cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agusjunaidi@mediaantartika.id
Phone
+6281318340588
Journal Mail Official
jka.antartika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Amil Wahab No.8, RW.9, Kramat Jati, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Komputer Antartika
ISSN : -     EISSN : 29885272     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Komputer Antartika adalah jurnal yang diterbitkan oleh Antartika Media Indonesia yang berfokus pada penerbitan artikel ilmiah pada bidang ilmu-ilmu komputer meliputi: Komputasi dan pemrosesan data, Kecerdasan buatan, Jaringan dan keamanan, Sistem informasi dan manajemen, Grafis dan visualisasi, Arsitektur dan teknologi komputer, dan e-learning.
Articles 26 Documents
Analisis Sentimen Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi My Pertamina Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Rini Maria; Retno Umi Umayah; Syifa Mahardinny; Diki Kalana; Dedi Dwi Saputra
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyebaran informasi saat ini menjadi lebih mudah dan cepat. Karena semakin berkembangkan sistem informasi khususnya dalam penyebaran berita. Salah satunya media sosial Twitter yang sangat memudahkan masyarakat mencari informasi atau berinteraksi langsung dengan pengguna Twitter lainnya dan Studi kasus yang diambil oleh peneliti yaitu mengenai Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi My Pertamina. Kasus tersebut diambil karena ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia di media sosial Twitter dimana Perusahaan Pertamina menerapkan sistem pembayaran Non-tunai sehingga memunculkan perspektif yang memicu timbulnya Pro-Kontra di masyarakat mengenai penggunaan Aplikasi tersebut. Salah satu pemanfaatan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan komentar atau tweets pengguna Twitter terhadap adanya Kebijakan pembelian Pertalite menggunakan Aplikasi MyPertamina dengan melakukan analisis sentimen. Oleh karena itu dibutuhkan metode untuk mengklasifikasikan komentar publik berupa analisis sentimen pada media sosial Twitter, algoritma yang digunakan dalam melakukan analisis sentimen tersebut adalah metode Naïve Bayes Classifier (NBC). Analisis sentimen dilakukan dengan mengambil 1000 tweet untuk dijadikan sebagai dataset, sentimen akan diklasifikasikan dengan memberikan label yang dibagi menjadi dua kategori yaitu complaint dan non complaint. Tahapan dalam melakukan analisis sentimen pada penelitian ini adalah preprocessing data, pengolahan data, klasifikasi, dan evaluasi. Dari analisis tersebut diperoleh hasil akurasi sebesar 82.96%, precision sebesar 81.17%, Recall sebesar 86.07%, kemudian hasil dari AUC sebesar 0.906. Berdasarkan Hasil presentase yang diperoleh tersebut sudah mencapai hasil yang maksimal untuk mengklasifikasi komentar-komentar publik. Dissemination of information is now easier and faster. Due to the growing development of information systems, especially in the dissemination of news. One of them is social media Twitter, which makes it very easy for people to find information or interact directly with other Twitter users. The case study taken by the researcher is regarding Public Perceptions of Using the My Pertamina Application. This case was taken because it was widely discussed by the Indonesian people on social media Twitter where the Pertamina Company implemented a non-cash payment system, giving rise to views that sparked pros and cons regarding the people who use the application. One of the uses of this research is to find out trends in comments or tweets by Twitter users regarding Pertalite purchasing policies using the MyPertamina application by conducting sentiment analysis. Therefore we need a method to classify public comments in the form of sentiment analysis on social media Twitter, the algorithm used in sentiment analysis is the Naïve Bayes Classifier (NBC) method. Sentiment analysis is carried out by taking 1000 tweets to be used as a dataset, sentiment will be classified by labeling it which is divided into two categories, namely complaint and non complaint. The stages in conducting sentiment analysis in this study are data preprocessing, data processing, classification, and evaluation. From this analysis, the results obtained were 82.96% accuracy, 81.17% precision, 86.07% recall, then the AUC result was 0.906. Based on the percentage results obtained, maximum results have been achieved for classifying public comments.
