cover
Contact Name
Safriadi
Contact Email
safriadi@pnl.ac.id
Phone
+6285262485087
Journal Mail Official
jaise@pnl.ac.id
Editorial Address
Jl. Banda Aceh-Medan Km. 280,3, Buketrata, Mesjid Punteut, Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, 24301
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Journal Of Artificial Intelligence And Software Engineering
ISSN : 2797054X     EISSN : 2777001X     DOI : http://dx.doi.org/10.30811/jaise
Core Subject : Science,
Artificial Intelligence Natural Language Processing Computer Vision Robotics and Navigation Systems Decision Support System Implementation of Algorithms Expert System Data Mining Enterprise Architecture Design & Management Software & Networking Engineering IoT
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022)" : 8 Documents clear
Penggunaan Model Aplikasi SIAPIK berbasis Android dalam penyusunan Laporan Keuangan UMKM Muhammad Arifai
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jaise.v2i2.3906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hasil penyusunan laporan keuanganmodelaplikasi Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) yang berbasis android dalammenghasilkanlaporan keuangan yang informatif dan akuntabel sesuai dengan standar akuntansi untuk EMKM. Studi ini dilakukan pada  UMKMCahaya Collection Lhokseumaweyang selama ini hanya melakukan pencatatansederhanapada buku kas dan tidak terinci dengan jelas. Hasil dari penelitian dapat digunakan untuk membantuUMKMdalam melakukan pencatatan akuntansi serta menyusunpelaporan keuangan yang sesuai dengan aturan yang berlaku. DampaknyaUMKMdapat merencanakanlaba yang dihasilkanuntuk periode yang akan datang. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Metode penelitian yang digunakanyaitu metode bersifat deskriptif yang menerangkan hasil penyusunan dengan tepat melaluidata yang mendukungdariwawancara, kepustakaan (libraryreview)dan dokumentasi berupa laporan keuangan. Data yang digunakan oleh penulis untuk menyusun laporan keuangan yaitu bulan Desember 2019. Hasil penelitianini menunjukkan terdapat perbedaaan yang signifikan hasil penggunaan model SIAPIK dalam penyusunan laporan keuangan tahunan UMKM AbstractThis study aims to determine the results of financial reports preparation using android based by application model of Financial Information Recording Application (SI APIK) in compiling the financial reports that drawing informative and accountable information in accordance with accounting standards for EMKM. This study was conducted on the UMKM Cahaya Collection Lhokseumawe, which so far has only kept simple records in the cash book and is not clearly detailed. The results of study can be used to assist UMKM in carrying out accounting records and compiling financial reports in accordance with applicable regulations. The impact of UMKM can plan the profits generated for the coming period. This type of research is applied research. The research method used is a descriptive method that explains the results of the preparation properly through supporting data from interviews, literature (library review) and documentation in the form of financial reports. The data used by the authors to compile financial reports is December 2019. The results of this study indicate that there are significant differences in the results of after using the SIAPIK model in preparing the UMKM annual financial reports.
Sistem Pendistribusian Barang Pada Politeknik Negeri Lhokseumawe Berbasis Android Kamalia Putri; Husaini Husaini; Safriadi Safriadi
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jaise.v2i2.3878

