cover
Contact Name
Mohammad H. Holle
Contact Email
hanafi.holle@iainambon.ac.id
Phone
+6285282760903
Journal Mail Official
hanafi.holle@iainambon.ac.id
Editorial Address
Kampus IAIN Ambon, Jln. Dr. H. Tarmidzi Tahir Batu Merah Atas Ambon Propinsi Maluku 97128
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah
ISSN : 28286103     EISSN : 28286103     DOI : 10.33477/eksy.v4i02
Core Subject : Economy,
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah mempublikasi artikel ilmiah hasil penelitian yang memuat kajian seputar Ekonomi Bisnis, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Ekonomi Syariah. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah dikelola oleh Fakultas Sariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah terbit berkala dua kali setahun. Edisi pertama terbit bulan Juni dan edisi kedua terbit bulan Desember. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah diterbitkan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP2M Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dengan nomor ISSN: 2828-6103
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 02 (2021)" : 7 Documents clear
PEREKONOMIAN MASYARAKAT PESISIR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA NEGERI MORELLA) Fadila Latukau; Darwis Amin; Muhammad Khadafi Huapea
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 02 (2021)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.843 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v3i02.3097

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kondisi Ekonomi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Negeri Morella dan Upaya Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi disana dengan Perspektif Ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Selanjutnya, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi kepada seluruh informan. Ada 20 informan yang ditentukan oleh peneliti untuk mendapatkan informasi terkait tujuan penelitian ini. Diantaranya, 6 orang nelayan, 6 orang petani, 5 orang pedagang, 2 orang PNS, dan 1 orang staf Pemerintah Negeri Morella. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan di Negeri Morella. Faktor-faktor tersebut diantaranya: Faktor pendidikan, faktor pendapatan, faktor pengeluaran atau konsumsi masyarakat dan faktor pekerjaan. Setelah mengamati faktor-faktor tadi, pemerintah desa sedang mengupayakan untuk mewujudkan beberapa program yang sudah dimulai sejak tahun 2016. Pemerintah Negeri Morella telah mencanangkan dan menjalankan program kerja untuk mengurangi permasalahan-permasalahan produktivitas petani dan nelayan pada khususnya dan masyarakat Morella pada umumnya seperti pelatihan penggunaan GPS (Global Positioning System) memancing ikan untuk nelayan, dan pelatihan Grafting untuk petani, agar bisa memacu produktivitas kinerja mereka dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Negeri Morella.Kata Kunci: Pendapatan, Pengeluaran, Upaya Pemerintah
STRATEGI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT DI KOTA AMBON Ruslan Lapandewa; Farid Naya; Dety Aryani Relubun
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 02 (2021)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.425 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v3i02.3098

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi Baitul Maal Hidayatullah Maluku dalam pemberdayaan ekonomi umat. Tipe penelitian ini field research dengan pendekatan kualitatif dimana pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi serta wawancara. Pengolahan data penelitian di analisis dengan analisis SWOT dimana hasil yg didapat (a). Bersinergi dengan para mitra yang bertujuan untuk mendorong mustahik menjadi muzakki yaitu melalui pemberdayaan-pemberdayaan ekonomi salah satunya dengan diberikan dana zakat produktif untuk mengembangkan potensi usaha yang dimiliki. (b). Bekerja sama dengan pihak lembaga pemerintah dengan bertujuan untuk mendorong Da’i sebagai motor pengerak yang berkelanjutan, melalui pemberdayaan ekonomi di pesantren. 2. Strategi yang bisa dilakukan oleh BMH ialah: (a). harus Mendesain program program pemberdayaann ekonominya  agar dapat meraih peluang-peluang eksternal. (b). perlu Menambah jaringan kerja antar lembaga agar dapat memanfaatkan peluang-peluang dari eksternal. (c). memberikan  Pelatihan maupun pembenahan secara intensif kepada SDM agar dapat meminimalisir dampak dari ancaman eksternal. (d). Memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki agar tetap produktif serta dapat bertahan dari ancaman. Kata Kunci: Strategi, Pemberdayaan, LAZ.
KAJIAN MANAJEMEN PENETAPAN HARGA TERHADAP KETAHANAN PANGAN Kamaruddin Kamaruddin; Arizal Hamizar
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 02 (2021)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.05 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v3i02.4119

