cover
Contact Name
Muthma'innah
Contact Email
muthmainnah@stithidayatullah.ac.id
Phone
+6285272014338
Journal Mail Official
tadribuna@stithidayatullah.ac.id
Editorial Address
STIT Hidayatullah Batam, Jl. Marina Raya Kampus STIT Hidayatullah Rt 01 Rw 03 Kel. Tanjung Uncang Kec. Batu Aji Kota Batam - Kepulauan Riau
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Tadribuna: Journal of Islamic Management Education
ISSN : 2746363X     EISSN : 27975908     DOI : https://doi.org/10.61456
Jurnal Tadribuna: Journal of Islamic Education Management adalah Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Islam yang mempublikasikan artikel ilmiah dan penelitian lapangan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Ruang Lingkup Jurnal Tadribuna meliputi: Modernisasi Pendidikan Islam Kebijakan Pendidikan Islam Lembaga Pendidikan Islam Pendidikan Tinggi Islam Karakter dan Pendidikan Islam Pendidikan Pesantren dan Madrasah Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial Kurikulum Pendidikan Islam Tokoh Pendidikan Islam Evaluasi Pendidikan Islam
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni" : 9 Documents clear
Manajemen Motivasi Islam: (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Mumtaz Banguntapan, Bantul D.I.Y. Tahun 2012) Khanafi Khanafi; Hidayatullah Hidayatullah
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.16

Abstract

Work motivation in Islamic education environment is still floating. On the one hand there are those who have high work motivation but still refer to western motivation theory, while on the other hand they seem to have no work motivation at all. Whereas the majority of the Indonesian population is Muslim, which of course has its own values ​​that are different from the western world, including values ​​about motivation. This study seeks to present a model of motivation development in an Islamic perspective which was carried out at the Al-Mumtaz Islamic Boarding School, Banguntapan, Bantul DIY. This research is afield research, which is qualitative in nature, with quite a lot of additions in exploring the theory. The approach used is management science and Islamic psychology. Obtaining data through the mechanism of interviews, observation, and data documentation. Management of motivation at Pondok Pesantren Al-Mumtaz Banguntapan, Bantul, DIY in general can run well because it is influenced by the main figure (kyai) who is quite competent in his field, has high integrity, has leadership and managerial spirit, and has exemplary (uswatun hasanah).
Pembelajaran pada Masa Pandemic Covid 19 dan Implikasi Pada Hasil Belajar Perguruan Tinggi Syarifah Salmah
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.17

Abstract

Penerapan kebijakan belajar mengajar jarak jauh atau belajar dari rumah seperti yang diinstruksikan pemerintah bukan menjadi sebuah hal yang baru bagi Pascarjana UIN Antasari. Pembelajaran tidak langung atau pembelajaran jarak jauh telah dirintis oleh Pascasarjana melalui pelatihan bagi dosen dan mahasiswa Pascasarjana UIN Antasari. Pascasarjana UIN Antasari telah melaksanakan uji coba pembelajaran blended learning di tahun 2019, dengan menggunakan aplikasi e-learning: Learning Management System (LMS) dalam proses perkuliahan. Namun, tingkat partisipasi dosen masih cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pendemi Covid 19 yang dilaksanakan oleh Dosen serta mahasiswa pada Prodi Magister PAI Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini adalah pendekatan evaluasi, yaitu melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran masa pandemic covid 19 di Prodi Magister PAI Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin. Survey yang dilakukan dengan mengunakan google form dengan link yang telah disebar kepada para mahasiswa Magister PAI angkatan 2019/2020 yang diisi oleh 83 responden. Berdasarkan hasil Analisis data tentang Proses belajar mengajar dengan menggunakn LMS, wawancara dengan dosen dan mahasiswa di Prodi Magister PAI, dapat disimpulkan bahwa semua dosen homebase dan dosen pengampu mata kuliah pada prodi Magister PAI, pada awal semester ganjil 2020/2021 masih semangat dan aktif dalam menggunakannya. namun, secara umum data pada semester Genap 2020/2021 menunjukkan adanya penurunan. Beberapa saran serta keluhan mahasiswa magister PAI diantaranya: pembelajaran daring kurang efektif dikarenakan ada beberapa tugas yang kurang dimengerti adanya kesulitan dalam berkomunikasi atau menghubungi dosen, terkadang Dosen slow respond karena memiliki kesibukan serta beberapa kendala lainnya.
Dasar Penerapan Serta Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sari Mahwati Hasibuan
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.21

