cover
Contact Name
Eka Andriani
Contact Email
ekaandriani@staiyapistakalar.ac.id
Phone
+6281378441916
Journal Mail Official
dahzainnur@staiyapistakalar.ac.id
Editorial Address
Jln. H. Abd. Majid Pali, Kacci - Kacci Kel. Sombala Bella, Kec. Pattallassang Kab. Takalar Sulawesi Selatan 92211
Location
Kab. takalar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
ISSN : 23386320     EISSN : 2809333X     DOI : -
Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan (translated in English DAHZAIN NUR: Journal of Education, Islam and Society) (ISSN Print: 2338-6320 ISSN Online: 2809-333X) is an national journal published by STAI YAPIS Takalar, Indonesia. The journal pursues the academic exploration on Indonesian Islamic education discourses such as schools, colleges, universities, and other Islamic educational institutions such as pesantrens (Islamic boarding schools) in Islamic education discourses. The journal promotes empirical research and theory relevant to Islamic-affiliated educational institutions. Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan published twice a year always places Islamic Education in the central focus of academic inquiry and invites any discussions as the aim and scopes.
Articles 40 Documents
ANALISIS HUKUM EKONOMI ISLAM TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS BANK BNI SYARIAH DAN BANK BNI KCP TAKALAR) Andi Tenri Citra Sari; Julianti
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu aspek penting yang terkait dengan hubungan antar manusia adalah ekonomi. Ajaran Islam tentang ekonomi memiliki prinsip-prinsip yang bersumber al-Qur’an dan Hadits. Prinsip-prinsip umum tersebut bersifat abadi, seperti prinsip tauhid, adil, mashlahat, kebebasan dan tanggung jawab, persaudaraan dan sebagainya. Prinsip-prinsip ini menjadi landasan kegiatan ekonomi di dalam Islam yang secara teknis operasional selalu berkembang dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan peradaban yang dihadapi manusia. Bank konvensional adalah bank yang berlandaskan kesepakatan umum artinya segala usaha yang dibiayai oleh bank tidak mengenal halal atau haram jenis usahanya selama hukum positif membolehkan usaha tersebut. Berbeda dengan bank syariah yang merupakan perbankan yang menganut sistem syariah, artinya segala operasional baik dalam pemberian kredit maupun layanan lainnya yang ditawarkan berdasar kepada prinsip syariah dengan menerapkan sistem bagi hasil dalam pembagian keuntungan antara mitra (nasabah) dengan pihak bank. Bank syariah memilliki peran positif bagi nasabahnya karena pada prinsip bank syariah enggan menggunakan prinsip bunga dimana dalam Islam bunga merupakan riba yang dilarang.
METODE MENGAJAR PERILAKU PESERTA DIDIK Saharudin Sahar
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku atau kegiatan individu selalu terjadi dalam interaksi dengan lingkungan eskternal yang meliputi lingkungan, fisik, sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan internal yang mencakup psikologis atau yang timbul dari dirinya sendiri. Interaksi individu dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya penyesuaian diri atau saling mendekatkan diri. Penyesuaian diri dengan lingkungannya atau lingkungan yang diubah/berubah sesuai dengan kepentingan atau keadaan individu. Perilaku atau kegiatan individu mengarah pada suatu hal dan di dorong oleh kekuatan atau motivasi dari seorang guru. Olehnya itu, guru dituntut untuk menggunakan metode atau pendekatan yang berkaitan dengan perilaku siswa misalnya pendekatan yang di tulis dalam makalah, lintas teori, aksi beralasan dan perilaku yang direncanakan, belajar sosial, dan pendekatan ekologi sebagai dampak dari pemberian motivasi untuk menyemangati siswa tersebut. Keberagaman perilaku siswa yang dimiliki di sekolah memberikan pengaruh pembelajaran yang efektif. Adapun kegiatan yang berdampak pada perilaku siswa di sekolah dan efeknya terhadap lingkungan pembelajaran antara lain:  Ujian dan kompetensi, efek belajar, desain kurikulum sekolah, prinsip-prinsip pembelajaran, dan perilaku guru.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DI TK MUTIARA KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR St Nurbaya Kadir; Surahmadayani
