cover
Contact Name
Siska Aprilia Hardiyanti
Contact Email
siska_aprilia3@poliwangi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jriteks@poliwangi.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. banyuwangi,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
ISSN : -     EISSN : 29637791     DOI : https://doi.org/10.57203/jriteks
The Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains (J-RITEKS) invites submissions of original, empirical, and theoretical papers as well as on the results of the study and review of the literature covering diverse areas of Civil Engineering that are listed (but not limited to) as follows : - Transportation Engineering - Structural Engineering - Geotechnical Engineering - Construction Management - Environmental Engineering - Hydrology - Civil Engineering Technology - Applied science in civil engineering
Articles 18 Documents
KAJIAN PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP ANGKUTAN ONLINE DI KOTA BANYUWANGI Yunita Nur Afifah; Siska Aprilia Hardiyanti; Wahyu Naris Wari
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Agustus 2022 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v1i1.2022.1-8

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia yang semakin tinggi menimbulkan inovasi-inovasi baru. Salah satunya yaitu penggunaan transportasi online yang sering diperbincangkan dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Pada tahun 2019, di Kabupaten Banyuwangi sudah terdapat beberapa jenis penyedia jasa transportasi online antara lain Gojek, Grab dan Bangjek. Ketiga jasa transportasi online tersebut memiliki kriteria dan persepsi berbeda-beda bagi pengguna disetiap transportasi online tersebut. Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui kepuasan pengguna dari ketiga jasa transportasi online dari Grab, Gojek, dan Bangjek. Dapat mengetahui persepsi pengguna pada masing-masing transportasi online yang tersedia di Banyuwangi, kemudian data diolah dengan menggunakan uji Chi-Square. Data yang diperoleh dengan cara survei langsung dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai chi-square hitung lebih besar dari koefisien chi-square, untuk nilai chi-square pengguna Grab yaitu 295,853, pengguna Gojek yaitu 296,990, dan pengguna Bangjek yaitu 292,289, untuk nilai koefisien chi-square yaitu 252,864 dengan df 291 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima bahwa ada hubungan antara persepsi pengguna terhadap masing-masing angkutan online di Kota Banyuwangi. Berdasarkan bobot kuesioner persepsi pengguna menunjukkan persepsi masyarakat di Banyuwangi berdasarkan kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna terhadap angkutan online yaitu paling banyak memilih pengguna Gojek.
PENERAPAN METODE SIMPLEKS DALAM OPTIMASI BIAYA PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PEKERJAAN CUT AND FILL PROYEK WORKSHOP PT. INKA PERSERO Moh. Aji Pangestu; Yuni Ulfiyati; Zulis Erwanto
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Agustus 2022 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v1i1.2022.35-40

Abstract

Proyek Engineering, Procurement, Construction, Commissioning (EPCC) workshop kereta api di Banyuwangi memiliki luas 83 Ha, dan 30 Ha. Area proyek memiliki kontur elevasi yang tidak rata sehingga perlu adanya pekerjaan cut and fill. Pekerjaan cut and fill memerlukan penggunaan alat berat agar pelaksanaan pekerjaan selesai sesuai dengan jadwal dan dapat mengoptimalkan biaya tanpa mengabaikan waktu yang akan dicapai. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode simpleks dalam optimasi biaya penggunaan alat berat pada pekerjaan cut and fill pada proyek workshop PT. INKA Persero. Hasil penerapan metode simpleks dalam optimasi biaya penggunaan alat berat pada pekerjaan cut and fill untuk pekerjaan galian pada kombinasi 4 dengan excavator tipe 2 dengan jumlah 3 unit, dumptruck tipe 1 dengan jumlah 6 unit, dan bulldozer tipe 1 dengan jumlah 2 unit, dengan biaya total sejumlah Rp.4.955.077.432. Untuk alternatif alat yang optimal pada pekerjaan timbunan yaitu alternatif kombinasi 4 dengan menggunakan excavator tipe 2 jumlah 2 unit, dumptruck tipe 1 sejumlah 3 unit, bulldozer tipe 1 jumlah 1 unit, vibro roller jumlah 1 unit, dan water tank truck jumlah 1 unit, dengan biaya total sejumlah Rp.3.403.048.016.
IDENTIFIKASI RISIKO KONSTRUKSI PADA PEKERJAAN STRUKTUR BAJA WORKSHOP PT. INKA BANYUWANGI DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) I Ketut Hendra Wiryasuta; Qurrotus Shofiyah; Wilghis Meilinia Azizah
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Agustus 2022 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v1i1.2022.41-47

