cover
Contact Name
Elen Nurjanah
Contact Email
elennurjanah@iainkediri.ac.id
Phone
+6285288779765
Journal Mail Official
jurnaltbin@gmail.com
Editorial Address
Alamat Kantor di Jln. Sunan Ampel No. 7, Ngronggo, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
ISSN : 29880564     EISSN : 29875463     DOI : https://doi.org/10.30762/narasi
Core Subject : Education, Social,
Fokus utama dari jurnal ini adalah kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia
Articles 10 Documents
Dinamika Panggung Kritik Sastra Indonesia Indah Fadhilla; Endin Saparudin
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i1.875

Abstract

Produksi kritik sastra Indonesia berasal dari lingkup akademisi dan praktisi. Kritik sastra yang dihasilkan di lingkup akademisi biasanya berasal dari skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa Jurusan Sastra. Sedangkan kritik sastra yang dihasilkan di lingkup praktisi biasanya berasal dari sayembara kritik sastra atau dipublikasi di majalah/koran. Penelitian ini memaparkan analisis terhadap kritik sastra yang dilakukan di dalam dan di luar kampus menggunakan teori resepsi sastra. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan ciri produksi kritik sastra berdasarkan ruang lingkup yaitu dalam penggunaan teori; bentuk dan gaya tulisan; refleksi tulisan; dan luaran yang dihasilkan. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai teori dan metode yang digunakan dalam penulisan kritik sastra dari lingkup akademisi dan praktisi sebagai pembanding yang dapat digunakan ketika melakukan telaah terhadap karya sastra.
Penulisan Bahasa pada Petunjuk Arah dan Lokasi di Bandara Internasional Kualanamu Ilmatus Sa'diyah; Bhanuwati Indira Prabaningrum
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i1.878

Abstract

Di Indonesia, terdapat berbagai macam bentuk penggunaan bahasa pada setiap ruang publik. Hal ini dikarenakan adanya situasi multibahasa yang tertera pada ruang publik. Multibahasa yang terjadi di Indonesia sendiri disebabkan oleh faktor arus globalisasi. Namun realitanya, penggunaan bahasa daerah dan bahasa asing terutama bahasa Ingris masih mendapat proporsi utama dalam penggunaan bahasa di ruang publik. Bandara termasuk ruang publik yang masih mengutamakan hal itu selain kesalahan bahasa yang terjadi. Di bandara, dibutuhkan salah satu fasilitas yang disebut dengan penunjuk arah yang ditujukan ke suatu tempat atau lokasi. Penelitian ini bertujuan menjabarkan mengenai penelitian bahasa petunjuk arah di Bandara Internasional Kualanamu. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumensi dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, ditunjukkan bahwa terdapat kesalahan penulisan bahasa di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Kesalahan terletak pada penulisan kata baku, seperti antri yang seharusnya antre. Selain itu, di bandara banyak ditemukan penggunaan penunjuk tempat dan arah dengan bahasa asing, yaitu bahasa Inggris.
Analisis Perubahan Fonem dalam Kemasan Produk Makanan dan Minuman: Kajian Fonologi Nurul Dwi Lestari; Aprilia Sukmawati
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i1.892

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan kesalahan penambahan fonem pada kemasan produk makanan dan minuman di toko kelontong; 2) mendeskripsikan kesalahan penghilangan fonem pada kemasan produk makanan dan minuman di toko kelontong; 3) mendeskripsikan kesalahan perubahan fonem pada kemasan produk makanan dan minuman di toko kelontong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kemasan pada produk makanan dan minuman di toko kelontong.  Dari hasil analisis penelitian ini diperoleh hasil bahwa sebagian besar kesalahan berbahasa Indonesia berkaitan dengan penulisan yang menyangkut dalam tataran fonologi. Pada kemasan produk makanan dan minuman yang ada di toko kelontong masih terdapat kesalahan penulisan berupa a) penghilangan fonem, b) penambahan fonem, c) perubahan fonem. Pemberian nama pada kemasan produk makanan dan minuman yang menyimpang dalam tataran fonologi umumnya dilakukan dengan sengaja; tujuannya adalah untuk memberi kesan menarik agar pembeli tertarik dan membeli produk tersebut.
Kajian Semantik Penamaan Makanan Khas di D.I. Yogyakarta Elen Nurjanah
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i1.893

