cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): Edisi April" : 4 Documents clear
Film Edukasi Silariang bagi Remaja di Dusun Palambuta Kabupaten Jeneponto Armin Super
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i2.30913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan tingkat kebutuhan media film pendidikan karakter sebagai edukasi silariang terhadap remaja di dusun Palambuta kabupaten Jeneponto, Mengembangkan media film pendidikan karakter edukasi silariang terhadap remaja agar terhindar dari dampak buruk kawin lari. Menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan media film pendidikan karakter sebagai edukasi silariang terhadap remaja di dusun Palambuta. Penelitian ini akan merancang suatu produk film pendidikan karakter sebagai media edukasi silariang bagi remaja di dusun palambuta. Model pengembangan dalam penelitian ini dikembangkan oleh Borg & Gall. Kebutuhan peneliti menjadi empat langkah penelitian, yaitu: Pengumpulan informasi, Perencanaan, Pengembangan bentuk awal produk dan Uji lapangan, revisi dan produk akhir. tingkat analisis dari kebutuhan pendidikan kerakter para remaja dusun Palambuta di Kabupaten  membutuhkan sebuah media film pendidikan karakter. Produk media film pendidikan karakter diyakini mampu membantu dalam mengedukasi tentang dampak buruk kawin lari. Selain itu, media film pendidikan karakter akan lebih menarik perhatian remaja jika di tampilkan dalam bentuk film fiksi bergendre drama. Kata kunci: pendidikan karakter, siri’, film
Deskripsi Penggunaan Platform SYAM-OK pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Era Pandemi COVID-19 Dwi Frima Tanty
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i2.32821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran Penggunaan SYAM-OK pada MK Psikologi Pendidikan di era pandemi COVID-19, Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah Dekan FIP UNM, Ketua Prodi Teknologi Pendidikan, Dosen pengampuh MK Psikologi Pendidikan, mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2019 yang telah memprogram MK psikologi Pendidikan denggan menggunakan SYAM-OK. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan, analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sehingga diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Gambaran pembelajaran dalam jaringan pada MK Psikologi Pendidikan menggunakan platform SYAM-OK sangat muda karena fitur-fitur yang disajikan mudah untuk dipahami, selain itu mempermudah proses pembelajaran dalam hal: Absensi, Penerimaan materi. Karena platform SYAM-OK sangat menunjang pembelajaran maka civitas akademika UNM sepakat setelah pandemi berlalu pembelajaran akan tetap menggunakan platform SYAM-OK sebagai saran penunjang pembelajaran yang baik. (2) kelebihan penggunaan platform SYAM-OK pembelajaran menjadi fleksibel dan fitur-fiturnya yang mudah dipahami, sedangkan kekurangannya kurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa. (3) Faktor Penghambat dalam penerapan platform SYAM-OK adalah maintenance sedangankan faktor pendukung infrastruktur yang menunjang pembelajaran dalam jaringan di Fakultas Ilmu PendidikanKata Kunci: Pembelajaran Daring; COVID-19, SYAM-OK 
Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dan Media Gambar Seni Budaya Suhaeni Suhaeni
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i2.32984

Abstract

Sebelum pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan, hasil belajar Seni budaya di SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa rendah. Kondisi ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih konvensional yaitu guru dominan menerapkan metode ceramah. Model Problem Solving menekankan aktivitas siswa dengan memanfaatkan media gambar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan guru melaksanakan pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni budaya. Hasil belajar siswa siklus I mencapai 74%) dalam kategori baik, meningkat 16,5%  menjadi 90,5%  dalam kategori sangat baik, sedangkan indikator keberhasilannya adalah 85% siswa mencapai KKM.Kata Kunci: model problem solving; media gambar; hasil belajar.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar di SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa Kartini Kartini
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i2.30871

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika dengan menggunakan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 35 orang.  Fokus penelitian ini ada dua yaitu hasil belajar fisika pada materi pokok energi dalam sistem kehidupan, dan media gambar.  Metode pengumpul yaitu tes dan non tes. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dalam pembelajaran fisika materi pokok energi dalam sistem kehidupan dengan menggunakan media gambar. Dari hasil ini disarankan kepada guru IPA Terpadu di SMP khususnya dalam pembelajaran Fisika untuk menggunakan media gambar sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada materi pokok energi dalam sistem kehidupan.Kata Kunci: hasil belajar; fisika; media gambar

Page 1 of 1 | Total Record : 4