cover
Contact Name
Shadu Satwika Wijaya
Contact Email
shadu.satwika@unsoed.ac.id
Phone
+628568062622
Journal Mail Official
shadu.satwika@unsoed.ac.id
Editorial Address
Program Studi Magister Administrasi Publik FISIP UNSOED Jl Kampus No. 1 Grendeng Purwokerto 53122 Jateng Telp 0281-641419
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Public Policy and Management Inquiry
Core Subject : Humanities, Social,
Public Policy and Management Inquiry merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Ilmu Administrasi FISIP UNSOED. Jurnal ini diterbitkan dua kali secara online setiap tahun dan berisi hasil-hasil penelitian Skripsi, Tesis mahasiswa S2 Ilmu Administrasi, dan Disertasi serta pengkajian, telaah pustaka, maupun ulasan yang berkaitan dengan manajemen sektor publik, manajemen pembangunan, dan kebijakan publik. (The Public Policy and Management Inquiry is a scientific journal published by the Postgraduate Program of Public Administration of FISIP UNSOED. This journal is published twice online each year (April & November) and contains the results of Skripsi research, the Thesis of Masters in Administrative Sciences, and Dissertations as well as studies, literature reviews, and reviews relating to public sector management, development management, and public policy).
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): November 2021" : 2 Documents clear
KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA) UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN DENGAN METODE E-GOVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) Kusja Kusja Kusja
Public Policy and Management Inquiry Vol 5 No 2 (2021): November 2021
Publisher : Program Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian menggunakan metode kuantitatif bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan sistem informasi akademik (e-SIA), kesenjangan serta memberi rekomendasi perbaikan layanan terhadap layanan yang dianggap lemah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu e-Government, elektronic government service quality (e-GovQual) dengan 4 (empat) dimensi yaitu efficiency, trust, reliability dan citizen support. Pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling terhadap mahasiswa program Sarjana Unsoed dengan jumlah sampel sebanyak 391 responden menggunakan kuisioner tertutup (close-ended questions) dengan rating scale 1-5. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS Versi 20 melalui uji T dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja e-SIA memperoleh penilaian Baik yaitu sebesar 3,84, sedangkan kualitas e-SIA memperoleh penilaian Sedang dengan gap sebesar -0,60. Berdasarkan analisis IPA diperoleh bahwa seluruh atribut pada dimensi Kepercayaan (Trust) berada pada kuadran B dan seluruh dimensi Dukungan Petugas (Citizen Support) berada pada kuadran C; sedangkan dimensi Efisiensi (Efficiency) dan Keandalan (Reliability) menyebar pada kuadran A, B, C dan D. Perbaikan yang perlu dilakukan yaitu pada kuadran A terkait Halaman e-SIA dapat di akses dengan cepat dan perlu meningkatkan kinerja petugas serta sarana pendukung e-SIA. Kata Kunci : e-Government, e-SIA, E-GovQual dan Importance Performance Analysis (IPA)
MANAJEMEN KINERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SOLOK DALAM PELAYANAN AKTA KELAHIRAN Sukma Sukma; Roni Ekha Putera; Kusdarini Kusdarini
Public Policy and Management Inquiry Vol 5 No 2 (2021): November 2021
Publisher : Program Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.ppmi.2021.5.2.4003

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kinerja dalam penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok. Penulisan artikel ini di latar belakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan, termasuk akta kelahiran. Banyak masyarakat yang tidak memahami syarat pelayanan hingga masyarakat yang mengurus akta kelahiran hanya pada saat momen tertentu saja. Kota Solok memiliki tingkat penerbitan akta kelahiran cukup tinggi, yaitu mencapai 96,13% dari total anak berusia 0-18 tahun di Kota Solok. Kota Solok juga meraih banyak penghargaan dari berbagai kementerian untuk pelayanan penerbitan akta kelahiran mulai dari tahun 2015 dan 2016 mampu mencapai target nasional, 2017 mendapatkan penghargaan percepatan cakupan pemberian akta kelahiran secara gratis dan tahun 2019 mendapat peringkat pertama pencetakan akta kelahiran online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan yang digunakan adalah triangulasi sumber dengan teknik pemilihan informan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori manajemen kinerja sektor publik yang dikemukakan oleh Mahmudi. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok dalam pelayanan akta kelahiran dilakukan dengan baik, dimulai dari tahap perencanaan kinerja, tahap pelaksanaan kinerja, tahap penilaian kinerja, review kinerja, dan tahap perbaikan kinerja yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok secara berkelanjutan dari tahun ke tahun. Namun dalam pelaksanaan manajemen kinerja tersebut masih memerlukan perbaikan dan peningkatan dalam penerapannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 2