cover
Contact Name
Agus Komarudin
Contact Email
akommedia@gmail.com
Phone
+6282280186065
Journal Mail Official
akommedia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ciliwung, Dusun II, Desa Tanjung Kesuma, Kec. Purbolinggo, Kab. Lampung Timur, Provinsi Lampung, 34190
Location
Kab. lampung timur,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika (JILKOMSITI)
ISSN : -     EISSN : 29644763     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal tentang teknologi yang sedang berkembang pesat setiap tahun nya baik dalam ilmu komputer, teknik informatika maupun sistem informasi, sains serta pendidikan untuk meningkatkan dalam pelayanan pengembangan teknologi pada bidang penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. Dari perseroan perorangan PT Akom Media Informatika yang mempunyai tujuan mempermudah peneliti untuk menerbitkan artikel para peneliti.
Articles 13 Documents
RANCANG BANGUN APLIKASI RUMAH MAKAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER MUHAMMAD IRFAN NADHORI
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.973 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam menjalankan usaha kuliner rumah makan Padang Raya Kota Gajah yang masih menggunakan sistem manual dan memliki kekurangan antara lain: a) lambat dalam memberikan pelayanan kepada pembeli sehingga pembeli harus menunggu lama untuk melakukan pemesanan bahkan pihak rumah makan sering melakukan kesalahan dalam menyajikan menu yang dipesan oleh pembeli karena masih menggunakan sistem manual, b) minimnya menu yang ditawarkan, c) sering terjadi kesalahan dalam melakukan manajemen keuangan karena masih menggunakan cara manual. Dalam merancang dan membangun aplikasi ini diperlukan beberapa tahapan untuk menentukan arah dari aplikasi ini. Dimulai dari pengumpulan data, analisa sistem, membuat alur sistem aplikasi, membuat database, merancang tampilan aplikasi sampai pada tahap pembuatan aplikasi tersebut. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan menggunakan Codeigniter sebagai frameworknya dan databese mysql sehinga dapat menghasilkan output berupa struk dan microsoft excel sebagai output laporan.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PRESENSI PADA PT AKOM MEDIA INFORMATIKA BERBASIS WEB FERNANDA AULIA A YAHYA
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1474.66 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai rancang bangun sistem informasi presensi pada PT Akom Media Informatika berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat rancang bangun sistem informasi presensi pada PT Akom Media Informatika berbasis web dan untuk mengetahui rekap presensi pada PT Akom Media Informatika. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan UML (Unified Modelling Language). Untuk pengembangan aplikasinya menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan Karyawan yang bekerja pada PT Akom Media Informatika dapat melakukan presensi dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu kedalam sistem sehingga karyawan baru bisa masuk kedalam sistem. Rancang bangun sistem informasi presensi pada PT Akom Media Informatika menggunakan alat dan bahan yaitu Usecase, Class Diagram, Activity diagram, PHP, XAMPP, Codeiginiter 3 dan MySQL.
IMPLEMENTASI CMS SEKOLAHAN UNTUK WEB PROFILE SEKOLAH PKBM RADEN INTAN MUHAMAD ISWANTO
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.546 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai Implementasi CMS Sekolah Untuk Profile sekolah PKBM Raden Intan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui cara mengedit sebuah website PKBM Raden intan yang mana nantinya siswa mengetahui informasi penting tentang lembaga pendidikan PKBM Raden Intan dan mengetahui informasi terbaru mengenai PKBM Raden Intan. Penelitian ini menggunakan studi literature yang didalamnya ada serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa pada lembaga PKBM Raden Intan dapat melihat tentang web Profile PKBM Raden Intan sehingga siswa berminat untuk mendaftarkan dirinya masuk pada lembaga pendidikan PKBM Raden intan dan mengikuti kegiatan lembaga ujian pada PKBM Raden Intan.
IMPLEMENTASI LMS MOODLE UNTUK PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI PKBM RADEN INTAN FERDI RIZKYAWAN
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.92 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pemelitian mengenai implementasi LMS Moodle untuk pembelajaran dalam jaringan di PKBM Raden Intan. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa melakukan pembelajaran dalam jaringan(daring). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tahap perencanaan, dan studi literatur. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian LMS Moodle ini sangat berguna untuk pembelajaran dalam jaringan(daring ) diera pandemi seperti saat ini. Meskipun dengan adanya pandemi dan protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah, siswa masih bisa mendapatkan ilmu dengan adanya LMS Moodle ini.
IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM CHAMILO UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE PADA SMA AL HUSNA IBNU ROMLY ARIEF RUDIN HIDAYAT
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.959 KB)