Abstract

Pabrik kereta api PT. Industri Kereta Api (Persero) di Banyuwangi dibangun oleh PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. sebagai kontraktor utamanya. Konstruksi utama yang digunakan dalam proyek tersebut adalah struktur baja (pre engineered steel building). Pekerjaan tersebut tidak luput dari munculnya risiko, karena besarnya bobot pekerjaan yang dilakukan. Risiko tidak dapat dihilangkan, namun dapat diminimalkan dampaknya dengan menerapkan manajemen risiko. Salah satu proses manajemen risiko adalah identifikasi risiko. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kemungkinan risiko yang dapat terjadi, dan kategori kegawatannya terhadap proyek. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada empat responden, yaitu project manager dari pihak kontraktor. Selanjutnya data hasil kuesioner diolah menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mencari bobot risiko. Proses analisis dilanjutkan dengan penilaian level risiko pada tiap variabel sub risiko dan hasil terbesar merupakan risiko dominan. Hasil identifikasi tersebut menghasilkan 3 risiko tinggi, 3 risiko sedang, dan 18 risiko rendah. Tiga risiko tertinggi adalah: ketersediaan material dengan bobot 2,581, kepindahan pekerja senior yang potensial dengan bobot 0,989 dan perubahan jadwal pelaksanaan pekerjaan dengan bobot 0,779.
RASIO DAYA DUKUNG TIANG PANCANG TUNGGAL BERDASARKAN DATA KALENDERING DENGAN DATA TEST PDA Dora Melati Nurita Sandi; Achmad Reynaldo Maldini; Farra Anindita Rachmayu
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Agustus 2022 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v1i1.2022.28-34

Abstract

Daya dukung tiang pancang dapat diperoleh dari pendekatan statis dan dinamis. Perhitungan daya dukung tiang pancang secara statis yaitu dengan melakukan pendekatan melalui sifat-sifat teknis tanah. Sedangkan, cara dinamis yaitu dengan menganalisis kapasitas ultimit dengan data yang diperoleh dari data pemancangan tiang. Penelitian dilakukan untuk mendapatkan rasio daya dukung berdasarkan pendekatan dinamis yaitu dengan menggunakan data kalendering. Daya dukung berdasarkan data kalendering dihitung dengan menggunakan 5 metode, yaitu Hilley, ENR, Danish, Navy-Mc.Key, dan Janbu. Hasil perhitungan tersebut, kemudian dilakukan perbandingan rasio terhadap daya dukung test PDA. Penelitian dilakukan pada dua lokasi yang berbeda yaitu di proyek pembangunan tol Gempol-Pasuruan dan Jembatan Widuri Bondowoso. Hasil perhitungan daya dukung untuk Q ultimate pada lokasi tol Gempol-Pasuruan, metode Danish yang mendekati hasil test PDA dengan rasio 1,1132 (P1-2) 0,8911 (P3-5), untuk Qijin pada lokasi tol Gempol-Pasuruan, metode Danish yang mendekati hasil test PDA dengan rasio 0,7421 (P1-2), 0,5940 (P3-5). Hasil perhitungan daya dukung untuk Q ultimate pada lokasi Jembatan Widuri Bondowoso, metode ENR yang mendekati hasil test PDA dengan rasio 1,7260 (P1-19), 1,2553 (P2-17), untuk Qijin pada lokasi Jembatan Widuri Bondowoso, metode Hilley yang mendekati hasil test PDA dengan rasio 1,0489 (P1-19), 0,7625 (P2-17).
PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF TIPE F (SUPERPLASTICIZER) DENGAN VARIASI PENGURANGAN AIR TERHADAP NILAI KUAT TEKAN PADA MORTAR Frida Mustika Dewi; Mirza Ghulam Rifqi; Muhammad Hilmy
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Agustus 2022 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v1i1.2022.20-27

Abstract

Banyak inovasi teknologi beton yang harapannya menghasilkan mutu yang tinggi. Salah satunya dengan meningkatkan mutu material pembentuknya yaitu mortar yang berfungsi sebagai matrik pengikat agregat pada campuran beton. Pengurangan kadar air pada campuran mortar berakibat pada menurunnya kelecakan mortar dan mengakibatkan mortar berongga/berpori sehingga mutu yang dihasilkan menurun. Diperlukan bahan tambah yang dapat mereduksi jumlah air tanpa mengurangi nilai kelecakan (flow). Penelitian ini menggunakan zat aditif tipe F (superplasticizer) dengan variasi pengurangan air yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap nilai kuat tekan pada mortar. Benda uji berbentuk kubus dengan variasi penambahan superplasticizer 1% dan 2% dari penggunaan semen, dan variasi dengan penambahan superplasticizer dengan jumlah yang sama tetapi mengurangi jumlah pemakaian air sebanyak masing-masing 0%, 5%, 10% dan 15%. Hasil pengujian menunjukkan penambahan SP meningkatkan nilai kuat tekan mortar. Peningkatan mortar dengan penambahan SP didapatkan nilai optimum pada campuran B-1 sebesar 30,128% dengan nilai kuat tekan 36,889 MPa dan B-2 sebesar 34,513% dengan nilai 38,143 MPa. Penambahan kadar superplasticizer juga berpengaruh terhadap nilai flow mortar yaitu semakin tinggi penambahan SP semakin tinggi nilai flow. Didapatkan nilai optimum flow mortar pada sampel B-2 sebesar 20 cm.
ANALISIS KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI, SDI, DAN BINA MARGA SERTA ALTERNATIF PENANGANAN KERUSAKAN Fajar Joko Purnomo; Kurnia Hadi Putra
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Agustus 2022 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v1i1.2022.9-19

