cover
Contact Name
Moh. Vito Miftahul Munif
Contact Email
maana@unisda.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
maana@unisda.ac.id
Editorial Address
Kantor LPPM Universitas Islam Darul Ulum Lamongan Jl. Airlangga 03 Sukodadi Lamongan, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 29647495     EISSN : -     DOI : -
Maana : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a journal dedicated to the improvement and dissemination of knowledge on early childhood education, development of moral and religious values, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, educational tool play, instructional media, and innovation in early childhood education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL WERU PACIRAN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Nur Hayati Yusuf; Khoirotun Nikmah; Lailatul Maghfiroh
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai upaya peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom reseach) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan pemahaman konsep bilangan anak yang mencapai kualifikasi berkembang sesuai harapan (BSH), hal itu dibuktikan dengan mendapat nilai pada rata-rata kelas pra siklus 61,9, kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 66,3 dan kemudian meningkat pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 81,6. Dapat di simpulkan bahwa penerapan permainan memancing angka dapat meningkatkan pemahman konsep bilangan pada anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2021/2022. Penerapan permainan memancing angka mampu meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak dan penelitian ini dikatan meningkat dan berhasil, bahwa ada peningkatan pada setiap tahap, dari pra siklus 22,2% menjadi 27,7% pada siklus I,dan menjadi 100% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan dalam permainan memancing angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak.
UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN BAHAN ALAM DI KELOMPOK A TK JAYA BOGOBABADAN KARANGBINANGUN Moh. Vito Miftahul Munif; Retno Nuzilatus Shoimah; Nora Yulia Yunara
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji 1) untuk mengetahui penerapan media pelepah pisang yang digunakan dalam meningkatkan kreativitas anak, 2) untuk meningkatkan kreativitas anak melalui media pelepah pisang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom reseach) dengan pendekatan kuantitatif dan penelitian ini dilakukan untuk membuktikan tingkat kreativitas anak melalui penerapan media pasir ajaib dengan indikator keberhasilan ≥ 75.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan kreativitas anak yang mencapai kualifikasi berkembang sangat baik (BSH), hal itu dibuktikan dengan mendapat nilai pada rata-rata pra siklus kelas sebanyak 64,9, kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 72,2 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 81,9.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA SNADER GAME PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISLAM KARANGREJO SUKOLILO SUKODADI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Anis Fitriana; Khoirotun Ni’mah; Siti Latifatus Sun’iyah
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media snader game pada anak kelompok B di RA Al Islam Karangrejo Sukolilo Sukodadi Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan media snader game dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom reseach) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan anak yang mencapai kualifikasi berkembang sesuai harapan (BSH), hal itu dibuktikan dengan mendapat nilai pada rata-rata kelas pra siklus kelas sebanyak 61,4, kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 67,7 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 76,9. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media snader game dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di RA Al Islam Karangrejo Sukolilo Sukodadi Tahun Ajaran 2021/2022. Penerapan media snader game mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dan penelitian ini dikatakan meningkat dan berhasil. bahwa ada peningkatan pada setiap tahap, dari Pra siklus 27,2% menjadi 45,4% pada siklus I, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan dalam menggunakan media snader game dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak.
IMPLEMENTASI MEDIA BALOK IQRA’ DALAM KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK KELOMPOK A TK ASIYIYAH BUSTANUL ATHFAL TEJOASRI LAREN LAMONGAN Sampiril Taurus Tamaji; Della Nur Nilam Sari
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan di dunia pendidikan adalah kurangnya inovasi guru dalam mengajar. Dalam kaitannya dengan media pembelajaran. TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tejosri banyak memiliki media pembelajaran salah satunya Alat Permainan Edukatif (APE) yang mendukung proses pembelajaran, contohnya media Balok Iqra'. Adapun tujuan penulisan ini adalah: (1) untuk mengetahui pengunaan balok iqra’ dalam pembelajaran kemampuan membaca huruf hijaiyah (2) untuk mengetahui peningkatan perkembangan kemampuan membaca huruf hijaiyah. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan metode Penelitian Tindak Kelas (PTK). Peneliti menerapkan pembelajaran menggunakan Balok Iqro' selama dua siklus, siklus yang pertama merupakan proses pengenalan media, dan siklus kedua dimulai pembelajaran menggunakan media tersebut dengan cara bermain kuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peningkatan membaca huruf hijaiyah melalui balok iqra’ pada pra siklus memiliki nilai presentase ketuntasan anak sebanyak 18,2%, pada siklus I presentase ketuntasan anak sebanyak 45,5% dan pada siklus II memiliki nilai presentase sangat meningkat sebanyak 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan media balok iqra’ dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tejosri.
