cover
Contact Name
Ujang Wiharja
Contact Email
ujangwiharja@unkris.ac.id
Phone
+628128004064
Journal Mail Official
ujangwiharja@unkris.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus Unkris RT. 01 RW. 05 No. 34, Jaticempaka, Pondok Gede, Kota Bks RT 003 4, RT.009/RW.005, Jatiwaringin, Kec. Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17411
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Teknokris
ISSN : 14110539     EISSN : 26228300     DOI : -
Karya Ilmiah untuk mahasiswa dan dosen pada bidang Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Arsitektur dan Sistem Informasi terbit setahun dua kali, setiap Juni dan Desember
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 24 No 2 (2021): Jurnal Teknokris Edisi Desember" : 5 Documents clear
KAJIAN ARUS LALU LINTAS DALAM RANGKA PENANGGULANGAN KEMACETAN DI JALAN RAYA (KASUS JALAN RAYA SILIWANGI KECAMATAN CICURUG KABUPATEN SUKABUMI) Semuel Th. Salean; Tresna Basytaman
TEKNOKRIS Vol 24 No 2 (2021): Jurnal Teknokris Edisi Desember
Publisher : Fakultas Teknik Unkris Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan kota-kota di Indonesia pada saat ini berada dalam tahap pertumbuhan yang tinggi, seperti juga terjadi di Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, hal ini di merupakan akibat dari laju pertumbuhan ekonomi yang pesat, salah satu implikasinya adalah peningkatan kebutuhan penduduk dalam melakukan pergerakan. Masalah kemacetan nampaknya sudah menjadi fenomena di satu wilayah, termasuk di jalan Siliwangi Kecamatan Cicurug, pemecahan masalah kemacetan dapat diatasi secara komperhensif dengan melibatkan peran pemerintah, swasta dan masyarakat, penanganan masalah tersebut perlu dilakukan secara serius dan tuntas mengingat kerugian yang diakibatkannya relatif besar. Ada tiga titik lokasi yang menjadikan permasalahan penyebab kemacetan lalu lintas di jalan Siliwangi Kecamatan Cicurug, yaitu: titik I di persimpangan jalan Cidahu, titik II di sekitar pasar Cicurug, titik III di Pajagan Benda kawasan industri. Dari hasil penelitian ini, diketahui jalan Siliwangi Kecamatan Cicurug telah mengalami penurunan kinerja jalan yang di tandai dengan arus kendaraan yang kurang stabil serta rendahnya tingkat kecepatan kendaraan. Penurunan kinerja jalan Siliwangi ini tidak hanya disebabkan pergerakan masyarakat menuju pusat pusat kegiatan ekonomi seperti ke pasar, ke pabrik, dan ke kantor juga adanya kondisi geometrik jalan. Penelitian ini bertujuan mencari solusi kemacetan di jalan Siliwangi Cicurug Kabupaten Sukabumi, supaya kenyamanan penguna jalan terjamin.
ANALISIS KERUSAKAN PADA SHOCK ABSORBER BELAKANG TOYOTA AVANZA TIPE G 1.5 MT Ajat Zatmika; Delpima Suhita
TEKNOKRIS Vol 24 No 2 (2021): Jurnal Teknokris Edisi Desember
Publisher : Fakultas Teknik Unkris Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanda - tanda apabila terjadinya kerusakan atau kebocoran pada shock absorber belakang Toyota Avanza sebutulnya samasaja seperti shock absorber bocor pada mobil lainnya, yaitu munculnya rembesan oli disekitar tabung shock absorber. Terjadinya kebocoran ini biasanya disebabkan oleh seal yang ada di dalam shock absorber sudah renggang atau tidak rapat lagi, sehingga oli menjadi rembes keluar. Beberapa gejala yang sering terjadi dan dirasakan pengendara yaitu, oli rembes, suspensi terasa lebih keras, saat kendaraan melewati jalan berlubang atau polisi tidur suspensi akan terasa tidak enak dan kendaraan akan sedikit sulit dikendalikan, serta mengakibatkan permukaan ban menjadi bergelombang. Pada penelitian tugas akhir ini penulis melakukan beberapa analisis apa saja yang menyebabkan kerusakan pada shock absorber Toyota Avanza, penelitian dilakukan dengan test beban dan pengukuran terhadap beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan shock absorber Toyota Avanza. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kerusakan shock absorber terjadi karena fatigue material pada seal shock absorber sehingga menyebabkan kebocoran oli pada shock absorber belakang Toyota Avanza. Penyebab kerusakan lainnya pada shock absorber genuine Toyota Avanza adalah karena terjadi deformasi pada pegas shock absorber akibat pegas tidak mampu meredam beban gaya yang terjadi pada saat beban muatan penuh pada kendaraan sebesar 1585 kg, sehingga shock absorber mengalami stroke (pemendekan) yang melebihi batas standar yang diijinkan sebesar 165 mm dan menyebabkan umur pemakaian shock absorber menjadi lebih cepat. Solusi untuk menghindari defleksi atau gejala amblas yang ada di shock absorber belakang Toyota Avanza adalah dengan mengurangi beban muatan penuh pada kendaraan, hal ini tentunya akan memperpanjang usia shock absorber, karena defleksi pegas yang besar akan mengakibatkan kerusakan yang lebih cepat pada komponen shock absorber. Solusi lainnya adalah dengan mengganti shock absorber dengan produk after market merk kayaba yang memiliki spesifikasi stroke lebih pendek dan diameter shock absorber lebih besar dari pada shock absorber genuine Toyota Avanza