Abstract

Jalan Raya Poros Gresik – Lamongan KM 36-39 merupakan jalan nasional yang menghubungkan antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan bermuatan tinggi sehingga mengakibatkan kerusakan jalan yang dapat mengganggu keselamatan dan kenyamanan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lapisan perkerasan jalan sesuai dengan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi serta dapat menentukan cara pemeliharaannya. Penelitian dilakukan dengan cara survei untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan untuk perhitungan dan pemeliharaan perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah metode Bina Marga, PCI (Pavement Condition Index), dan SDI (Surface Distress Index). Pada ruas Jalan Raya Poros Gresik – Lamongan KM 36-39 didapatkan jenis kerusakan pelepasan butir, lubang, retak kotak, retak samping, tambalan, keriting, retak buaya, retak memanjang, retak selip, retak sambungan dan retak melintang. Metode Bina Marga didapat nilai urutan prioritas 7 yang masuk ke dalam program pemeliharaan rutin. Metode PCI rata-rata didapat nilai kurang dari 60, dapat dilakukan penanganan rehabilitasi pada kerusakan. Metode SDI didapatkaan nilai 45 yang berarti dalam kondisi baik. Penanganan yang dilakukan mengacu kepada buku Petunjuk Praktis Pemeliharaan Rutin Jalan (1992) berupa Pengaspalan (P2), Penambalan (P5), dan Perataan (P6).
KARAKTERISTIK LAMINASI BAMBU TUTUL SUSUNAN BRICK DITINJAU BERDASARKAN KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR Abdul Rahman Dani Lomancoko; Mirza Ghulam Rifqi; Dadang Dwi Pranowo
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 1 No. 2 (2023): Februari 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v1i2.2023.53-59

Abstract

Ketersediaan kayu di alam semakin menipis seiring perkembangan zaman, banyaknya kebutuhan kayu sebagai bahan konstruksi mengakibatkan produksi kayu yang dihasilkan berkualitas rendah karena kayu yang digunakan masih muda. Bahan yang sesuai untuk pengganti kayu antara lain bambu, beton, dan baja. Pengganti kayu yang alami mempunyai masa panen cepat serta pertumbuhan merata di indonesia adalah Bambu. Dalam penelitian ini jenis bambu yang digunakan adalah bambu Tutul dengan merekatkan bilah bambu menggunakan perekat jenis polyvinyl acetate (PVAC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bambu tutul laminasi berdasarkan kuat tekan, lentur dan tarik. Prosedur pembuatan dan pengujian bambu laminasi bambu tutul mengacu pada ISO 22157 2019, SNI-03-3399-1994, SNI 03-3959-1995 dan SNI-03-3958-1995. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik kuat tekan sejajar serat bambu tutul laminasi didapatkan rata-rata sebesar 471,35 kg/cm2. Karakteristik kuat tarik sejajar serat bambu tutul laminasi didapatkan rata-rata sebesar 4.326,75 kg/cm2. Karakteristik kuat lentur tegak lurus serat bambu laminasi memiliki nilai rata-rata 1.098,86 kg/cm2. Sedangkan untuk nilai modulus elastisitas dari pengujian lentur memiliki rata-rata sebesar 35.453 MPa. Dari hasil pengujian bambu tutul laminasi nilai kuat tekan, kuat tarik dan kuat lentur maka karakteristik bambu tutul laminasi berdasarkan SNI 03-3527 tahun 1994 lebih dekat dengan kayu kelas kuat II dan berdasarkan SNI 7973 tahun 2013 lebih dekat dengan kode mutu E25.
OPTIMALISASI PENYEDIAAN LAHAN PARKIR PADA GEDUNG SMK NEGERI 1 GLAGAH BANYUWANGI Rindi Novia Ananda; Rahayu Pradita; Wahyu Naris Wari
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 2 No. 1 (2023): Agustus 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v2i1.2023.1-10