UPAYA MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE BERMAIN ALAT MUSIK TRADISIONAL SARON DI TK BUDI LUHUR Rezza Arisyiah Dewi; Sauqi Futaqi; Retno Nuzilatus
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang menjadi gerbang awal memasuki pendidikan selanjutnya. Dengan melaksanakan pendidikan sedini mungkin maka pendidikan tersebut dapat menjadi investasi di masa depan. Oleh karena itu salah satu pendidikan yang baik adalah pendidikan yang memperhatikan kepada minat dan bakat anak. Diakui atau tidak, memang pada dasarnya setiap manusia mempunyai potensi kreatif. Hanya saja dalam perjalanan hidupnya ada yag mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi kreatifnya, ada pula yang kehilangan potensi kreatifnya karena tidak mendapatkan kesempatan ataupun tidak menemukan lingkungan yang memfasilitasi berkembangnya potensi kreatif. Sungguh sangat disayangkan apabila potensi kretaif tersebut menghilang pada diri manusia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya kreativitas anak usia dini menggunakan metode bermain alat musik saron. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kelas (PTK). Kegiatan dilakukan dengan mencermati suatu objek dengan menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal menarik minat dan penting bagi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, mengajak anak bermain alat musik tradisional saron dapat meningkatkan kreativitas anak. Kedua, peningkatan kreativitas anak dengan bermain alat musik tradisional saron dapat berkembang sangat baik (BSB).
Tantangan dan Upaya Pendidikan dalam Menghadapi Era Society 5.0 Nur Fitri Amalia; Moh. Vito Miftahul Munif
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 2023: April
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengkaji tantangan dan upaya pendidikan dalam menghadapi era society 5.0. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan metode library research. Era society 5.0 hadir dengan konsep kolaborasi antara manusia sebagai pusatnya (human centered) dan teknologi sebagai dasarnya (technology based) menjadi tantangan besar bagi pendidikan terutama pendidik. Pendidik diera society 5.0 diharuskan menjadi penggerak peserta didik dengan kompetensi yang cukup kompleks meliputi educational competence, competence in globalization, competence for technological commerciazation, competence in future strategies dan counselor competence, pemanfaatan IoT (Internet Of Things), pemanfaatan AI (Artificial Intelegence), Augmented Reality dalam pembelajaran, mengembangkan kemampuan siswa untuk mampu berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikatif, bekerjasama dengan baik dan memecahkan masalah dengan tepat. Upaya yang dilakukan pendidikan menghadapi era society 5.0 terbagi menjadi empat yaitu pengoptimalan atau pemerataan infrastruktur, peningkatan kompetensi SDM terutama pendidik, sinkronisasi kompetensi pendidikan dengan kebutuhan industri dan pengoptimalan teknoligi sebagai alat pada kegiatan belajar mengajar
Dimensi Kepemimpinan Transformatif Nani Zahrotul Mufidah; Mustika Syafi’aturrosyidah
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 2023: April
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

pembahasan dalam artikel ini berkaitan dengan dimensi kepemimpinan transformatif yang meliputi empat dimensi utama. Dimensi kepemimpinan transformasional secara umum meliputi empat hal yang popular disebut dengan istilah “4I” yaitu: Pengaruh Idealisme (Idealized Influence) artinya mampu membuat bawahan mengagumi, menghormati, dan mempercayai.Motivasi Inspirasional (Inspirational Motivation) menginspirasi, memotivasi, dan memodifikasi perilaku para karyawan atau bawahan untuk mencapai tujuan apa yang dicita-citakan dan menghadapi tantangan secara maksimal dan terus belajar dan berprestasi sebaik mungkin. Simulasi Intelektual (Intellectual Simulation) mempengaruhi dan memandang masalah tersebut dari perspektif yang baru dan dari sisi yang berbeda untuk mencapai sasaran organisasi, dan Pertimbangan Pribadi (Individualized Consideration) Pemimpin transformasional dalam dimensi ini berperilaku sebagai model bagi bawahannya. Dalam hal ini pemimpin benar-benar memperhatikan kebutuhan dan kemampuan bawahan sehingga bawahan merasa aman dan nyaman dalam bekerja
Pentingnya Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 Lailatul maghfiroh; Retno Nuzilatus Shoimah
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 2023: April
