cover
Contact Name
Reza Noprial Lubis
Contact Email
rezanopriallbs@gmail.com
Phone
+6281370970677
Journal Mail Official
mail@diklinko.id
Editorial Address
Jl. Melanton Siregar, Gg. IR64, Kec. Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar.
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : -     EISSN : 29883717     DOI : -
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran merupakan jurnal yang menerbitkan konten Pendidikan Islam. Adapun jurnal ini berfokus pada lingkup Pendidikan Islam umum dan khusus, termasuk namun tidak terbatas pada; (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; (2) Kurikulum Pendidikan Agama Islam; (3) Evaluasi Pendidikan Agama Islam; (4) Media Pendidikan Agama Islam; (5) Strategi pembelajaran PAI; (6) Metode Pembelajaran PAI; dan hal yang terkait lainnya.
Articles 20 Documents
Peran dan Fungsi Tauhid Dalam Kehidupan Sosial Devia Maharani Lubis; Reza Noprial Lubis; Siska Wulan Dari Lubis
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 1 No 1 (2022): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.047 KB)

Abstract

Tauhid mempunyai berbagai macam fungsi dan peran yang dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial yakni membebaskan manusia dari perbudakan mental dan penyembahan kepada semua makhluk, menjaga manusia dari nilai- nilai palsu yang bersumber pada hawa nafsu, gila kekuasaan, dan kesenangan- kesenangan sensual belaka. Sebagai frame of thought dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai pondasi keimanan yang juga menjamin kebahagiaan dan kesejahteraan hidup seluruh umat manusia, ketika seluruh ajaran- ajarannya dilaksanakan secara konsisten, mengajarkan kepada umat Islam supaya menjadikan Allah SWT sebagai pusat kesadaran intelektual mereka. Maka jelaslah bahwa tauhid erat hubunganya dengan kehidupan sosial karena dengan bertauhid manusia dapat mengetahui tujuan hidup mereka yaitu beribadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala secara vertikal yaitu langsung kepada Allah dengan ibadah makdoh dan Horizontal yaitu beribadah dengan sesama makhluk Allah dengan ibadah ghoirumakdoh.
Sistem Kekerabatan Dalihan Natolu Dalam Moderasi Umat Beragama di Tanah Batak Dini Etika; Reza Noprial Lubis
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 1 No 2 (2022): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.767 KB)

Abstract

Indonesia adalah Negara yang memiliki beragam suku, budaya dan agama, sehingga sering terjadinya perselisihan. Saat ini yang sering terjadi adalah perselisihan antar umat agama, yang tidak jarang hingga melakukan tindak kekerasan. Segala cara diusahakan agar terjadinya moderasi antar umat beragama di Negara ini, tidak terkecuali di Tanah Batak, Sumatra Utara. Oleh sebab itu, berdasarkan analisis yang dilakukan, Suku Batak yang memiliki beragam agama pada era globalisasi saat ini, sangat membutuhkan pandangan, kesepakatan bersama untuk menghadapi tantangan hidup sebagai orang yang beragama dan berbudaya dalam mengatasi moderasi umat beragama. Melalui sistem kekerabatan Dalihan Natolu yang di dalamnya terdapat nilai-nilai kasih sayang atau persaudaraan yang diikat oleh marga atau garis keturunan diharapkan mampu mengatasi masalah konflik sosial dan khususnya juga sebagai moderasi antar umat beragama.
Pendidikan Agama Islam di Tengah Arus Globalisasi: Tantangan dan Upaya Antisipasi Melisa Purba; Sinta Sri Mogana Pane; Ummi Dearni Saragih; Reza Noprial Lubis
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.77 KB)

Abstract

Educational values of Islam today is getting late in the tumult of various changes that are the result of the influence of globalization. Globalization has become a historical necessity that many challenges also opportunities in education that will shake up the order of the culture, customs, and values of the noble teachings of Islam. Therefore reformatting the theory and practice of education should be carried out and balanced, so that Islamic education is not passive as a spectator instead of a player, as consumers rather than producers. Islamic education also must perform and portray themselves as agents of change while strengthening Islamic identity.
Paradigma Penelitian Dalam Jurnal Ilmiah Metodologi Penelitian Kuantitatif Laila Khairunnisa Purba; Diah Fitriani; Widia Andini
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 1 No 1 (2022): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.249 KB)

Abstract

This journal reviews the research paradigm through the quantitative research paradigm. Paradigm is a perspective, a way of understanding, a way of interpreting, a framework of thinking, a basis of belief that gives direction to action. In solving problems, researchers are required to look from a perspective that is capable of being carried out by the researcher. Researchers collect data and analyze from the initial discovery of the problem and continue to the next stages, for example the problem formulation stage, theoretical analysis, data verification, and conclusions. The basis for positivistic thinking in an effort to find the truth is based on the size of the frequency of events or variations of objects. The research paradigm has several types, namely the positivist paradigm, interpretive paradigm, and critical paradigm. The quantitative research method is defined as a research method based on the positivism paradigm, which is basically used in researching certain populations and samples. The qualitative research paradigm adheres to a humanistic model because it makes humans as research subjects in the phenomena or events to be studied.
Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif Addini Zahra Syahputri; Fay Della Fallenia; Ramadani Syafitri
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.188 KB)

