cover
Contact Name
Rony Wirachman
Contact Email
ronywirachman@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Phone
+6281908303500
Journal Mail Official
ronywirachman@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Editorial Address
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/about/editorialTeam
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan
ISSN : 20864493     EISSN : 26849542     DOI : 10.29300/njsik.v16i1.11235
Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in June and December by Program Pascasarjana IAIN Bengkulu.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2022): JUNI" : 10 Documents clear
PERAN FUNGSI EVALUASI DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN (PROGRAM PEMBELAJARAN) Khairiah Khairiah; Lailatul Hasanah hasanah; Yunita pertiwi
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v15i1.7629

Abstract

Program pembelajaran belum berperan dan belum berfungsi dengan baik, ditandai dengan tingkat produktifitas manusia masih rendah, belum dapat menghasilkan manusia yang terampil dan terdidik yang ditunjukkan maraknya korupsi, kolusi dan nepotisme serta tawuran. Tujuan tulisan ini untuk mengevaluasi peran fungsi evaluasi dalam lembaga pendidikan (program pembelajaran). Menggunakan model evaluasi CIPP (Contex, Input, Prosess, Product). Hasilnya menunjukkan bahwa evaluasi sangat diperlukan dalam melakukan penilaian terhadap program pembelajaran yang komprehensif terhadap desain, implementasi dan hasil program pembelajaran dalam lembaga pendidikan. Dengan kesimpulan (1) hasil penilaian desain program pembelajaran seperti sarana, rencana strategis, kompetensi, strategi, tingkat capaian dan relevansi materi dengan situasi, kondisi dan keaktifan dapat dijadikan dasar dalam mengambil keputusan; (2) hasil penilaian implementasi dilihat kelemahan, sarana, rencana  strategis, konsisten, keterlaksanaan, kesungguhan, keaktifan, kesempatan, umpan baik dan capai tujuan yang perlu diperbaiki; dan (3) hasil penilaian hasil program pembelajaran pada tingkat capaian kompetensi, program starategis, pemenuhan dan pemeliharaan sarana dan rencana strtaegis. Tulisan ini terbatas pada kajian pustaka, dan dapat disarankan kepada penulis berikutnya untuk menulis model evaluasi CIPP dengan penelitian lapangan, sehingga hasilnya nanti bisa bersifat komprehensif, sehingga dapat dijadikan bahan pengambilan keputusan atas perbaikan program pembelajaran dalam lembaga pendidikan.
PERAN AGENT OF CHANGE DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA PITUSUNGGU SULAWESI SELATAN Moch. Firman Ardiansyah; Tri Djoyo Budiono
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v15i1.7508

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi kondisi ketidak berdayaan perempuan di desa Pitusunggu sebagai bagian masyarakat islam, kemudian berkat peran agen perubahan Nurhayati lewat program-program pemberdayaannya akhirnya mengalami perubahan dan bisa lebih berdaya, dalam menjalankan perannya Nurhayati menghadapi dinamika peran yang menarik untuk dipelajari. Tujuan penulisan ini ingin mengetahui dinamika peran agen perubahan dalam memberdayakan perempuan muslim di desa Pitusunggu, kecamatan Ma’rang, kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Konsep teoretis/pendekatan yang dipakai sebagai pijakan analisis adalah teori tentang peran agen perubahan dan pemberdayaan masyarakat. Metode dalam kajian ini adalah kualitatif dan studi pustaka. Hasil temuan dalam kajian ini, Nurhayati sebagai agen perubahan telah melakukan melakukan beberapa peran diantaranya peran mengidentifikasi masalah dan potensi masyarakat, peran inovator, peran sebagai katalisator, peran sebagai perwakilan masyarakat, peran sebagai penilai pemberdayaan. Dalam menjalankan perannya, Nurhayati berhasil menyelesaikan dinamika tantangan berupa pandangan yang menganggap peran wanita hanya dirumah saja, kemudian tantangan ketidak percayaan diawal. Peran-peran tersebut bisa terlaksana karena Nurhayati mempunyai kedekatan, kepedulian, kedudukan sebagai Kepala Desa, serta kemampuannya dalam menganalisis masalah dan menghasilkan ide inovasi pemberdayaan masyarakat. Dari beberapa peran tersebut, Nurhayati belum bisa menjalankan peran terminasi karena masyarakat Desa Pitusunggu masih meggantungkan kepadanya, sehingga masih perlu proses untuk membangun kemandirian warga agar tidak tergantung pada agen perubahan.
PENGARUH PENGGUNAAN YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 25 BENGKULU SELATAN Mindani Mindani
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v15i1.8095

