cover
Contact Name
Nurul Chafid
Contact Email
chafid09@gmail.com
Phone
+6281316027722
Journal Mail Official
redaksi_jurnalft@usni.ac.id
Editorial Address
Dewan Redaksi Istiqomah Sumadikarta, M.Kom (Ketua) Agung Priambodo, M.Kom (Anggota) Faizal Zuli, M.Kom (Anggota) Wawan Kurniawan,S.Kom, M.Kom (Anggota) T. Adi Kurniawan, M.Kom (Anggota) Dr. Prionggo Hendardi, M.Kom (Anggota) Executive Editors Nurul Chafid,S.Kom., M.Kom Mitra Bestari Ajib Setyo Arifin,ST,.MT.,Ph.D (Univeristas Indonesia) Andi Nugroho,ST.,M.Kom (Universitas Mercubuana) Ngarap L.Manik, M.Kom (Universitas Bina Nusantara) Dr. Rofiq Sunaryanto,M.Si (BPPT - Jakarta) Dr. Safrizal,ST,.MM.,M.Kom (USNI- Jakarta) Dr. Tata Subtari,S.Kom.,MMSI (URINDO) Section Editors 1. Mulyana Adnan, SE., MM 2. Muhsin, SE Editorial Board Nurul Chafid,S.Kom., M.Kom
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Satya Informatika
ISSN : 25285033     EISSN : 29879094     DOI : https://doi.org/10.59134/jsk.v1i02
Jurnal Satya Informatika adalah informasi yang menyajikan tentang ilmu pengetahuan dan informasi penelitian atau aplikasi penelitian dan pengembangan terkini yang berhubungan dengan bidang Teknologi Informasi yang ada di Univeritas Satya Negara Indonesia (USNI). Jurnal Satya Informatika merupakan sarana publikasi dan ajang berbagi karya riset dan pengembangan di Fakultas Teknik Universitas Satya Negara Indonesia (USNI).Pemuatan artikel di jurnal ini dapat dikirim ke alamat Penerbit yang tercantum dibawah ini. Informasi lebih lengkap untuk pemuatan artikel tersedia pada halaman terakhir yakni pada pedoman Penulisan Jurnal Ilmiah atau dapat dibaca pada setiap terbitan yang ada pada website OJS Teknik Informatika. Artikel yang masuk akan melalui proses selekasi editor atau mitra bestari. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun yakni Mei dan September, pemuatan naskah tidak dipungut biaya, Jurnal Satya Informatika merupakan Jurnal Khusus untuk menyebarkan Karya Tulis dibidang Informatika.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 02 (2017): SATYA INFORMATIKA" : 5 Documents clear
CLUSTERING DATA AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK USNI DENGAN ALGORITMA K-MEANS Bosar Panjaitan
JURNAL SATYA INFORMATIKA Vol. 2 No. 02 (2017): SATYA INFORMATIKA
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/jsk.v2i2.425

Abstract

Data akademik fakultas teknik Universitas Satya Negara Indonesia(USNI) perlu di analisis untuk mendapatkan beberapa pola data yang bisa digunakan dalam menentukan strategi manajemen. Peneliti mencoba meneliti data akademik tersebut untuk menentukan pola penerimaan calon mahasiswa fakultas teknik USNI. Adapun metode yang digunakan adalah metode Metode K-Means dalam mengelompokkan data-data tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah mengelompokkan data dengan instrumen nilai UAN dan IPK terakhir. Hasil dari clustering diproyeksikan ke data-data calon mahasiswa untuk mencari asal sekolah dari mahasiswa tersebut.Hasil penelitian Menunjukkanbahwadari 240 orang mahasiswa menunjukan bahwa ada 58 ada di cluster-1, 92 orang di cluster-2, dan 90 orang di cluster-3. Dari 90 orang yang ada di cluster-3 dan sekaligus menjadi sasaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) diperoleh dari SMK Media informatika 4 orang, SMK Budi Mulia 3 orang, SMK Triguna 2 orang, SMK Muhammadiah 9 2orang, SMK YUPPEN EK1 3 orang, SMK N 15 2 orang, SMK Pertiwi 2 2 orang, SMK KARTIKA 2 orang, selainnya 1 orang. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada asal sekolah yang dominan
ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI TICKETING PADA LAYANAN HELPDESK ATM DENGAN MENGGUNAKAN ARSITEKTUR 3 TIER Nurul Chafid; Kiki Kusumawati
JURNAL SATYA INFORMATIKA Vol. 2 No. 02 (2017): SATYA INFORMATIKA
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/jsk.v2i2.426

