cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agusjunaidi@mediaantartika.id
Phone
+6281318340588
Journal Mail Official
jka.antartika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Amil Wahab No.8, RW.9, Kramat Jati, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Komputer Antartika
ISSN : -     EISSN : 29885272     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Komputer Antartika adalah jurnal yang diterbitkan oleh Antartika Media Indonesia yang berfokus pada penerbitan artikel ilmiah pada bidang ilmu-ilmu komputer meliputi: Komputasi dan pemrosesan data, Kecerdasan buatan, Jaringan dan keamanan, Sistem informasi dan manajemen, Grafis dan visualisasi, Arsitektur dan teknologi komputer, dan e-learning.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023" : 5 Documents clear
Analisis Sentimen Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi My Pertamina Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Rini Maria; Retno Umi Umayah; Syifa Mahardinny; Diki Kalana; Dedi Dwi Saputra
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyebaran informasi saat ini menjadi lebih mudah dan cepat. Karena semakin berkembangkan sistem informasi khususnya dalam penyebaran berita. Salah satunya media sosial Twitter yang sangat memudahkan masyarakat mencari informasi atau berinteraksi langsung dengan pengguna Twitter lainnya dan Studi kasus yang diambil oleh peneliti yaitu mengenai Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi My Pertamina. Kasus tersebut diambil karena ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia di media sosial Twitter dimana Perusahaan Pertamina menerapkan sistem pembayaran Non-tunai sehingga memunculkan perspektif yang memicu timbulnya Pro-Kontra di masyarakat mengenai penggunaan Aplikasi tersebut. Salah satu pemanfaatan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan komentar atau tweets pengguna Twitter terhadap adanya Kebijakan pembelian Pertalite menggunakan Aplikasi MyPertamina dengan melakukan analisis sentimen. Oleh karena itu dibutuhkan metode untuk mengklasifikasikan komentar publik berupa analisis sentimen pada media sosial Twitter, algoritma yang digunakan dalam melakukan analisis sentimen tersebut adalah metode Naïve Bayes Classifier (NBC). Analisis sentimen dilakukan dengan mengambil 1000 tweet untuk dijadikan sebagai dataset, sentimen akan diklasifikasikan dengan memberikan label yang dibagi menjadi dua kategori yaitu complaint dan non complaint. Tahapan dalam melakukan analisis sentimen pada penelitian ini adalah preprocessing data, pengolahan data, klasifikasi, dan evaluasi. Dari analisis tersebut diperoleh hasil akurasi sebesar 82.96%, precision sebesar 81.17%, Recall sebesar 86.07%, kemudian hasil dari AUC sebesar 0.906. Berdasarkan Hasil presentase yang diperoleh tersebut sudah mencapai hasil yang maksimal untuk mengklasifikasi komentar-komentar publik. Dissemination of information is now easier and faster. Due to the growing development of information systems, especially in the dissemination of news. One of them is social media Twitter, which makes it very easy for people to find information or interact directly with other Twitter users. The case study taken by the researcher is regarding Public Perceptions of Using the My Pertamina Application. This case was taken because it was widely discussed by the Indonesian people on social media Twitter where the Pertamina Company implemented a non-cash payment system, giving rise to views that sparked pros and cons regarding the people who use the application. One of the uses of this research is to find out trends in comments or tweets by Twitter users regarding Pertalite purchasing policies using the MyPertamina application by conducting sentiment analysis. Therefore we need a method to classify public comments in the form of sentiment analysis on social media Twitter, the algorithm used in sentiment analysis is the Naïve Bayes Classifier (NBC) method. Sentiment analysis is carried out by taking 1000 tweets to be used as a dataset, sentiment will be classified by labeling it which is divided into two categories, namely complaint and non complaint. The stages in conducting sentiment analysis in this study are data preprocessing, data processing, classification, and evaluation. From this analysis, the results obtained were 82.96% accuracy, 81.17% precision, 86.07% recall, then the AUC result was 0.906. Based on the percentage results obtained, maximum results have been achieved for classifying public comments.
