cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
mandalikaindo@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Mandalika Literature
ISSN : -     EISSN : 7455963     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Sebagai sarana penyebarluasan ilmu pengetahuan dan media komunikasi di kalangan masyarakat ilmiah, profesional, atau akademik.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2021)" : 5 Documents clear
MENGGALI POTENSI ATLET BEPRESTASI MELALUI PENGENALAN SPORT SCIENCE Maulidin
Journal of Mandalika Literature Vol. 2 No. 3 (2021)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.5 KB)

Abstract

Setiap anak adalah sesuatu yang unik, demikian pula potensi atau bakat yang dimilikinya. Keunikan setiap anak ini harus disadari sepenuhnya oleh seorang guru/pelatih didalam membina anak menjadi seorang atlet masa depan. Seperti kita ketahui bahwa setiap anak memiliki potensi/bakat tertentu dalam olahraga. Potensi tersebut harus digali dengan pendekatan IPTEK untuk dikembangkan kejenjang lebih lanjut. Penelitian deskriptif dengan studi kasus. Metode penentuan daerah yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling area. Sampel penelitian Sekolah dasar se-Kecamatan Lombok Timur. Methode yang yang digunakan untuk mengumpulkan data, antara lain: 1) Tinggi badan, 2) Tinggi duduk, 3) Berat badan, 4) Rentang tangan, 5) Lempar tangkap bola tenis, 6) Lempar bola basket, 7) Loncat tegak, 8) Lari kelincahan, 9) Lari cepat 40meter, 10) Lari Multi tahap. Setelah semua data diproleh, kemudian di analisis dengan software computer sport search. Berdasarkan hasil perangkingan data sport search persentase pada peringkat I cabang olahraga Diving berjumlah 43 siswa dengan persentase 67,2%, pada peringkat II cabang olahraga Table Tennis berjumlah 9 siswa dengan persentase 14%, pada peringkat III cabang olahraga Athletics high jump berjumlah 5 siswa dengan persentase 7,8%, pada peringkat IV cabang olahraga Criket sebanyak 4 siswa dengan persentase 4,7%, pada peringkat V cabang olahraga Gymnastics sebanyak 3 orang dengan persentase 4,7%. Simpulan bahwa 64 siswa dari 5 SD Negeri se- Kecamatan Aikmel, maka dari seluruh siswa SD Negeri se-Kecamatan Aikmel yang mendominasikan bakat olahraga siswa SD Negeri se-Kecamatan Aikmel yaitu cabang olahraga Diving.
ANALISIS SEMANTIK PADA LIRIK LAGU SASAK JOJOQ GEDANG Lalu Purnama Zulkarnain
Journal of Mandalika Literature Vol. 2 No. 3 (2021)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.087 KB)

Abstract

Lirik lagu salah satu ragam sastra yang diminati oleh berbagai kalangan maupun usia di masyarakat. Tidak hanya sekadar untuk mendengarkan lirik dinyanyikan, beberapa orang pun tertarik untuk memproduksi sebuah liriik lagu. Dalam hal bahasa, lirik cenderung bebas, tidak terikat oleh aturan-aturan khusus. Banyaknya penggunaan bahasa-bahasa kias membuat kita terkadang sulit untuk memahami makna yang terkandung di balik kata-kata indah dalam lirik lagi lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna yang terkandung dalam lirik lagu bahasa sasak yang berjudul :Jojoq Gedang” jika dilihat dengan menggunakan analisis semantik yang berfokus pada penganalisisan makna leksikal, makna referensial, dan makna kias. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa lirik lagu ini dapat dianalisis menggunakan kajian Semantik.
PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDIT WANASABA Sabahiyah; Khairul Huda
Journal of Mandalika Literature Vol. 2 No. 3 (2021)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.388 KB)

Abstract

The purpose of this study is to increasing the students' motivation to learn by using the method everyone is teacher here for class V SDIT Wanasaba. The methode of the research is a classroom action research (Classroom management) which was carried out for two cycles, each cycle consisting of four stages of activity, namely, planning stage, taking action stage, observing stage and reflecting stage. The subjects in this study were fifth grade of students SDIT Wanasaba, totaling 26 people consisting of 11 boys and 15 girls. Students' learning motivation data was collected using a questionnaire, after the data was collected it was then analyzed descriptively. The data of student learning motivation has increased, in the first cycle the average student motivation is 20.42 and is in the sufficient category and the second cycle the average student learning motivation is 26.92 in the good category. Based on these data, it can be concluded that the everyone is teacher here method can increase students' learning motivation.
SIMBOL DAN MAKNA DALAM BUDAYA “MANDIQ LELAYU” SUKU SASAK (KAJIAN SEMIOTIK KULTURAL) Niswatul Hasanah, Muhammad Hafizin, dan Hadiyaturrido
Journal of Mandalika Literature Vol. 2 No. 3 (2021)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.865 KB)

Abstract

The issues to be studied in this article are the symbols and meanings in the Mandiq Lelayu of Sasak tribe. Mandiq Lelayu culture is one of a series of traditional wedding ceremony Sasak tribe in which contained symbols that contain philosophical meanings. This research is a descriptive qualitative, that is research which try to describe using the words written meaning behind cultural symbols of Mandiq Lelayu. Data collection was done by interview method, and researcher conducted interview with Sasak native at Mamben Lauk Village then continued by record and make a note interview result as advanced method. Data analysis is done by qualitative descriptive, describing the findings in the field with written words based on information directly from informants. Based on preliminary findings the meanings contained in these symbols contain moral values in married life and society.
PENGARUH BERMAIN PERAN PADA PENGENDALIAN DIRI SISWA Hadi Gunawan Sakti
Journal of Mandalika Literature Vol. 2 No. 3 (2021)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.885 KB)

Abstract

Bermain peran adalah salah satu model pembelajaran interaksi sosial yang menyediakan kesempatan kepada murid untuk melakukan kegiatan-kegiatan belajar secara aktif dengan personalisasi sehingga siswa dapat membantu dirinya dalam pengembangan diri seperti ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain untuk menumbuhkan kontrol diri. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Teknik Bermain peran Pada Pengendalian Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2021/2022”. Tujuan penelitian adalah “Ingin Mengetahui Bermain peran Pada Pengendalian Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Siswa Kelas VIII Tahun Pelajaran 2021/2022”. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Randem Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 145 siswa, sample yang digunakan adalah 12 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, berdasarkan analisis data t hitung sebesar 8,260 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 11 sebesar 2,201. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (8,260>2,201), sehingga dapat di simpulkan Ada Pengaruh Bermain peran Pada Pengendalian Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2021/2022 dinyatakan Signifikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5