Abstract

ABSTRACTThis research aims to explore the impact of price setting on food security in an economy. The study employs a theoretical approach by analyzing the relevant literature on the issue. The findings suggest that the right price can ensure that food production can meet market demands and reduce the gap between availability and demand. On the other hand, high prices can lead to reduced food production, decreased availability, and increased prices paid by consumers.Keyword: Price, Economy, Food Security ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penetapan harga terhadap ketahanan pangan dalam suatu perekonomian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian teoritis dengan menganalisis literatur yang relevan dengan masalah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga yang tepat dapat memastikan bahwa produksi pangan dapat memenuhi kebutuhan pasar dan mengurangi kesenjangan antara ketersediaan dan permintaan. Di sisi lain, harga yang tinggi dapat menyebabkan penurunan produksi pangan, mengurangi ketersediaan, dan meningkatkan harga yang harus dibayar konsumen.Kata Kunci: Harga, Ekonomi, Ketahanan Pangan
PRINSIP DASAR RANCANG BANGUN EKONOMI ISLAM Linggawati Widyan
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 02 (2021)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.882 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v3i02.3099

Abstract

ABSTRACTThis article discusses how to formulate an Islamic economic design and the principles that form the basis of the economy. Although Islamic economics has several differences in its structure and sequence, in substance it is not much different, it is superior to other economies. There are basic principles in the design of Islamic economics. Some of these principles can generally be divided into three parts, namely: universal values, derivative principles and morals. Islamic economics is built on five universal Islamic values which are considered the foundations of Islamic economics including: ilahiyah, al-adl, an-nubuwah, al-khalifa and al-ma'ad. Then the derivative principles act as a pillar and consists of three principles including: multiple ownership, freedom to act and social justice. The last roof of the building is morals. Each of these parts forms a building and becomes a principle that can be used as an aspiration to formulate various theories in Islamic economics.Keywords: Islamic Economics, Basic Principles, Design ABSTRAKDalam artikel ini dibahas mengenai bagaimana rumusan dalam suatu rancang bangun ekonomi islam dan prinsip-prinsip yang menjadi landasan dalam perekonomian. Meskipun ekonomi islam memiliki beberapa perbedaan yang tersusun dalam struktur serta tata urutnya, akan tetapi secara subtansinya tidak jauh berbeda justru membuatnya lebih unggul daripada sisteem ekonomi yang lainnya. Terdapat prinsip-prinsip dasar dalam rancang bangun ekonomi islam. Beberapa prinsip tersebut secara umum dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: nilai-nilai universal, prinsip-prinsip derivatif dan akhlak. Ekonomi islam dibangun diatas lima nilai universal islam yang dianggap sebagai fondasi daalam eonomi islam diantaranya: ilahiyah, al-adl, an-nubuwah, al-khalifah dan al-ma’ad. Kemudian prinsip derifatif sebagai tiang penyangga dan terdiri dari tiga prinsip diantaranya: multiple ownership, freedom to act dan social justice. Terakhir atap dari bangunan tersebut adalah akhlak. Masing-masing bagian ini yang membentuk sebuah bangunan dan menjadi prinsip yang bisa dijadikan sebagai aspirasi untuk menyusun berbagai teori dalam ekonomi islam. Kata Kunci: Ekonomi Islam, Prinsip Dasar, Rancang Bangun
PENGARUH PENGETAHUAN KEAGAMAAN, LINGKUNGAN SOSIAL, & SUMBER PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBAYARAN ZAKAT MAL DENGAN KOMITMEN KEAGAMAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Ardiansyah Ardiansyah; Rini Idayanti
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 02 (2021)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.195 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v3i02.3095