Implementasi Machine Learning Untuk Klasifikasi Narasi Informative dan Non-Informative Pada Media Sosial Twitter TMC Polda Metro Jaya Menggunakan Naïve Bayes Classifier Nendi Riska Fadhila; Tri Sutarti; Melly Patende; Galistia Yudha; Dedi Dwi Saputra
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Twitter adalah layanan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter. Sejak diluncurkan, twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di internet. Adapun pengklasifikasian narasi yang bersifat informative atau non-informative pada media sosial twitter TMC Polda Metro Jaya terhadap pandangan masyarakat, menggunakan metode klasifikasi alogoritma Naive Bayes Classifier. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 1.000 sampel data dengan keyword @TMCPoldaMetro untuk dijadikan dataset. Dengan menggunakan preprocessing data, annotation removal, remove hastag, regexp, transformation remove URL, Indonesian stemming dan Indonesia stop removal. Hasil analisis penelitian yaitu nilai Accuracy sebesar 81,7%, nilai Pression sebesar 81,30%, nilai Recall sebesar 83,03% dan AUC sebesar 0,847. Twitter is a social networking service that enables its users to send and read text-based messages of up to 140 characters. Since its launch, Twitter has become one of the ten most visited websites on the internet. As for the classification of narratives that are informative or non-informative on TMC Polda Metro Jaya's social media twitter to the views of the public, using the Naive Bayes Classifier algorithm classification method. This research was conducted by taking 1,000 data samples with the keyword @TMCPoldaMetro to be used as a dataset. By using data preprocessing, annotation removal, remove hashtags, regexp, transform remove URLs, Indonesian stemming, and Indonesian stop removal. The results of the research analysis are Accuracy of 81.7%, Pressure of 81.30%, Recall of 83.03%, and AUC of 0.847.
Perancangan Sistem Infomasi Penjualan Berbasis Website Pada Bengkel 45cho Garage Nofiyan Rochman Dinata; Siti Nur Khasanah
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi pada jaman sekarang berkembang begitu pesat terutama dibidang teknologi informasi. Suatu hal yang kewajaran bagi orang-orang yang hidup di era teknologi masa kini, 45cho Garage merupakan bengkel penjualan aksesoris sepeda motor didaerah duri kosambi, 45cho Garage beralamatkan di Jl. Al Falah No.41, RT.4/RW.8, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750. Pada saat ini sistem 45cho Garage masih menggunakan sistem konvensional, dimana konsumen harus datang ke bengkel untuk memilih dan membeli produk-produk yang disediakan, belum terdapat laporan penjualan per periode, dan melakukan setiap transaksi penjualan aksesoris pelanggan datang ke bengkel 45cho Garage. Dengan diadakan penelitian ini diharapkan mampu tercipta sebuah media penjualan berbasis website dengan menggunakan metode Watefall, Dengan adanya sistem ini bertujuan memfasilitasi proses transaksi penjualan pada bengkel 45cho Garage agar lebih mudah dan Pelanggan tidak perlu datang ke bengkel tersebut. Menyediakan informasi yang lengkap mengenai informasi aksesoris.   Today's technology is developing so rapidly, especially in the field of information technology. A natural thing for people who live in today's technological era, 45cho Garage is a motorcycle accessories sales workshop in the area of Duri Kosambi, 45cho Garage is located at Jl. Al Falah No.41, RT.4/RW.8, Duri Kosambi, Cengkareng District, West Jakarta City, Special Capital Region of Jakarta 11750. Currently the 45cho Garage system still uses the conventional system, where consumers have to come to the garage to select and buying the products provided, there are no sales reports per period, and making every accessory sales transaction the customer comes to the 45cho Garage workshop. With this research, it is hoped that it will be able to create a website-based sales media using the Waterfall method. With this system, it aims to facilitate the sales transaction process at the 45cho Garage workshop to make it easier and customers do not need to come to the workshop. Provides complete information about accessories information
Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna e-Learning dengan Menggunakan End User Computing Satisfication Devi Angelina Simaremare; Agus Junaidi
