cover
Contact Name
susanto
Contact Email
susanto@stiab-jinarakkhita.ac.id
Phone
+6281311253505
Journal Mail Official
jurnal_penamas@stiab-jinarakkhita.ac.id
Editorial Address
SEKOLAH TINGGI ILMU AGAMA BUDDHA (STIAB) JINARAKKHITA LAMPUNG Jl. Raya Suban, Pidada, Kec. Panjang, Kota Bandar Lampung, Lampung 35241 Telf. +6282139114444 Email admin@stiab-jinarakkhita.ac.id https://stiab-jinarakkhita.ac.id/ https://lppm.stiab-jinarakkhita.ac.id/
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Inovasi Kepada Masyarakat (PENAMAS)
Jurnal Penamas sebagai Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Inovasi terkemuka untuk memajukan teori dan praktik yang terkait dengan semua bentuk pengabdian kepada masyarakat. Jurnal sumbangsih termasuk mencakup bahasan tentang upaya inovatif masyarakat; trend, tantangan, peluang yang muncul; dan pelaporan studi dampak di bidang layanan publik, penyuluhan, pengabdian berbasis komunitas, pengabdian partisipatif berbasis komunitas, pengabdian terapan, pembelajaran publik, dan lain-lain tentang pengabdian masyarakat. Focus Jurnal Penamas bertujuan untuk menyediakan forum bagi para peneliti nasional dan internasional tentang Pengembangan dan Keterlibatan Masyarakat untuk menerbitkan artikel asli pada jurnal Penamas.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024): PENAMAS Juli 2024" : 5 Documents clear
Pembelajaran Bahasa Inggris Fun and Communicative English Untuk Siswa Sekolah Minggu Buddha Vike Aprilianin Marwintaria Saputri; Edi Sumarwan; Iin Avitasari; Meta Nursanti
Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Inovasi kepada Masyarakat (PENAMAS) Vol. 2 No. 2 (2024): PENAMAS Juli 2024
Publisher : LPPM STIAB JINARAKKHITA LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60046/penamas.v2i2.92

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat adalah penerapan seni, budaya, teknologi, dan ilmu pengetahuan ke dalam masyarakat untuk membantu masyarakat tertentu dalam berbagai hal tanpa meminta imbalan. Pada tahun 2024, dosen Ilmu Komunikasi Buddha mengadakan kegiatan Pengajaran materi dasar dalam Bahasa Inggris pada siswa Sekolah Minggu Buddha di Vihara Metta Jaya Lampung Selatan. Tujuan dari pengajaran ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa, terutama berbicara. Sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan di tengah persaingan global yang semakin ketat. Kemampuan komunikasi internasional, terutama bahasa Inggris, adalah salah satunya. Pengajaran ini dihadiri langsung oleh 15 orang. Dalam pengajaran bahasa Inggris ini, teknik ceramah dan drill digunakan. Diharapkan bahwa pengajaran ini akan meningkatkan kepercayaan diri siswa dan mendorong mereka untuk berbicara dan mempraktekkan materi yang telah dibahas dalam percakapan sehari-hari.
Pengenalan Meditasi Pelangi untuk Anak-Anak Sekolah Minggu di Vihara Pubba Mangala Arama Pekanbaru Shelfia Angela; Julia Surya
Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Inovasi kepada Masyarakat (PENAMAS) Vol. 2 No. 2 (2024): PENAMAS Juli 2024
Publisher : LPPM STIAB JINARAKKHITA LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60046/penamas.v2i2.109

