cover
Contact Name
Supono
Contact Email
supono@ulbi.ac.id
Phone
+628112272742
Journal Mail Official
competitive@ulbi.ac.id
Editorial Address
Jl. Terusan Sariasih No. 54 Bandung 40151 Jawa Barat
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Competitive
ISSN : 02162539     EISSN : 26564157     DOI : https://doi.org/10.36618/competitive
Competitive is an open access media in publishing scientific articles that contain the results of research. The scope of the Competitive journal topics covers multi disciplines namely Logistics, Information Engineering, Information Systems, Business Management and Accounting. The journal managed by Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), published twice a year, in June and December. The process of accepting scientific article manuscripts is opened throughout the year. Paper that enters this journal will be checked for plagiarism and peer-review first to maintain its quality.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Competitive" : 8 Documents clear
PERANCANAGAN SISTEM PENJUALAN BERBASIS KOMPUTER PADA PERUSAHAAN JASA KURIR STUDI KASUS PADA PT POS INDONESIA(PERSERO): PERANCANAGAN SISTEM PENJUALAN BERBASIS KOMPUTER PADA PERUSAHAAN JASA KURIR STUDI KASUS PADA PT POS INDONESIA(PERSERO) Sri Suharti
Competitive Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi merubah prilaku konsumen dan proses bisnis. Konsumen menuntut kemudahandalam memenuhi kebutuhannya, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk melakukan inovasi dalammeningkatkan pelayanan kepada konsumen. PT Pos sebagai perusahaan yang bergerak di pelayanan jasakurir untuk dapat mempertahankan konsumennya, harus dapat meningkatkan kualitas layanannya denganmemberikan kemudahan akses kepada konsumen untuk membeli jasa yang ditawarkan perusahaan.Berdasarkan hal tersebut maka perusahaan harus melakukan renginering proses penerimaan kirimandengan menggunakan tekhnologi komputer berbasis teknologi informasi. Dampak dari pengembanganproses tersebut bagi konsumen adalah kemudahan mengirimkan kirimannya tidak harus ke kantor pos dandapat dilakukan tanpa ada batasan waktu. Manfaat bagi perusahaan adalah menekan biaya pegawai, biayainvestasi pengadaan dan perawatan kantor pos serta perluasan jangkauan pelayanan lebih murah danmudah.
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROYEK (STUDI KASUS: UNIT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI POLITEKNIK POS INDONESIA): PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROYEK (STUDI KASUS: UNIT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI POLITEKNIK POS INDONESIA) Roni Habibi; Jaka Maulana
Competitive Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen proyek meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pengaturan tugas-tugas sumber daya. TIK(Teknologi Informasi Komunikasi) Poltekpos merupakan lembaga/unit yang berfungsi mengarahkan,mengimplementasikan dan mengembangkan strategi dan rencana Teknologi Informasi (TI). Dalam fungsiunit TIK, beberapa faktor yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan pengelolaan sumber daya unit TIKakan pengambilan keputusan terhadap aktivitasnya.Kajian pengembangan tersebut akan menjadi input untuk melakukan implementasi manajemen proyekdengan acuan kerangka kerja SCRUM. Hasil kajian ini berupa perancangan manajemen proyek dalamimplementasi manajemen proyekTI. Metode Scrum merupakan framework manajemen proyek yangmengutamakan kolaborasi dan fleksibilitas. Scrum menggunakan metode empiris, atau dengan kata lainsetiap tahap di dalam scrum melibatkan inspeksi dan adaptasi data-data hasil inspeksi sebagai bahanpembelajaran guna mencari jalan keluar.Dari hasil pengembangan perancangan Sistem Infomasi Manajemen Proyek tersebut dapat diimplementasikan daya unit TIK sehingga dapat memberi kemudahan bagi Ketua unit TIK dan yang terlibatdalam memantau dan menentukan prioritas untuk penanganan aktivitas setiap proyek.
IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI PENGELOLAAN DATA PENDUDUK (STUDI KASUS: DESA CIHANJUANG KECAMATAN PARONGPONG): IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI PENGELOLAAN DATA PENDUDUK (STUDI KASUS: DESA CIHANJUANG KECAMATAN PARONGPONG) Maniah Maniah; M.yusril Helmi Setyawan
Competitive Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cihanjuang dikenal sebagai sentra penghasil kebun dan pertanian yang dapat mensuplai bukan hanyadaerah Bandung saja tetapi, Jakarta dan daerah perbatasan Jawa Tengah. Karena pertumbuhan pendudukdan berkembangnya wilayah hunian (Panorama alam sekitar yang indah memikat para pengusaha untukmembangun Vila dan wilayah hunian), lahan pertanian dan perkebunanpun menciut. Teridentifikasibanyak penduduk pendatang yang sifatnya berdomisili tidak menetap, namun tidak terinventarisasidengan baik. Akibatnya, pihak aparat desa tidak dapat mengetahui secara jelas data mengenaikependudukan baik dari sisi mata pencahariannya, pendidikan ataupun status kependudukan apakahpenduduk asli atau pendatang (mengontrak). Dalam tahap implementasi sistem ini pendekatan yangdigunakan adalah pendekatan parallel, yaitu strategi implementasi sistem dengan menjalankandua buah sistem (sistem yang baru dan sistem yang lama) secara bersama-sama. Tujuan dansasaran dalam mengimplementasikan Sistem Aplikasi Pengelolaan Data Penduduk di Desa CihanjuangKec. Parongpong – Kabupaten Bandung Barat ini adalah untuk menanamkan rasa memiliki (sense ofownership) bagi pengguna sistem sehingga dapat mengoperasikan sistem aplikasi dengan baik untukmenghasilkan Laporan Mutasi Penduduk Desa Cihanjuang per periodik sesuai kebutuhan penggunanya
KAJIAN PEMILIHAN REKANAN PADA PERUSAHAAN PT TIRTA GEMAH RIPAH: KAJIAN PEMILIHAN REKANAN PADA PERUSAHAAN PT TIRTA GEMAH RIPAH Achmad Andriyanto; Liane Okdinawati
Competitive Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Tirta Gemah Ripah yang dikenal sebagai Tirta Jabar didirikan dengan latar belakang Pemprov Jabar inginmemperbaharui dan mengelola sumber daya air yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat. Untukmeningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, PT Gemah Ripah harus memiliki pasangan yang baik dansesuai prosedur, untuk mengetahui perlu melakukan penilaian kinerja Mitra untuk mengevaluasi memakannya.Melalui pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP), dapat diukur dengan kinerja mitra tersebut. Dalammelakukan performance appraisal partner membuat struktur hirarki terlebih dahulu, yaitu penentuan tujuan,kriteria, sub kriteria dan alternatif. Tujuannya adalah penilaian kinerja mitra, untuk kriteria ada harga barang,kualitas barang, kinerja pengiriman, pelayanan dan perilaku. Pada sub kriteria, ada harga bersaing, diskon,standar, konsistensi kualitas, daya tahan, ketepatan waktu, kuantitas, kesesuaian, garansi dan pengaduan yangtepat, dukungan operasional, responsif, kepatuhan hukum dan penyelesaian kontrak. Dan alternatifnya adalahnilai Mitra A, Mitra B, Mitra C, Mitra D, dan Mitra E. AHP untuk masing-masing pasangan berdasarkan kriteriadan sub kriteria di atas adalah A Partner = 0,315; Mitra B = 0,256; Mitra C = 0,199; Mitra D = 0.138; Mitra E =0,102. Penilaian kinerja mitra mungkin tidak bisa dilakukan mitra bisnis atau tidak.
Pengembangan Kemandirian Ekonomi Masjid Berbasiskan Jejaring Rantai Pasok Industri dan Perdagangan: Pengembangan Kemandirian Ekonomi Masjid Berbasiskan Jejaring Rantai Pasok Industri dan Perdagangan Dodi Permadi; Darfial Guslan; Dani Leonidas Sumarna
Competitive Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program pengabdian pada Masjid ATH-THOHA sebagai Masjid yang saat ini dikelola oleh DewanKemakmuran Masjid (DKM) ATH-THOHA beralamat di Gg. Golek RT.06 RW.08 Kel Batununggal Kec.Bandung kidul kota bandung telah dilakukan atau difungsikan sebagai pusat kegiatan ekonomi. Program yangdilakukan adalah membentuk embrio lembaga keuangan masjid dengan sasaran pada jamaah masjid yangmembutuhkan modal untuk berwirausaha.Saat ini telah berjalan selama 1 tahun dengan jumlah anggota sebanyak 12 orang, dengan maksimumpeminjaman sebesar Rp. 300.000,-. Dana pinjaman ini telah mampu bergulir dan membantu biaya operasionalmasjid seperti pembayaran listrik, konsumsi pengajian tiap minggu, serta kebersihan dan pemeliharaanlainnya.Pengembangan keekonomian masjid saat ini diperuntukan penambahan jumlah anggota dengan harapanmemperbesar jumlah jamaah yang terbantu dengan dana masjid yang tanpa bunga. Terdapat 2 skema usulanyaitu: bantuan pembiayaan dalam bentuk modal, pengembangan pelatihan keuangan masjid melalui pengurusDKM At-Thoha, serta program sedekah makanan/minuman sisa.
