cover
Contact Name
Agus Dian Mawardi
Contact Email
jurnalq17@gmail.com
Phone
+6285654963323
Journal Mail Official
jurnalq17@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pematon No.10 Komplek Pembangunam I RT.18 RW.02 Banjarmasin Barat, Kode Pos 70116
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
SURPLUS : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 29647665     DOI : -
Core Subject : Economy,
SURPLUS adalah jurnal Ekonomi dan Bisnis. Jurnal ini membahas ilmu ekonomi, manajemen, bisnis, dan perbankkan.
Articles 33 Documents
Kepemimpinan Dalam Perspektif Islam Dan Perspektif Manajemen Risma; Dewi Maharani; Mukhlis Kaspul Anwar
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.139 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan dari sisi Islam dan sisi manajemen. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Data diperoleh dari studi pustaka seperti buku, artikel dan tulisan ilmiah yang telah dipublikasi. Dari sudut pandang Islam bahan referensi berasal dari dalil-dalil Al Quran dan Hadits, sedangkan dari sudut pandang manajemen berasal dari teori-teori dari buku, artikel dan tulisan ilmiah lainya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari sisi manajemen kepemimpinan yang baik ada empat hal yang membuat seorang pemimpin yang baik yaitu memiliki sifat jujur, mempunyai visi, memberikan inspirasi, dan kompeten di bidangnya. Hal tersebut sejalan dengan perspektif Islam yang juga berasumsi bahwa seorang pemimpin yang baik harus memiliki sikap Shidiq (jujur), amanah (tanggung jawab), tidak menipu, menepati janji, murah hati, dan tidak melupakan akhirat.
Pengaruh Tagline Shopee "Gratis Ongkir Xtra" Terhadap Minat Belanja Online: (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) Winika Nur Aisyah; Mukhlis Kaspul Anwar; Lola Malihah
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (992.83 KB)

Abstract

Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini dikenal dengan istilah e-commerce yang merupakan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan (perniagaan) barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Salah satu E-Commerce yang sedang berkembang di Indonesia saat ini adalah Shopee yang menyediakan berbagai jenis produk yang lengkap untuk sehari-hari seperti otomotif alat kosmetik, makanan dan minuman, perlengkapan fotografi, perlengkapan olahraga, fashion, vitamin dan obat-obatan, gadget perlengkapan rumah, alat elektronik, perlengkapan untuk souvenir, perlengkapan pesta, dan voucher belanja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Data berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi FEBi IAI Darussalam Martapura pengguna Shopee dengan jumlah sampel sebanyak 51 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tagline Shopee Xtra Gratis Ongkir(X) dengan variabel Minat Berbelanja Online Mahasiswi (Y) berada pada rentang -0,590 yang artinya memiliki nilai hubungan yang sedang.hasil uji hipotesis diatas, diketahui bahwa nilai t hitung = 5.110 > t tabel 0,232 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada terdapat pengaruh antara variabel Tagline Shopee Xtra Gratis Ongkir (X) terhadap varibel Minat Berbelanja Online Mahasiswi (Y).
Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Perumahan di PT. Martapura Griya Indah Kalimantan Selatan Dalam Prespektif Islam Siti Misbah; Rusdiana; Muh. Arief Budiman
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.801 KB)

Abstract

Salah satu kebutuhan manusia yang mendasar adalah masalah rumah. Semakin bertambahnya penduduk di suatu wilayah, maka semakin banyak permintaan Perumahan. Meningkatnya pertumbuhan penduduk di Kalimantan Selatan mendorong produsen untuk melebarkan sayapnya di bidang perumahan. PT. Martapura Griya Indah merupakan perusahaan di bidang perumahan yang di tuntut untuk dapat meningkatkan penjualan rumah dengan menggunakan bauran pemasaran seperti Lokasi, Harga dan Promosi namun tetap dalam perspektif etika bisnis islam. Dalam penelitian ini memfokuskan pada masalah apakah lokasi, harga dan promosi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Keputusan pembelian rumah di PT. Martapura Griya Indah. Dan apakah sudah sesuai dengan etika bisnis islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para nasabah PT. Martapura Griya Indah yang membeli perumahan pada tahun 2020-2022 yaitu berjumlah 253 orang dengan sampel 72 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket). menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan lokasi, harga, promosi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan F hitung 52,354 > F tabel 2,74. Secara parsial Lokasi 2,728 > 1,995, dan Promosi 3,537 > 1,995 berpengaruh siginifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Harga 0,815 < 1,995 tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Siswa Di MTs Hidayatullah Pada Saat Pandemi Covid - 19 Muhammad Nazami; Hu’shila Awalia Rizqiani; Nur Habibah
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.715 KB)