Implementasi Machine Learning Untuk Klasifikasi Narasi Informative dan Non-Informative Pada Media Sosial Twitter TMC Polda Metro Jaya Menggunakan Naïve Bayes Classifier Nendi Riska Fadhila; Tri Sutarti; Melly Patende; Galistia Yudha; Dedi Dwi Saputra
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Twitter adalah layanan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter. Sejak diluncurkan, twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di internet. Adapun pengklasifikasian narasi yang bersifat informative atau non-informative pada media sosial twitter TMC Polda Metro Jaya terhadap pandangan masyarakat, menggunakan metode klasifikasi alogoritma Naive Bayes Classifier. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 1.000 sampel data dengan keyword @TMCPoldaMetro untuk dijadikan dataset. Dengan menggunakan preprocessing data, annotation removal, remove hastag, regexp, transformation remove URL, Indonesian stemming dan Indonesia stop removal. Hasil analisis penelitian yaitu nilai Accuracy sebesar 81,7%, nilai Pression sebesar 81,30%, nilai Recall sebesar 83,03% dan AUC sebesar 0,847. Twitter is a social networking service that enables its users to send and read text-based messages of up to 140 characters. Since its launch, Twitter has become one of the ten most visited websites on the internet. As for the classification of narratives that are informative or non-informative on TMC Polda Metro Jaya's social media twitter to the views of the public, using the Naive Bayes Classifier algorithm classification method. This research was conducted by taking 1,000 data samples with the keyword @TMCPoldaMetro to be used as a dataset. By using data preprocessing, annotation removal, remove hashtags, regexp, transform remove URLs, Indonesian stemming, and Indonesian stop removal. The results of the research analysis are Accuracy of 81.7%, Pressure of 81.30%, Recall of 83.03%, and AUC of 0.847.
Perancangan Sistem Infomasi Penjualan Berbasis Website Pada Bengkel 45cho Garage Nofiyan Rochman Dinata; Siti Nur Khasanah
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi pada jaman sekarang berkembang begitu pesat terutama dibidang teknologi informasi. Suatu hal yang kewajaran bagi orang-orang yang hidup di era teknologi masa kini, 45cho Garage merupakan bengkel penjualan aksesoris sepeda motor didaerah duri kosambi, 45cho Garage beralamatkan di Jl. Al Falah No.41, RT.4/RW.8, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750. Pada saat ini sistem 45cho Garage masih menggunakan sistem konvensional, dimana konsumen harus datang ke bengkel untuk memilih dan membeli produk-produk yang disediakan, belum terdapat laporan penjualan per periode, dan melakukan setiap transaksi penjualan aksesoris pelanggan datang ke bengkel 45cho Garage. Dengan diadakan penelitian ini diharapkan mampu tercipta sebuah media penjualan berbasis website dengan menggunakan metode Watefall, Dengan adanya sistem ini bertujuan memfasilitasi proses transaksi penjualan pada bengkel 45cho Garage agar lebih mudah dan Pelanggan tidak perlu datang ke bengkel tersebut. Menyediakan informasi yang lengkap mengenai informasi aksesoris.   Today's technology is developing so rapidly, especially in the field of information technology. A natural thing for people who live in today's technological era, 45cho Garage is a motorcycle accessories sales workshop in the area of Duri Kosambi, 45cho Garage is located at Jl. Al Falah No.41, RT.4/RW.8, Duri Kosambi, Cengkareng District, West Jakarta City, Special Capital Region of Jakarta 11750. Currently the 45cho Garage system still uses the conventional system, where consumers have to come to the garage to select and buying the products provided, there are no sales reports per period, and making every accessory sales transaction the customer comes to the 45cho Garage workshop. With this research, it is hoped that it will be able to create a website-based sales media using the Waterfall method. With this system, it aims to facilitate the sales transaction process at the 45cho Garage workshop to make it easier and customers do not need to come to the workshop. Provides complete information about accessories information
Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna e-Learning dengan Menggunakan End User Computing Satisfication Devi Angelina Simaremare; Agus Junaidi