Abstract

Teknologi masa kini merupakan hal yang paling dibutuhkan dikalangan masyarakat luas pengembangan sistem informasi pada suatu intitusi atau perusahaan bukan sekedar mengotomatisasi sebagian proses yang secara rutin dilakukan, melainkan menciptakan suatu aliran informasi yang baru secara sistematis dan terintegrasi disusun menjadi sebuah sistem yang terpadu agar terkontrol dengan baik sehingga sistem tersebut dapat menghubungkan ke semua bagian terutama dalam memaksimalkan pelayanan ticketing.Efektifitas dan efisiensi waktu sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan atau instansi. Terlebih lagi pada sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa. Semakin cepat sebuah sistem permasalahan dapat segera ditanggapi, ditindak lanjuti dan dapat segera terselesaikan merupakan inti dari pada mutu sebuah pelayanan. Namun berbanding terbalik dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam memaksimalkan mutu pelayanan. Aplikasi penyampaian masalah secara online dapat menjadi sebuah solusi, agar efektifitas, efesiensi dan tujuan tersebut tercapai. Hasil penelitian ini menghasilkan suatu sistem informasi helpdesk ticketing system yang memberikan kemudahan bagi staff karyawan manager, koordinator, dan custody untuk membantu pemecahan masalah yang ada pada mesin ATM dan perlaporan perbaikan.
MANAJEMEN BANDWITH DENGAN METODE SIMPLE QUEUE Faizal Zuli
JURNAL SATYA INFORMATIKA Vol. 2 No. 02 (2017): SATYA INFORMATIKA
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/jsk.v2i2.427

Abstract

Manajemen Bandwidth adalah proses mengukur dan mengontrol komunikasi (lalu lintas, paket) pada link jaringan, untuk menghindari mengisi link untuk kapasitas atau overfilling link, yang akan mengakibatkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk. Maksud dari manajemen bandwidth ini adalah bagaimana kita menerapkan pengalokasian atau pengaturan bandwidth dengan menggunakan sebuah PC Router Mikrotik. Manajemen bandwith memberikan kemampuan untuk mengatur bandwidth jaringan dan memberikan level layanan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas sesuai dengan permintaan pelanggan. Perusahaan umumnya membutuhkan manajemen bandwidth untuk membantu mengatasi padatnya trafik broadcast yang dapat menggangu kecepatan dalam jaringan yang menyebabkan koneksi jaringan menjadi lambat. Dalam hal ini menggunakan Router Mikrotik adalah salah satu solusi untuk menangani masalah tersebut, dengan cara mengatur bandwidth sesuai kebutuhan masing-masing bagian.
PERANCANGAN APLIKASI LOCATION BASED SERVICE PENCARIAN RUMAH SAKIT BERMITRA DENGAN BPJS KESEHATAN BERBASIS ANDROID Istiqomah Sumadikarta
JURNAL SATYA INFORMATIKA Vol. 2 No. 02 (2017): SATYA INFORMATIKA
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/jsk.v2i2.429

Abstract

Location Based Service yang bertujuan untuk menunjukkan letak suatu tempat untuk mempermudah user mencari lokasi yang dituju. Berkembangnya teknologi dan infromasi salah satunya telepon genggam, maka pengembang aplikasi menjadi sangat mudah untuk membuat aplikasi LBS tersebut. Adanya sistem operasi Android yang dikenal dengan sistem operasi terbuka membantu pengembang untuk membuat aplikasi dan bisa diterapkan di sistem operasi Android. Diterapkannya LBS pada rumah sakit adalah untuk mempermudah masyarakat mencari lokasi rumah sakit. Didasari hal tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengimplementasikan location based service pada sistem operasi Android untuk pencarian rumah sakit. Pada penelitian ini aplikasi akan dibuat menggunakan Eclips yang merupakan Android Developer Tools (ADT). Metode pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode waterfall. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa Location Based Service dapat digunakan untuk mencari lokasi rumah sakit di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Pencarian rumah sakit dapat digunakan dengan memasukkan radius yang diinginkan. Fitur yang digunakan pada perangkat Android antara lain Global Positioning System (GPS) dan didukung oleh Google Maps API.
PENGARUH KUALITAS WEBSITE PT GO-JEK INDONESIA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL Prionggo Hendradi
JURNAL SATYA INFORMATIKA Vol. 2 No. 02 (2017): SATYA INFORMATIKA
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59134/jsk.v2i2.430

Abstract

Pertumbuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang demikian pesat menjadikan website sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah perusahaan dalam hal layanan bagi pengguna. Layanan suatu website perlu diukur untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Dalam penelitian ini, kualitas website Go-Jek diukur dengan menggunakan metode WebQual. WebQual merupakan instrumen yang menilai kualitas suatu website. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna Go-Jek. Jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuisoner terhadap responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 19.0 for Windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan kualitas website berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan secara parsial salah satu dimensi webqual yaitu kualitas informasi (Information Quality) tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan secara signifikan. Dengan kata lain pada dimensi kualitas informasi(Information Quality) harus perlu ditingkatkan lagi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5