Abstract

Pembangunan fasilitas sekolah khususnya lahan parkir siswa sebaiknya juga memperhatikan kebutuhan lahan untuk menampung kendaraan yang digunakan siswa untuk ke sekolah dan memenuhi kebutuhan fasilitas gedung. Berdasarkan hasil survei di SMKN 1 Glagah Banyuwangi, adanya kendaraan siswa yang parkir berhimpitan antar kendaraan yang dapat mengakibatkan kesulitan saat mengeluarkan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi lahan parkir siswa yang tersedia. Salah satu bentuk optimalisasi yaitu merencanakan sudut pola parkir yang paling optimal. Langkah-langkah dari penelitian ini dimulai dengan survei pendahuluan, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan obeservasi lapangan parkir. Hasil dari survei pendahuluan menunjukkan hasil evaluasi kuesioner siswa merasa tidak nyaman parkir di lahan parkir siswa dikarenakan lahan parkir kendaraan penuh dan kesulitan mengeluarkan kendaraan. Dengan luas lahan parkir eksisting 1.651  dan 649,32    dengan sudut 45° dapat menghasilkan petak parkir mencapai 593 kendaraan, kemudian hasil dari optimalisasi perencanaan sudut pola dan alur parkir yang baru berdasarkan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir 1996 didapatkan hasil maksimum kebutuhan lahan parkir menggunakan  sudut 90° dapat menampung 870 kendaraan.
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PEMBANGUNAN PROYEK SUNCITY RESIDENCE Rizka Wulandari; Enes Ariyanto Sandi; Yuni Ulfiyati
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 1 No. 2 (2023): Februari 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v1i2.2023.60-64

Abstract

Pekerjaan konstruksi seringkali terjadi masalah operasional sehingga hal tersebut menyebabkan pekerjaan konstruksi mengalami keterlambatan. Masalah operasional itu sendiri adalah kurangnya tenaga kerja, bahan material, dan peralatan yang akan digunakan, alokasi yang tidak sesuai dengan rencana, dan masalah lainnya di luar jadwal rencana kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan keterlambatan penyelesaian pembangunan Suncity Residence. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada kontraktor yang terlibat dalam proyek tersebut. Pemilihan responden menggunakan metode sampling kuota yang meliputi 30 responden yang mengerjakan proyek pembangunan Suncity Residence. Selanjutnya data hasil kuesioner diolah menggunakan analisis factor dengan software SPSS. Hasil analisis data yang diperoleh terdapat dua faktor yang menyebabkan terjadinya keterlambatan penyelesaian proyek Suncity Residence Apartment yang dilihat dari nilai persentase variannya. Variabel tersebut adalah pekerjaan yang tidak tepat yang dilakukan oleh kontraktor, kesalahan pengolahan material oleh kontraktor, kekurangan bahan dan material masuk ke dalam faktor satu yang memiliki nilai varian sebesar 45,107%. Dan kesalahan dalam perencanaan dan spesifikasi, perubahan scope perkerjaan konsultan dan terdapat perubahan tipe dan spesifikasi material masuk ke dalam faktor dua yang memiliki nilai varian sebesar 23,423%.  Dilihat dari nilai persentase terbesar, maka faktor satu memiliki nilai varian terbesar yaiu 45,107% dengan 3 faktor didalamnya.
KARAKTERISTIK BALOK LAMINASI DARI BAMBU AMPEL SUSUNAN BRICK DITINJAU BERDASARKAN KEKUATAN TEKAN DAN LENTUR Dicky Okky Irawan; Mirza Ghulam Rifqi; Erna Suryani
Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains Vol. 1 No. 2 (2023): Februari 2023 - Jurnal Riset Teknik Sipil dan Sains
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/jriteks.v1i2.2023.65-74

Abstract

Bambu memiliki potensi yang cukup baik untuk material pengganti kayu melihat ketersediaan kayu di alam yang semakin sedikit. Pembuatan bambu laminasi dengan cara merekatkan bilah bambu yang sudah diserut hingga membentuk sebuah balok laminasi. Pada penelitian ini pembuatan balok laminasi menggunakan bambu ampel dengan pola susunan brick dengan menggunakan perekat PVAC (Polyvinyl Acetate) yang mempunyai sifat elastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik balok laminasi dari bambu ampel berdasarkan kekuatan tekan, lentur dan tarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik bambu ampel laminasi berdasarkan kuat tekan dengan dimensi 50 mm × 50 mm × 200 mm memiliki nilai rata-rata 38,27 MPa, kuat lentur bambu ampel laminasi dengan dimensi 50 mm × 50 mm × 760 mm memiliki nilai rata-rata 87,35 MPa. Nilai kuat tarik bambu ampel laminasi dimensi 25 mm × 25 mm × 460 mm memiliki rata-rata 366,08 MPa. Berdasarkan pendekatan kelas kayu bambu ampel laminasi termasuk pada kelas III dan tergolong kode mutu E25.

Page 1 of 2 | Total Record : 18