cover
Contact Name
Abdur Rohim
Contact Email
rohim@unisda.ac.id
Phone
+6285649234656
Journal Mail Official
wapeda@unisda.ac.id
Editorial Address
Jl. Airlangga 3, Sukodadi, Lamongan 62253
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Wahana Pedagogika: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 24599565     EISSN : 25795058     DOI : https://doi.org/10.52166/wp
Core Subject : Education, Art,
The objective of the journal is to provide a forum for the publication of research and discussion on all aspects of education such as teaching methodology, learning styles, assessment, curriculum development, educational leadership, and educational management and administration. Articles related to school education that have implications for higher education are also welcomed. The journal hopes to receive papers that use a variety of methods including quantitative (experimental, descriptive-correlation), and qualitative (case studies, ethnographic). Theoretical and narrative studies will also be considered. Book reviews and shorter research notes are also welcomed.
Articles 39 Documents
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL “PERTANYAAN TERBUKA” Ramelan Ramelan
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Mata Pelajaran PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan dalam membentuk karakter siswa, namun akhir-akhir ini selain aplikasi nilainilai positif yang ada pada materi mapel PKn rasanya telah rapuh dan tidak memiliki makna, hal ini terbukti nilai-nilai yang diperoleh siswa masih kurang memuaskan, secara akademiknya, siswa juga mengalami kemerosotan minat untuk belajar. Pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini diperoleh hasil sebagai berikut : pada siklus 1 hasil observasi lembar minat siswa rata-rata prosentasenya 63,5 % dan nilai rata-rata ulangan harian 68,03, sedangkan pada siklus 2 lembar observasi minat siswa rata-rata prosentasenya 73,67 % dan rata-rata nilai ulangan hariannya 81,29. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE COURS REVIEW HORAY kusen kusen
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa pada materi volume kubus dan balok, salah satu penyebabnya adalah sebagian besar guru belum menggunakan metode pembelajaran secara optimal. Belum optimalnya sebagian guru dalam menggunakan media disebabkan oleh kurang kreatifnya guru, terlalu sibuknya guru dalam kegiatan lain, atau juga karena keterbatasan kemampuan guru itu sendiri. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Matematika pada kompetensi dasar menghitung volume bangun ruang dengan menggunakan metode pembelajaran cours review horay. Penelitian menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes yang melalui dua siklus. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode cours review horay dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 1 KALITENGAH MELALUI PENDEKATAN COMMUNITY LEARNING Sukamtini Sukamtini
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar IPS di kelas VII-E SMP Negeri 1 Kalitengah. Setelah menerapkan metodeleraning community, terdapatperbedaaan suasana di dalam kelas. Hasil belajar siswa menunjukkan perubahan yang baik. Beberapa temuan telah di dapat ole penelitiberdasar pada observasidan data kuantitatif. Hal-hal tersebut meliputi; 1) Hasil pembelajaran kondisi awal IPS Kompetensi Dasar mendeskripsikan keragaman bentukmuka bumi, prosespembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan melalui pendekatan community learning diperoleh data dimana pada masa prasiklus mencapai rata – rata 63,33 dan hanya 50 % siswa mencapai nilai 75 atau > 75. Padahal idealnya minimal harus mencapai 100% siswa mendapat 75 atau > 75. 2) Hasil belajar pada siklus I terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 69,89 dan sebanyak 65 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 90. 3) Hasil belajar pada siklus II terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 83.3 dan sebanyak 90 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 100.
PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA Lili Aswida
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VI Semester genap SD Negeri Sidomulyo II Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Adapun penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yang terdiri dari beberapa siklus. Satu siklus kegiatan terdiri dari 4 kegiatan yaitu : (1) refleksi awal, (2) perencanan, (3) pelaksanaan dan pemantauan , (4) Refleksi. Hasil tes yang berbentuk tulis telah menunjukkan hasil yang optimal. Hasil tes akhir yang termasuk butir soal A yaitu aktivitas anak dalam kelompok dengan rata-rata 4. Butir B yaitu kemampuan menyimpulkan dengan rata-rata 4,5. Butir C yaitu kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan atau menjawab tes dengan rata-rata 8,05. Dan rata-rata keseluruhan hasilnya 8,35. Berdasarkan pembahasan yang singkat dapat disimpulkan sebagai berikut : Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas VI Semester genap SD Negeri Sidomulyo II Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan.
PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KOMPONEN PETA Pristiwanto Pristiwanto
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan pemahaman siswa tentang komponen peta. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melaluiobservasi pengolahan belajar aktif, dan tes formatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 67,64%, 77,35%, dan 91,17%. Dengan demikian, pembelajaran dengan metode pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN PENERAPAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESIGATION Komaria Komaria
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar PKN siswa kelas VI setelah diterapkan metode kooperatif model GroupInvesigation (GI). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang berbentuk spiral dari sklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning, action, observation, dan reflection. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Tawangrejo I Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan ialah (1) lembar pengamatan kegiatan siswa, (2) lembar pengamatan kegiatan guru, dan (3) lembar tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKN dengan diterapkannya metode kooperatif model group investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu siklus I daya serap siswa rata-rata 64,00 menjadi 81,00 pada siklus II. Dan data ketuntasan kelas juga meningkat yaitu siklus I mencapai 70% meningkat menjadi 90% pada siklus II.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI INSTANT ASSESSMENT Supriyadi Supriyadi
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan instant assessment dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika.. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan dengan subjek penelitian siswa kelas 7 C SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan. Ada tiga instrumen untuk mengumpulkan data yaitu (1) lembar pengamatan/observasi, (2) lembar questionare, dan (3) lembar test. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif artinya gambaran keberhasilan dalam proses belajar mengajar diungkapkan dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa pada siklus I (66,73) siklus II (71,90) dan siklus III (80,97). Dengan demikian, penerapan instant assessment dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.
PENERAPAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Sartini Sartini
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi IPA tentang mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dianggap sulit oleh siswa. Hal ini bisa dilihat dari 11 siswa yang mencapai 70% keatashanya 5 siswa atau 45,45 % siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar akan menggunakan menggunakanpembelajaran model experiential learning. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Experiential Learning terhadap prestasi belajar IPA. Simpulan dari penelitian ini Penerapan pendekatan Experiential Learning berdampak positif pada peningkatan pemahaman IPA materi mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia pada siswa kelas V SDN Sidomuiyo II, terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu siklus I (63,63%), dan siklus II (81,81%) dan daya serap siswa rata-rata dari 70,90 menjadi 84,54.
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK “GAME” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA Zainur Rojih
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik “Game“. Penelitian tindakan kelas inidilaksanakan di SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan dengan subjek penelitian siswa kelas 9 E SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan. Adatiga instrumen minimal untuk mengumpulkan data yaitu (1) lembar pengamatan/observasi, (2) lembar questionare, dan (3) lembar test. Data yangdiperoleh dari hasil pengamatan dan angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif artinya gambaran keberhasilan dalam proses belajar mengajar diungkapkan dengan kenaikan nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasilbelajar siswa pada siklus I (68,67), siklus II (74,89), siklus III (82,78). Dengan demikian, penerapan cooperative learning dengan teknik “game” dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
OPTIMALISASI KREATIVITAS MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN IPS GUNAMENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR Sri Riyadini
WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengungkap kreativitas mengajar guru pada pembelajaran IPS serta Mendiskripsikan pengaruh kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran IPS dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas IV semester I SD Negeri Pengumbulanadi II Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk siklus kegiatan. Satu siklus kegiatan terdiri dari 4 kegiatan yaitu: (1) Refleksi awal, (2) Perencanan, (3) Pelaksanaan dan pemantauan , (4) Refleksi. Dari hasil pengamatan serta catatan kegiatan selama PBM dari 19 peserta didik ternyata dapat diperoleh hasil yang cukup signifikan dimana dari nilai hasil sebelum tindakan diperoleh rata-rata nilai 5,5 dan setelah diadakannya tindakan terjadi kenaikan jumlah nilai dengan rata-rata 7,5. Berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis selama tindakan dapat ditarik kesimpulan bahwa: Kreativitas mengajar guru pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas IV semester I SD Negeri Pengumbulanadi II

Page 1 of 4 | Total Record : 39