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Di Tk Mutiara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu begaimana  upaya guru meningkatkan keterampilan berbicara anak di Tk Mutiara dan bagaimana bagaimana upaya meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam keterampilan berbicara dan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan keterampilan berbicara di Tk Mutiara Kecamatan Sanrobone. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian tindakan kelas dilakukan untuk peningkatan mutu atau pemecahan masalah pada sekolompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya, yang kemudian diberikan tindakan lanjut yang bersifat penyempurnaan tindakan atau penyusuaian dengan kondisi atau situasi sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Dalam hal ini arti kelas yang lebih spesifik, yaitu kelas adalah sekolompok siswa yang dalam waktu yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama juga. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Tk Mutiara, dimana peserta didik tersebut jtidak hanya sebagai obyek yang dikenai tindakan, tetapi juga aktif dalam kegiatan yang dilakukan. Peneliti sebagai guru dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bercerita dengan menggunakan media gambar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi (pengamatan), metode interview (wawancara), metode tes dan metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bercerita di Tk Mutiara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Dimana dalam upaya guru meningkatkan keterampilan berbicara anak yang awalnya melalui metode ceramah, namun sekarang akan melalui metode bercerita dengan menggunakan media gambar karena lebih menarik perhatian anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata keterampilan berbicara anak pada pratindakan sebesar 5,42%, meningkat di siklus I menjadi 6,55%, dan meningkat di siklus II mencapai 8,15%.
PENGARUH LOKUS PENGENDALIAN, EFIKASI DIRI DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA Alifah Muthmainna
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh lokus pengendalian, efikasi diri dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan menggunakan tehnik sampling  Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 200 responden pada siswa kelas X SMA di Jakarta Timur. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian tersebut yaitu:1) lokus pengendalian, efikasi diri, dan sikap ilmiah mempunyai pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika siswa, 2) lokus pengendalian dan efikasi diri mempunyai pengaruh langsung positif terhadap sikap ilmiah siswa. Implikasi kepada siswa dan guru yaitu sebaiknya menciptakan lingkungan belajar yang dapat mengembangkan lokus pengendalian dan efikasi diri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa.
Urgensi Bermazhab Fikih Menurut Perspektif Muhammad Said Ramadhan Al-Buthi Muh. Nur Fithri D; Muh Nur Ridho; Chaerul Firdaus
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setelah uraian dan penjelasan panjang sebelumnya. Penulis berpendapat bahwa tuduhan kontra terhadap wajibnya bermazhab dalam fikih adalah tuduhan yang bathil dan tidak bisa dipertanggung jawabkan, dikarenakan lemahnya dalilnya. Dan penulis memihak kepada pandangan Muhammad Said Ramadhan al-Buthi. Dari situlah penulis berangkat untuk menyimpulkan beberapa poin penting mengenai bermazhab: 1) Bermazhab dalam fikih adalah kewajiban bagi setiap muslim yang awam akan suatu hal dan belum mencapai derajat mujtahid Mustaqill. Karena mazhab itu sendiri bagaikan pedoman seorang muslim dalam beribadah dan Hukum Syariat Islam. 2) Apabila seorang muslim telah mencapai derajat mujtahid Mustaqill, maka terbebas darinya kewajiban bertaklid dan yang diwajibkan baginya adalah hasil ijtihadnya sendiri. 3) Bagi seorang muslim yang mencapai tingkatan Mujtahid Muntasab ila al-Mad?ab, mujtahid Muqayyad atau A???bu al-Wuj?h dan mujtahid fatwa atau tarjih, tetap diwajibkan bagi mereka untuk bertaklid kepada salah satu dari empat imam mazhab. Akan tetapi jika dari mereka mencapai derajat mujtahid Mustaqill pada suatu perkara, boleh baginya untuk berijtihad sendiri. Sedangkan diluar permasalahan tersebut, diwajibkan bagi mereka untuk bertaklid.
