cover
Contact Name
Muthma'innah
Contact Email
muthmainnah@stithidayatullah.ac.id
Phone
+6285272014338
Journal Mail Official
tadribuna@stithidayatullah.ac.id
Editorial Address
STIT Hidayatullah Batam, Jl. Marina Raya Kampus STIT Hidayatullah Rt 01 Rw 03 Kel. Tanjung Uncang Kec. Batu Aji Kota Batam - Kepulauan Riau
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Tadribuna: Journal of Islamic Management Education
ISSN : 2746363X     EISSN : 27975908     DOI : https://doi.org/10.61456
Jurnal Tadribuna: Journal of Islamic Education Management adalah Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Islam yang mempublikasikan artikel ilmiah dan penelitian lapangan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Ruang Lingkup Jurnal Tadribuna meliputi: Modernisasi Pendidikan Islam Kebijakan Pendidikan Islam Lembaga Pendidikan Islam Pendidikan Tinggi Islam Karakter dan Pendidikan Islam Pendidikan Pesantren dan Madrasah Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial Kurikulum Pendidikan Islam Tokoh Pendidikan Islam Evaluasi Pendidikan Islam
Articles 42 Documents
Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Efektivitas Kinerja Guru di SD Islam Integral Lukman Al-Hakim Batam Ahmad Sa'adi
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.2

Abstract

Tulisan ini menjelaskan dan menerangkan konsep pendidikan integral menurut pandangan Abdurrahman An-Nahlawi. Latar belakang tulisan ini berfokus pada realitas bahwa pendidikan dalam Islam itu bersifat integral, namun di era global ini, banyak sistem pendidikan Islam yang tidak menjalankan proses tarbiyah itu sebagaimana generasi awal menjalankannya hingga melahirkan generasi-generasi Rabbani.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan integral menurut Abdurrahman An-Nahlawi. Tulisan ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa konsep pendidikan integral menurut Abdurrahman An-Nahlawi adalah: Pertama, secara mutlak, pendidik yang sebenarnya hanyalah Allah, pencipta fitrah dan pemberi berbagai potensi. Kedua, Sumber pendidikan Integral menurut Abdurrahman an-nahlawi adalah Al-Qur’an dan As-sunnah. Ketiga, integrasi dan mensinergikan 4 komponen institusi pendidikan, yakni pendidikan keluarga, masyarakat, sekolah dan masjid. Keempat, metode pendidikan islam yaitu, metode hiwar (percakapan) Qur’an dan Nabawi, metode kisah Qur’an dan Nabawi, metode Amtsal (perumpamaan), metode teladan, Metode latihan dan pengamatan, metode ibrah dan mau’idhah, metode targghib dan tarhib.
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam Mohammad Ramli
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.5

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil dari sebuah penelitian penulis mengenai Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam. sehingga, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam. Adapun hasil yang diharapkan dari penulisan ini adalah mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) Untuk Mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam, (2) Untuk Mengetahui Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam, (3) Untuk Mengetahui Langkah-langkah Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Kepala Sekolah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, menjaga kedisiplinan guru, melakukan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengadakan pelatihan atau seminar, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan mengikutsertakan para guru dalam Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam.
Pendidikan Pesantren dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Era Globalisasi di Pondok Pesantren Hidayattullah Batam Supardi Supardi
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.6

Abstract

Tulisan ini merupakan servey deskriptif melalui penelitian langsung ke lokasi tempat terjadinya fenomena yang bersifat aktual. Dalam penelitian ini penulis mengambil obyek penelitian tentang peran Pendidikan Pesantren Dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Era Globalisasi Dipondok Pesantren HidayatullahKel. Kibing Kec. Batu Aji Kota Batam. Dalam sistem pendidikan Islam ada komponen yang bersifat tetap dan ada komponen yang bersifat berubah. Antara sains dan teknologi. Dalam pandangan Islam, suatu sistem pendidikan harus bersifat dinamis, fleksibel dengan perubahan dan perkembangan peradaban manusia dan didalamnya melingkupi perkembangan sains, problematika zaman modern ini termasuk harus mampu mengantisipasi segala dampak jahiliyyah modern juga globalisasi. Pencapaian yang diharapkan hendaknya tulisan ini dapat menjadi solusi terhadap dampak negatif era globalisasi merambat ke beberapa sektor, diantaranya di lingkungan pesantren, seperti kurangnya respon masyarakat terhadap pesantren, di lingkungan para santri seperti menirunya gaya hidup ala barat, dan lebih menekuni dunia teknologi, seperti handphone, dan di lingkungan tenaga pendidik seperti Globalisasi budaya, informasi dan komunikasi secara signifikan mempengaruhi format hidup tenaga pendidik di pesantren yang teridentifikasi pada cara berpakaian, meningkatnya cakrawala berpikir dan keinginan mengkonsumsi produk-produk global serta cenderung bergaya demokratis, dan tidak secara langsung akan mendangkalkan reproduksi Ulama.
Peran Pengasuh dalam Pembinaan Moral Santri melalui Peraturan Asrama di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 (Islamic Boarding School Batam) Tahun Pelajaran 2018/2019 Hariyanto Hariyanto
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.7