Abstract

PAI teachers there only teach or explain material from subject books. Even though there are lots of learning media that can be used in the teaching and learning process, for example, through YouTube social media.This study aims to determine how much influence the use of YouTube social media has on student learning outcomes in Islamic Religious Education subjects. Researchers took class VII to be used as research samples totaling 48 students. 24 students of class A as the control class and 24 students of class B as the experimental class. This study used quantitative research methods with a quasi-experimental approach. This study uses a test technique, Learning Implementation Plan (RPP) and documentation. The question test is aimed at students to find data on PAI learning outcomes using YouTube social media. Based on the results of the study, the variable x (use of YouTube social media) and variable y (PAI learning outcomes) was tested for the hypothesis using a linear regression formula and obtained a constant result of 81.572. This study used a sample of 24 students. Based on the calculated T, which is 8.036 and the T table is 1.717, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an influence on the use of YouTube social media on the learning outcomes of class VII B students of SMPN 25 Bengkulu Selatan in PAI learning.Keywords: Youtube Social Media, Learning Outcome
REKAYASA ZERO COMPARISON EFFECT PADA WAKAF SAHAM TERHADAP TRANSISI MINDSET WAKIF Evan Stiawan
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v14i2.6618

Abstract

Penelitian ini merekayasa seorang wakif pada wakaf saham terhadap transisi minset pada saat Zero Comaprison Effect. Tujuan penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan metode minat membayar zakat melalui wakaf saham di Indonesia yang dilihat tipikal persfektif minset seorang wakif. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan metode Anova One Way dengan mmetofe experiemtnal Design 2 x 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pada kondisi Wakif Deliberative Mindset cenderung lebih tinggi Kontrol saat ditawarkan pilihan produk wakaf terbaru yaitu wakaf saham dapat ditunjukan dari nilai rerata kelompok kontrol lebih tinggi dari pada rerata kelompok Deliberative Mindset. Kesimpulan selanjutnya yaitu Khusus untuk kelompok Pada kondisi Wakif Implemntal Mindset cenderung lebih rendah Kontrol saat ditawarkan pilihan produk wakaf terbaru yaitu wakaf saham. Dari uraian tersebut dapat ditunjukan bahwa minset dapat distimulus melalui kontrol Zero Comparison Effect dapat menjadi dasar dalam kegiatan edukasi wakaf saham.
PERILAKU KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PEDAGANG INDONESIA DALAM INTERAKSI DENGAN PEDAGANG MALAYSIA DI KOMPLEK PASAR SRIAMAN RELAU PULAU PINANG Legita Andini Putri
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v15i1.6288

Abstract

Penelitian ini akan mengangkat mengenai perilaku komunikasi antarbudaya pedagang Indonesia dalam interaksi dengan pedagang Malaysia di Pasar Sriaman Relau Pulau Pinang Malaysia. Metodelogi yang digunakan adalah denngan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data lewat studi kasus dengan wawancara mendalam sehingga didapatkan informasi yang mendalam. teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori akomodasi komunikasi dari Hogward Giles serta konsep konvergensi, divergensi dan akomodasi berlebihan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa perilaku komunikasi pedagang Indonesia terhadap pedagang Malaysia berjalan harmonis dan baik dengan saling toleransi dan saling memberikan bentuk hubungan timbal balik. sehingga bentuk dari konsep divergensi dan akomodasi berlebihan tidak dapat dilihat dari perilaku hubungan komunikasi dan interaksi pedagang Indonesia dan Malaysia.Kata Kunci : Pasar Sriaman, Pedagang Indonesia-Malaysia, komunikasi antarbudaya, akomodasi komunikasi
PROBLEMATIKA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK BURUH TANI DI DESA UJUNG PADANG KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS Emy Herawati; Dedi Irama
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v15i1.8096

Abstract

Abstrak :Tujuan dilakkannya Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Quran pada anak dalam keluarga buruh tani di desa Ujung Padang Kecamatan Semidang Alas Maras, mengetahui apa saja Problematik kesulitan membaca Al-Quran pada keluarga buruh tani di desa Ujung Padang Kecamatan Semidang Alas Maras, untuk mengetahui cara mengatasi Problematika kemampuan membaca Al-Quran pada anak buruh tani di desa Ujung Padang Kecamatan Semidang Alas Maras.Kata Kunci: Problematika Kemampuan Membaca Al-Quran, Anak.
REKONSTRUKSI EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Abdul Aziz Mustamin; Idi Warsah
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v15i1.5685

