cover
Contact Name
M. Abi Mahrus Ubaidillah
Contact Email
mahrusabi@gmail.com
Phone
+6285731650471
Journal Mail Official
jurnalabdimasy@gmail.com
Editorial Address
Jl: KH Wahab Chasbullah Gg III Tambakberas Jombang (0321) 855530
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 29638127     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.52431/abdimasy.v2i1
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Jurnal di Lingkungan Institut Agama Islam Jombang dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merupakan hasil dari pengabdian kepada masyarakat Civitas Akademik IAIBAFA dan Akademisi dari lembaga lainnya. Jurnal ini dikemas dengan padat dan berbotot supaya mudah untuk difahami oleh pembaca. terbit setiap 6 bulan sekali (2 kali setahun) di bulan juni dan desember. fokus jurnal adalah Pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keagamaan sesuai dengan semboyan "The Center of Tafaqquh Fi-Addin". Redaksi mengundang peneliti, cendekiawan untuk bersama menuangkan gagasan dan pemikirannya mengenai upaya dalam mengimplementasikan keilmuan keislaman di masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MI AL IHSAN KALIJARING JOMBANG afrianti fauziah syamsudin; Dila Adelia; Faizzun Hozza Alayyono; Himmatul Aliyah; Islaikha Mukhofifah; Maulidatus Sholichah; Lailatul Mubarokah; Muhammad Fahruddin Hamid At Thohiri; Zitni Hikmatul Jannah; Zulfatul Zuriatin Ni’mah
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i1.874

Abstract

Kurangnya akhlakul karimah di MI Al Ihsan menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini, oleh karena itu tujuan dari Kuliah Kerja Nyata dengan tema optimalisasi pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan akhlakul karimah peserta didik di MI Al Ihsan Kalijaring adalah untuk membantu dalam mengoptimalkan akhlakul karimah yang baik terhadap peserta didik dengan cara melewati pembelajaran aqidah akhlak. Metode yang dilakukan oleh peneliti adalah metode observasi, observasi dilakukan oleh peneliti dalam rangka mengumpulkan informasi dan data untuk menemukan masalah yang akan dijadikan program dalam KKN di lokasi pelaksanaan KKN. Untuk menghadapi realita perkembangan zaman diperlukan adanya pembentukan akhlakul karimah, salah satu sarana dalam memperbaiki akhlakul karimah terutama pada jenjang sekolah dasar yakni dengan pendidikan yang diberikan di sekolah, sehingga dari pembahasan tersebut diharapkan hasil dari kegiatan KKN ini yang berupa kegiatan pondok romadlon yang diikuti oleh 79 peserta didik dapat membentuk akhlakul karimah peserta didik di MI Al Ihsan Kalijareng. Kesimpulan dari pelaksanaan program KKN ini adalah Program KKN yang terjadwal dapat terlaksana dengan baik dan lancar, program maupun kegiatan dapat berjalan dengan lancar berkat kerjasama tim serta dukungan dari pihak sekolah yang memberi kesempatan kepada tim kami untuk melaksanakan program pendampingan di sekolah tersebut.
PERAN MASJID DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MASJID DARUSSALAM REJOSARI Muhammad Ihya'ul Ulum; Zuni Humairoh``; Ela Yulia Sari; Hikmatul Fitriyah; Khalimatus Sa’adah; Kurotul Ainiyah; Laily Satriana; Mu’amalatus Sholikhah; Refita Firdausi Fitri; Roudlotul Jannah; Sabilatul Ilmi Asysyafi'iyah
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i1.879

Abstract

Penerapan kegiatan keagamaan adalah aktivitas untuk menjalankan suatu program kegiatan keagamaan berdasarkan acuan norma tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan secara terukur dan terkendali. Tentunya dalam bulan Ramadhan banyak kajian-kajian keagaman yang dilakukan di masjid. Peran masjid dalam pemberdayaan Masyarakat, masjid berperan besar bagi umat dalam melakukan perubahan nilai-nilai kehidupan. Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut:Upaya peningkatan kegiatan keagamaan untuk masyarakat, dan optimalisasi kegiatan keagamaan di Masjid Darussalam Rejosari, Tinggal Bandarkedungmulyo Perak Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode konsultasi. Metode konsultasi adalah metode yang menjelaskan suatu bentuk hubungan tolong menolong yang dilakukan oleh seorang profesional (konsultan) kepada konsultan (keluarga atau individu) dalam hubungannya menyelesaikan masalah. Berdasarkan pemaparan  diatas maka dapat disimpulkan bahwa peran masjid dalam meningkatkan kegiatan keagamaan adalah Masjid tidak hanya sekedar untuk menjalankan ibadah namun juga berperan besar bagi umat Islam dalam melakukan perubahan nilai-nilai kehidupan, pengamalan beragama, serta pembinaan umat melalui program kesalehan sosial dan ekonomi.
PENDAMPINGAN EFEKTIFITAS SANTRI DALAM APLIKASI TAJWID MUYASSAR DALAM PROGRAM MADRASAH AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AL-AMANAH JOMBANG Farhan Masrury; Ani Nur Afidah; Sania Nur Khofifah Amini; Dwi Amiliah Salsabila; Saudatul Ulya
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i1.890

