cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): Edisi April" : 4 Documents clear
Pengembangan Media Video Tutorial pada Mata Kuliah Pengantar Sinematografi di Prodi Teknologi Pendidikan Ahmad Fadel
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i2.36430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, desain, validitas, dan kepraktisan media video tutorial. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip dengan tiga tahapan pengembangan yaitu (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap Desain, dan (3) Tahap Pengembangan. Analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil validasi media pembelajaran tergolong sangat baik, hasil validasi isi atau materi tergolong baik, hasil uji coba kelompok kecil tergolong sangat baik, hasil uji coba kelompok besar tergolong sangat baik, dan respon dari dosen mata kuliah tergolong baik. Berdasarkan data hasil tersebut maka media pembelajaran yang dikebangkan dianggap valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Pengantar Sinematografi di Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM.
Pengembangan Kuis Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 13 Makassar Reski Fadillah
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i2.38137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kuis interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 13 Makassar. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dengan 3 tahap pengembangan yaitu (1) Tahap Perencanaan (Planning), (2) Tahap Desain (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil validasi media pembelajaran dan isi materi menunjukkan kualifikasi sangat baik, sementara hasil uji coba kelompok kecil dan besar menunjukkan kualifikasi sangat baik dan baik. Hasil tanggapan guru juga menunjukkan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, media kuis interaktif dianggap valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam meningkatkan pembelajaran di sekolah.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 4 Jeneponto Putri Ayu Malini
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i2.37851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Jeneponto sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, serta untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model tersebut terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experiment dengan desain penelitian One group pretest-posttest yang diujicobakan pada sampel berjumlah 33 siswa dari kelas XI IPS 2. Teknik pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah penerapan pembelajaran STAD dengan nilai rata-rata pretest 65,60 dan nilai posttest 82,87. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Jeneponto.
Dampak Pelatihan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Hard Skill Guru Pondok Pesantren At-Taubah Gita Nurfadilah
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i2.43344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan awal guru dalam mengengembangkan media presentasi, mengukur gambaran pelaksanaan pelatihan media presentasi, dan melihat pengaruh pelatihan media presentasi terhadap peningkatan kemampuan hardskill guru di Pondok Pesantren Yapid At-taubah Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang menggunakan jenis eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan metode yang hanya menggunakan satu kelompok perlakuan dan tidak menggunakan kelompok kontrol. Sampel dari penelitian ini yaitu guru Pondok Pesantren yang berjumlah 14 orang. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan uji t-test maka diperoleh nilai rata-rata kemampuan guru dalam membuat media presentasi di Pondok Pesantren Yapid At-taubah Kabupaten Polewali Mandar. Setelah pelaksanaan pelatihan media presentasi lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pelatihan media presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan media presentasi terdapat pengaruh yang positif terhadap peningkatan kemampuan hardskill guru dalam mengembangkan media pembelajaran di Pondok Pesantren Yapid At-taubah Kabupaten Polewali Mandar.

Page 1 of 1 | Total Record : 4