Abstract

Pembelajaran online saat ini sangat disarankan oleh pemerintah terlebih di masa covid-19 ini. Saat covid-19 menyerang Indonesia bahkan Dunia, pembelajaran harus tetap berjalan sebagaimana mestinya. Pembelajaran online adalah solusi untuk tetap berjalannya pembelajaran dengan baik. Harus adanya sistem yang tepat untuk membuat pembelajaran online, namun pada SMA Al Husna Ibnu Romly saat ini menerapkan pembelajaran memalui WhatsApp karena keterbatasan sistem yang ada, maka sangat diperlukan pengembangan sistem yang dapat mengakomodasi pembelajaran online Guru dan Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan Guru serta Murid dalam melakukan pembelajaran secara online dan harapannya Guru dan Siswa akan mengerti pentingnya perkembangan teknologi.
SISTEM UJIAN ONLINE PADA CALON MAHASISWA UNIVERSITAS MITRA INDONESIA Deni Hardiannata; Fatimah Fahurian
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.799 KB)

Abstract

Sistem ujian online merupakan salah satu bagian sistem informasi pendidikan jarak jauh melalui media teknologi internet. Sistem ini bertujuan untuk mempermudah pihak universitas dalam melakukan pernerimaan mahasiswa baru dan proses pemberian nilai ujian yang efektif dan efisien karena proses penilaian diberikan langsung saat calon mahasiswa selesai mengerjakan ujian. Penelitian dilakukan dengan mengamati sistem secara langsung sehingga didapatkan hasil analisis mengenai kebutuhan sistem. Sebagai dasar dan acuan untuk membuat sistem ujian online dilakukan studi pustaka kemudian membuat perancangan database sistem menggunakan UML. Bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP dan MySQL sebagai databasenya. Soal yang disajikan dalam sistem pilihan ganda. Implementasi dari sistem ujian online ini dibuat dengan fasilitas meliputi manajemen ujian, manajemen soal ujian, manajemen data dosen dan calon mahasiswa yang nantinya akan menghasilkan keluaran nilai.
IMPLEMENTASI METODE PROPORTIONAL-INTEGRAL (PI) PADA SINGLE AXIS SOLAR TRACKER UNTUK LAMPU TAMAN Ghifar Javad H Aziz; Arnando Fajar Shiddiq
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.936 KB)

Abstract

Saat ini sudah banyak lampu taman menggunakan energi alternatif dari cahaya matahari yaitu pada penggunaan panel surya, namun panel surya yang digunakan masih posisi tetap belum bergerak secara dinamis dan juga kurang maksimal produksi energinya. Dikarenakan posisi matahari selalu berubah di setiap jam. Penelitian ini mengimplementasikan metode Proportional-Integral (PI) pada Single Axis Solar Tracker (SAST) untuk meningkatkan daya output panel surya pada aplikasi lampu taman. Dengan menggunakan metode PI, daya output panel surya pada SAST berhasil meningkat sebesar 14.87 Watt atau sekitar 15.4% lebih besar daripada posisi fixed. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode PI pada SAST efektif dalam meningkatkan efisiensi penyerapan energi matahari dan berpotensi mengurangi ketergantungan pada sumber energi listrik lainnya.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SISWA TERBAIK DI MTS NEGERI 1 PESAWARAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS WEBSITE Faturahman Kurniawan Ikhsan; Edwar Rosman; Aliy Hafiz; Ifo Wahyu Pratama
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.317 KB)