ANALISA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN METODE SERVQUAL DAN QFD ( Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana ) Florida Butarbutar; Hendro Susiyanto
TEKNOKRIS Vol 24 No 2 (2021): Jurnal Teknokris Edisi Desember
Publisher : Fakultas Teknik Unkris Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja suatu produk atau layanan yang ia rasakan dengan harapannya. Selain itu penulis juga menduga bahwa ada masalah yang terjadi pada frekuensi pembelian konsumen tingkat rendah, layanan tidak memuaskan, karena ingin menyelesaikan masalah untuk meningkatkan kualitas layanan dengan mengambil judul “ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK DENGAN METODE SERVQUAL DAN QFD ( Studi Kasus Fakultas Teknik, Universitas Krisnadwipayana). Data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner yang dibagikan kepada 350 responden diperoleh 33 atribut yang dinyatakan valid dan reliabel diproses dengan program SPSS Versi 20.00 tentang Validitas dan Reliabilitas. Dengan model Servqual, dimensi kualitas layanan dibagi menjadi 5 yaitu Reliability, Responsive, Empahty, Assurance dan Tangible. Selanjutnya, 5 dimensi diterjemahkan ke masing-masing atribut rinci untukvariabel harapan dan persepsi yang disusun berdasarkan skala linkert. Berdasarkan hasil dimensi kelima servqual menunjukkan nilai negatif dengan nilai-nilai berikut Tangible (- 0,6), Empahty (-0,335), Responsivennes (0,235), Assurance (-0,195) dan Reliability (-0,08). Berdasarkan hubunganantara kebutuhan siswa (Kebutuhan Pelanggan) dan karakteristik teknis (Technical Response) maka diperoleh nilaiRelative Importance dengan rating Komitmen dan rating yang konsisten dalam pelayanan RI sebesar 30%,Memberikan fasilitas nilai RI sebesar 17% , Layanan Etika RI nilai 16%, Kualitas daya dosen yang kompeten RI nilai 15%, Menanggapi keluhan dan menindaklanjuti tingkat respons RI sebesar 12%, Kemudahan akses layanan nilai RI sebesar 10%.
ZONASI KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN DAERAH DI TELUK TOMINI Kasman
TEKNOKRIS Vol 24 No 2 (2021): Jurnal Teknokris Edisi Desember
Publisher : Fakultas Teknik Unkris Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Parigi Moutong memiki sumberdaya wilayah pesisir yang cukup unik dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Keberadaan sumberdaya ini semakin mengalami degradasi akibat pemanfaatan yang tidak terkontrol. Untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah terhadap potensi sumberdaya pesisir dan laut di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, maka Pemerintah Daerah mengeluarkan SK Bupati Kabupaten Parigi Moutong Nomor 380.45/2153/DISKANLUT tentang Pencadangan Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Teluk Tomini, Kabupaten Parigi Moutong. Kajian ini menunjukkan bahwa kawasan konservasi yang dicadangkan oleh Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai kawasan konservasi sebagaimana kriteria yang diatur, dimana kawasan yang akan ditetapakan harus memiliki luas minimum 2% zona inti dari keseluruhan luas kawasan yang akan ditetapkan. Dari hasil digitasi menggunan GIS ditemukan sebagai berikut zona inti 91 Ha (2,04 %), zona perikanan berkelanjutan 1.067,72 Ha (23,91 %), zona pemanfaatan 825,02 Ha (18,48%), dan zona lainnya 2.482,27 Ha (55,60%).
ANALISIS LEAD TIME MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING PADA PROSES PRODUKSI PEMBUATAN POLO SHIRT DI PT. XYZ Ismail Kurnia; Veranova Lumban Raja
TEKNOKRIS Vol 24 No 2 (2021): Jurnal Teknokris Edisi Desember
Publisher : Fakultas Teknik Unkris Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lead time dan penyebab utama masalah dalam produksi kaos polo di PT. XYZ. Metode yang digunakan adalah pemetaan value stream. Analisis ini dimulai dengan pembuatan pemetaan value stream, dan kemudian ditingkatkan dengan membuat pemetaan value stream dan yang terakhir adalah membuat pemetaan value stream untuk masa depan. Perbaikan seperti mengubah mesin manual ke mesin otomatis, memaksimalkan sistem tarik dan mengurangi pekerjaan dalam proses ada pengurangan lead time 1,01 hari atau 31% dari sebelumnya 3,24 hari menjadi 2,23 hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 5