Abstract

Islamic education aims to develop the natural potential that exists in humans to become human beings. So that all components in education must be in accordance with the goals of Islamic education. To find out whether or not these goals are achieved, an evaluation is needed. This study uses a literature study by examining several books and thoughts of figures, researchers will discuss more deeply about the evaluation of Islamic education both in terms of epistemology, terminology, axiology, and ontology. Evaluation can be interpreted as an effort made to determine the level of success and weakness of an Islamic education process, which includes all the components in it to achieve the goals that have been set. In the implementation process, the evaluation must apply several principles, techniques and procedures that must be followed for the good results to be obtained.
IMPLEMENTASI TEORI BEHAVIORISME IVAN PAVLOV DALAM MEMBENTUK POLA PERILAKU ISLAMI PELAJAR DI BENGKULU TENGAH pasmah chandra; Ahmad Saufiqi
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v15i1.8083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Teori Belajar Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov dalam membentuk perilaku islami siswa Kelas X (Sepuluh) SMK Putra Nusantara 4 Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa perilaku yang dimiliki oleh siswa kelas sepuluh di SMK Putra Nusantara 4 Bengkulu Tengah secara umum bisa dikatakan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan sedikitnya siswa yang melakukan pelanggaran-pelanggaran di sekolah, dan masih dalam batas kewajaran. Selanjutnya penerapan Teori Behaviorisme Ivan Pavlov terhadap perilaku islami siswa di kelas sepuluh SMK Putra Nusantara 4 Bengkulu Tengah sudah bisa dilihat melalui perilaku-perilaku yang ditunjukkan dalam keseharian mereka di sekolah. Seperti, siswa perempuan sudah berjilbab, tadarusan sebelum pembelajaran dimulai, dan percaya diri baik dalam proses pembelajaran maupun kegiatan lainnya..Kata Kunci; Implementasi Teori Behaviorisme Ivan Pavlov, Pola Perilaku Islami Pelajar
KONTRIBUSI ALUMNI TIMUR TENGAH DALAM MEMELIHARA NILAI MODERASI BERAGAMA DI PESANTREN MODERN Edy Saputra; Fadhlur Rahman Armi; Heri Rahmatsyah Putra
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v15i1.5903

Abstract

Upaya membentuk kesadaran moderasi beragama di Aceh salah satunya melalui cendikiawan timur tengah asal Aceh yang membawa pembaharuan pendidikan berstandar Islam moderat versi timur tengah di pesantren modern yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Ikatan Keluarga Timur Tengah (IKAT) Aceh dalam menjaga nilai-nilai moderasi beragama. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatitf deskriptif dengan memilih tiga pesantren modern di Kabupaten Aceh besar sebagai lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terminologi moderasi beragama tidak digunakan sebagai main issue dalam menjalankan program-program IKAT sebagai sebuah organisasi. Lebih lanjut, setelah melakukan kajian mendalam, ditemukan bahwa benih dari kandungan nilai moderasi beragama telah sering dibahasakan dalam konteks Islam Wasathiyyah di mana pesantren modern menjadi sasaran eksperimental untuk menyalurkan pesan-pesan keagamaan berbasis Islam ala Timur Tengah.
HARAPAN MASYARAKAT MILENIUM TERHADAP HARMONISASI SOSIAL PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN Mawardi Lubis
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan Vol 15, No 1 (2022): JUNI
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/njsik.v15i1.8084

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai harapan masyarakat milenium tentang harmonisasi sosial dalam masyarakat multikurtural. Hal ini terkait dengan sebuah analisis tentang perbedaan penentuan Idul Adha tahun 1443 H./2022 M. Berdasarkan deskripsi tersebut diharapkan dapat disusun rekomendasi kaitannya dengan optimalisasi harmonisasi sosial dalam masyarakat multikurtural. Studi dilakukan pada bulan Juli - Agustus 2022 di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UIN FAS) Bengkulu dengan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik analisis penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dan dibantu dengan rumus persentase (P = f/N x 100). Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen, karyawan, dan  mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UIN FAS) Bengkulu yang ikut bergabung dalam WA Group berjumlah 312 orang dengan responden 19,23 % dari populasi (60 orang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95 % masyarakat milenial mengharapakan agar kehidupan masyarakat yang multikultural tidak berpotensi menggangu harmonisasi sosial.Kata kunci : Harapan, masyarakat, milenial, harmonisasi, sosial, perspektif, manajemen, dan pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 10