cover
Contact Name
Suarifqi Diantama
Contact Email
sdiantama@gmail.com
Phone
+6282219322077
Journal Mail Official
sdiantama@gmail.com
Editorial Address
https://journal.alshobar.or.id/index.php/bridging/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Islamic Digital Economics and Management
ISSN : -     EISSN : 30259177     DOI : -
Core Subject : Economy,
BRIDGING: Journal of Islamic Digital Economics and Management adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi jembatan antara dua domain yang krusial: ekonomi Islam dan pengelolaan ekonomi digital. Jurnal ini didedikasikan untuk mendalami isu-isu yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip Islam dalam lingkungan ekonomi digital yang terus berkembang serta memahami bagaimana prinsip-prinsip Islam seperti keadilan, etika, dan keuangan syariah dapat diintegrasikan ke dalam ekonomi digital modern. Jurnal ini dikelola oleh Al-shobar Publisher Yayasan Islam Al-Shobar Rawaurip dengan terbitan tiga kali dalam setahun.
Articles 17 Documents
Pengaruh Perputaran Kas, Modal dan Hutang Terhadap Laba Bersih Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2019-2022 Fitra Tullah; Anzu Elvia Zahraawan; Khairiyani
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas, hutang dan hutang terhadap laba bersih pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2019-2022. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu perputaran kas, modal dan hutang. Dengan variabel dependen adalah laba bersih. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di ISSI tahun 2019-2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode statistik menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel peputaran kas dan modal berpengaruh terhadap laba bersih. Sedangkan untuk variabel hutang tidak berpengaruh terhadap laba bersih. Dengan menggunakan uji F didapatkan bahwa variabel independen memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Dari perhitungan determinasi didapatkan nilai Adjusted R Square. Hal ini berarti menunjukkan bahwa variabel perputaran kas, modal dan hutang terhadap laba bersih memberikan pengaruh dan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Pengaruh Laba Akuntansi, Laporan Arus Kas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Diah Firani; Faturahman; Fauzan Ramli
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak beberapa faktor terhadap pengembalian saham di perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif kuantitatif dan menggunakan teknik sampel regresi ganda. Sampel terdiri dari 15 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (IDX) selama periode 2019-2022, dengan total 60 data dari laporan keuangan tahunan. Hasil parsial dari penelitian ini mengungkapkan bahwa laba akuntansi dan arus kas operasional tidak memiliki dampak signifikan pada pengembalian saham. Namun, arus kas investasi memiliki pengaruh signifikan pada pengembalian saham, sementara arus kas pembiayaan dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan pada pengembalian saham. Secara keseluruhan, temuan penelitian mengindikasikan bahwa secara bersama-sama, laba akuntansi, arus kas operasional, arus kas investasi, arus kas pembiayaan, dan ukuran perusahaan memiliki dampak signifikan pada pengembalian saham di perusahaan manufaktur. Studi ini memberikan wawasan berharga tentang faktor-faktor yang memengaruhi kinerja saham perusahaan manufaktur dan dapat berfungsi sebagai panduan bagi investor dan pengambil keputusan dalam mengelola portofolio mereka.
Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing dan Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tik-Tokshop Di Soloraya Rachmat Ramadhan
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh pemasaran media sosial, harga diskon, dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian online dalam aplikasi Tik-tokshop di wilayah Solo Raya. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif, bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan, dan melibatkan populasi atau sampel tertentu. Selain itu, metode ini memungkinkan analisis data yang lebih terstruktur dan komprehensif. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probabilitas, dengan pertimbangan kriteria khusus untuk responden: mereka harus menggunakan aplikasi Tik-tokshop untuk berbelanja, berusia antara 18-35 tahun, dan tinggal di wilayah Solo Raya. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dan deskriptif, menggunakan teknik perhitungan statistik. Untuk menguji hipotesis dan menganalisis data, digunakan Partial Least Square (PLS). Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel "Pemasaran Media Sosial" memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian online di platform Tik-tokshop di wilayah Solo Raya. Hal ini menunjukkan bahwa upaya pemasaran media sosial memainkan peran penting dalam memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian online. Variabel "Harga Diskon" juga memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian online dalam aplikasi Tik-tokshop di wilayah Solo Raya. Menawarkan diskon secara efektif memotivasi konsumen untuk berbelanja online. Selain itu, tingkat kepercayaan terhadap merek (Brand Trust) dalam aplikasi Tik-tokshop juga memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian online di Solo Raya. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen dengan tingkat kepercayaan tinggi terhadap merek cenderung lebih aktif dalam berbelanja online di platform tersebut.
Implementasi Penggunaan Anggaran Dana Desa Untuk Sarana dan Prasarana Masyarakat Di Desa Sukaharja Kabupaten Karawang Alya Suci
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Anggaran Dana Desa untuk Sarana dan Prasarana di Desa Sukaharja Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan, melukiskan, menerangkan, menjelaskan dan menjawab secara lebih rinci permasalahan yang akan diteliti dengan mempelajari semaksimal mungkin seorang individu, suatu kelompok atau kejadian. Metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari generalisasiā€. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perencanaan masih tergolong sangat rendah karena kurangnya tranfaransi informasi yang disampaikan oleh perangkat desa kepada masyarakat desa sukaharja. Sedangkan tahap pelaksanaan berdasarkan hasil penelitian kurang efektif, yang dimana pengguna anggaran dana desa dapat terselesaikan dengan baik dan sudah optimal namun kurangnya transfaransi informasi terkait pelaksanaan kegiatan oleh pemerintah desa kepada desa yang dilakukan kurang efektif.