PENGARUH CUSTOMER RELATONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA PERPOSAN PADA ASOSIASI PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN EKSPRES POS DAN LOGISTIK INDONESIA JAWA BARAT: PENGARUH CUSTOMER RELATONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA PERPOSAN PADA ASOSIASI PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN EKSPRES POS DAN LOGISTIK INDONESIA JAWA BARAT Wayan Kemara Giri
Competitive Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship managementterhadap kepuasan pelanggan jasa perposan pada Asosiasi Pengiriman Jasa Ekspres danLogistik Indonesia Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeskriptif analisis dan analisis verivikatif yang dilakukan pada gerai/outlet ASPERINDOJawa Barat. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara, dengan menggunakankuesioner yang berskala likert terhadap 38 responden. Data dianalisis denganmenggunakan analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian menunjukan bahwa Customer Relationship Management berpengaruhterhadap Kepuasan Pelanggan, dimana hal tersebut dapat dilihat pada tiap dimensi yangada pada customer relationship management maupun pada kepuasan pelanggan. Sedangkansecara keseluruhan/simultan Customer Relationship Management mempunyai pengaruhbesar dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 76,1%. Dan 33,9 % lainnyaadalah pengaruh lainnya yang belum termasuk dalam dimensi penelitian ini.
Pelatihan Aplikasi Ms-Office Dalam Rangka Peningkatan Kegiatan Administrasi Guru PAUD Di Desa Cihanjuang Rahayu: Pelatihan Aplikasi Ms-Office Dalam Rangka Peningkatan Kegiatan Administrasi Guru PAUD Di Desa Cihanjuang Rahayu Supono Supono; Sari Armiati; Dewi Seviani
Competitive Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki dua fungsi dalam jenjang pendidikananak yang paling awal. Fungsi pertama adalah sebagai role model pendidikan yangmengajarkan ilmu serta keterampilan dasar pada anak didik, dan fungsi kedua adalahsebagai pengganti orang tua selama anak didik berada di sekolah. Di luar itu, seorang guruPAUD memiliki kewajiban administratif untuk mengerjakan dimulai dari perencanaanpengajaran berupa pembuatan perangkat ajar, mendokumentasikan ikhtisar selama prosespengajaran sampai melakukan pelaporan kegiatan pengajaran ke dinas terkait. Gunameningkatkan kemampuan ICT pada guru PAUD di Desa Cihanjuang Rahayu KabupatenBandung Barat, yang memiliki kurang lebih 10 PAUD dan pendidikan yang setara(Kelompok Bermain, Ta’am dan SPS), maka melalui program kemitraan masyarakat akandilakukan pelatihan aplikasi teknologi informasi. Program ini akan memberikanketerampilan dalam penggunaan aplikasi-aplikasi dasar umum untuk pelaporan danpembuatan perangkat ajar.
ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TARGET COSTING DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PADA HOME INDUSTRI PRODUKSI TAS KULIT HENNEE’S GALLERY: ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TARGET COSTING DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA PADA HOME INDUSTRI PRODUKSI TAS KULIT HENNEE’S GALLERY Rukmi Juwita; Suci Lestari
Competitive Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Biaya produksi merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan harga jualsuatu Produk. Perlu pemilihan metode yang tepat untuk menghasilkan biaya produksi yangdiinginkan, Salah satu metode yang digunakan untuk Menentukan biaya produksi bagisuatu perusahaan adalah metode target costing. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui perhitungan biaya produksi dengan metode target costing dan pengaruhnyaterhadap laba di home industri produksi tas kulit Hennee’s Gallery. Untuk mengetahuipenerapan biaya produksi perlu dilakukan 3 hal yaitu menghitung biaya produksiberdasarkan perhitungan perusahaan, melakukan value engineering, danmengaplikasikannya kedalam perhitungan biaya produksi. Hasil penelitian menyatakanbahwa perhitungan biaya produksi dengan metode target costing pada home industriHennee’s Gallery menunjukkan hasil yang berbeda dengan hasil perhitungan perusahaan,dimana penetapan target costing memberikan perhitungan biaya produksi yang lebih kecildari perhitungan perusahaan sehingga menyebabkan peningkatan terhadap labaperusahaan. Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan SPSS versi 22, diperolehhasil sebagai berikut: Koefisien korelasi yang dihasilkan adalah 1,000, yang berarti bahwavariabel biaya produksi dengan metode target costing memiliki pengaruh yang sangat kuatterhadap laba. Kemudian, hasil koefisien determinasi adalah sebesar 1,000 yang berarti labaditentukan oleh biaya produksi dengan metode target costing sebesar 100%. Uji t didapat(-3,182 ≤ 3986,125 ≤3,182) sehingga jatuh pada daerah penerimaan Ha, maka Ho ditolakdan Ha diterima. Kesimpulan yang dapat diambil adalah biaya produksi dengan Metodetarget costing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba yang diterima olehHennee’s Gallery

Page 1 of 1 | Total Record : 8