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan makna kata pada nama makanan khas Yogyakarta dan (2) mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi nama makanan khas Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah dokumen.  Data dalam penelitian ini adalah aspek semantik faktor yang melatarbelakangi dan makna leksikal nama makanan khas di D.I. Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara teknik wawancara dan dokumen. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti yang berperan aktif dalam pemerolehan data di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) jenis makna kata pada makanan khas Yogyakarta antara lain denotatif, referensial dan makna asosiatif dan (2) faktor yang melatarbelakangi penamaan makanan khas di Yogyakarta antara lain penamaan berdasarkan peniruan bunyi, penamaan berdasarkan tempat asal, penamaan berdasarkan bahan, penamaan berdasarkan keserupaan, penamaan berdasarkan pemendekan. 
Kritik Sosial dalam Novel “Dua Barista” Karya Ning Najhaty Sharma Luluk Ilmiyatul Khasanah; Moh. Badrus Solichin
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i1.896

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas tentang kritik sosial berdasarkan masalah sosial dalam novel Dua Barista yang terdiri atas kritik sosial masalah disorganisasi keluarga, kritik sosial masalah kemiskinan, kritik sosial masalah budaya, dan kritik sosial masalah lingkungan sosial. Masalah sosial dalam kehidupan sangatlah kompleks dan bervariasi. Masalah-masalah tersebut bisa berdiri sendiri ataupun saling berkaitan antara masalah satu dengan masalah yang lain. Hal itulah yang menjadi alasan peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dalam novel Dua Barista. Adapun hasil penelitian ini didapatkan; kritik sastra yang terdiri dari tiga pokok masalah sosial, yaitu kritik sosial masalah kemiskinan, kritik sosial masalah disorganisasi sosial, dan kritik sosial masalah lingkungan hidup.
Akronim, Singkatan, dan Istilah di Masa Pandemi Covid-19 Anwariyah
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i1.899

Abstract

Akronim merupakan kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Singkatan merupakan sebuah huruf atau sekumpulan huruf sebagai bentuk pendek dari sebuah kata atau beberapa kata. Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan suatu makna, konsep proses, keadaan atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Artikel ini berisi akronim, singkatan, dan istilah yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Akronim, singkatan, dan istilah di dalam artikel ini ada yang berupa bahasa Indonesia dan ada pula yang berupa istilah asing. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang berhasil dikumpulkan yaitu 7 akronim, 12 singkatan, dan 52 istilah.
Menulis Surat Pribadi kepada Presiden RI sebagai Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dwi Suparti
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i1.934

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memberikan pembelajaran bermakna yang menghasilkan sebuah produk berupa karya. Metode yang digunakan yakni deskriptif kulitatif. Metode ini memotret kegiatan pembelajaran apa adanya. Pembelajaran yang dilakukan yakni menulis surat pribadi. Agar pembelajaran menulis surat pribadi menjadi pembelajaran bermakna maka maka dipilih tema “menulis surat pribadi kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo”. Model yang digunakan untuk mencapai kompetensi dan kebermaknaan dipilih model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Dalam pembelajaran menulis surat pribadi kepada presiden, pembelajaran berpusat pada peserta didik sedangkan  guru sebagai fasilitator, mulai dengan merencanakan, melaksanakan,sampai pada terwujudnya produk berupa surat yang dikirimkan kepada presiden melalui kantor pos terdekat. Isi surat memuat pengalaman kontektual dan harapan pribadi peserta didik kepada presiden terkait peristiwa aktual. Produk berupa 27 pucuk surat pribadi kepada presiden ini dalam waktu tiga bulan setelah pengiriman mendapatkan balasan dari Kesekretariatan Negara.
Alih Kode dan Interferensi Bahasa pada Penyuluh Pertanian di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk Ervina Damayanti; Tira Masyita Khusna
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i1.1295