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sistem yang didalamnya terdapat proses belajar mengajar yang bertujuan untuk memberi pemahaman tentang apa yang belum diketahui. Dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, terdapat penerapan MBS pelaksanaan lembaga pendidikan, dimana MBS sendiri merupakan segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan dengan tujuan memaksimalkan pencapaian tujuan jangka pendek dan panjang. MBS muncul sebagai bentuk dari sistem otonomi yang diterapkan pemerintah dalam bidang pendidikan. Otonomi sendiri merupakan kewenangan penuh dalam pelaksanaan lembaga ataupun kegiatan, yang juga memerlukan pengambilan keputusan pasrtisipatif oleh pihak yang terkai dalam pelaksanaan tersebut. Dalam pelaksanaan MBS juga diperlukan pemahaman akan prinsip agar kerjanya terlaksana dengan maksimal.
Analysis of Islamic Education Policy: Philippines Case Study Imran Rido; Siti Halimah; Husni Mubarok
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.22

Abstract

This study aims to Analysis Of Islamic Education Policy: Philippines Case Study. This research includes qualitative research. The approach used is pure library research (library research). Data obtained from reading materials obtained by researchers from books, articles contained in print. Data were collected and sorted to fill in the answers to the formulated research questions. The analysis uses a content analysis approach that is adapted to the need to develop historical linkages and the dynamic context of madrasas in the Philippines. The conclusion of this study is that Islam in the Philippines has experienced ups and downs from a religion that was once great marked by the presence of Islamic empires such as Manila, Manguindanau and Sulu to become minority groups caused by colonialism carried out by Spain, America and Japan. Islamic education policies in the Philippines, the Philippine government is trying to include an Islamic education system such as madrasas in the national education system, accommodation for madrasa education in the Philippine education system has begun to progress since the Philippine government adopted DO 51 which includes teaching Arabic and Islamic values ​​in public schools, and testing the standard curriculum or what is often called the Standard Madrasa Curricula (SMC) in private madrasas; The impact of Islamic education policies in the Philippines, namely the Philippine government in developing madrasa education, has learned a lot from the development of madrasas in Indonesia.
Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mohammad Ramli; Ulandari Ulandari
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Bagaimana Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru dalam upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah SD Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam, membuat perencanaan program supervisi, kemudian kepala sekolah membuat kegiatan pelaksanaan yang ditujukan kepada kepada guru untuk meningkatkan kinerja guru seperti pelaksanaan supervisi kunjungan kelas (indvidu) dan pelaksanaan supevisi tindak lanjut, yaitu supervisi kelompok atau diskusi dengan guru berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang ada pada kegiatan belajar mengajar. Untuk memperbaiki dan kesempurnaan serta peningkatan kualitas guru khusus pendidikan. Dalam proses pelaksanaan supervisi kepala sekolah tentunya memiliki beberapa kendala yaitu adanya kesenjangan waktu antara kepala sekolah dan guru. Kemudian saat melaksanakan supervisi kurangnya ketegasan dari kepala. Sehingga kepala sekolah harus lebih giat lagi untuk membimbing dan mengarahkan (supervisi) guru-guru khususnya yang ditargetkan untuk disupervisi.
Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pemasaraan Jasa Pendidikan Juni Mahanis; Nurhikmah Nurhimah
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.24