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak usia dini merupakan anak usia emas yang harus diperhatikan perkembangannya. Belajar bagi anak usia dini perlu dilakukan melalui kegiatan yang menyenangkan agar konsentrasi anak bisa lebih lama. Di era revolusi industri sekarang, memudahkan pendidik membuat media yang dapat meningkatkan minat anak dalam belajar, salah satunya dengan media audio visual yang memadukan indera penglihatan dan pendengaran. Oleh karena itu, penting bagi seorang pendidik memahami penggunaan media pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0 salah satunya dengan menggunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi literatur dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Memilih media pembelajaran anak usia dini perlu diketahui tentang tahapan dalam perkembangan anak karena setiap anak memiliki tahapan perkembangan yang berbeda sehingga memerlukan beberapa perencanaan dan pertimbangan serta disesuaikan dengan tema yang terdapat di dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH) atau Rencana Kegiatan Mingguan (RKM). Penggunaan media audio visual bertujuan mengembangkan kemampuan kognitif berupa gambar bergerak dan suara, serta menyampaikan pesan untuk mempengaruhi sikap dan emosi. Kriteria pemilihan media audio-visual adalah menentukan vidio sesuai tema, pengelolaan Speaker, pengelolaan LCD (Proyektor), kejelasan gambar dan hurufnya serta pengaturan warna dalam layar, serta harus sesuai dengan waktu yang akan di gunakan
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Pada Surat Al-An’am Nur Nafisatul Fithriyah; Nur Fatimatuz Zahro
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 2023: April
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan upaya dalam membina anak untuk mencapai proseskedewasaan baik jasmani maupun rohani. Tujuan utama pendidikan akhlak adalah agar manusia berada dalam kebenaran dan senantiasa berada di jalan yang lurus, jalan yang telah digariskan oleh Allahlm Penelitian ini adalah penelitian literatur atau studi kepustakaan. Adapun penelitian yang digunakanya adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakan (library research) karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku, atau majalah-majalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Hasil yang diperoleh bahwa dalam surat Al-Anam terkandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang juga layak untuk dikaji seiring dengan perkembangan zaman. Sebabpendidikan akhlak merupakan proses penghayatan sebuah nilai yang harus diwujudkan oleh setiap manusia agar nilai dan upaya tersebut dapat tertanam dalam pemikiran, sikap, ucapan, dan tingkah laku nya yang berhubungan dengan Allah, manusia dan lingkungan sekitar. Akhlak manusia dapat dibentuk oleh berbagai pengeruh internal ataupun eksternal. Pengeruh internal berada dalam diri manusia sedangkan eksternal meliputi hal yang melingkupi kehidupannya. Tahap perkembangan usia anak membutuhkan informasi-informasi yang baik. Dengan karakter yang baik maka akan berpengaruh terhadap perkembangan anak tersebut di masyarakat
Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Buku Sensori Alphabet A-Z pada Kelompok A TK Runiah School Kota Makasar Nurul Eka Handayani Puad; Hurin Innihayatus Sa’adah
MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 No 2 2023: April
Publisher : Universitas Islam Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu upaya untuk pengembangakan potensi anak usia dini adalah dengan memberikan berbagai stimulasi. Dengan stimulasi yang diberikan akan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak terutama aspek bahasa. Salah satu pengembangan bahasa adalah kemampuan mengenal huruf. Tahap perkembangan dari anak dari anak tidak tahu menjadi tahu tentang keterkaitan bentuk dan bunyi huruf sehingga, anak dapat ,mengetahui bentuk huruf danmemaknainya disebut dengan kemampuan mengenal huruf. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi yang dilakukan pada TK Runiah School ternyata terdapat 4 anak dari 6 orang siswa yang berada di kelompok A TK Runiah School kesulitan untuk mengenal huruf. Ketika guru menunjukkan suatu huruf anak akan lama menjawab dan kebingungan untuk menjawab. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu (1) pembelajaran yang diberikan sangat monoton, tidak menarik sehingga anak kurang termotivasi, (2) guru jarang menggunakan media pembelajaran yang dapatmembantu meningkatkan daya tarik dan konsenstrasi anak terhadap pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin menganalasis bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini melalui buku sensori alphabet a-z pada kelompok A TK Runiah School di Makassar. Tujuan dari penelitian ini selain untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran buku sensori alphabet a-z digunakan dalam kegiayan pembelajaran , juga untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf anak usia dini di TK A Runiah School setelah menggunakan media pembelajaran buku sensori alphabet a-z. Setelah peneliti melakukan 2 Siklus PTK maka hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Kelompok A TK Runiah School di Makassar menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran buku sensori alphabet a-z dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf. Hal ini tentu akan menjadi dampak positif.

Page 1 of 1 | Total Record : 10