cover
Contact Name
Siska Aprilia Hardiyanti
Contact Email
siska_aprilia3@poliwangi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jriteks@poliwangi.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. banyuwangi,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
ISSN : -     EISSN : 29637791     DOI : https://doi.org/10.57203/jriteks
The Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains (J-RITEKS) invites submissions of original, empirical, and theoretical papers as well as on the results of the study and review of the literature covering diverse areas of Civil Engineering that are listed (but not limited to) as follows : - Transportation Engineering - Structural Engineering - Geotechnical Engineering - Construction Management - Environmental Engineering - Hydrology - Civil Engineering Technology - Applied science in civil engineering
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Agustus 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains" : 6 Documents clear
OPTIMALISASI PENYEDIAAN LAHAN PARKIR PADA GEDUNG SMK NEGERI 1 GLAGAH BANYUWANGI Rindi Novia Ananda; Rahayu Pradita; Wahyu Naris Wari
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 2 No. 1 (2023): Agustus 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v2i1.2023.1-10

Abstract

Pembangunan fasilitas sekolah khususnya lahan parkir siswa sebaiknya juga memperhatikan kebutuhan lahan untuk menampung kendaraan yang digunakan siswa untuk ke sekolah dan memenuhi kebutuhan fasilitas gedung. Berdasarkan hasil survei di SMKN 1 Glagah Banyuwangi, adanya kendaraan siswa yang parkir berhimpitan antar kendaraan yang dapat mengakibatkan kesulitan saat mengeluarkan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi lahan parkir siswa yang tersedia. Salah satu bentuk optimalisasi yaitu merencanakan sudut pola parkir yang paling optimal. Langkah-langkah dari penelitian ini dimulai dengan survei pendahuluan, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan obeservasi lapangan parkir. Hasil dari survei pendahuluan menunjukkan hasil evaluasi kuesioner siswa merasa tidak nyaman parkir di lahan parkir siswa dikarenakan lahan parkir kendaraan penuh dan kesulitan mengeluarkan kendaraan. Dengan luas lahan parkir eksisting 1.651  dan 649,32    dengan sudut 45° dapat menghasilkan petak parkir mencapai 593 kendaraan, kemudian hasil dari optimalisasi perencanaan sudut pola dan alur parkir yang baru berdasarkan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir 1996 didapatkan hasil maksimum kebutuhan lahan parkir menggunakan  sudut 90° dapat menampung 870 kendaraan.
IDENTIFIKASI FAKTOR DOMINAN PENYEBAB SISA MATERIAL DENGAN METODE RATING SCALE PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG REKTORAT UNIVERSITAS NURUL JADID I Ketut Hendra Wiryasuta; Siska Aprilia Hardiyanti; Riris Afa Adelia
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 2 No. 1 (2023): Agustus 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v2i1.2023.24-31

Abstract

Universitas Nurul Jadid mengadakan pembangunan Gedung Rektorat dengan pelaksana proyek CV. Generasi Jaya. Pada pelaksanaan pembangunannya seringkali tidak dapat dihindari timbulnya sisa material, sehingga perlu adanya perencanaan manajemen material agar dapat mencapai minimum sisa material. Selain itu, perlu dilakukan identifikasi sisa material untuk mengetahui akar penyebab sisa material. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor dominan penyebab sisa material pada proyek pembangunan Gedung Rektorat Universitas Nurul Jadid. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada empat responden dari CV. Generasi Jaya sebagai pihak kontraktor, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sample expert ditetapkan responden diantaranya Project Manager, Construction Manager, Supervisor, dan Logistic. Hasil kuesioner diidentifikasi menggunakan metode Rating Scale untuk mendapatkan faktor dominan penyebab timbulnya sisa material. Hasil identifikasi tersebut menghasilkan 15 faktor penyebab sisa material yang terbagi dalam enam kategori yaitu desain, pengadaan, penanganan, pelaksanaan, residual dan lain-lain dengan faktor dominan yang menduduki tiga peringkat teratas yaitu pemilihan spesifikasi produk dengan skor 0,830, penyimpanan material yang tidak tepat menyebabkan kerusakan atau penurunan material dengan skor 0,657, dan kurangnya pengontrolan material di lokasi dan rencana pengelolaan sisa material dengan skor 0,515.
PENGARUH PENAMBAHAN FOAM AGENT TERHADAP DENSITY, DAYA SERAP AIR DAN KUAT TEKAN MORTAR Toni Budi Santoso; M.Febriyani Miftah
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 2 No. 1 (2023): Agustus 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v2i1.2023.32-39

Abstract

Penelitian ini menggunakan foam agent yaitu suatu jenis bahan kimia yang bila dicampur dengan air akan menghasilkan busa yang stabil dan dapat menghasilkan mortar yang lebih ringan. Mortar ringan banyak dipilih dalam pekerjaan konstruksi karena ringan membuatnya mudah digunakan. Keunggulan mortar ringan ini secra signifikan dapat mengurangi bobot bangunan. Penelitian penambahan foam agent pada mortar bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh foam agent dengan campuran terhadap kuat tekan, berat jenis, dan penyerapan air pada mortar. Material yang digunakan untuk campuran mortar adalah semen PC tipe 1, pasir lolos saringan 40 dan busa dari campuran air dan foam agent. Variasi penambahan busa 0%, 10%, 25%, dan 50%. Pengaruh penambahan foam agent terhadap kuat tekan semakin menurun. Pengujian kuat tekan dilakukan pada umur 14 hari dan 28 hari. Hasil kuat tekan pada umur 14 hari untuk setiap variasi rata-rata 11,517 MPa,11 MPa, 2,908 MPa dan 1,139 MPa. Rata-rata kuat tekan umur 28 hari adalah14,918 MPa, 10,995 MPa, 6,667 MPa dan 1,552 MPa.
PERHITUNGAN KEBUTUHAN LAHAN PARKIR PADA KANTOR POLRESTA BANYUWANGI Diah Purnama Sari; Eva Olivia Hutasoit; Rahayu Pradita
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 2 No. 1 (2023): Agustus 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v2i1.2023.11-17