Abstract

Abstrak Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini lebih memfokuskan pada pendampingan pembelajaran tajwid santri dalam buku tajwid muyassar. Dalam kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri, dan dapat memberikan pendampingan pembelajaran yang baik bagi santri, baik dalam segi materi, diskusi, dan praktek. Dalam kegiatan kali ini, materi yang diajarkan meliputi berbagai pembelajaran tajwid, mulai dari ahkamul huruf, shifatul huruf, makharijul huruf, dan gharaib Al-Qur’an. Mempelajari tajwid merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun yang membaca Al-Qur’an, selain agar bacaannya benar, kesalahan makna juga pasti akan terhindar jika tajwid dipraktekkan dengan benar. Dari kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa santri dalam Pondok Pesantren AlAmanah Bahrul Ulum khususnya dalam program madrasah Al-Qur’an dapat mengaplikasikan tajwid dalam bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar yang ditunjukkan dengan kemampuan santri dalam menyetorkan hafalan berbagai surah Al-Qur’an dan menyetorkan bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar.   Kata kunci: Pendampingan, Tajwid, Al-Qur’an.   Abstract The implementation of this service activity focuses more on mentoring students' recitation of recitation in the muyassar tajwid book. In this activity, it is hoped that it can help improve the quality of reading the Koran for students, and can provide good learning assistance for students, both in terms of material, discussion, and practice. In this activity, the material taught includes a variety of tajwid lessons, ranging from ahkamul letters, shifatul letters, makharijul letters, and gharaib al-Qur'an. Learning recitation is very important for anyone who reads the Qur'an, in addition to reading it correctly, meaning errors will also be avoided if recitation is practiced correctly. From this service activity, it can be concluded that students in the Al-Amanah Bahrul Ulum Islamic Boarding School, especially in the al-Qur'an madrasa program, can apply recitation in reading the Qur'an properly and correctly, which is indicated by the ability of students to memorize various surah al-Qur'an.-Qur'an and depositing the reading of the Qur'an properly and correctly. Keywords: Mentoring, Tajweed, Al-Qur'an.
PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN TAJWID DAN PENERAPANNYA PADA MASYARAKAT SANTRI PP. AL-AMANAH 2 NGLEDOK MOJOKRAPAK TEMBELANG JOMBANG Salim Ashar; Ahmad Mutamakkin; Aji Dhohirul Haq Alifahrony; Dodik Eko Subekti; Mohammad ‘Ainul Fikri Mahmudi
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i1.895

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis pesantren ini diharapkan dapat memberikan hasil yang terbaik untuk mereka. Permasalahan pertama adalah minimnya pengetahuan masyarakat santri terkait ilmu tajwid dalam Al-Qur'an. Solusi yang diberikan adalah melalui pembelajaran tajwid. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis pesantren ini meliputi pemberian materi, praktek dan tanya jawab. Pemberian materi dilaksanakan pada awal kegiatan pembelajaran dan pengenalan media tajwid. Materi yang diajarkan pada kegiatan ini adalah materi tajwid dan sifat huruf beserta makhrojnya melalui bentuk tulisan dan pendampingan secara intensif sampai pelajar dapat membaca Al-Qur'an dengan benar sesuai tajwid dan makhrojnya. Melalui kegiatan pembelajaran ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pengasuh dan para pengurus pesantren. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat seberapa capaian potensi peserta didik dalam memahami ilmu tajwid dalam Al-Qur'an. Kegiatan ini dilakukan dengan ikut andil dalam pengajaran ilmu tajwid di dalam kelas. Melalui kegiatan observasi di dalam kelas, masyarakat santri sangat antusias dan terampil dalam menerapkan teori ilmu tajwid. Penerapan pembelajaran ini menunjukkan bahwa peserta didik di dalam kelas sangat antusias dan aktif berinteraksi dengan guru saat pembelajaran. Selain itu juga, pembelajaran tersebut dapat meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik.
PENDAMPINGAN PENERAPAN METODE FAMI BISYAUQIN UNTUK MEMPERKUAT HAFALAN PADA SANTRI TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-FATHIMIYYAH Dian Erwanto; Bintan Ainak; Faiqotun Najah; Miftahu Alfi Zahrotus Shiyami; Zakiyatun Nisa
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i1.897