Abstract

Siswa merupakan sebutan bagi seseorang yang sedang melakukan pendidikan di MTS Negeri 1 Pesawaran. setiap tahun dilakukan perayaan untuk Siswa yang lulus dari kegiatan pendidikannya. pihak manajemen MTS Negeri 1 Pesawaran akan memilih Siswa berprestasi setiap tahun lulusannya. Untuk mencari Siswa berprestasi diperlukan usaha lebih karena banyaknya kriteria yang diperlukan. Sistem pendukung keputusan memberikan alternatif dalam menentukan siapa Siswa berprestasi yang akan dipilih. Karena sifat sistem pendukung keputusan yang objektif, cepat, akurat dan berbasis komputer sehingga akan memudahkan dalam pemilihan Siswa berprestasi. Metode Weighted Product merupakan bagian dari konsep Fuzzy Multi-Attibut Decision Making (FMADM) dimana diperlukan proses normalisasi di dalam perhitungan normalisasinya. Metode ini secara spesifik menghitung kepada bobot nilai di setiap kriteria yang ada. Sistem pendukung keputusan ini merupakan alat bantu solutif yang dapat memberikan solusi yang dapat membantu dalam proses pemilihan Siswa berprestasi secara komputerisasi agar lebih efektif dan efisien. Hasil penelitian membuktikan bahwa aplikasi ini mampu membantu perusahaan dalam proses seleksi pemilihan Siswa berprestasi dengan metode weighted product, serta memberikan informasi Siswa terbaik secara efektif dan efisien.
SISTEM PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI SMP KARYA BHAKTI Muhamad Iswanto; Agus Komarudin; Willy Artanika Rikarda; Nuari Anisa Sivi
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.214 KB)

Abstract

Perpustakaan merupakan tempat pelayanan yang umum digunakan lembaga pendidikan dalam peminjaman buku biasanya perpustakaan memiliki kecenderungan dalam mengolah data. Salah satu perpustakaan yang melayani peminjaman buku yaitu SMP KARYA BHAKTI. Perpustakaan tersebut masih menggunakan cara manual dalam mengelola data peminjaman dengan pencatatan dengan buku induk, Salah satu kendala pada perpustakaan itu tidak mengefisienkan waktu karena harus mencari dokumen per dokumen. Untuk itu penulis melakukan penelitian pada SMP KARYA BHAKTI guna membantu dalam memecahan masalah tersebut.Tujuan penelitian adalah merancang, membangun, dan mengimplementasikan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web di SMP KARYA BHAKTI , Software yang digunakan PHP dan MySQL. Metode pengumpulan data menggunakan obserasi, wawancara, studi pustaka, kemudian data tersebut dianalisis, Perancangan sistem menggunakan SLDC dengan model Waterfall yang bersifat sistematis, dalam perkembangan software. Hasil penelitian ini adalah Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web di SMP KARYA BHAKTI yang dibangun untuk mempermudah dalam mengelola data peminjaman buku. Meningkatkan evektifitas pengelolaan, mempermudah dalam mengetahui data peminjaman serta mempermudah dalam penyimpanan data pinjam dan kembali buku.
RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN BERBASIS PHP DAN MYSQL PADA MULTIMART WAY JEPARA Rudi Hartono; Nuari Anisa Sivi; Reni Permata Sari
JURNAL ILMU KOMPUTER, SISTEM INFORMASI, TEKNIK INFORMATIKA Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : PT Akom Media Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.778 KB)

Abstract

Sekarang ini banyak sekali masyarakat di era modern dan digital lebih memilih untuk membuka usaha salah satunya dengan berdagang. Perdagangan ini semakin meningkat seiring banyak kebutuhan dari masyarakat dan juga produk-produk kreatif dari berbagai perusahan besar maupun usaha mikro. Hal ini menjadi peluang usaha yang menjajikan salah satunya adalah Multimart Way Jepara. Dengan banyaknya barang yang dijual tentunya sangat sulit untuk di inventarisir maka dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengelola penjualan barang pada Multimart Way Jepara. Penulis menyusun penelitian ini untuk merancang sebuah sistem penjualan berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Hasil dari perancangan ini nantinya akan dikembangkan ke sebuah aplikasi yang diterapkan pada Multimart Way Jepara. Perancangan sistem penjualan ini tentunya mampu mengelola seluruh komponen penjualan yang ada pada multimart Way Jepara.

Page 1 of 2 | Total Record : 13