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Interaksi manusia komputer (HCI) adalah bidang lintas disiplin (misalnya, teknik, psikologi, ergonomi, desain) yang berkaitan dengan teori, desain, implementasi, dan evaluasi cara-cara yang digunakan manusia dan berinteraksi dengan perangkat komputasi. Hal inilah yang membuat penelitian tertarik untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pengguna e-larning terutama bagi mahasiswa. Sebuah web elearning dikatakan baik apa bila user (pemakai) merasa puas dengan web elearning, baik dari sisi tampilan maupun isi. Peneliti melakukan penelitian di Universitas Katolik Atma Jaya memiliki web elearning. Dengan tujuan peneliti mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa pengguna elearning di universitas katolik atma jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah end user computing satisficati (EUCS). EUCS sendiri terdiri dari lima variable yaitu, Konten, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness. Respoden dalam penelitian ini hanya mahsiswa aktif angkatan 2019 di Falkutas Kedokteran Atma Jaya, yaitu sebanyak 133 mahasiswa sebagai responden . Hasil penelitian ini sebagai masukan bagi Universitas Katolik Atma Jaya dan untuk lima(5)variabel yang ada masih harus dan terus ditingkatkan lagi. Tingkat kepuasan pengguna akan mempengaruhi kesuksesan dalam penerapan elearning. Dan dalam hasil penelitian ini dihasilkan bahwa masiswa di falkutas kedokteran Unika Atma Jaya, sudah puas dilihat dari sisi konten, Accuracy, Format, Ease Of Use. Human-computer interaction (HCI) is a cross-disciplinary field (eg, engineering, psychology, ergonomics, design) that deals with the theory, design, implementation and evaluation of the ways humans use and interact with computing devices. This is what makes research interested in conducting research related to the level of satisfaction of e-larning users, especially for students. A web e-learning is good if the user (user) is satisfied with the e-learning web, both in terms of appearance and content. Researchers conducted research at Atma Jaya Catholic University which has a web elearning. With the aim of the researcher knowing the level of satisfaction of students using e-learning at Atma Jaya Catholic University. The method used in this study is end user computing satisfaction (EUCS). EUCS itself consists of five variables, namely, Content, Accuracy, Format, Ease of Use and Timeliness. Respondents in this study were only active students of class 2019 at the Atma Jaya Medical Faculty, namely 133 students as respondents. The results of this study serve as input for Atma Jaya Catholic University and for the five (5) existing variables, it still needs to be improved. The level of user satisfaction will affect the success in implementing e-learning. And the results of this study showed that students at the Atma Jaya University medical faculty, were satisfied in terms of content, Accuracy, Format, Ease Of Use.
Penerapan Virtual Local Area Network Pada Jaringan MAN dengan Metode Filtering Berbasis Access Control List di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang Dino Pandu Agustio; Esron Rikardo Nainggolan
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dibuat agar bertujuan menganalisis jaringan yang saat ini dipakai dan keamanan jaringan dengan memberikan perubahan pada desain serta penerapan VLAN berbasis Access Control List pada jaringan MAN Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang. staps yang dilakukan saat pengamatan ini adalah dengan studi kepustakaan,observasi kelapangan secara langsung, interview,dan uji coba system, dengan menyediakan metode filtering berbasis Access Control List. Hasil yang didapat adalah memperbaiki dan mengurangi permasahalanpermasalahan yang ada pada instansi seperti: kegagalan pengiriman data dan tidak stabilnya transfer data, keamanan jaringan dan membagi jaringan menjadi beberapa segmen, dengan menerapkan VLAN yang bias mengurangi permasalahan yang ada agar bisa meningkatkan kualitas dan tingkat keamanan jaringan di Dinas Komunkasi dan Informatika Kota serang. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang dengan membangun dan merancang VLAN mampu memperkecil lingkup permasalahan yang ada dan bisa mengembangkan performa, efesien dan keamanan jaringan. This study aims to analyze the network that is currently in use and network security by making changes to the design and implementation of VLANs based on Access Control Lists on the MAN network of the Communication and Information Office of Serang City. The steps used in this observation are library research, direct field observations, interviews, and system testing, by providing an Access Control List-based filtering method. The results achieved are to improve and reduce the problems that exist in agencies such as: failure of data transmission and unstable data transfer, network security and dividing the network into several segments, by building VLANs that will reduce existing problems so as to improve the quality and level of security. network at the Office of Communications and Information of the City of Serang. The conclusion of this research is that the Office of Communication and Information Technology of Serang City by building and designing a VLAN is able to reduce the scope of existing problems and can improve network performance, efficiency and security.

Page 1 of 1 | Total Record : 5