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian penulis terhadap perkembangan pendidikan disebuah pondok pesantren. Latar belakang penelitian ini adalah Dalam perkembangan pendidikan di pondok pesantren dipengaruhi oleh dinamika pendidikan yang ada di masyarakat. Oleh karena itu peran pengasuh sangat dibutuhkan dalam membantu pembentukan moral santri di SMP Hidayatullah Boarding School Batam. Untuk itu dalam menghadapi dahsyatnya gelombang budaya dan peradaban yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama, maka dalam hal ini lembaga pesantrenlah sebagai alternatif pertahanan yang kokoh. Nilai-nilai moralitas yang diajarkan di pesantren memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan moral santri. Adapun yang menjadi titik fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran pengasuh dalam pembinaan moral santri melalui peraturan asrama di Hidayatullah Boarding School Batam. Sehngga pada tulisan ini hendaknya dapat menunjukkan: (1) Peran Pengasuh Dalam Pembinaan Moral Santri Melalui Peraturan Asrama di Hidayatullah Boarding School Batam: peran pengasuh sebagai supervise, peran pengasuh sebagai kontrolling, peran pengasuh dalam menjalankan sistem, peran pengasuh sebagai pembina, peran pengasuh sebagai motivator, peran pengasuh sebagai penasehat. (2) Peraturan Asrama SMP Hidayatullah Boarding School Batam: disiplin ibadah, peraturan keamana, peraturan kebersihan, dan belajar malam.
Fundamental Taksonomi Bloom dalam Sistem Pendidikan Menurut Q.S Al-'Alaq Ayat 1-5 (Telaah Tafsir Ibnu Katsir, Al-Qurthubi dan Salman) Muji Muji
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.8

Abstract

Salah satu bentuk keprihatinan penulis terhadap mindset peserta didik yang mengunggulkan teori-teori pendidikan dari barat, sehingga apapun yang ditransmisikan oleh barat akan diterima tanpa disaring terlebih dahulu kebenarannya, sehingga hilangnya fungsi Al-Qur’an sebagai patokan yang relevan untuk dikaji diberbagai disiplin ilmu, khususnya di dunia pendidikan. Maka yang perlu dikaji adalah taksonomi bloom dalam sistem pendidikan dan pembuktian fundamental taksonomi bloom melalui Q.S Al-‘Alaq ayat 1-5. Adapun hasil yang diharapkan berdasarkan telaah dan analisis penulis bahwa (1) Taksonomi bloom telah lama digunakan dalam sistem pendidikan seperti, pendidikan holistik, dan tematik yang dalam komponennya terdiri dari kurikulum, perencanaan pembelajaran, alat atau media pembelajaran sampai pada evaluasi yang menggunakan konsep hierarki C1-C6. (2) pada pembuktiaannya ayat 1-5 menjadi fudamental kemudian disiplin ilmu pengetahuan sains dan psikologi menjadi penggagas dan penjelasnya sehingga terbentuklah taksomomi bloom.
Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Dengan Media Pop Up Book Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Informasi dan Mengurangi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas 1 SD/MI Mahmudah Mahmudah; Rusdiana Husaini
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 2 (2021): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i2.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) merancang media pembelajaran pop up book berbasis HOTS untuk peserta didik kelas 1 SD/MI, (2) mengetahui kelayakan media pop up book berbasis HOTS untuk peserta didik kelas 1 SD/MI, (3) mengetahui efektivitas produk media pop up book berbasis HOTS terhadap kecakapan literasi informasi dan mengurangi miskonsepsi peserta didik kelas 1 SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan (1) produk yang dihasilkan berupa media pop up book berbasis high order thinking skills (HOTS), (2) produk yang dihasilkan sudah layak yang tergolong dalam kriteria sangat layak dan sangat valid dengan sedikit revisi sesuai saran dari validasi ahli, (3) terdapat peningkatan nilai dari pretest ke posttest di MIN 3 Kota Banjarmasin sebesar 34,97, di MIN 9 Banjar sebesar 22,07, dan di MI Nurul Islam sebesar 23,97, sehingga terbukti adanya efektivitas dalam penggunaan media pop up book berbasis HOTS.
Manajemen Motivasi Islam: (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Mumtaz Banguntapan, Bantul D.I.Y. Tahun 2012) Khanafi Khanafi; Hidayatullah Hidayatullah
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.16