Abstract

Berdasarkan pembatasan masalah maka dapat dirumuskan penelitian ini sebagai berikut: 1)Bagaimana minat menabung siswa saat pandemi covid 19 di MTs Hidayatullah Martapura?, 2) Apa faktor yang mempengaruhi minat menabung siswa di MTs Hidayatullah?.Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan sampling random. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dituntut menggunakan angka, mula dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan hasilnya. Penelitian ini dilakukan di MTs Hidayatullah Martapura Madrasah yang mempunyai akreditasi A Kabupaten Banjar.Berdasarkan dari rumusan masalah, hipotesis dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penelitian yang berjudul “ Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Siswa di MTs Hidayatullah pada Saat Pandemi Covid -19”.
Peran Kepemimpinan Dalam Organisasi Hilyanti; Mera Murliana; Lola Malihah
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.189 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kepemimpinan dalam organisasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Apabila peran kepemimpinann kepada karyawan lebih ditingkatkan, maka kinerja karyawan akan meningkat pula. Kepemimpinan adalah sikap dan perilaku untuk mempengaruhi para bawahan agar mereka mampu bekerjasama, sehingga membentuk jalinan kerja sama yang harmonis dengan pertimbangan aspek efisiensi dan efektivitas untuk mencapai angka produktivitas kerja sesuai dengan yang telah ditetapkan. Teori kepemimpinan jalan tujuan menerangkan bagaimana perilaku seorang pemimpin mempengaruhi motivasi dan prestasi kerja bawahannya, dalam situasi kerja yang berbeda-beda. Kemampuan mengendalikan sumber daya dan serta faktor lain untuk mencapai tujuan organisasi merupakan usaha yang harus dilakukan dalam setiap organisasi. Organisasi perlu berkomunikasi dengan lancar dan efektif ketika mencapai tujuan mereka untuk memastikan peningkatan berkelanjutan atau peningkatan kualitas dalam kinerja organisasi. Oleh karena itu, hampir semua anggota harus memahami dengan benar supaya tidak ada kesalahan dalam komunikasi di antara mereka.
Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Jambu Burung Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar Heni Susanti; Faujiah
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.955 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di desa Jambu Burung Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan di Desa Jambu Burung sudah baik dilihat pada saat ada rapat masyarakat terlibat secara langsung seperti memberikan ide-ide, saran dan masukan dalam musyawarah. (2) Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan Di Desa Jambu Burung masih kurang, terlihat hanya beberapa warga saja yang berhadir ketika pembangunan jalan. (3) Partisipasi masyarakat dalam pemantauan evaluasi Di Desa Jambu Burung bisa dikatakan cukup baik karena dapat dilihat dari keikutsertaan masyarakat dalam mengawasi jalannya program yang direncanakan diawal sesuai atau belum. (4) Partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan hasil seperti pendapatan ekonomi di Desa Jambu Burung masih kurang meningkat, ini dikarenakan pembangunan-pembangunan yang tertunda akibat pendanaan dari desa digunakan untuk penanganan Covid 19.
Pengaruh Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Warga Dusun Kentingan, Kalurahan Sindumartani Tahun 2022 F. Rosalina Putri; Dhea Octavia Saputri; Aldo Christyanto; Muhammad Nastain; Nafida Hetty Marhaeni
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.93 KB)