Abstract

Metode Fami Bisyauqin dilakukan agar seseorang sering berinteraksi dengan Al-Qur’an. Metode Fami Bisyauqin mempermudah seseorang dekat dengan Al-Qur’an. Dalam pelaksanaan metode Fami Bisyauqin bermula dari seorang pendamping yang mampu menjadikan suasana khataman menyenangkan. Metode Fami Bisyauqin memiliki tujuan sebagai berikut: 1. Tujuan  program ini untuk mengetahui penerapan metode Fami Bisyauqin dalam mengkhatamkan Al-Qur’an 2. Sebagai metode dalam meningkatkan kualitas hafalan yang sudah didapatkan 3. Sebagai motivator memperkuat hafalan Al-Qur’an. Khalayak sasaran kegiatan penerapan metode Fami Bisyauqin ini adalah santri-santri tahfidz di Pondok Pesantren Putri Al-Fathimiyyah. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode klasikal. Metode pendekatan digunakan pada suatu kegiatan agar bisa membiasakan membaca Al-Qur’an dan memudahkan membaca secara tartil. Hasil respon kepuasan penerapan metode ini menunjukkan bahwa para santri menilai sangat bermanfaat.
PENDAMPINGAN PSIKOLOGIS TERHADAP SANTRI MENGHADAPI FENOMENA PERGANTIAN KAMAR DI PPP AL-FATHIMIYYAH TAMBAKBERAS JOMBANG Ummu Salamah; Muhammad Nasrul Waton
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i2.902

Abstract

Pendampingan psikologis terhadap santri dalam menghadapi fenomena pergantian kamar (rolling) di PPP Al-Fathimiyyah, dirasa sangat penting karena di PPP Al-Fathimiyyah fenomena pergantian kamar (rolling) merupakan hal yang cukup ditakuti serta menimbulkan berbagai permasalahan baru sehingga dibutuhkan penyelesaian dalam menghadapi fenomena ini. Fenomena pergantian kamar (rolling) merupakan suatu peristiwa perpindahan kamar yang rutin diadakan setiap tahun terhadap santri tingkat kelas 2 MTS dan sederajat di PPP Al-Fathimiyyah. Seiring berjalannya waktu, fenomena pergantian kamar (rolling) yang semula menjadi ajang pendewasaan dianggap berubah sebagai ajang bullying. Santri tingkat kelas 2 MTS dan sederajat notabenenya adalah masyarakat baru di kamar yang baru seolah menjadi sasaran empuk bullying. Padahal bullying tidak serta merta terjadi. Pendampingan ini bertujuan mengatasi permasalahan dalam fenomena pergantian kamar (rolling) di PPP Al-Fathimiyyah. Metode yang digunakan adalah metode konsultasi, dimana peneliti menempatkan diri sebagai konselor atas permasalahan yang terjadi. Pendampingan psikologis terhadap santri dalam menghadapi fenomena pergantian kamar (rolling) di PPP Al-Fathimiyyah, dirasa sangat penting sehingga santri tidak takut lagi menghadapi fenomena pergantian kamar (rolling). Harapannya kelak santri dapat melaksanakan pergantian kamar (rolling) dengan tentram sebagai proses pendewasaan diri. Selama pelaksanaan pendampingan, pendampingan berjalan dengan lancar meski terdapat satu dua kendala didalamnya.
PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KOPONTREN MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KOPONTREN PPP. AL-AMANAH Afidatun Nisak; Moh. Syamsul Muarif; Sela Zakiyatul Maula; Siti Sadatur Romdiyah
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Juni 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i1.909

Abstract

Abstrak: Koperasi merupakan salah satu tempat yang sangat berperan penting dalam memperkuat perekonomian masyarakat dan perlu dikembangkan dan dilestarikan. Dengan adanya azas koperasi yakni kekeluargaan yang mampu menjadikan semangat bergotong royong dalam membantu mengatasi masalah-masalah khususnya yang muncul disekitar masyarakat. Di Koperasi Pondok Pesantren Putri Al-Amanah mempunyai tujuan untuk menjadikan kopontren untuk membantu menyedikan kebutuhan para santri yang ada di Pondok Pesantren Putri Al-Amanah dan membantu perekonomian masyarakat sekitar pondok pesantren. Dimana di masa pandemi akhir-akhir ini membuat pihak koperasi menyediakan dua kali lipat kebutuhan para santri. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki sasaran yakni pengurus koperasi dan para santri. Agar dapat mengetahui tentang ilmu perekonomian dan mengetahui cara mengelola koperasi dengan benar. Disamping itu juga menggunakan metode education yang ditujukan kepada para pengurus koperasi, agar mereka bisa mengelola dengan menerapkan sistem koperasi dengan benar, baik dalam hal pengelolaan keuangan maupun pengelolaan secara umum. Abstract: Cooperatives are one of the places that play an important role in strengthening the community's economy and need to be developed and preserved. With the cooperative principle, namely kinship that is able to create a spirit of mutual cooperation in helping to overcome problems, especially those that arise around the community. At the Al-Amanah Women's Islamic Boarding School Cooperative, the goal is to create a kopontren to help provide for the needs of the students in the Al-Amanah Islamic Boarding School and help the economy of the community around the Islamic boarding school. Where in the recent pandemic, the cooperative has provided double the needs of the students. The implementation of this community service activity has a target, namely the cooperative management and the students. In order to be able to know about economics and know how to manage cooperatives properly. Besides that, it also uses an education method aimed at cooperative administrators, so that they can manage by implementing the cooperative system properly, both in terms of financial management and management in general.
EDUKASI EKONOMI SYARIAH PADA USIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-MARDLIYAH TAMBAKBERAS JOMBANG Iis Ismawati; Mira Prihartini; Munif Efendi
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i2.912

