formal mingguan.
Pluralisme: Pandangan Dan Perspektif Seminar Regional Lintas Agama Dalam Membangun Kesamaan Visi Kemajemukan Agama-Agama Di Palangka Raya Latifah
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.002 KB)

Abstract

Perspektif yang dikembangkan oleh para tokoh agama dalam tulisan ini merupakan bagian dari pemaknaan kembali, betapa pentingnya kesamaan pemahaman tentang agama yang dianut oleh masing-masing umatnya, menjadi sarana pemersatu bagi terwujudnya harmonisasi yang hakiki, sehingga perbedaan agama justru melahirkan kebersamaan visi yang diwarnai oleh nilai-nilai agama masing-masing, karena itu perlu ditumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan, sebagaimana pandangan mengatakan bahwa: terdapat 2 hal penting yang harus dibangun dalam konteks keberagaman dan multikultural: pertama, Islam secara terbuka dan jujur mengakui keberadaan agama-agama terdahulu atau agama-agama lain yang hidup sezaman. Islam juga siap untuk menerima kehadiran agama-agama lain untuk hidup berdampingan (koeksostensi) secara layak. Kedua, lebih dari sekedar koeksistensi, Islam mengarahkan penganutnya untuk menunjukkan secara demonstratif kesiapan hidup dalam kolaborasi, kerjasama, saling memberi dan menerima dengan siapapun yang menjadi tetangga iman, tetangga etnik dan tetangga kultur mereka.
Resistensi Perubahan Dan Strategi Mengatasi Mutu Pendidikan Pada MAN 2 Kota Malang Rina Widjajanti
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.914 KB)

Abstract

Pelaksanaan evaluasi pada MAN 2 Kota Malang dilakukan secara terus menerus melibatkan manajemen tertinggi atau puncak dan stakeholder madrasah baik jangka pendek, menengah dan panjang melalui instrumen evaluasi diri madrasah, guru dan benchmarking untuk meningkatkan kinerja madrasah dan mutu pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa profil MAN 2 Kota Malang mendeskripsikan 1) visi, misi, 2) tujuan, 3) sasaran dan profil sumber daya madrasah. Implementasi strategi pada MAN 2 Kota Malang dilakukan melalui aktivitas lingkungan internal dan eksternal sekolah yang dideskripsikan melalui struktur organisasi sekolah, teamwork dan pembagian tugas madrasah, hari dan waktu belajar, aset pembiayaan, kurikulum, promosi madrasah, penerimaan siswa baru, budaya madrasah, kode etik, kebijakan madrasah, keberadaan lingkungan geografis, demografis, lingkungan budaya dan apresiasi masyarakat, kebijakan pemerintah, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, keterlibatan komite madrasah, lembaga pendukung atau yang bermitra, alumni dan implementasi strategik dalam upaya memenuhi standar pendidikan nasional.
Transformasi Pendidikan Islam Dalam Pendekatan Manajemen Di Era Super Smart Society (Society 5.0) Suprapti
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.73 KB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan sarana yang diharapkan mampu menjembatani berbagai cabang ilmu pengetahuan dengan perspektif Islam. Secara konseptual, pendidikan Islam sebenarnya sangat kaya namun cenderung normative. Sehingga dibutuhkan paradigm baru agar pendidikan Islam itu lebih membumi. Oleh karena itu, perubahan pengelolaan pendidikan Islam diharapkan lebih praktis dan adaptif terhadap perkembangan jaman. Di era super smart society (society 5.0) yang menuntut semua keilmuan berbasis teknologi, pendidikan Islam harus bertransformasi menuju konsep pendidikan yang lebih bersentuhan dengan realitas. Melalui manajemen tansformasi ini pendidikan Islam melakukan transformasi secara masif terhadap organisasi pendidikan Islam melalui pendekatan-pendekatan yang ada dalam manajamen transformatif atau manajemen perubahan mulai dari perumusan orientasi pendidikan Islam, pembaruan kurikulum, penyiapan sumber daya manusia, strategi pembelajaran, perubahan model evaluasi, evaluasi kebijakan, dan perubahan manajemen di semua satuan pendidikan Islam.
Peran Kepemimpinan Transformasional Terhadap Manajemen Sekolah Rina Priarni
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.536 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode pencarian data, atau cara pengamatan (bentuk observasi) secara mendalam terhadap tema yang diteliti untuk menemukan ‘jawaban sementara’ dari masalah yang ditemukan di awal sebelum penelitian ditindaklanjuti. Dengan kata lain Penelitian kepustakaan merupakan metode dalam pencarian, mengumpulkan dan menganalisi sumber data untuk diolah dan disajikan dalam bentuk laporan Penelitian Kepustakaan untuk memberikan gambaran mengenai Peran Kepemimpinan Tranformasional terhadap Manajemen Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan transformasional memberikan pengaruh terhadap pelaksanaan manajamen di Lembaga sekolah yaitu manajemen berdasarkan fungsinya yaitu perencanaan, pengorganisaian, pengkoordinasian, pengaturan dan pengawasan. Kepala sekolah juga berperan sebagai pemimpin yang mengetahui tugas dan peranannya sebagai pemimpin yaitu educator, manajer, pemimpin, administrator, supervisor, pencipta iklim kerja
Kemampuan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Melalui Pendekatan Pembelajaran Terpadu Pada MIN 3 Kota Banjarmasin Mahmudah
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.947 KB)