Abstract

Work motivation in Islamic education environment is still floating. On the one hand there are those who have high work motivation but still refer to western motivation theory, while on the other hand they seem to have no work motivation at all. Whereas the majority of the Indonesian population is Muslim, which of course has its own values ​​that are different from the western world, including values ​​about motivation. This study seeks to present a model of motivation development in an Islamic perspective which was carried out at the Al-Mumtaz Islamic Boarding School, Banguntapan, Bantul DIY. This research is afield research, which is qualitative in nature, with quite a lot of additions in exploring the theory. The approach used is management science and Islamic psychology. Obtaining data through the mechanism of interviews, observation, and data documentation. Management of motivation at Pondok Pesantren Al-Mumtaz Banguntapan, Bantul, DIY in general can run well because it is influenced by the main figure (kyai) who is quite competent in his field, has high integrity, has leadership and managerial spirit, and has exemplary (uswatun hasanah).
Pembelajaran pada Masa Pandemic Covid 19 dan Implikasi Pada Hasil Belajar Perguruan Tinggi Syarifah Salmah
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.17

Abstract

Penerapan kebijakan belajar mengajar jarak jauh atau belajar dari rumah seperti yang diinstruksikan pemerintah bukan menjadi sebuah hal yang baru bagi Pascarjana UIN Antasari. Pembelajaran tidak langung atau pembelajaran jarak jauh telah dirintis oleh Pascasarjana melalui pelatihan bagi dosen dan mahasiswa Pascasarjana UIN Antasari. Pascasarjana UIN Antasari telah melaksanakan uji coba pembelajaran blended learning di tahun 2019, dengan menggunakan aplikasi e-learning: Learning Management System (LMS) dalam proses perkuliahan. Namun, tingkat partisipasi dosen masih cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pendemi Covid 19 yang dilaksanakan oleh Dosen serta mahasiswa pada Prodi Magister PAI Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini adalah pendekatan evaluasi, yaitu melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran masa pandemic covid 19 di Prodi Magister PAI Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin. Survey yang dilakukan dengan mengunakan google form dengan link yang telah disebar kepada para mahasiswa Magister PAI angkatan 2019/2020 yang diisi oleh 83 responden. Berdasarkan hasil Analisis data tentang Proses belajar mengajar dengan menggunakn LMS, wawancara dengan dosen dan mahasiswa di Prodi Magister PAI, dapat disimpulkan bahwa semua dosen homebase dan dosen pengampu mata kuliah pada prodi Magister PAI, pada awal semester ganjil 2020/2021 masih semangat dan aktif dalam menggunakannya. namun, secara umum data pada semester Genap 2020/2021 menunjukkan adanya penurunan. Beberapa saran serta keluhan mahasiswa magister PAI diantaranya: pembelajaran daring kurang efektif dikarenakan ada beberapa tugas yang kurang dimengerti adanya kesulitan dalam berkomunikasi atau menghubungi dosen, terkadang Dosen slow respond karena memiliki kesibukan serta beberapa kendala lainnya.
Dasar Penerapan Serta Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sari Mahwati Hasibuan
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.21

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sistem yang didalamnya terdapat proses belajar mengajar yang bertujuan untuk memberi pemahaman tentang apa yang belum diketahui. Dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, terdapat penerapan MBS pelaksanaan lembaga pendidikan, dimana MBS sendiri merupakan segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan dengan tujuan memaksimalkan pencapaian tujuan jangka pendek dan panjang. MBS muncul sebagai bentuk dari sistem otonomi yang diterapkan pemerintah dalam bidang pendidikan. Otonomi sendiri merupakan kewenangan penuh dalam pelaksanaan lembaga ataupun kegiatan, yang juga memerlukan pengambilan keputusan pasrtisipatif oleh pihak yang terkai dalam pelaksanaan tersebut. Dalam pelaksanaan MBS juga diperlukan pemahaman akan prinsip agar kerjanya terlaksana dengan maksimal.
Analysis of Islamic Education Policy: Philippines Case Study Imran Rido; Siti Halimah; Husni Mubarok
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.22

Abstract

This study aims to Analysis Of Islamic Education Policy: Philippines Case Study. This research includes qualitative research. The approach used is pure library research (library research). Data obtained from reading materials obtained by researchers from books, articles contained in print. Data were collected and sorted to fill in the answers to the formulated research questions. The analysis uses a content analysis approach that is adapted to the need to develop historical linkages and the dynamic context of madrasas in the Philippines. The conclusion of this study is that Islam in the Philippines has experienced ups and downs from a religion that was once great marked by the presence of Islamic empires such as Manila, Manguindanau and Sulu to become minority groups caused by colonialism carried out by Spain, America and Japan. Islamic education policies in the Philippines, the Philippine government is trying to include an Islamic education system such as madrasas in the national education system, accommodation for madrasa education in the Philippine education system has begun to progress since the Philippine government adopted DO 51 which includes teaching Arabic and Islamic values ​​in public schools, and testing the standard curriculum or what is often called the Standard Madrasa Curricula (SMC) in private madrasas; The impact of Islamic education policies in the Philippines, namely the Philippine government in developing madrasa education, has learned a lot from the development of madrasas in Indonesia.