Abstract

Indonesia merupakan suatu negara yang mana mayoritas penduduknya beragama islam, secara kasat mata Indonesia memiliki potensi besar sebagai pusat peradaban sistem keuangan syariah, akan tetapi dengan banyaknya jumlah penduduk muslim tidak diimbangi dengan pemahaman tentang sistem keuangan islam. Maka tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman akan perokonomian syariah pada usia anak Sekolah Menengah Pertama khususnya santri Al-Mardliyah Tambakberas Jombang, sehingga mampu meningkatkan SDM yang memiliki pemahaman yang memadai. Metode yang dipergunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah metode observasi dengan studi literature terdahulu dengan melakukan sosialisasi dan pendampingan selain itu juga dilakukan evaluasi di setiap materi yang disampaikan.
PENDAMPINGAN PENERJEMAHAN KITAB SAFINATUN NAJA BAGI SISWI PRA TAMATAN DI PONDOK PESANTREN AN-NAJAH DENANYAR JOMBANG Oktavia Ratnaningtyas; Fidah Nur Aini Fidah; Baiq Tuhfatul Unsi
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i2.917

Abstract

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat memberikan hasil yang terbaik untuk masyarakat, santri Pondok Pesantren An-Najah, sasaran yang dikenai program. Permasalahan yang muncul adalah penerjemahan santri Pra Tamatan yang tekadang tidak sesuai kaidah bahasa Arab karena kurangnya ketlatenan para siswi dalam penerjemahan kitab. Metode pendekatan yang dipakai dalam pelaksanaan pengabdian ini meliputi membaca naskah atau kitab materi, belajar menerjemah sesuai kaidah bahasa Arab. Kedua proses ini dalam pembelajaran menerjemah dilaksanakan pada awal kegiatan pembelajaran. Materi yang digunakan pada kegiatan ini adalah kitab fikih klasik yang masyhur dengan sebutan kitab Safinatun Naja melalui bentuk teks dan pendampingan secara efektif sampai pelajar dapat menerjemah kitab Safinatun Naja denagn benar dan sesuai kaidah bahasa Arab. Melalui kegiatan pembelajaran ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh siswi Pra Tamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswi dalam menerjemah kitab. Kegiatan ini dilakukan dengan mendampingi siswi dalam menerjemah kitab fikih secara mandiri. Melalui kegiatan observasi, para santri sangat antusias. Selain itu pembelajaran juga sesuai dengan target yang diharapkan. Penerapan pembelajaran ini menunjukkan bahwa para santri tekun dalam belajar menerjemah. Selain itu, pembelajaran tersebut dapat meningkatkah hasil menerjemah kitab klasik.
PENDAMPINGAN BELAJAR DAN SOSIOLOGIS ANAK YATIM DI PESANTREN PP. AL-MUHIBBIN PUTRI Muhammad Nasrul Waton; Zuni Humairoh; Durotul Farida; Ella Aprilia; Findi Shinta Rochmawati
ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : LPPM Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52431/abdimasy.v1i2.925

Abstract

Secara psikologis anak yatim memiliki kekurangan berupa kesedihan tersendiri sebab orang tua mereka tidak lengkap, sehingga kurangnya pendidikan dan kasih sayang dari sosok salah satu orang tua mereka. Dalam hal ini dapat menjadi penghambat di dalam tumbuh kembang  mereka. Baik dalam sosial terhadap lingkungan dan teman-teman mereka, juga pengaruh besar terhadap mental  psikologi mereka karena merasa cenderung berbeda. Dalam hal ini penulis berinisiatif melakukan kegiatan pendampingan belajar dan membersamai kegiatan mereka, agar mereka dapat tumbuh kembang dengan baik sesuai  dengan teman mereka pada umumnya. Berdasarkan paparan di atas dapat dirumuskan beberapa problematika yang akan dibahas, yakni memaparkan beberapa kegiatan yang berkenaan dengan pendidikan, pendampingan, dan sosiologis.  

Page 1 of 2 | Total Record : 15