Abstract

Proses pendistribusian barang habis pakai memiliki peranan yang penting dalam suatu instansi, yang mana proses tersebut berguna untuk memperlancar atau mempermudah penyaluran barang kepada pihak lainnya. Pada Politeknik Negeri Lhokseumawe pendistribusin dan permintaan barang masih dilakukan dengan cara pencatatan sehingga dapat mengakibatkan penumpukan data dan memakan waktu yang cukup lama ketika pihak unit atau jurusan mengajukan permintaan barang ke perlengkapan yang mengharuskan pihak tersebut datang langsung ke gedung perlengkapan, proses ini mengharuskan staff untuk menggunakan kertas disetiap permintaan barang yang dapat menyebabkan sampah kertas bertambah. Oleh sebab itu akan diperlukan sebuah sistem yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, caranya yaitu dengan membuat sebuah sistem pendistribusian berupa aplikasi android. Untuk pengembangan aplikasi sistem pendistribusian barang habis pakai ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). Aplikasi ini nanti akan menjadi tempat bagi pihak perlengkapan untuk mengelola data dalam proses pendistribusian dan permintaan barang. Berhasilnya aplikasi pendistribusian dapat dibuktikan dengan pengujian menggunakan metode black box, total keberhasilan adalah 14 dari 14 test case yang diuji, yang kemudian jumlah dari keberhasilan pengujian tersebut dihitung dengan menggunakan rumus, oleh karena itu dapat diperoleh hasil keberhassilan sebesar 100%. Data yang dimasukkan dalam Google Sheets dapat disinkronkan dengan baik atau dapat dikatakan berhasil. Sehingga baik dalam firebase maupun aplikasi, data barang yang dimasukkan ke Google Sheet sebelumnya semua dapat ditampilkan.
Monitoring dan Kontrol Pembibitan Tanaman Cabai Berbasis IoT (Internet of Things) Trisnawati Trisnawati; Atthariq Atthariq; Safriadi Safriadi
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jaise.v2i2.3879

Abstract

IoT (Internet of Thing) merupakan suatu teknologi yang diciptakan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Pada saat ini hampir semua alat atau perangkat yang digunkan terhubung dengan internet. Sistem dengan IoT sudah digunakan dalam berbagai bidang salah satunya yaitu bidang pertanian. Pada bidang pertanian kesuburan lahan tanamam menjadi salah satu aspek yang peting, karena pengaruh dari lahan pertanian akan berakibat pada tanaman dan hasil panen yang akan di dapatkan. Metode yang digunakan yaitu rancang bangun suatu sistem yang dimulai dengan merancang perangkat keras dan kemudian menghubungkan perangkat ke software Blynk dengan menggunkan internet.Pada penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat alat monitoring kelembaban, pH tanah dan suhu tanah untuk mendukung proses pertumbuhan tanah pada proses pembibitan tanaman cabai berbasis aplikasi Blynk. Pada proses pertumbuhan tanaman cabai membutuhkan kelembapan tanah dan suhu yang sesuai agar proses tumbuhnya dapat maksimal. Dengan adanya teknologi Internet of Things (IoT) dapat mudahkan seorang petani untuk melakukan kontroling terhadap kebutuhan air yang sesuai untuk tanaman cabai. Ditambahkan juga dengan penempatan sistem IoT yang digunkan untuk membatu proses irigasi atau perairan pada tanaman cabai dengan melakukan kontroling untuk menyakan dan mematikan menggunkan aplikasi Blynk. Perangkat IoT yang digunakan untuk membebuat sistem ini meliputi NodeMCU, sensor suhu, sensor pH, sensor kelembaban tanah, relay, pompa air dan aplikasi blynk sebagai perangkat lunak pengontrol perangkat IoT. Untuk hasil penelitian ini disimpulkan adalah pada saat pengujian berhasil dijalankan dan dapat bekerja dengan baik dan semua alat yang digunkan bekerja dengan persentase keakuratan sistem 80%.
Aplikasi Penjualan Rumah Berbasis Android Nabila Maghfirah; Indrawati Indrawati
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jaise.v2i2.3880