Abstract

It was explained that the framework of thinking is the rationale that contains a combination of theory and facts, observations, and literature review, which will be used as the basis for research activities. In this definition, the framework of thinking is made more identical to scientific writing. Usually it has started to be prepared before carrying out research activities which contain all the research variables to be carried out. the meaning of thinking can then be explained or described in the form of an interconnected arrangement of charts, or flowcharts. So that from different sources, the framework is defined as a diagram that outlines the logical flow of a study. So that the frame of mind is basically compiling all variables or everything that will later help carry out research properly and correctly. Meanwhile, in general writing, such as non-scientific writing. Make think contains the flow of all the problems that will be told in the written work that is made. Starting from the search, then the cause of the conflict, then the conflict resolution process, and the ending or closing. Everything is listed in the frame of mind.
Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Peserta Didik Nurul Aini Hadianto; Ririn Syahru Sinaga; Sofiyyah
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.774 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur sikap kejujuran pada setiap siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 091255 Batu VIII Nagori Dolok Hataran Kec. Siantar Kab. Simalungun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sample pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 091255 Batu VIII Nagori Dolok Hataran Kec. Siantar Kab. Simalungun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, ini dilakukan oleh peneliti dengan meninjau langsung kelapangan sebagai objek penelitian untuk memperoleh data, kemudian peneliti memberikan kuesioner. Dari hasil data yang diperoleh jumlah rata-rata sikap kejujuran siswa di kelas V sebesar 81.25, jumlah yang cukup besar yang berarti memberikan kesimpulan bahwa sikap jujur yang dimiliki siswa cukup baik. Hal ini tidak terlepas dari peran pendidikan agama islam yang selalu membentuk dan mengrahkan peserta didik dalam keseharian mereka, peran pendidikan baik di sekolah, keluarga maupun di lingkungan masyarakat menjadi faktor yang mendukung didalam pembinaan karakter jujur terhadap peserta didik.
Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar PAI Indah Nur Fazriah; Shafira Anggraini; Putri Insani
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.887 KB)

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang secara sistematis menyelenggarakan program pengajaran, bimbingan dan pelatihan belajar dalam rangka membantu siswa agar dapat mengembangkan potensinya secara lebih optimal, baik itu menyangkut aspel moral spritual, intelektual, emosional, sosial, dan fisik motorik. Seperti lingkungan keluarga, demikian pula dengan sekolah. Pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar siswa di sekolah cukup besar, dikarenakan sekolah adalah tempat lingkungan sosial kedua setelah keluarga yang dikenal oleh siswa. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Al-Washliyah Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun Tahun Pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah desain expost facto dimana expost facto menunjukkan perlakuan atau termasuk variabel x (variabel bebas) yang telah terjadi sebelumnya sehingga peneliti tidak perlu memberikan perlakuan lagi, lihat saja pengaruhnya terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat diketahui nilai koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,489. Dan untuk mengetahui apakah hipotesis mayor diterima atau ditolak, maka harga dihitung dibandingkan dengan r tabel. Dari hasil perbandingan dengan r hitung dengan taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden 20 orang diperoleh hasil r tabel adalah 0,444 sedangkan Rxy adalah 0,489. Dari hasil perbandingan ternyata rtabel berarti > hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hipotesis kerja yang diterima adalah “Ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Al-Washliyah Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun Tahun Pelajaran 2022/2023”. Dan setelah dikonsultasikan dengan tabel interprestasi koefisien korelasi diketahui bahwa nilai 0,489 terletak + 0,41 sampai + 0,60 yang berarti tingkat pengaruhnya sedang. Hasil penelitian ini juga sesuai dengan tujuan yang diinginkan , dan berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar PAI pada siswa kelas V di SD Al-Washliyah Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun Tahun Pelajaran 2022/2023.
Pengaruh Media Sosial Dalam Proses Belajar Siswa Febry Adhyaksa; Nurul Annisa; Rehana Khalidaziyah
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.23 KB)

Abstract

Media sosial merupakan sebuah media online, dengan penggunanya bisa dengan sangat mudah untuk berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Perkembangan media sosial membuat kinerja menjadi lebih cepat, tepat, akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas yang dihasilkan. Adapun media sosial yang sering digunakan pada saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path, Tumblr, dan media sosial yang lainnya. Salah satu pengguna media sosial sekarang adalah pelajar, dengan menggunakan media sosial pelajar dapat dengan mudah mengakses informasi dan dapat berkomunikasi dengan mudah. Media sosial bagi para pelajar merupakan hal yang penting tidak hanya sebagai tempat memperoleh informasi yang menarik tetapi juga sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Keefektifan Proses Belajar Mengajar Pada Pendidikan Agama Islam Friska Ayuni; Hashilah Mumtaz
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 No 1 (2023): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.332 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap keefektifan proses belajar mengajar pada pendidikan agama islam kelas VIII di MTSS Istiqomah Karang Sari. Pengambilan populasi yaitu seluruh siswa-siswi kelas VIII yang berjumlah 34 orang dan pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik Non probability sampling. teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi dan kuesioner (angket) dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan untuk memperjelas hasil yang lebih kompleks menggunakan analisis inferensial adapun tahap analisis datanya dengan menguji keabsahan data yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan reliabilitas data, selanjutnya melakukan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan selanjutnya dilakukan uji Hipotesis. Maka didapatkan Hasil akhir uji hipotesis dengan menggunakan uji t dari penelitian ini dengan taraf signifikansi 0,05, diperoleh hasil t hitung 9,927 > t tabel 2,032. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap keefektifan proses belajar mengajar pada pendidikan agama islam kelas VIII di MTSS Istiqomah Karang Sari.
Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Rizki Azzikri; Ronauli Yanti Ritongah; Putri Indah Wulan Sari
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 1 No 2 (2022): Tarbiyah: Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : PT. DIKLINKO JOURNALS PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.282 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan belajar, dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Sidamanik 2022/ 2023. Populasi sebanyak 120 siswa, sampel yang digunakan 98 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, teknik analisis data adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa; ada pengaruh signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa; ada pengaruh signifikan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa; ada pengaruh signifikan secara bersama-sama variabel kebiasaan belajar, lingkungan belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 20