Inovasi Bisnis Shima Food Menggunakan 10 Type Of Innovation Melalui Channel Dan Product Performance Dalam Meningkatkan Penjualan Alwi Rizky Nur Shafani; Aries Kurniawan
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati, mengidentifikasi, dan menganalisis penerapan inovasi produk dalam Martabak Shima melalui kinerja saluran dan produk yang dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Untuk mendapatkan data dari penelitian ini, digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa martabak dari Shima Food berhasil menerapkan 10 jenis inovasi, dan Shima Food telah menerapkan metode Kinerja Saluran dan Produk. Taktik Saluran non-tradisional dengan menjual produk martabak melalui media online sehingga konsumen yang sebelumnya belum terjangkau oleh produk martabak dapat merasakan produk martabak melalui media online. Taktik Fungsionalitas Tambahan menciptakan produk martabak berkualitas dengan bahan baku berkualitas, namun harga yang ditawarkan masih mampu bersaing dengan pesaing.
Analisis Rasio Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Laporan Keuangan PT. SDM Tahun 2021-2022 Eka Neysa Sari; Andrik Gastri Widjatmiko
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan PT. SDM dilihat dari laporan keuangan tahun 2021 - 2022. Data yang diteliti berupa laporan keuangan perusahaan tahun 2021-2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. hasil penelitian ini membuktikan bahwa kinerja keunagan pada laporan keuangan PT. SDM dalam kurun waktu 2021-2022 perusahaan mengalami fluktuasi. Hal ini dikarenakan penjualan dan laba bersih setelah pajak juga mengalami kenaikan dan penurunan. dapat dilihat bahwa perbandingan rasio- rasio profitabilitas tersebut memiliki hasil yang sangat rendah. Selain itu, hasil perhitungan rasio- rasio tersebut juga berada jauh dibawah rata- rata standar industri. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu mengelola keuangannya secara efektif dan hal ini juga menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT SDM berdasarkan rasio- rasio profitabilitas masih sangat kurang baik.
Analisis Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Pada Zamrud Jaya Motor Salsabiyla Firdausi; Danang apriliyanto
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis serta mengetahui pengendalian Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang pada Zamrud Jaya Motor. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi persedian barang dagang telah dijalankan dengan baik, tetapi pencatatan yang dilakukan perusahaan masih menggunakan pencatatan manual.
Analisis Laporan Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Unilever Indonesia Tbk Fitri Diana Ramadhani; Waloyo
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan dengan empat teknik rasio pada PT Unilever Indonesia Tbk tahun 2019-2021. Data yang diteliti berupa laporan keuangan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digukan adalah teknik dokumentasi dan study pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk analisis rasio keuangan pada PT Unilever Indonesia Tbk adalah metode rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, profitabilitas. Hasil penelitian berdasarkan empat rasio kondisi keuangan dalam tiga periode menunjukan kondisi fluktuatif dan tidak sehat. Manfaat dari rasio keuangan adalah untuk menilai laporan keuangan perusahaan apakah dalam kondisi baik atau sebaliknya.
Analisis Prosedur Akuntansi Pembelian Tunai dan Kredit di CV Prima Mandiri Berkah Nur Laila Yulita Sari; Nur Aini Anisa
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan prosedur akuntansi pembelian tunai dan kredit di CV. Prima Mandiri Berkah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pembelian tunai dan kredit yang terjadi diperusahaab sudah berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku pada perusahaan, tetapi pencatatan akuntansi yang digunakan masih menggunakan cara manual dengan Ms. Excel.
PENGARUH KOMPENSASI DAN TUNJANGAN TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA BABINSA KODIM 1613/SUMBA BARAT Yuliansa Fitra; Dwi Wahyuni
Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2023): November
Publisher : Bridging: Journal of Islamic Digital Economics and Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi dan tunjangan terhadap efektivitas kinerja Babinsa. Babinsa merupakan anggota TNI AD yang ditempatkan di tingkat desa/kelurahan, bertugas dalam pembinaan wilayah aspek geografi, demografi dan kondisi sosial serta mendukung program pemerintah daerah di wilayah tersebut. Artikel ini disusun dengan mengumpulkan data dari Babinsa yang bertugas di Kodim 1613/Sumba Barat dan menggunakan metode analisis regresi untuk menguji hubungan antara kompensasi, tunjangan, dan kinerja Babinsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi yang adil dan memadai serta tunjangan yang cukup berpengaruh positif terhadap kinerja Babinsa. Kompensasi dan tunjangan yang memadai dapat meningkatkan motivasi dan dedikasi Babinsa dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, tunjangan yang sesuai juga dapat memberikan mereka sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan efektif. Artikel ini diharapkan memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya kompensasi dan tunjangan dalam meningkatkan kinerja Babinsa. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pemerintah dan institusi terkait untuk memperhatikan dan memberikan kompensasi dan tunjangan yang sesuai kepada Babinsa demi meningkatkan kinerja dan efektivitas mereka dalam menjalankan tugas-tugasnya di tingkat desa/kelurahan.kompensasi dan tunjangan dalam meningkatkan kinerja Babinsa. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pemerintah dan institusi terkait untuk memperhatikan dan memberikan kompensasi dan tunjangan yang sesuai kepada Babinsa demi meningkatkan kinerja dan efektivitas mereka dalam menjalankan tugas-tugasnya di tingkat desa/kelurahan.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2023 2023