Abstract

Rumah merupakan tempat bagi keluarga untuk berlindung dan berkumpul, mempunyai rumah idaman adalah keinginan setiap orang karena rumah sudah menjadi kebutuhan primer pada saat ini. Dalam perkembangan zaman, memilih rumah haruslah sangat berhati-hati seperti melihat lokasi yang strategis, dan harga yang worth it untuk dimiliki. Menemukan rumah idaman dengan harga yang terjangkau bukanlah sesuatu yang mudah, untuk menemukan rumah sesuai dengan keinginan orang tersebut diharuskan berusaha mencari informasi penjualan rumah keberbagai tempat secara mandiri, sehingga menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga. Berdasarkan permasalahan tersebut dibangun sistem penjualan rumah dalam bentuk aplikasi android sehingga dapat digunakan dimanapun dan kapanpun untuk menemukan rumah yang sesuai dengan keinginan, serta memudahkan orang tanpa harus mencari secara mandiri keberbagai tempat. Penelitian ini menggunakan metode pengujian black box dan pengujian beta pada antarmuka dan kelayakan system. Hasil pada pengujian black box dapat disimpulkan bahwa semua proses dalam aplikasi berhasil dijalankan 100%. Hasil pengujian beta pada antarmuka dan kelayakan sistem yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 55 responden menghasilkan skor 196.14 yang berada pada interval 178.75 - 220 dengan kategori sangat puas, sehingga aplikasi dapat dikatakan layak untuk digunakan.
DISAIN DAN PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM MANAJEMEN E-ADMINISTRASI GAMPONG Muhammad Irmansyah; Dwi Meilvinasvita; Muhammad Arhami; Husaini Husaini
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jaise.v2i2.3448

Abstract

Manajemen E-Administrasi Gampong Berbasis Web Responsive merupakan suatu terobosan terbaru dalam ilmu teknologi informasi dan komunikasi dalam hal meningkatkan kepuasan masyarakat akan kinerja pemerintah Gampong. Pelayanan terhadap manajemen administrasi terhadap surat-surat dan pelaporan surat menurut jenis surat dan tanggal, Adapun surat-surat yang dilayani ada 8 yaitu surat keterangan kurang mampu, surat keterangan usaha, surat keterangan belum menikah, surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan janda, surat pengantar duda, surat keterangan kehilangan. Biasanya masyarakat yang membutuhkan pelayanan surat-surat diharuskan mendatangi kantor, menjumpai pegawai yang bekerja dan mengantri. Hal ini tentunya akan banyak menghabiskan waktu. Untuk itu dibuat suatu sistem untuk mengatasi permasalahan tersebut yang melalui Disain dan Implementasi Manajemen E-Administrasi Gampong berbasis Web Responsive” yang dirancang dengan memakai framework CodeIgtiner atau dikenal dengan MVC (Model-view-controller). Dengan adanya sistem tersebut dapat membantu mengoptimalisasi pekerjaan yang terkait dengan administrasi di Pemerintahan Gampong dalam melayani proses manajemen administrasi kependudukan terhadap masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komputer.
Rancang Bangun E-Tilang Pada Pelanggaran Batas Kecepatan Menggunakan Metode Subtraction Retya Ascha Ollyany
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jaise.v2i2.3876

Abstract

Sistem E-Tilang pada pelanggaran batas kecepatan ini dirancang untuk mengukur kecepatan kendaraan yang melintas dijalan dan melakukan tindakan tilang secara online. Sistem ini menggunakan video untuk merekam gambar objek bergerak menggunakan metode subtraction, apabila objek memasuki lokasi yang telah ditandai maka sistem akan memberikan respon untuk mengaktifkan dan mematikan timer serta menjalankan counter, besar nilai kecepatan yang didapat adalah hasil bagi antara jarak kedua frame dengan waktu tempuh kendaraan yang melewati lokasi yang telah ditandai. Kemudian untuk mengetahui nomor kendaraan dilakukan pengolahan citra digital menggunakan API plate recognition. setiap nomor kendaraan yang berhasil terdeteksi akan melakukan pencarian pada database sehingga dapat mengetahui identitas pemilik nomor kendaraan, sistem bekerja jika objek melaju dengan kecepatan lebih dari yang ditentukan maka akan mencari identitas dari pemilik nomor kendaraan, kemudian mengirim surat tilang secara online. Jika objek melaju dibawah kecepatan yang ditentukan maka sistem tidak akan mencari identitas pelaku, hanya menyimpan tangkapan layar pada database. Dari pengujian yang dilakukan pada empat tipe jalan yaitu jalan bebas hambatan, jalan antarkota, jalan perkotaan, dan jalan pemukiman, hanya tipe jalan pemukiman yang berhasil dideteksi melakukan pelanggaran batas kecepatan dengan persentase keberhasilan senilai 0,08%. Penerapan metode subtraction yang tidak tepat menyebabkan kegagalan dalam mendeteksi objek.
Pengamanan Data Teks Pada Aplikasi Chatting Menggunakan Metode Modular Multiplication Based Block Chiper (MMB) Berbasis Android Naria Sukma Dewi; Amri Amri; Safriadi Safriadi
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jaise.v2i2.3881

