cover
Contact Name
Muthma'innah
Contact Email
muthmainnah@stithidayatullah.ac.id
Phone
+6285272014338
Journal Mail Official
tadribuna@stithidayatullah.ac.id
Editorial Address
STIT Hidayatullah Batam, Jl. Marina Raya Kampus STIT Hidayatullah Rt 01 Rw 03 Kel. Tanjung Uncang Kec. Batu Aji Kota Batam - Kepulauan Riau
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Tadribuna: Journal of Islamic Management Education
ISSN : 2746363X     EISSN : 27975908     DOI : https://doi.org/10.61456
Jurnal Tadribuna: Journal of Islamic Education Management adalah Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Islam yang mempublikasikan artikel ilmiah dan penelitian lapangan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Ruang Lingkup Jurnal Tadribuna meliputi: Modernisasi Pendidikan Islam Kebijakan Pendidikan Islam Lembaga Pendidikan Islam Pendidikan Tinggi Islam Karakter dan Pendidikan Islam Pendidikan Pesantren dan Madrasah Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial Kurikulum Pendidikan Islam Tokoh Pendidikan Islam Evaluasi Pendidikan Islam
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember" : 6 Documents clear
Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Efektivitas Kinerja Guru di SD Islam Integral Lukman Al-Hakim Batam Ahmad Sa'adi
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.2

Abstract

Tulisan ini menjelaskan dan menerangkan konsep pendidikan integral menurut pandangan Abdurrahman An-Nahlawi. Latar belakang tulisan ini berfokus pada realitas bahwa pendidikan dalam Islam itu bersifat integral, namun di era global ini, banyak sistem pendidikan Islam yang tidak menjalankan proses tarbiyah itu sebagaimana generasi awal menjalankannya hingga melahirkan generasi-generasi Rabbani.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan integral menurut Abdurrahman An-Nahlawi. Tulisan ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa konsep pendidikan integral menurut Abdurrahman An-Nahlawi adalah: Pertama, secara mutlak, pendidik yang sebenarnya hanyalah Allah, pencipta fitrah dan pemberi berbagai potensi. Kedua, Sumber pendidikan Integral menurut Abdurrahman an-nahlawi adalah Al-Qur’an dan As-sunnah. Ketiga, integrasi dan mensinergikan 4 komponen institusi pendidikan, yakni pendidikan keluarga, masyarakat, sekolah dan masjid. Keempat, metode pendidikan islam yaitu, metode hiwar (percakapan) Qur’an dan Nabawi, metode kisah Qur’an dan Nabawi, metode Amtsal (perumpamaan), metode teladan, Metode latihan dan pengamatan, metode ibrah dan mau’idhah, metode targghib dan tarhib.
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam Mohammad Ramli
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.5

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil dari sebuah penelitian penulis mengenai Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam. sehingga, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam. Adapun hasil yang diharapkan dari penulisan ini adalah mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) Untuk Mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam, (2) Untuk Mengetahui Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam, (3) Untuk Mengetahui Langkah-langkah Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Kepala Sekolah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, menjaga kedisiplinan guru, melakukan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengadakan pelatihan atau seminar, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan mengikutsertakan para guru dalam Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Integral Hidayatullah Batam.
Pendidikan Pesantren dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Era Globalisasi di Pondok Pesantren Hidayattullah Batam Supardi Supardi
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.6

Abstract

Tulisan ini merupakan servey deskriptif melalui penelitian langsung ke lokasi tempat terjadinya fenomena yang bersifat aktual. Dalam penelitian ini penulis mengambil obyek penelitian tentang peran Pendidikan Pesantren Dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Era Globalisasi Dipondok Pesantren HidayatullahKel. Kibing Kec. Batu Aji Kota Batam. Dalam sistem pendidikan Islam ada komponen yang bersifat tetap dan ada komponen yang bersifat berubah. Antara sains dan teknologi. Dalam pandangan Islam, suatu sistem pendidikan harus bersifat dinamis, fleksibel dengan perubahan dan perkembangan peradaban manusia dan didalamnya melingkupi perkembangan sains, problematika zaman modern ini termasuk harus mampu mengantisipasi segala dampak jahiliyyah modern juga globalisasi. Pencapaian yang diharapkan hendaknya tulisan ini dapat menjadi solusi terhadap dampak negatif era globalisasi merambat ke beberapa sektor, diantaranya di lingkungan pesantren, seperti kurangnya respon masyarakat terhadap pesantren, di lingkungan para santri seperti menirunya gaya hidup ala barat, dan lebih menekuni dunia teknologi, seperti handphone, dan di lingkungan tenaga pendidik seperti Globalisasi budaya, informasi dan komunikasi secara signifikan mempengaruhi format hidup tenaga pendidik di pesantren yang teridentifikasi pada cara berpakaian, meningkatnya cakrawala berpikir dan keinginan mengkonsumsi produk-produk global serta cenderung bergaya demokratis, dan tidak secara langsung akan mendangkalkan reproduksi Ulama.
Peran Pengasuh dalam Pembinaan Moral Santri melalui Peraturan Asrama di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 (Islamic Boarding School Batam) Tahun Pelajaran 2018/2019 Hariyanto Hariyanto
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.7