Abstract

Dunia saat ini sudah memasuki masa modern, dimana teknologi semakin maju dan berkembang. Dengan Perkembangan Teknologi yang semakin meningkat pesat, menyebabkan manusia menjadi lebih malas untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain secara tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gadget memiliki pengaruh terhadap interaksi sosial antar sesama manusia dikalangan warga dusun kentingan kalurahan sindumartani pada tahun 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah warga dusun kentingan kalurahan sindumartani tahun 2022 yang aktif menggunakan gadget dengan rentang usia 17-45 tahun sebanyak 366 warga, sedangkan sampel penelitiannya menggunakan teknik slovin sebanyak 191 warga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner gadget dan interaksi sosial yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode campuran (mixed-methods). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget memiliki pengaruh terhadap interaksi sosial warga dusun kentingan kalurahan sindumartani pada tahun 2022. Adapun besar pengaruhnya sebesar 63,8%, sehingga factor lainnya sebanyak 36,2% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti.
Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Penjualan pada Zafa Thai Tea Bumimas Banjarmasin Norrahmiati; Sofia Elena
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.579 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Pada Zafa Thai Tea Bumimas Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Menurut penelitian yang penulis lakukan permasalahan yang terjadi adalah kurangnya pelaku usaha memanfaatkan akun tersebut dalam melakukan pemasaran melalui media sosial instagram, sehingga menyebabkan kurangnya penjualan melalui media tersebut. Variabel dari penelitian ini yaitu Media Sosial Instagram (X) dan Penjualan (Y). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun instagram @thaitea_zafa tahun 2021 dengan jumlah 108 pengikut. Berdasarkan pada perhitungan menggunakan rumus slovin ditemukan hasil angka 85,03 yang dibulatkan menjadi 85. Jadi sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 85 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling. Teknik Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil regresi sederhana yaitu Y = 5,130 + 0,942X. Variabel media sosial instagram (X) 26,609 > 1,988 (ttabel), hal ini berarti media sosial instagram berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan Zafa Thai Tea Bumimas Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Dampak yang ditimbulkan oleh variabel media sosial instagram sebesar 89,5% sisanya 10,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Ekonomi Tentang Supply Dan Demand Sumber Daya Pelayanan Kesehatan Dan Dampaknya Bagi Masyarakat Anita Agustina
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.744 KB)

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode penelitian kuantitatif. Metode ini juga menggunakn metode korelasional yang merupakan salah satu dari macam-macam metode penelitian kuantitatif yang digunakan dalam evaluasi. Terutama untuk mendeteksi sejauh mana variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan koefesian korelasi. Macam-macam metode penelitian kuantitatif seperti korelasional adalah penelitian dengan tujuan untuk mendeteksi tingkat kaitan variasi-variasi yang ada dalam suatu faktor dengan variasi-variasi dalam faktor yang lain dengan berdasarkan pada koefisien korelasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa ekonomi kesehatan ini bisa dibilang sebagai aplikasi ilmu ekonomi di bidang kesehatan. Secara umum, ekonomi kesehatan ini akan lebih berkonsentrasi pada industri kesehatan. Menurut World Health Organization, ekonomi kesehatan merupakan penggunaan ilmu ekonomi pada kuantifikasi sumber daya untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan dan kuantifikasi dampak upaya-upaya kuratif, preventif maupun rehabilitatif terhadap produktivitas individu dan juga produktivitas nasional. Ekonomi kesehatan juga merupakan penerapan ilmu ekonomi di bidang kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Selain itu, ekonomi kesehatan ini merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari tentang supply dan demand sumber daya pelayanan kesehatan dan dampaknya bagi masyarakat.
Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Padi di Desa Pasar Jati Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan Muhammad Rizali; Siti Nur Kamalia
Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2023): Juni-Nopember 2023
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.645 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pendapatan dan tingkat kesejahteraan rumah tangga petani padi di Desa Pasar Jati dengan membandingkan antara total penerimaan dan total biaya usahatani dari petani padi (R/C Ratio), dan menghitung rentang skala untuk mengkategorikan tingkat kesejahteraan rumah tangga petani padi. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Populasinya adalah petani padi dan buruh tani di Desa Pasar Jati, penentuan sampel dengan rumus Slovin diperoleh 162 responden dari 272 populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Pendapatan petani padi di Desa Pasar Jati Kecamatan Astambul menguntungkan. Rata-rata pendapatan petani padi dari 162 responden dalam satu kali panen sebesar Rp9.308.246 per tahun. Dan diluar sektor pertanian rata-rata sebesar Rp11.293.827 per tahun. Dilihat dari pendapatan petani padi, nilai rasio R/C > 1, maka usahatani dari petani padi mengalami keuntungan dan R/C = 1, maka usahatani dari petani padi mengalami impas. Berdasarkan kriteria Badan Pusat Statistik Tahun 2022 termasuk dalam kategori cukup sejahtera, sebanyak 129 orang petani padi masuk dalam kategori cukup sejahtera dengan persentase 80% dan 33 orang petani padi masuk dalam kategori sejahtera dengan persentase 20% dari 162 responden yang ada di Desa Pasar Jati Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.

Page 1 of 4 | Total Record : 33