Abstract

Aplikasi chatting telah menjadi media komunikasi digital yang digunakan oleh setiap kalangan, mempermudah manusia dalam mengirim pesan maupun menerima pesan. Pesan-pesan yang disampaikan ada kalanya berupa pesan yang bersifat rahasia sehingga tidak semua pihak dapat melihat pesan tersebut. Namun sering terjadinya kejahatan seperti penyadapan data, pencurian informasi, dan penyalahgunaan data pribadi yang merupakan masalah yang paling ditakuti oleh para pengguna jaringan komunikasi. Maka diperlukan suatu sistem keamanan yang dapat melindungi suatu informasi untuk menyembunyikan atau mengamankan suatu pesan ke dalam bentuk pesan lain. Untuk menyelasikan permasalah tersebut terdapat sebuah pembelajaran tentang kriptografi yang dapat mengenkripsikan pesan atau teks kedalam bentuk chipertext sehingga dapat menyembunyikan pesan asli yang dikirimkan. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pengaman data teks pada aplikasi chatting menggunakan metode Modular Multiplication- Based Block Chiper (MMB) dengan mengetahui berapa lama waktu enkripsi sebuah pesan dan untuk mengetahui panjang karakter pesan setelah dienkripsi. Dari pengujian tersebut diperoleh bahwa rata-rata waktu enkripsi dan dekripsi pesan membutuhkan waktu sebesar 1.87 detik. Untuk panjang pesan setelah dienkripsi karakter yang dihasilkan sebanyak 32 Hexadesimal atau 16 karakter chiphertext.
Implementasi Iinternet Of Things Pada Paket Box Penerima Barang Menggunakan Barcode Reader Indah Hurida K
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/jaise.v2i2.3877

Abstract

Belanja online merupakan sebuah alternatif yang banyak dipilih oleh masayarakat, karena barang belanjaan dapat diantar langsung ke alamat tujuan pembeli. Namun hal tersebut tidak lepas dari masalah yang terjadi, salah satunya paket diantar pada saat penerima tidak berada di alamat tujuan. Pada kasus ini biasanya ada beberapa tindakan yang dilakukan seperti paket dititipakan kepada tetangga atau diletakkan di teras halaman rumah. Tindakan tersebut tidak menjamin keamaan barang dan sangat beresiko untuk dirusak bahkan diambil oleh pihak lain sehingga dapat merugikan pemilik paket. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dirancanglah sebuah sistem Implementasi Internet Of Things Pada Paket Box Penerima Barang Menggunakan Barcode Reader. Dibuatnya sistem ini bertujuan untuk memudahkan kurir dalam mengantarkan paket apabila pemilik paket tidak berada dialamat tujuan, serta dapat menjadi sebuah wadah penyimpanan paket yang dapat menyimpan paket dengan aman serhingga dapat mengurangi resiko paket rusak/hilang. Komponen utama yang digunakan adalah NodeMCU ESP8266 yang menghubungkan sistem dengan aplikasi android dan dilengkapi dengan Sensor gm-65 sebagai hak akses dalam membuka paket box, serta sensor ultrasonik untuk mendeteksi kondisi pintu box. Berdasarkan hasil pengujian keberhasilan sensor gm-65 dalam mendeteksi barcode diperoleh hasil bahwa sensor gm-65 dapat membaca jenis barcode 1D dengan tingkat keberhasilan 93,3% dan jenis barcode 2D dengan tingkat keberhasilan 90%. Dari hasil pengujian durasi waktu yang dibutuhkan pada proses pencocokan data scan dengan data yang terdaftar pada sistem berkisar antara 0,47 detik dan 0,72 detik dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 0,56 detik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8