Abstract

Abstrak: Penelitian yang berjudul Alih Kode dan Interferensi Bahasa pada Penyuluh Pertanian di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari tuturan penyuluh pertanian di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk ketika memberi penyuluhan kepada petani. Analisis data dilakukan melalui penyediaan data, reduksi, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) alih kode berwujud tingkat tutur antara lain  dari bahasa Jawa Ngoko ke dalam bahasa Jawa Madya, serta dari tingkat tutur bahasa Jawa Madya ke bahasa Jawa Ngoko; 2) alih kode yang berwujud alih bahasa antara lain, alih bahasa dari bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia  dan alih bahasa dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa; dan 3) interferensi antara lain, interferensi fonologis, morfologis, dan leksikal. Penyebab terjadinya alih kode dan interferensi pada penyuluh pertanian serta masyarakat tutur di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk yaitu, 1) latar belakang penutur, 2) faktor   penyesuaian, dan 3) sarana mengakrabkan diri dan 4) faktor kebiasaan. Kata kunci: alih kode, interferensi, penyuluh pertanian
Penguasaan Penulis terhadap Kaidah Penggunaan Imbuhan ber- dalam Kajian Sastra Publikasi Lilis Anifiah Zulfa; Uswatun Khasanah
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2023): April
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i1.1790

Abstract

ABSTRAK: Ber- sebagai salah satu imbuhan tentunya mempunyai aturan tersendiri dalam penggunaannya. Oleh karena itu, artikel ini membahas permasalahan imbuhan dalam ranah penguasaan penulis terhadap kaidah penggunaan imbuhan ber- dalam karya ilmiah berupa reviu kajian literatur. Karya ilmiah yang dijadikan objek penelitian adalah dua artikel kajian sastra terbitan tahun 2018 dan 2020. Kajian pustaka tahun 2018 ini ditulis Jumani dengan judul Struktur dan Nilai Moral Pantun dalam Rubik Bujang Besaot dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA (Jurnal Sirok Bastra, Vol. Sirok Bastra, Vol 6, No. 1, Juni 2018). Kajian Sastra Tahun 2020 ditulis oleh Tisa, dkk, dengan judul Kajian Sosiologi Sastra dalam Langkah Arah Novel Fiersa Besari (Jurnal Samudra Bahasa, Vol. 3, No. 1, Juni 2020). Berdasarkan reviu kedua artikel tersebut, penguasaan penulis terhadap prinsip penggunaan isi ulang belum sempurna. Hal ini dibuktikan dengan adanya kesalahan penggunaan afiks yang diikuti kata dasar yang diawali dengan fonem /r/ dan mengandung bunyi /-er/ pada suku kata pertama. Kata Kunci: afiks ber-, penguasaan penulis
Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Konten Iklan Produk Kecantikan di Media Sosial Instagram Ilmatus Sa'diyah; Selviana Novantia Berlianti; Muhammad Zaki Mubarok; Yudia Elisa Redani
Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 2 (2023): Oktober
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30762/narasi.v1i2.1696

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan-kesalahan berbahasa di dalam konten iklan di media sosial, khususnya Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan saat ini baik oleh pengguna regular maupun pengguna bisnis. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu postingan berisikan iklan produk yang memiliki kesalahan berbahasa di dalam caption-nya. Sumber data dalam penelitian ini yaitu postingan akun resmi @scarlett_whitening, @whitelab_id, dan pada akun @msglowbeauty. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi berupa tangkapan layar sedangkan teknik analisisnya yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini terdapat beberapa kesalahan berbahasa, diantaranya yang paling sering ditemukan yaitu penggunaan bahasa asing (bahasa gaul) bersamaan dengan bahasa Indonesia, kesalahan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tidak tepat, dan penggunaan kata yang tidak baku.

Page 1 of 1 | Total Record : 10