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan keagamaan, lingkungan sosial, dan sumber pendapatan terhadap keputusan pembayaran zakat mal dengan dimediasi oleh variabel komitmen keagamaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan untuk memaknai data menggunakan pendekatan ekonomi Islam. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Ajjalireng, Kabupaten Bone sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat 100 kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data primer dengan cara membagikan kuesioner kepada responden melalui aplikasi google form. Alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian outer model (model pengukuran) dan pengujian inner model (model struktural). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan keagamaan, lingkungan sosial, dan sumber pendapatan masing-masing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membayar zakat mal. Komitmen keagamaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membayar zakat mal. Pengetahuan keagamaan dan sumber pendapatan masing-masing berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen keagamaan sedangkan lingkungan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen keagamaan dalam membayar zakat mal. Pengetahuan keagamaan dan sumber pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membayar zakat mal dengan dimediasi oleh komitmen keagamaan sedangkan lingkungan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membayar zakat mal dengan dimediasi oleh komitmen keagamaan.Kata Kunci: keputusan, komitmen keagamaan, pengetahuan, lingkungan sosial, sumber pendapatan.ABSTRACTThis study aims to analyze the effect of religious knowledge, social environment, and sources of income on the decision to pay zakat mal mediated by the variable of religious commitment. The approach used in this study is a quantitative approach while to interpret the data using an Islamic economic approach. The data used are primary data and secondary data. The population in this study was the people of Ajjalireng Village, Bone Regency, while the sampling technique used purposive sampling technique. There are 100 questionnaires that can be processed in this study. The primary data collection method is by distributing questionnaires to respondents through the google form application. The analytical tool used is Structural Equation Modeling (SEM) with Partial Least Square (PLS) approach with SmartPLS application. The data analysis method used in this research is testing the outer model (measurement model) and testing the inner model (structural model). The results showed that religious knowledge, social environment, and sources of income each did not significantly influence the decision to pay zakat mal. Religious commitment has a significant effect on the decision to pay zakat mal. Religious knowledge and income sources have a significant effect on religious commitment, while social environment does not significantly affect religious commitment in paying zakat mal. Religious knowledge and sources of income have a significant effect on the decision to pay zakat mal mediated by religious commitment, while the social environment does not significantly affect the decision to pay zakat mal mediated by religious commitment.Keywords: decision, religious commitment, knowledge, social environment, source of income.
ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA ASING MEMBANGUN CITRA MEREK PRODUK DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN Andi Masniati
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 02 (2021)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.445 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v3i02.3100

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana bahasa asing mampu membangun citra merek pada sebuah produk dan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Berdasarkan hasil olah data menggunakan regresi baik secara parsial maupun simultan diketahui bahwa variabel merek berbahasa asing berpengaruh positif dan memiliki signifikansi terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah IAIN Ambon sebagai konsumen. Hasil olah data juga memperlihatkan variabel dominan. Penggunaan merek produk yang berbahasa asing memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah IAIN Ambon. Artinya bahwa mahasiswa sebagai konsumen lebih memilih produk yang bermerek berbahasa asing dikarenakan memiliki citra merek yang lebih baik dan lebih bergengsi. Persepsi produk yang lebih baik dikarenakan konsumen berasumsi bahwa Bahasa asing merupakan bahasa global dan produk-produk tersebut telah Go-International sehingga muncul rasa bangga dalam menggunakan produk-produk tersebut.Kata Kunci: Bahasa Asing, Citra Merek, Produk, Perilaku Konsumen
PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETURN ON EQUITY DAN CURRENT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Fatmah Watty Pelupessy
Amal: Jurnal Ekonomi Syariah Vol 3, No 02 (2021)
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.728 KB) | DOI: 10.33477/eksy.v3i02.3096

Abstract

ABSTRAKPengaruh Net Profit Margin, Return On Equiti, dan Current Ratio terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh NPM, ROE, dan CR   secara parsial terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistic dengan metode regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Dalam penelitian yang dilakukan, pengaruh NPM, ROE, dan CR berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Naik turunnya NPM, ROE, dan CR dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham. Hasil analisis pengujian regresi variabel NPM dan ROE secara parsial berpengaruh positif terhadap harga saham, sedangkan variabel CR berpengaruh negatif terhadap harga saham. Dari penelitian ini di peroleh nilai R2 sebesar 0,537 menunjukkan bahwa adanya perubahan sebesar 53,7% yang terjadi disebabkan oleh variabel independen (NPM, ROE, dan CR) secara simultan akan berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan sisanya yang lebih besar yaitu 46,3% diterangkan oleh variabel lain yang tidak di masukkan dalam model persamaan regresi pada penelitian ini. Kata Kunci: Net Profit Margin, Return On Equity, Current Ratio, dan Harga Saham  ABSTRACT Effect Net Profit Margin, Return on Equity, and Current Ratio to the stock price at a manufacturing company in Indonesia stock exchange. The purpose of scientific writing is to determine the effect of NPM, ROE, and CR  partially on stock prices on companies listed in Indonesia Stock Exchange. The analysis technique used is a statistical test with multiple regression analysis and hypothesis testing using the F test and t test. In a study conducted, the influence of NPM, ROE, and CR significant effect on stock prices .Rise and fall of NPM, ROE, and CR can affect the rise and fall of stock prices. Results of regression analyzes testing NPM and ROE partially positive effect on stock prices, while the CR variables negatively affect the stock price. From this research, the R2 value of 0.537 indicates that the change of 53.7%, which is caused by the independent variable (NPM, ROE, and CR) together will affect the stock price. While the rest of the larger, ie 46.3% isexplained by other variables that are not entered in the regression model in this study. Keyword: Net Profit Margin, Return On Equity, Current Ratio, dan Stock Price.

Page 1 of 1 | Total Record : 7