Arahan Islam dalam Perubahan Manajemen Syahrikal
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen dalam Islam berbeda dengan manajemen Jepang, Eropa, atau Amerika selalu merujuk kepada petunjuk Al-Qur’an dan Hadis. Oleh karena itu, maka manajemen merupakan suatu proses pengaturan, penyusunan, pengelolaan, dan penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran dengan niat ikhlas. Seorang manajer dengan berbekal niat ikhlas menyusun dan menggerakkan sumber daya secara efektif dan efisien untuk meraih sasaran yang hendak dicapai oleh suatu kelompok maupun perusahaan dengan tujuan akhir memperoleh keridaan Tuhan Pengatur Alam. Kenapa demikian? Karena manajer tertinggi di dunia ini adalah Allah, yang kepenge-lolaannya meliputi bukan hanya manusia, tetapi termasuk makhluk-Nya yang lain. Karena Ia yang tertinggi maka prinsip “unity of command” atau kesatuan komando-Nya, suatu prinsip yang telah diterima dan diakui oleh para manajer secara universal, harus senantiasa dijaga.
Ciri Profesionalisme Guru Nureni
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Profesional merupakan pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi sebagaimana yang tercantum di dalam UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dengan demikian profesi guru adalah keahlian dan kewenangan khusus dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan pelatihan yang ditekuni untuk menjadi mata pencaharian dalam memenuhi kebutuhan hidup yang bersangkutan. Makna guru atau pendidik pada prinsipnya tidak hanya mereka yang mempunyai kualifikasi keguruan secara formal diperoleh dari bangku sekolah perguruan tinggi melainkan yang terpenting adalah mereka yang mempunyai kompetensi keilmuan tertentu dan dapat menjadikan orang lain pandai dalam matra kognitif yang menjadikan peserta didik cerdas intelektualnya, afektif yang menjadikan peserta didik mempunyai sikap dan prilaku yang sopan, dan psikomotorik yang menjadikan peserta didik terampil dalam melaksanakan aktifitas secara afektif dan efisien, serta tepat guna.
Dinamika Pendidikan Perempuan Ismail Karim
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan perempuan telah menjadi perhatian sejak zaman Rasulullah SAW. Beliau membangun kesetaraan laki-laki dan perempuan dalam berbagai hal dan menghapuskan diskriminasi dan intimidasi terhadap kaum perempuan. Pada masa beliau perempuan bebas memilih profesi dan usahanya yang positif. Sama halnya dengan pendidikan perempuan di Indonesia. Sejak munculnya tokoh-tokoh perempuan Indonesia yang berkiprah sebagai pendidik dan aktif di dalam organisasi perempuan menjadikan perempuan semakin diterima dan diperlakukan baik serta diberikan kesempatan untuk mengeyam dunia pendidikan.
Kode Etik Profesi Guru Abubakar
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Profesi keguruan adalah suatu pekerjaan tertentu yang menuntut persyaratan khusus dalam bidang pendidikan dan pengajaran sehingga meyakinkan dan memperoleh kepercayaan pihak yang memerlukannya, khususnya bagi para peserta didik. Syarat-syarat profesi keguruan meliputi sehat mental dan fisik, memiliki kualifikasi keguruan, menguasai pengetahun ilmiah dalam bidangnya, mempunyai keterampilan dalam mentransfer ilmunya, terampil dalam seluruh rangkaian proses pembelajaran, dan tekun dalam profesi keguruan, serta mengetahui dan mematuhi kode etik guru. Dengan kode etik, guru diharapkan dapat mewujudkan fungsinya sebagai guru yang professional dalam membina dan mengembangkan karakter peserta didik dan dapat menjaga serta menjunjung tinggi wibawa profesi guru selaku pendidik.
Kurban dan Aqiqah Perspektif Hukum Islam Muhlisina
Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 (2020): Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STAI YAPIS Takalar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurban merupakan istilah yang menunjukkan tujuan dari suatu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Pelaksanaan kurban dibatasi 4 hari yaitu 10 dzulhijjjah dan 3 hari tasyrik. Ibadah ini dapat mempererat tali persaudaraan antara umat manusia, khususnya umat Islam.  Adapun aqiqah merupakan penyembelihan hewan pada hari ketujuh, empat belas dari kelahiran anak dibarengi pemberian nama dan pengcukuran rambut anak tersebut.

Page 1 of 4 | Total Record : 40