Abstract

Kantor Polresta Banyuwangi merupakan lembaga pelayanan publik dimana dikantornyapun harus dilakukan peningkatan pelayanan fasilitas parkir yang memadai untuk tamu, anggota polri maupun karyawan. Permasalahan lahan parkir di dalam Kantor Polresta Banyuwangi yaitu kurangnya lahan dan perencanaan jalur keluar  masuk  kendaraan yang  kurang efisien. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kebutuhan lahan parkir pada Kantor Polresta Banyuwangi, sehingga dapat menggambarkan kondisi lahan yang dibutuhkan untuk mendapat hasil lahan yang lebih ideal. Metode yang digunakan yaitu survei ke lokasi, pengumpulan data karekteristik parkir, pengukuran lahan dan pengumpulan data. Survei dilakukan selama 10 hari pada hari aktif kegiatan pelayanan di Kantor Polresta Banyuwangi yaitu Senin sampai Jumat selama 2 Minggu. Hasil survei kemudian diolah menggunakan acuan standar (Direkur Jenderal Perhubungan Darat, 1996). Hasil analisis menunjukkan SRP yang dibutuhkan untuk sepeda motor yaitu 400 petak, sedangkan petak eksisting hanya 104 petak. Oleh karena itu dinyatakan masih belum memenuhi untuk sepeda motor. Kemudian SRP yang dibutuhkan untuk mobil yaitu 21 petak, sedangkan petak eksisting sebanyak 35 petak. Karena dinyatakan petak eksisting lebih banyak daripada yang dibutuhkan, maka petak eksisting mobil masih memenuhi.
DESAIN PETA SITUASI JALAN DENGAN METODE POLIGON TERBUKA (STUDI KASUS JALAN LINGKUNGAN POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI) Hidayatur Rohman; Enes Ariyanto Sandi; Wahyu Naris Wari
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 2 No. 1 (2023): Agustus 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v2i1.2023.40-47

Abstract

Peta Situasi dalam perkembangannya sering digunakan sebagai gambar pelengkap dokumen pembangunan proyek. Diperlukan suatu penyajian peta yang menarik  dan mudah dipahami dengan pendetailan setiap objek. Jalan lingkungan Politeknik Negeri Banyuwangi memiliki panjang 772,3 meter. Jalan ini merupakan jalan akses civitas akademika untuk menuju gedung perkuliahan. Jalan yang dibangun pada tahun 2009 tersebut belum memiliki peta situasi, dimana peta ini sangat penting untuk perencanaan perbaikan jalan. Berdasarkan kondisi tersebut maka diperlukan desain peta situasi untuk jalan lingkungan Politeknik Negeri Banyuwangi, karena belum ada gambar perencanaan sebelumya. Tujuan dari proyek akhir ini untuk mengetahui cara pembuatan peta situasi dengan metode poligon terbuka menggunakan alat Waterpass. Desain peta situasi jalan yang didapatkan akan dijadikan acuan pembangunan jalan atau sarana prasarana penunjang jalan lainnya. Metode yang dilakukan yaitu survei langsung ke lokasi dengan bantuan alat Waterpass. Data kontur  yang dihasilkan diolah kembali dan dijadikan gambar site plan dan profil jalan dengan bantuan software AutoCad, SkecthUp,dan Lumion. Hasil penelitian ini diperoleh desain gambar site plan, profil jalan, tampak existing tiga dimensi  maupun data yang dihasilkan dari survei pemetaan lahan dari alat Waterpass dan koreksi-koreksi perhitungan untuk titik penembakan.
EVALUASI KINERJA RUAS JALAN RAYA PANJANG JIWO PERMAI AKIBAT PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UBAYA KOTA SURABAYA Salfa Hanum Cahyani; Kurnia Hadi Putra
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 2 No. 1 (2023): Agustus 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v2i1.2023.18-23

Abstract

Lalu lintas Jalan Panjang Jiwo Permai pada sebelum adanya pembangunan rumah sakit cukup padat karena hambatan dari mobil yang mengarah ke parkiran Universitas Ubaya, hambatan tersebut akan terus bertambah karena jalan tersebut merupakan kawasan komersial. Pada kawasan komersial jalan tersebut terdapat banyak ruko pertokoan dan sekolah-sekolah di sekitar jalan yang membuat hambatan besar pada jam masuk sekolah atau kerja dan pada jam pulang. Pembangunan Rumah Sakit Ubaya menambah hambatan lalu lintas di jalan karena banyak truk bahan bangunan akan sering melintasi jalan tersebut. Sehingga perlu dilakukan analisis evaluasi kinerja ruas jalan akibat pembangunan tersebut untuk menentukan nilai kecepatan terhadap kenyamanan pengguna jalan. Penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997 sebagai dasar analisis perhitungan evaluasi jalan dan peraturan yang digunakan sebagai dasar penentuan LOS adalah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015. Dalam analisis peneliti mendapatkan komponen-komponen perhitungan dengan melakukan survei di lapangan secara langsung pada hari kerja dan hari libur. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pada masa sebelum pembangunan pengguna jalan menggunakan kecepatan 48 km/jam, kemudian saat pembangunan terjadi penurunan kecepatan 43 km/jam oleh  pengguna jalan yang menyebabkan ketidaknyamanan pengguna jalan dan kualitas waktu pekerja berkurang karena hambatan lalu lintas.

Page 1 of 1 | Total Record : 6