cover
Contact Name
Abdul Gani Haji
Contact Email
aganihaji@usk.ac.id
Phone
+628121815214
Journal Mail Official
jipi@usk.ac.id
Editorial Address
Sektor Timur Darussalam, Perum Turki
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)
ISSN : 26140500     EISSN : 2620553X     DOI : https://doi.org/10.24815/jipi.v7i3.31681
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) aims to serve original articles on the latest issues and trends in high-quality research focused on technology-integrated science and/or science learning (chemistry, biology, physics, and environment). Technology integration includes learning media, curriculum, assessment processes and science learning outcomes, as well as the application of the latest technology in pure science research. The editors welcome submissions of papers on recent theoretical and experimental research related to: Results of theoretical and empirical research studies on science learning with integrated technology. We invite manuscripts that investigate science learning with the integration of web-based technology, Android, Arduino, nanotechnology, virtual labs, technological and pedagogical content knowledge research, STEM and/or STEAM, sociological issues, virtual reality, augmented reality, and other relevant issues. relevant to science learning. The results of research on the application of science learning media which focuses on studies related to the latest trends in the use of technology-based science learning media at all levels of education and in society. The results of research related to the implementation of the science learning curriculum (chemistry, biology and physics) have contributed to developing the latest trends in the implementation of the science learning curriculum with the integration of technology at all levels of education including science learning design, competency analysis and syllabus. The results of research related to the assessment of science learning processes and outcomes contribute to developing the latest trends in technology-integrated science learning assessment at all levels of education. The results of research related to science teacher education include original theoretical and empirical studies, including professional preparation of teachers, implementation of their work, and/or career development based on the latest technology. Research results related to technology-based science learning in everyday life outside the formal classroom. Papers should examine experiences in environments such as the community, home, internet, museums, and other aspects that develop interest, knowledge, and/or application of science. Science learning that emphasizes attention to aspects of problems and factors related to equality. Research results related to pure science research that is currently trending (chemistry, physics, biology and the environment).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019" : 7 Documents clear
FENOMENA PUSARAN AIR PADA KAJIAN KONVEKSI RAYLEIGH BENARD SEBAGAI REPRESENTASI PEMBELAJARAN TERJADINYA ANGIN PUTING BELIUNG M Hidayatur Rohman
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i2.14707

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan suatu perangkat pengamatan fenomena konveksi Rayleigh Benard. Perangkat pengamatan terbuat dari kotak kaca yang dibatasi oleh dua plat, yaitu plat bawah dan plat atas. Plat bawah lebih panas dari plat atas yang berfungsi untuk memanaskan lapisan horisontal fluida dari bawah. Media yang digunakan untuk mengamati dinamika fluida adalah air yang dicampur dengan serbuk gergaji kayu jati sebagai representasi dari partikel air dengan massa jenis reratanya ρrerata=0,99 g/cm3. Variasi ketebalan air (d) yang digunakan 5 cm dan 6 cm dengan variasi perbedaan suhu (  T) rata-rata kenaikan 5oC. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati fenomena pusaran air. Pengambilan data dilakukan dengan handycam dan dijalankan dengan shoftware windows movie maker yang meiliki ketelitian waktu sampai 0,01 sekon. Hasil pengamatan diperoleh bahwa peningkatan perbedaan suhu (  T) antara dua plat berakibat pada peningkatan kecepatan gerak partikel air dalam konveksi yang digambarkan dengan sebuah diagram percabangan. Fenomena pusaran air teramati pada saat T30°C, d=5 cm dan T20°C, d=6 cm, dengan nilai R107. Selanjutnya fenomena ini digunakan sebagai representasi pembelajaran terjadinya angin puting beliung sebagai suatu peristiwa akibat perbedaan suhu dan tekanan dari suatu fluida.
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN QUICK RESPONSE CODE UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM Irmi Irmi; M Hasan; Abdul Gani
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i2.14728

Abstract

Pembelajaran kimia menekankan pada pengalaman belajar secara langsung melalui proses dan sikap ilmiah, dengan demikian perlu diterapkan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan quick response code (kode QR) untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di SMAN 4 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di  SMA Negeri 4 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA3 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment pada dua kelas, dengan bentuk non equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian KPS siswa dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen mempunyai KPS yang sangat baik dengan persentase rata-rata 90%, sedangkan pada kelas kontrol masih pada kategori cukup yaitu 43%. Hasil belajar  siswa pada materi hidrolisis garam dengan N-Gain sebesar 73,57%  kelas eksperimen dan 43,37% kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri berbantuan kode QR dapat meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa. 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN KONTEKS KELAUTAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA Indarini Dwi Pursitasari; Eka Suhardi; Didit Ardianto; Ayi Arif
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i2.14847

Abstract

Literasi sains siswa Indonesia masih rendah dan buku yang selama ini digunakan belum melatih siswa untuk memahami hakekat sains. Oleh karena itu, literasi sains siswa perlu ditingkatkan melalui bahan ajar yang menyajikan fenomena alam dan permasalahan yang terjadi di sekitar siswa. Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar bermuatan konteks kelautan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan metode four step material teaching development. Efektivitas bahan ajar bermuatan konteks kelautan terhadap peningkatan literasi sains siswa dilakukan melalui pretest dan posttest literasi sains kepada 30 siswa kelas VII SMP Agribinta Kabupaten Cianjur. Pengumpulan data menggunakan: 1) lembar validasi ahli untuk menentukan kelayakan bahan ajar; 2) tes keterpahaman untuk menentukan pemahaman siswa terhadap bahan ajar; 3) tes literasi sains untuk menentukan literasi sains siswa, dan 4) angket untuk menjaring sikap siswa terhadap bahan ajar. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data pretest dan posttest dihitung N-gain kemudian dikategorisasikan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil validasi ahli diperoleh nilai rata-rata 3,85, 2) bahan ajar bermuatan konteks kelautan dapat meningkatkan literasi sains siswa dengan rata-rata hasil pretest sebesar 32,00; posttest sebesar 60,70; N-gain sebesar 42,11% (kategori sedang), serta 3) sikap sains siswa termasuk kategori tinggi.
PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERKOLABORASIKAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA Purwo Adi Nugroho; Yulia Dewi Puspitasari
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i2.14549

