cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2023): Edisi Oktober" : 4 Documents clear
Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Kuliah Pengembangan Media Foto Prodi Teknologi Pendidikan Irmansyah Anwar
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 4 (2023): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i4.40667

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan video pembelajaran, merancang video pembelajaran, dan menilai tingkat validitas serta kepraktisan video pembelajaran sebagai media bagi mahasiswa program studi teknologi pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media video pembelajaran. Model yang digunakan adalah model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate), penelitian ini hanya mencapai tahap pengembangan. Responden dalam penelitian ini adalah 24 mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan statistic deskriptif. Hasil validasi media video pembelajaran oleh ahli materi mencapai kualifikasi sangat baik, dan hasil validasi oleh ahli media juga mencapai kualifikasi sangat baik, sehingga penelitian dapat dilanjutkan dengan merevisi media video pembelajaran. Uji coba kepraktisan menunjukkan hasil yang baik, dan tanggapan dosen pengampu mata kuliah pengembangan media foto juga mencapai kualifikasi baik. Sehingga, media video pembelajaran valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran pada Mata Kuliah Pengembangan Media Foto.  
Analisis Kemampuan Literasi Digital sebagai Kompetensi Profesional Guru di SMAN 1 Selayar Rahmat Hidayat
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 4 (2023): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i4.53821

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi digital guru sebagai salah satu kompetensi profesional di SMA Negeri 1 Selayar berkaitan dengan pencarian di internet, hypertext, evaluasi konten dan menyusun pengetahuan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data peneliti yaitu 5 orang guru yang ditetapkan atas pertimbangan lamanya mengajar minimal 5 tahun, sudah memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet 5 tahun terakhir. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, survei dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display, terakhir adalah tahap verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pencarian di internet telah dimanfaatkan guru di SMA Negeri 1 Selayar dalam proses pembelajaran, (2) hypertext belum sepenuhnya dikuasai oleh setiap guru, (3) evaluasi konten informasi telah diterapkan guru SMA Negeri 1 Selayar dan (4) penyusunan pengetahuan juga belum sepenuhnya memenuhi tahap evaluasi oleh guru. Adapun aspek lain yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) guru menggunakan media sosial seperti Instagram, youtube, dan tiktok sebagai sumber sember belajar, (2) penggunaan search engine oleh guru.
Pengembangan Buku Panduan Outbound Sebagai Perangkat Program Penguatan Pendidikan Karakter Mahasiswa Andrian Darmansa
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 4 (2023): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i4.53107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebutuhan buku panduan outbound, mendesain buku panduan outbound dan menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan buku panduan outbound. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Rowntree dengan tahapan perencanaan, persiapan penulisan, dan penulisan dan penyuntingan. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan evaluasi formatif oleh Tessmer, meliputi self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan mahasiswa berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan sehingga dapat dikembangkan sebagai panduan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter mahasiswa UNM. Hasil yang dicapai pada expert review oleh ahli materi menunjukkan kualifikasi sudah baik dan ahli media dan desain pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik. tahap one to one evaluation dan small group evaluation masing-masing menunjukkan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian telah berhasil dikembangkan buku panduan outbound yang valid dan praktis yang siap digunakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar sebagai perangkat program penguatan pendidikan karakter.
Pengembangan Modul Digital Mata Kuliah Evaluasi Kurikulum Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM Aditya Ahyadin
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 4 (2023): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i4.52787

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, merancang, dan mengukur tingkat validitas Modul Digital pada mata kuliah Evaluasi Kurikulum di jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model Alessi dan Trollip yang dikembangkan, dengan tiga tahap utama, yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap desain, dan (3) tahap pengembangan. Subjek penelitian melibatkan dua validator untuk materi dan media, 20 mahasiswa teknologi pendidikan, dan satu dosen pengampu. Hasil validasi materi memperoleh kualifikasi sangat baik, sementara validasi media mendapatkan kualifikasi baik. Uji coba kepraktisan dilakukan pada dua kelompok pengguna, yaitu mahasiswa dan dosen pengampu, dan keduanya menunjukkan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis ini, dapat disimpulkan bahwa modul digital untuk mata kuliah evaluasi kurikulum ini valid dan praktis.

Page 1 of 1 | Total Record : 4