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Interaksi manusia komputer (HCI) adalah bidang lintas disiplin (misalnya, teknik, psikologi, ergonomi, desain) yang berkaitan dengan teori, desain, implementasi, dan evaluasi cara-cara yang digunakan manusia dan berinteraksi dengan perangkat komputasi. Hal inilah yang membuat penelitian tertarik untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pengguna e-larning terutama bagi mahasiswa. Sebuah web elearning dikatakan baik apa bila user (pemakai) merasa puas dengan web elearning, baik dari sisi tampilan maupun isi. Peneliti melakukan penelitian di Universitas Katolik Atma Jaya memiliki web elearning. Dengan tujuan peneliti mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa pengguna elearning di universitas katolik atma jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah end user computing satisficati (EUCS). EUCS sendiri terdiri dari lima variable yaitu, Konten, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness. Respoden dalam penelitian ini hanya mahsiswa aktif angkatan 2019 di Falkutas Kedokteran Atma Jaya, yaitu sebanyak 133 mahasiswa sebagai responden . Hasil penelitian ini sebagai masukan bagi Universitas Katolik Atma Jaya dan untuk lima(5)variabel yang ada masih harus dan terus ditingkatkan lagi. Tingkat kepuasan pengguna akan mempengaruhi kesuksesan dalam penerapan elearning. Dan dalam hasil penelitian ini dihasilkan bahwa masiswa di falkutas kedokteran Unika Atma Jaya, sudah puas dilihat dari sisi konten, Accuracy, Format, Ease Of Use. Human-computer interaction (HCI) is a cross-disciplinary field (eg, engineering, psychology, ergonomics, design) that deals with the theory, design, implementation and evaluation of the ways humans use and interact with computing devices. This is what makes research interested in conducting research related to the level of satisfaction of e-larning users, especially for students. A web e-learning is good if the user (user) is satisfied with the e-learning web, both in terms of appearance and content. Researchers conducted research at Atma Jaya Catholic University which has a web elearning. With the aim of the researcher knowing the level of satisfaction of students using e-learning at Atma Jaya Catholic University. The method used in this study is end user computing satisfaction (EUCS). EUCS itself consists of five variables, namely, Content, Accuracy, Format, Ease of Use and Timeliness. Respondents in this study were only active students of class 2019 at the Atma Jaya Medical Faculty, namely 133 students as respondents. The results of this study serve as input for Atma Jaya Catholic University and for the five (5) existing variables, it still needs to be improved. The level of user satisfaction will affect the success in implementing e-learning. And the results of this study showed that students at the Atma Jaya University medical faculty, were satisfied in terms of content, Accuracy, Format, Ease Of Use.
Penerapan Virtual Local Area Network Pada Jaringan MAN dengan Metode Filtering Berbasis Access Control List di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang Dino Pandu Agustio; Esron Rikardo Nainggolan
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 1 (2023): Maret 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dibuat agar bertujuan menganalisis jaringan yang saat ini dipakai dan keamanan jaringan dengan memberikan perubahan pada desain serta penerapan VLAN berbasis Access Control List pada jaringan MAN Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang. staps yang dilakukan saat pengamatan ini adalah dengan studi kepustakaan,observasi kelapangan secara langsung, interview,dan uji coba system, dengan menyediakan metode filtering berbasis Access Control List. Hasil yang didapat adalah memperbaiki dan mengurangi permasahalanpermasalahan yang ada pada instansi seperti: kegagalan pengiriman data dan tidak stabilnya transfer data, keamanan jaringan dan membagi jaringan menjadi beberapa segmen, dengan menerapkan VLAN yang bias mengurangi permasalahan yang ada agar bisa meningkatkan kualitas dan tingkat keamanan jaringan di Dinas Komunkasi dan Informatika Kota serang. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang dengan membangun dan merancang VLAN mampu memperkecil lingkup permasalahan yang ada dan bisa mengembangkan performa, efesien dan keamanan jaringan. This study aims to analyze the network that is currently in use and network security by making changes to the design and implementation of VLANs based on Access Control Lists on the MAN network of the Communication and Information Office of Serang City. The steps used in this observation are library research, direct field observations, interviews, and system testing, by providing an Access Control List-based filtering method. The results achieved are to improve and reduce the problems that exist in agencies such as: failure of data transmission and unstable data transfer, network security and dividing the network into several segments, by building VLANs that will reduce existing problems so as to improve the quality and level of security. network at the Office of Communications and Information of the City of Serang. The conclusion of this research is that the Office of Communication and Information Technology of Serang City by building and designing a VLAN is able to reduce the scope of existing problems and can improve network performance, efficiency and security.
Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi dan Pemetaan Geografis Destinasi Wisata Berbagai Kategori di Kota Malang Aji Miftahus Salim; Agus Junaidi
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era digital ini, akses yang mudah dan informasi yang akurat tentang destinasi wisata terutama di Kota Malang menjadi sangat penting. Namun, informasi yang tersedia tentang lokasi dan kategori destinasi wisata masih terbatas, sulit diakses, dan belum tersebar di berbagai sumber. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi mengenai lokasi wisata di Kota Malang. Aplikasi ini akan dirancang dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk merancang aplikasi, termasuk dalam hal menentukan aktor, merancang diagram use case dan diagram activity. Dalam pembuatan aplikasi ini, Mapbox akan digunakan sebagai platform pemetaan dengan bantuan Mapbox API yang berfungsi untuk mengintegrasikan peta ke dalam situs web. Aplikasi ini akan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, database MongoDB sebagai penyimpanan, dan framework ReactJS untuk mempermudah dalam pembuata web. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan memudahkan masyarakat dan wisatawan dalam menemukan atau menjelajahi berbagai destinasi wisata di Kota Malang. Pengguna akan mendapatkan pengalaman efisien dan praktis dalam mencari informasi, sehingga meningkatkan kualitas dan kepuasan wisatawan dalam menikmati keindahan Kota Malang.   In this digital era, easy access and accurate information about tourist destinations, especially in Kota Malang, have become crucial. However, the available information regarding the locations and categories of tourist destinations is limited, difficult to access, and scattered across various sources. Therefore, this research aims to fulfill the need for information regarding tourist locations in Kota Malang. The application will be designed using Unified Modeling Language (UML) to design the application, including determining actors and designing use case and activity diagrams. For the development of this application, Mapbox will be utilized as the mapping platform, with the assistance of Mapbox API to integrate maps into the website. The application will be developed using JavaScript as the programming language, MongoDB as the database for storage, and the ReactJS framework to facilitate web development. With this application, it is expected to provide convenience for the community and tourists in discovering and exploring various tourist destinations in Kota Malang. Users will have an efficient and practical experience in searching for information, thereby enhancing the quality and satisfaction of tourists in enjoying the beauty of Kota Malang.
