cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
aenfariah1995@gmail.com
Editorial Address
Jl Susukan Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, Kab. Kuningan, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 29875293     EISSN : 2987517X     DOI : https://doi.org/10.59784/generasi
Core Subject : Health, Education,
Focus and Scope of Jurnal of Early Childhood is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 5 Documents
Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Fredwrich Wilhelm Froebel Ulya Ainur Rofiā€™ah; Maemonah; Putri Indah Lestari
Generasi Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Generasi
Publisher : P3M - STAI Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59784/generasi.v1i01.4

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana konsep filosofis yang dikemukakan oleh Frederich Wilhelm Froebel berkaitan dengan pendidikan anak usia dini, dan selanjutnya dikaitkan dengan pertumbuhan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pilihan metode penelitian kepustakaan. Frobel telah menyumbangkan pandangan yang sangat luas dalam dunia pendidikan modern saat ini, menurut Froebel manusia pada dasarnya adalah dinamika yang produktif dan tidak hanya bersifat represif. Froebel menekankan pendidikan pada anak usia 3-6 tahun atau 7 tahun. Pada masa ini, seorang anak akan dibekali pengetahuan untuk memiliki kemampuan sebagai dasar perkembangan dan pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu Froebel menekankan perlunya memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan latihan sensorik, bahasa dan bermain sebagai komponen penting dalam pendidikan anak
Kesiapan Pengelola PAUD Menghadapi Pembelajaran New Normal Pandemi Covid 19 Sefriyanti Sefriyanti; Ichsan Ichsan
Generasi Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Generasi
Publisher : P3M - STAI Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59784/generasi.v1i01.5

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan pengelola lembaga PAUD menghadapi pembelajaran new normal pandemic covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif metode survei. Sumber data penelitian diperoleh dari lima belas pengelola PAUD yang berada di daerah Kecamatan Way jepara dan Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur. Teknik pengumpulan data dengan memberikan instrument berupa daftar pertanyaan kesiapan sekolah dalam pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid 19. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitaif dengan teknik presentasi kesiapan pengelola dari seluruh indikator yang telah ditentukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola lembaga PAUD telah siap menghadapi pembelajaran New Normal Pandemi Covid 19 dengan berbagai kesiapan yang telah dilakukan agar kegiatan belajar mengajar mampu berjalan dengan optimal dan kesehatan seluruh warga sekolah
Penerapan Metode Ummi TKIT Sabilul Huda Karyamulya Kec. Kesambi Kota Cirebon Nilamsari Kusumawati Putri; Ade Rohbiyah; Memen Memen; Munawaroh Munawaroh; Siti Nurhayati
Generasi Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Generasi
Publisher : P3M - STAI Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59784/generasi.v1i01.6

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan Metode Ummi dalam pengajaran Al-Qur'an di TKIT Sabilul Huda, Cirebon. Metode Ummi adalah suatu teknik pembelajaran yang didesain untuk memfasilitasi pembelajaran Al-Qur'an yang mudah dan menyenangkan bagi siswa dan guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan deskriptif, mengumpulkan data melalui observasi dan dokumentasi langsung dari para siswa, kepala sekolah, dan tim Ummi di TKIT Sabilul Huda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Ummi telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di TKIT Sabilul Huda. Dalam hal ini, Metode Ummi tidak hanya membantu siswa membaca Al-Qur'an dengan baik dan tartil, tetapi juga menghormati dan mengenang jasa ibu sebagai pemberi pelajaran bahasa pertama. Kesimpulannya, Metode Ummi efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif.
Bimbingan Dan Konseling Belajar Pada Anak Usia Dini Moh Rizal Selamet; Firdan Khaidar Sukmara; Sulistianingsih Sulistianingsih; Yovian Yustiko Prasetya
Generasi Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Generasi
Publisher : P3M - STAI Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59784/generasi.v1i01.7

Abstract

Dalam penelitian ini menjelaskan tentang layanan bimbingan konseling belajar pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kepustakaan yaitu suatu teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yang sesuai dengan topik atau masalah yang sedang diteliti. Adapun sumber data diperoleh dari jurnal dan buku ilmiah. Layanan bimbingan konseling pada PAUD sangatlah penting dan dibutuhkan karena untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak didik baik dari segi kejiwaan, emosional, fisik dan pemikiran. Sesuai dengan ungkapan hasan (2011) bahwa PAUD adalah lembaga pendidikan sebelum jenjang sekolah dasar (SD) sebagai upaya pembinaan dan pengajaran bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun dengan cara tertentu, dengan tujuan guna membantu pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara jasmani ataupun ruhani agar memiliki kesiapan dalam melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya pada jalur formal, non formal atau informal. bimbingan konseling di lembaga PAUD ini harus diberikan kepada semua anak didik, tidak hanya kepada anak yang bermasalah saja. Karena anak yang tidak bermasalahpun perlu mendapatkan layanan bimbingan agar lebih mudah dalam mengembangkan bakat, minat dan potensinya. Dengan begitu bimbingan konseling bukan saja untuk mengatasi anak didik yang bermasalah, namun juga sebagai tindakan untuk terpenuhinya kebutuhan dalam perkembangan anak secara maksimal. Adapun Aplikasi belajar pada pendidikan anak usia dini bisa melalui media mainan seperti yang dikatakan Lestari (2014) bahwa media bimbingan dan konseling berbasis islami terhadap anak usia dini dalam pembentukan karakter kemandirian bisa dilakukan dengan media permainan
Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Paper Quilling Pada Anak Usia Dini Nanda Azizilana; Nilam Kusumawati Putri
Generasi Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Generasi
Publisher : P3M - STAI Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59784/generasi.v1i01.8

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi di RA Al-Hidayah Playangan ditemukan bahwa kemampuan motorik halus di kelompok A masih rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan paper quilling pada usia 4-5 tahun di RA Al-Hidayah Playangan Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kemmis and Mc. Taggar. Subjek yang diteliti adalah anak usia 4-5 tahun RA AL-Hidayah yang berjumlah 23 anak. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan motorik halus dikatakan berhasil apabila persentase keterampilan motorik halus anak mencapai ? 80% dari jumlah anak secara keseluruhan yaitu 23 anak, khususnya pada keterampilan menggulung dan mengelem dengan rapiTeknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi (checklist) dan dokumentasi.Hasil penelitian hal tersebut membuktikan bahwa melalui kegiatan paper quilling dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Peningkatan tersebut dilihat dari observasi yang telah dilakukan, pada kondisi awal rata-rata 50,71%, meningkat pada siklus I menjadi 77,18% dan pada siklus II menjadi 93,04%. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian yang dikemukakan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan paper quilling dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di RA AL-Hidayah Playangan, Gebang, Cirebon. Penelitian ini akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya di RA Al-Hidayah Playangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023