Abstract

Kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  ini  bertujuan  untuk memperkenalkan meditasi pelangi ke anak-anak Sekolah Minggu yang berjumlah sebanyak 12 siswa di Vihara Pubba Mangala Arama Pekanbaru. Meditasi pelangi membuat anak-anak dapat bernapas sambil membayangkan berbagai warna pada tubuhnya. Meditasi ini berdurasi sekitar 15-30 menit. Mengenalkan meditasi kepada siswa merupakan hal yang sangat positif. Guru membimbing anak belajar fokus atau menenangkan pikiran, melatih kesadaran dan perhatian pada ketujuh warna pelangi. Meditasi pelangi berdampak pada perkembangan cinta kasih dan kasih sayang anak-anak kepada semua orang. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa anak-anak memahami pentingnya rasa cinta dan kasih sayang dan kepedulian terhadap diri sendiri, keluarga, guru, teman, orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Meditasi pelangi sangat menarik dan bermanfaat bagi anak-anak. Anak-anak lebih terbimbing dan tidak bosan untuk melakukan meditasi.
Pengaruh Kegiatan Day Of Mindfulness Terhadap Kecerdasan Emosional Bayu Wiradharma; Suyati Suyati; Julia Surya
Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Inovasi kepada Masyarakat (PENAMAS) Vol. 2 No. 2 (2024): PENAMAS Juli 2024
Publisher : LPPM STIAB JINARAKKHITA LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60046/penamas.v2i2.117

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana kegiatan day of mindfulness berdampak pada kecerdasan emosional. Sebuah program yang disebut Day of Mindfulness bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian penuh melalui berbagai aktivitas refleksi diri dan meditasi, Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan selama Program ini meningkatkan kemampuan peserta untuk mengenali dan mengelola emosi mereka, meningkatkan empati mereka, dan meningkatkan hubungan interpersonal mereka.
Day of Mindfulness: Mengenali Keseimbangan Diri melalui Praktik Sadar Penuh Juni Suryanadi; Iin Avitasari; Mega Julianti; Priyana Putra; Mariyana Lestari; Sonia Sonia
Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Inovasi kepada Masyarakat (PENAMAS) Vol. 2 No. 2 (2024): PENAMAS Juli 2024
Publisher : LPPM STIAB JINARAKKHITA LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60046/penamas.v2i2.119

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya tuntutan hidup, banyak individu yang mengalami stres, kecemasan, dan ketidakseimbangan emosional. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti tekanan kerja, masalah pribadi, dan perubahan sosial yang cepat. Program Day of Mindfulness di Vihara Tri Wira Bhakti, Kabupaten Way Kanan, dengan 24 peserta. Program ini bertujuan meningkatkan keseimbangan diri melalui latihan mindfulness. Pengukuran keberhasilan dilakukan menggunakan pre-test dan post-test. Peningkatan ini mengindikasikan efektivitas program dalam membantu peserta mengenali dan mencapai keseimbangan diri. Penelitian ini menegaskan pentingnya mindfulness dalam meningkatkan kesehatan mental dan emosional peserta.
Pelatihan Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Flashcard untuk Sekolah Minggu Buddha Desa Pejambon Pesawaran Ayu Andriyaningsih; Edi Sumarwan; Medianto Medianto; Papi Widyaningsih; Tiara Anggelitha
Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Inovasi kepada Masyarakat (PENAMAS) Vol. 2 No. 2 (2024): PENAMAS Juli 2024
Publisher : LPPM STIAB JINARAKKHITA LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60046/penamas.v2i2.121

Abstract

Pelatihan kosakata Bahasa Inggris dengan flashcard adalah inovasi dalam meningkatkan literasi Bahasa Inggris anak-anak di SMB Desa Pejambon, Pesawaran. Artikel ini menyoroti urgensi pengembangan kemampuan Bahasa Inggris sejak usia dini, terutama pada rentang usia 6-12 tahun, untuk memperluas literasi secara berkelanjutan. Pelatihan kosakata menggunakan flashcard memberikan pendekatan menarik dan interaktif dalam pembelajaran, sesuai dengan lingkungan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post-test untuk memantau perkembangan anak-anak. Harapannya, metode pelatihan kosakata berbasis flashcard dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, serta memberikan kontribusi positif dalam menghadapi tantangan globalisasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5