Abstract

Salah satu peran kepala sekolah dalam menjalankan fungsinya adalah mengelola kegiatan pemasaran jasa pendidikan, menggunakan strategi yang baik untuk dapat meyakinkan stakeholders dan masyarakat atau pelanggan. Dunia pendidikan saat ini dihadapkan pada banyak tantangan, salah satunya adalah bagaimana kepala sekolah sebagai lembaga pendidikan meningkatkan pemasaran jasa pendidikan dengan menggunakan strategi agar mampu bersaing dengan lembaga pendidikan yang ada. , administrasi dan guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan Data Display, Reduksi Data, Verifikasi. Hasil data menunjukkan: Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan ketertiban pelayanan pendidikan di TKIT Yaa Bunayya 03 Batam adalah dengan menggunakan analisis SWOT kemudian dibuat perencanaan dan strategi yang ditetapkan antara lain: 1) silaturahim, 2) pelayanan yang baik, 3) aktif di media sosial dan 4) penyebaran brosur dan pemasangan spanduk di tempat-tempat strategis. Faktor pendukung: 1) admin yang selalu meningkatkan kompetensinya di bidang IT, 2) hubungan yang baik antara sekolah dengan masyarakat dan 3) ketersediaan wifi. Faktor penghambat: sekolah tidak memiliki kendaraan, handphone dan respon lambat dari orang tua.
Implementasi Kode Etik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Hasbi Hasbi
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.25

Abstract

Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui implementasi kode etik pada sebuah Perguruan Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif. Subjek dan objek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi empat komponen yaitu Pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) menarik kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Implementasi Kode Etik Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau bahwa, Implementasi Kode Etik Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau belum maksimal atau “Cukup” yakni 45.93%, atau berada pada rentang 41% - 60% dikategorikan Cukup.
Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Abdur Rosyid
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.87

Abstract

Pembentukan kepribadian manusia (character building) yang seimbang, sehat dan kuat, sangat dipengaruhi oleh pendidikan agama dan internalisasi nilai keagamaan dalam diri peserta didik Peletakan dasar-dasar pendidikan agama adalah kewajiban orang tua dan juga menjadi tugas guru, masyarakat, dan pemerintah melalui berbagai lembaga pendidikan Tulisan ini membahas tentang pentingnya pendidikan Al-Quran, pendidikan berbasis A 1-Quran, dan pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan Pendidikan adalah sebuah proses yang tidak berkesudahan yang sangar menentukan karakter bangsa pada masa kini dan masa datang Apakah suatu bangsa akan muncul sebagai bangsa yang berkarakter baik atau bangsa berkarakter buruk, sangat tergantung pada kualitas pendidikanyang dapat membentuk karakter anak bangsa tersebut. Pembentukan karakter melalui pendekatan pendidikan Al-Quran selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak mulia, diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat peserta didik sebagai anak bangsa.
Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDIT EL Yasin Batam Ahmad Sa'adi
TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2 (2022): Januari - Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61456/tjiec.v2i2.88

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendiskripsikan Manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT EL YASIN BATAM. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan proses berfikir induktif yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : Kepala SDIT EL YASIN BATAM telah menjalankan fungsi manajemen yaitu: Perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian dengan baik. Kepala SDIT EL YASIN BATAM mampu menjadi pemimpin yang dicintai, dipercaya, mampu membimbing dan mempunyai kepribadian yang kuat. Kepala SDIT EL YASIN BATAM mampu berperan sebagi: edukator, manager, supervisor, administrator, motivator dan innovator.Kepala SDIT EL YASIN BATAM memberikan kesempatan masyarakat terlibat dalam penyusunan program madrasah dan berusaha mengembangkan hubungan kerja sama yang baik. SDIT EL YASIN BATAM telah melaksanakan tahapan-tahapan dalam peningkatan mutu yaitu: evaluasi diri, perumusan visi misi dan tujuan, perencanaan dan pelaksanaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9