Abstract

Kemampuan menulis melalui pendekatan pembeajaran terpadu dalam pembelajaran bahasa ternyata dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal ini terindikasi dari adanya peningkatan perolehan kemampuan menulis (KM) yang rendah meningkat ke KM yang lebih tinggi. Pelaksanaan pembelajaran bahasa berjalan efektif dalam menerapkan pendekatan terpadu dapat mensinergikan antara kemampuan fisik dan kemampuan psikis sehingga kemampuan menulisnya meningkat. Peningkatan kemampuan menulis siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas Tinggi setelah diterapkan pendekatan terpadu dalam pembelajaran bahasa adalah pada kondisi awal perolehan nilai KM adalah 57,5%. Pada siklus perolehan KM tertinggi adalah 65%.
Karakter Remaja Dalam Memahami Sholat, Puasa Dan Zakat Ngalimun
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.867 KB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam yang meliputi sholat, puasa, dan zakat yang dijalani anak remaja sesuai dengan pribadi dan kehidupan sehari-hari mereka, baik dalam keluarga, teman sebaya, maupun lingkungan sekitar. Melalui proses inilah maka remaja akan mendapatkan pengalaman dalam kehidupannya untuk mencapai tahap yang lebih baik. Akan tetapi dari proses itu remaja menemui hambatan-hambatan diantaranya yaitu dari hambatan internal yang mengacu pada, pertama kondisi orang tua yaitu kurangnya komunikasi antara orang tua dan anak, seperti ketika orang tua lebih mempunyai waktu luang di luar daripada dirumah, sehingga komunikasi orang tua dengan anak kurang. Kemudian kemampuan dalam mendidik anak, seperti kurangnya pemahaman agama yang diberikan orang tua kepada anak, seperti orang tua kurang dalam memberikan pemahaman akan sholat, dari segi pahala atau dosa yang didapat jika tidak melakukan atau meninggalkan sholat.
Kalindaqdaq Dan Akulturasinya Dengan Islam Iqbal
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.358 KB)

Abstract

Kalindaqdaq merupakan karya sastra masyarakat mandar yang dianggap sebagai puisi lama dan salah satu akulturasi harmonisasi agama dan kearifan lokal. Beberapa studi tentang kaindaqdaq telah dilakukan tetapi tidak ada yang dari perspektif etno-pedagogis. Kajian ini bertujuan untuk mendukung pentingnya kearifan lokal dalam pendidikan Islam karena proses pendididIkan tidak lepas dari ekspresi budaya dan tatanan adat yang terbukti mampu mendidik manusia. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnopedagogis. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dengan mengidentifikasi, memilih, dan mengkaji hasil penelitian yang relevan dengan topic dan karya sastra tentang Kalindadaq. Analisis dilakukan dengan cara mengetahui keterpaduan atau keterkaitan antara kearifan lokal dan agama Islam. Temuan mengungkapkan bahwa Kalindadaq berfungsi sebagai sarana pendidikan agama Islam, moral, media sosialisasi tradisional, alat komunikasi untuk narasi tradisional dan hiburan.
Implikasi Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Harun Nasution Di Era Modern Ade Afriansyah
JIS: Journal Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.925 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah analisis studi kepustakaan yan juga termasuk dalam katergori historis-faktual, karena yang diteliti adalah pemikiran seseorang. Penulis ingin menganalisis tentang pemikiran pendidikan Islam dan Harun Nasution di Indonesia dan pengaruhnya pada pendidikan islam modern sekarang ini. Dalam kajian kepustakaan ini digunakan beberapa pendekatan segingga dapat memperjelas kajian dalam penelitian yang akan di analisi. Tulisan ini pula akan membahas tentang pemikiran pendidikan Islam Harun Nasution yang kesemuanya tidak jauh dari permasalahan mengenai pembaharuan Islam di era modern. Dengan mengetahui latar belakang, pemikiran dan solusi yang ditawarkan.