Perancangan Game Edukasi Palamas Indonesia untuk Mengenalkan Alat Musik Tradisional Venesa Asri; Awanis Hidayati; Aditya Pratama
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia memiliki banyak budaya yang dibanggakan, salah satunya adalah alat musik tradisional yang ada pada setiap daerah di Indonesia, yang mengalunkan suara musik timbre dan ritme yang khas di tiap jenisnya. Kurangnya pengenalan serta pemahaman tentang alat musik tradisional sejak dini dapat membuat semakin terkikisnya pengetahuan dan informasi tentang alat musik tradisional. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah aplikasi mobile game sebagai media edukasi untuk mengenalkan alat musik tradisional. Model pengembangan yang digunakan adalah model prototype. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap pengujian. Data yang diperoleh dari pengujian dianalisis dengan menggunakan skala likert. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan metode beta menggunakan variabel penelitian functionality yaitu sebesar 83%, dan variabel penelitian usability yaitu sebesar 85%. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media game edukasi Palamas Indonesia “sangat layak” digunakan sebagai game edukasi untuk mengenalkan alat musik tradisional daerah.   Indonesia has many cultures to be proud of, one of which is the traditional musical instruments that exist in every region in Indonesia, which play the distinctive timbre and rhythm of each type of music. Lack of introduction and understanding of traditional musical instruments from an early age can result in the erosion of knowledge and information about traditional musical instruments. This study aims to produce a mobile game application as an educational medium to introduce traditional musical instruments. The development model used is the prototype model. The stages in this research process are the needs analysis stage, the design stage, the development stage, and the testing stage. The data obtained from the test were analyzed using a Likert scale. From the results of tests conducted with the beta method using the functionality research variable that is equal to 83%, and the usability research variable that is equal to 85%. Based on these results, it can be concluded that Palamas Indonesia's educational game media is "very appropriate" to be used as an educational game to introduce regional traditional musical instruments.
Rancang Bangun Aplikasi Service Desk Berbasis Android Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan Yanti Yosefa Maharani Saragih; Mochammad Abdul Azis
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Operasional sistem informasi dan infrastruktur teknologi informasi pada sekretariat jenderal DPR-RI merupakan tugas dan tanggung jawab dari Pusat Teknologi dan Informasi (Pustekinfo). Salah satu tugas dan tanggung jawab dari Pustekinfo adalah, menerima layanan permintaan/keluhan terkait kerusakan hardware, software, dan jaringan yang dialami oleh pegawai dan para anggota dewan. Akan tetapi, manajemen layanan yang ada saat ini bisa terbilang kurang baik, karena masih dilakukan secara manual tanpa adanya prosedur yang baik. Maka dari itu, Pusat teknologi dan informasi membutuhkan aplikasi Service Desk yang akan mempermudah layanan teknologi informasi di lingkungkan DPR-RI demi mendukung proses layanan pemerintahan dengan menggunakan SOP yang baik dan benar. Mengingat bahwa saat ini aplikasi mobile sangat popular dan dekat dengan user maka, penelitian ini merancang dan membangun aplikasi service desk berbasis android. Aplikasi ini akan membantu user melakukan permintaan layanan secara fleksibel dalam waktu dan tempat. Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi service desk berbasis android Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan (STELA).   Information system operations and information technology infrastructure at the DPR-RI secretariat general are the duties and responsibilities of the Information and Technology Center (Pustekinfo). One of Pustekinfo's duties and responsibilities is to receive service requests/complaints related to hardware, software and network damage experienced by employees and board members. However, the current service management is somewhat poor, because it is still done manually without proper procedures. Therefore, the technology and information center requires a Service Desk application that will facilitate information technology services within the DPR-RI in order to support government service processes by using good and correct SOPs. Given that currently mobile applications are very popular and close to users, this study designed and built an Android-based service desk application. This application will help users make service requests flexibly in time and place. The results of this study are the android-based service desk application System Ticketing and Service Escalation (STELA).