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian penulis terhadap perkembangan pendidikan disebuah pondok pesantren. Latar belakang penelitian ini adalah Dalam perkembangan pendidikan di pondok pesantren dipengaruhi oleh dinamika pendidikan yang ada di masyarakat. Oleh karena itu peran pengasuh sangat dibutuhkan dalam membantu pembentukan moral santri di SMP Hidayatullah Boarding School Batam. Untuk itu dalam menghadapi dahsyatnya gelombang budaya dan peradaban yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama, maka dalam hal ini lembaga pesantrenlah sebagai alternatif pertahanan yang kokoh. Nilai-nilai moralitas yang diajarkan di pesantren memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan moral santri. Adapun yang menjadi titik fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran pengasuh dalam pembinaan moral santri melalui peraturan asrama di Hidayatullah Boarding School Batam. Sehngga pada tulisan ini hendaknya dapat menunjukkan: (1) Peran Pengasuh Dalam Pembinaan Moral Santri Melalui Peraturan Asrama di Hidayatullah Boarding School Batam: peran pengasuh sebagai supervise, peran pengasuh sebagai kontrolling, peran pengasuh dalam menjalankan sistem, peran pengasuh sebagai pembina, peran pengasuh sebagai motivator, peran pengasuh sebagai penasehat. (2) Peraturan Asrama SMP Hidayatullah Boarding School Batam: disiplin ibadah, peraturan keamana, peraturan kebersihan, dan belajar malam.
Fundamental Taksonomi Bloom dalam Sistem Pendidikan Menurut Q.S Al-'Alaq Ayat 1-5 (Telaah Tafsir Ibnu Katsir, Al-Qurthubi dan Salman) Muji Muji
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.8

Abstract

Salah satu bentuk keprihatinan penulis terhadap mindset peserta didik yang mengunggulkan teori-teori pendidikan dari barat, sehingga apapun yang ditransmisikan oleh barat akan diterima tanpa disaring terlebih dahulu kebenarannya, sehingga hilangnya fungsi Al-Qur’an sebagai patokan yang relevan untuk dikaji diberbagai disiplin ilmu, khususnya di dunia pendidikan. Maka yang perlu dikaji adalah taksonomi bloom dalam sistem pendidikan dan pembuktian fundamental taksonomi bloom melalui Q.S Al-‘Alaq ayat 1-5. Adapun hasil yang diharapkan berdasarkan telaah dan analisis penulis bahwa (1) Taksonomi bloom telah lama digunakan dalam sistem pendidikan seperti, pendidikan holistik, dan tematik yang dalam komponennya terdiri dari kurikulum, perencanaan pembelajaran, alat atau media pembelajaran sampai pada evaluasi yang menggunakan konsep hierarki C1-C6. (2) pada pembuktiaannya ayat 1-5 menjadi fudamental kemudian disiplin ilmu pengetahuan sains dan psikologi menjadi penggagas dan penjelasnya sehingga terbentuklah taksomomi bloom.
Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPI Islam Luqman Al Hakim Batam Isropil Siregar; Asmira Farida
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 1 No. 1 (2020): Juli - Desember
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v1i1.83

Abstract

Dalam dunia pendidikan sarana prasarana sangat penting karena sebagai alat penggerak suatu pendidikan. Untuk itu pentingnya melengkapi dan melakukan perbaikan dalam sarana dan prasarana agar hasil belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 160 orang dan sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan wawancara. Untuk pengambilan data lainnya dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak yang artinya Ha diterima. Jadi, sarana prasarana berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Adapun besarnya pengaruh sebesar 60,2% dan 39,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 6