Abstract

Materi Pencemaran lingkungan dan sikap peduli manusia kepada lingkungan merupakan permasalahan yang menarik untuk dipelajari, sehingga tujuan dari penelitian yaitu pengembangan modul praktikum pencemaran lingkungan berbasis inkuiri terbimbing berkolaborasikan video untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar mahasiswa. Pada modul sudah terdapat penerapan model inkuiri terbimbing, yaitu mengidentifikasi, merumuskan hipotesis, pengumpulan data, menginterpretasikan data, dan membuat suatu kesimpulan yang dikemas di dalam sebuah modul. Jenis penelitian yaitu research and development yang termodifikasi menjadi tujuh tahap pelaksanaan penelitian dengan tahapan uji coba modul yang dikembangkan berupa uji coba produk awal, uji coba lapangan terbatas, dan uji lapangan operasional dengan data dukung berupa lembar observasi, angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian dari penerapan modul pencemaran lingkungan berbasis inkuiri terbimbing yang berkolaborasikan video yang didalamnya terdapat materi pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran udara yang diterapkan kepada mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Sains STKIP PGRI Nganjuk dengan hasil sebagai berikut: 1) sikap peduli lingkungan mahasiswa meningkat setiap pelaksanaan penelitian dengan persentase (74,4; 78; dan 85,07) dan 2) hasil belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan dengan persentase (79,87; 83; dan 86,4), sehingga dengan penerapan dari pengembangan modul praktikum pencemaran lingkungan berkolaborasikan video dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar mahasiswa.
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA Risna Risna; M Hasan; Supriatno Supriatno
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i2.14726

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Oleh karena itu diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan mengetahui respon siswa pada materi larutan penyangga di MAN 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Banda Aceh. Pengambilan sampel  menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan 14 soal pilihan ganda beralasan. Analisis data hasil belajar menggunakan perhitungan N-gain dan uji t sedangkan respon siswa menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai postes kelas eksperimen sebesar 77% sedangkan kelas kontrol sebesar 54%. Skor N-gain kelas eksperimen sebesar 73% termasuk kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 44% termasuk kategori sedang. Hasil analisis data menggunakan uji hipotesis (uji t) yang menunjukkan nilai thit ttabel (7,6121,993) maka terdapat perbedaan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berorientasi green chemistry dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa juga memberikan respon positif terhadap model pembelajaran ini.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMBENTUKAN HABITS OF MIND SISWA Molani Paulina Hasibuan; Ratih Permana Sari; Setiawaty Setiawaty
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i2.14415

Abstract

Pembentukan keterampilan dan sikap positif merupakan bagian dari proses sains untuk mencapai produk sains yang sesuai dengan kurikulum 2013. Habits of mind (HoM) merupakan kemampuan siswa untuk mengontrol perilaku positif agar memiliki rasa percaya diri dalam memecahkan masalahnya dengan cara yang produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam meningkatkan HoM siswa pada aspek regulasi diri, berpikir kritis dan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 di Kota Langsa Provinsi Aceh kelas XI IPA 1 semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah rubrik HoM dan angket respon siswa yang kemudian dianalisis dengan uji regresi menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki tingkatan capaian HoM yang berbeda-beda. Pada model problem based learning (PBL) dan discovery based learning (DBL) memiliki nilai N-gain tertinggi terhadap pembentukan HoM dibandingkan model pembelajaran inquiry based learning (IBL), dan project based learning (PjBL). Respon siswa setelah penerapan model pembelajaran saintifik terhadap pembentukan HoM sangat baik, hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase sebesar 95,98%. Model pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu PBL, IBL, DBL, dan PjBL memberikan pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap pembentukan HoM yaitu sebesar 0,808 atau 80% berdasarkan data R square yang telah diujikan.
ANALISIS PEMBELAJARAN MATERI HUKUM NEWTON MELALUI MODEL FLICLA PROLING BERBASIS PORTAL RUMAH BELAJAR TERINTEGRASI SI ASSEB Qusthalani Qusthalani; Muharti Muharti
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jipi.v3i2.14577

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran fisikayaitu kurang aktifnya peserta didik karena pembelajaran yang monoton, sehingga rerata nilai UN selalu menurun. Solusi yang diberikan yaitu pembelajaran yang sesuai keinginan peserta didik pada era pendidikan 4.0 diataranya menggunakan Laboratorium Fisika virtual atau maya dari portal rumah belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model flicla proling berbasis portal rumah belajar terintegrasi Si Asseb pada materi hukum Newton di SMAN 1 Matangkuli Aceh Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang didapatkan melalui model pembelajaran flicla proling dengan berbasis e-learning, dalam hal ini adalah kelas maya, laboratorium maya dan sistem evaluasi Si Asseb dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar dari 2,4 (kurang baik) menjadi 3,5 (baik) dan 3,7 (sangat baik) setelah penerapan model pembelajaran flicla proling. Selain itu terjadi peningkatan juga pada ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum perlakuan rata-rata nilai ujian adalah 23%, meningkat menjadi 40% pada siklus II dan 86% pada siklus III. Penggunaan model pembelajaran berbasis kelas maya, laboratorium maya dan sistem evaluasi Si Asseb sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan pendidikan 4.0.

Page 1 of 1 | Total Record : 7