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Hendri Hendri; Aditya Pratama; Adha Maulana
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SD Negeri 11 Desa Tembesuk merupakan sekolah dasar yang berada di Kabupaten Sekadau, Kec. Nanga Mahap, Desa Tembesuk. SD Negeri 11 Desa Tembesuk ini harus meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menerapkan kompetensi guru, sangat diperlukan dalam proses pendidikan. Kinerja guru sangat perlu dinilai sebab untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam menjalankan tugasnya dengan menggunakan pengukuran penguasaan kompetensi. Kinerja guru  SD  Negeri 11 Desa Tembesuk yang memiliki beberapa kesalahan yang menghambat proses penilaian kinerja guru, seperti  masih menggunakan sistem manual, sehingga menyebabkan  kendala yang menyulitkan proses penghitungan, pembuatan laporan dan rekap penilaian.  Dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode  waterfall. Perangkat lunak yang di gunakan adalah Windows 7, Borland Delphi 7, dan xampp 5.4.3. Hasil penelitian ini adalah aplikasi yang bernama sistem informasi penilaian kinerja guru pada SDN 11 Desa Tembesuk.   SD Negeri 11 Tembesuk Village is an elementary school located in Sekadau District, Nanga Mahap District, Tembesuk Village. SD Negeri 11 Tembesuk Village must improve skills and skills in applying teacher competencies, very necessary in the educational process. Teacher performance really needs to be assessed because it is necessary to identify the teacher's ability to carry out their duties using competency mastery measurements. Teacher performance at SD Negeri 11 Tembesuk Village has several errors that impede the process of assessing teacher performance, such as still using a manual system, causing obstacles that complicate the process of calculating, preparing reports and evaluating recap. The development of this system uses the waterfall method. The software used is Windows 7, Borland Delphi 7, and xampp 5.4.3. The results of this study are an application called the teacher performance assessment information system at SDN 11 Tembesuk Village.
Perancangan Sistem Informasi E-Skripsi Pada Universitas Nadlatul Ulama Kalimantan Barat Atmawati Atmawati; Adha Maulana; Awanis Hidayati
Jurnal Komputer Antartika Vol. 1 No. 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Antartika Media Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu rancangan sistem pelayanan informasi e-skripsi pada Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat. Permasalahan yang ada pada Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat untuk tahapan pelayanan skripsi antar mahasiswa dan dosen masih memiliki kendala. Hambatan tersebut ialah adanya kesulitan antara mahasiswa dan dosen untuk melakukan pertemuan dalam rangka bimbingan skripsi dikarenakan adanya jadwal kesibukan dosen dan banyaknya mahasiswa yang harus dibimbing. Sebagian dosen juga merangkap jabatan sebagai kaprodi, dekan, serta koordinator pada bidang tertentu sehingga terkadang mengalami kendala saat mengalokasikan waktu untuk menyatukan hasil skripsi yang dikerjakan mahasiswa. Hal ini juga menjadi kendala saat mahasiswa menghubungi dosen karena jadwal bimbingan yang tidak menuntu sehingga untuk melaporkan hasil skripsi yang dikerjakan tertunda. Perancangan sistem informasi bimbingan skripsi dibuat dalam ruang lingkup Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat berdasarkan informasi dan prosedur yang sedang berjalan yang dapat dilakukan secara online dan dirancang dengan menggunakan metode pengembanganprototipe . Hasil dari penelitian ini ialah berupa rancangan sistem dari permasalahan di atas yang nantinya dapat dijadikan sebuah referensi atau rekomendasi pada sistem informasi di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat.   The purpose of this research is to produce a design of e-thesis service information system at Nahdlatul Ulama University of West Kalimantan. The problems that exist at the Nahdlatul Ulama University of West Kalimantan for the thesis service stage between students and lecturers still have obstacles. The obstacle is the difficulty between students and lecturers to conduct meetings in the context of thesis guidance due to the busy schedule of lecturers and the number of students who must be guided. Some lecturers also hold concurrent positions as caprodi, dean, and coordinator in certain fields so that sometimes they experience obstacles when allocating time to monitor the results of students' theses. This is also an obstacle when students contact lecturers because of the uncertain guidance schedule so that reporting the results of the thesis being worked on is delayed.  The design of the thesis guidance information system is made within the scope of the West Kalimantan Nahdlatul Ulama University based on information and ongoing procedures that can be done online and designed using the prototype development method. The results of this study are in the form of a system design of the above problems which can later be used as a reference or recommendation on information systems at the University of Nahdlatul Ulama West Kalimantan.

Page 1 of 3 | Total Record : 26