cover
Contact Name
Henny Rakhmawati
Contact Email
journalbemjat@gmail.com
Phone
+6285335017177
Journal Mail Official
journalbemjat@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Mangun Sarkoro Beji Boyolangu Tulungagung Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
JAT (Journal of Accounting and Tax)
ISSN : -     EISSN : 29636132     DOI : -
Core Subject : Economy,
JAT (Journal of Accounting and Tax) is a collection of journals, articles, ideas, concepts, theories, and research results from various fields related to Accounting and Tax. JAT welcomes papers with the above aims and scopes. This academic journal is published by the Faculty of Economics, Tulungagung University. It is published biannually in June and December.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023)" : 6 Documents clear
ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PADA IMPLEMENTASI PROSES BISNIS BCA CABANG TULUNGAGUNG Rachmad Gesah Mukti Prabowo; Ifan Rizki Pratama
JAT : Journal Of Accounting and Tax Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jat.v2i1.772

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui pengendalian internal padaimplementasi proses bisnis BCA Cabang Tulungagung. Bank harus benar-benarmemperhatikan dipatuhinya sistem pengendalian intern dalam prosesbisnisnya sehingga risiko dapat diperkecil. Dengan terselenggaranya sistempengendalian intern yang memadai, berarti menunjukkan sikap kehati-hatianbank dalam menjaga kepercayaan dari masyarakat dan dalam menjagakelangsungan hidup usahanya. Desain penelitian yang digunakan padapenelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu memberikan uraian ataumenjelaskan tentang pengendalian internal Pada Implementasi Proses BisnisBCA Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pembagian tugasatau pemberian wewenang dan tanggungjawab yang jelas. Adanya sistempemerikasaan secara detail terhadap segala bukti, bukti-bukti catatan sertaadanya pemeriksaan secara langsung maupun pemantauan mendadak (cash opname) oleh fungsi pemeriksa intern.
PENGARUH STORE ATMOSPHERE, SERVICE QUALITY DAN HARGA PRODUK TERHADAP CUSTOMER LOYALTY “Studi pada Kopi Latar Gondanglegi Malang” Marlena; Nurani; Martiennia Liesbet Abraham
JAT : Journal Of Accounting and Tax Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jat.v2i1.774

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, service quality dan harga produk terhadap customer loyalty pada Kopi Latar Gondanglegi. Dimana sasaran kegiatan ini adalah para customer loyalty. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian explanatory research melalui observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda (probability sampling). Hasil analisanya jika tidak ada store atmosphere, service quality, dan harga produk, maka customer loyalty adalah sebesar -0,167. Setiap kenaikan 1 nilai terhadap store atmosphere, akan meningkatkan customer loyalty sebesar 0,206. Selanjutnya, setiap kenaikan 1 nilai terhadap service quality, akan meningkatkan 0,154 customer loyalty. Terakhir, setiap kenaikan 1 nilai pada harga produk akan meningkatkan 0,335 customer loyalty. dapat dilihat bahwa variabel bebas harga produk mempunyai kontribusi paling besar dibandingkan variabel bebas lainnya dalam penelitian ini. Store atmosphere memiliki pengaruh positif signifikan terhadap customer loyalty di kedai Kopi Latar Gondanglegi. Ketiga variabel x berpengaruh positif signifikan terhadap variabel y di kedai Kopi Latar Gondanglegi secara parsial dan simultan.
ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG Wenni Wahyuandari; Henie Nanda Putri
JAT : Journal Of Accounting and Tax Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jat.v2i1.782

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahu Penerapan Sistem Pengendalian Internal pada fungsi Piutang dengan melakukan Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal Piutang pada PT. Silkargo Indonesia Cabang Surabaya. Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya harus melakukan pengendalian. Pengendalian yang diterapkan harus memberi manfaat, dalam hal ini meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional. Pengendalian tersebut juga bertujuan agar segala sesuatunya berjalan dengan seharusnya. Pengendalian yang dimaksud dalam penelitiasn ini adalah pengendalian pada piutang usaha. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara.Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari unsur-unsur pengendalian intern menurut kerangka kerja COSO, unsur penentuan risiko dan unsur aktivitas pengendalian, unsur lingkungan pengendalian, unsur informasi dan komunikasi, serta unsur pengawasan atau pemantauan telah berjalan secara efektif.
LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI SARANA PENILAIAN KEBERHASILAN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI TANI Eni Widhajati; Eko Susilo
JAT : Journal Of Accounting and Tax Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jat.v2i1.783

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan manajemen dalam mengelola Koperasi dinilai dari hasil analisis laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan analisis analisis rasio rentabilitas, likuiditas, solvabilitas dan analisis efektivitas selama 2020–2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dari hasil analisis Rasio Rentabilitas berhasil dalam pengelolan usahanya. Rasio Likuiditas menunjukkan dalam periode berhasil dalam pengelolaan usahanya. Rasio solvabilitas kurang berhasil dalam pengelolaan usahanya. Analisis Efektivitas pendapatan dan laba/SHU berhasil dalam pengelolaan usahanya.
PENGENDALIAN BIAYA DALAM PENCAPAIAN KEBERHASILAN EFISIENSI BIAYA Henny Rakhmawati; Retno Murnisari; Aksan Hatta
JAT : Journal Of Accounting and Tax Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jat.v2i1.784

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui selisih biaya aktual dengan biaya standar dan mengetahui seberapa besar selisih biaya tersebut mempengaruhi efisiensi biaya. Penelitian ini dilakukan di CV Mentari Nusantara, Desa Batokan, Ngantru, Tulungagung selama periode 2020-2022. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi yaitu pengumpulan data dengan melakukan pengadaan terhadap dokumen-dokumen perusahaan yang ada. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dengan menghitung biaya produksi dan melakukan analisis selisih biaya produksi dengan metode analisa satu selish, yang kemudian dari selisih biaya tersebut dianalisa dengan analisis regresi linier berganda. Setelah menganalisis perbedaan biaya produksi antara tahun 2020 dan 2022. Karena selisih bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik yang dihasilkan masih terkendali, manajemen CV Mentari Nusantara harus mempertimbangkan hal ini, terutama komponen harga beli dan efisiensi.
PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT. SULING MAS TRITUNGGAL ABADI TULUNGAGUNG) Sri Sutrismi; Nita Anggraeni
JAT : Journal Of Accounting and Tax Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36563/jat.v2i1.785

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan baik secara serempak maupun parsial terhadap penjualan produk. Besarnya biaya pemasaran yang dikeluarkan nantinya akan mempengaruhi penjualan perusahaan. Biaya pemasaran (X) meliputi biaya advertensi, biaya promosi penjualan, serta biaya komisi penjualan. Sedangkan penjualan menjadi variabel terikat (Y). Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Dari hasil analisis diketahui bahwa biaya pemasaran memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap penjualan. Dari hasil uji f, variabel bebas (X) secara serempak atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y). Dari hasil uji t, masing-masing variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen secara signifikan. Secara parsial atau secara sendiri-sendiri, variabel biaya advertensi, biaya promosi penjualan dan biaya komisi penjualan berpengaru. Jadi variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah biaya komisi Penjualan. Dari analisa koefisien determinasi diketahui pengaruh variabel bebas secara serempak terhadap variabel terikat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6