cover
Contact Name
Yoga Andriyan
Contact Email
yogaandriyanmana@gmail.com
Phone
+6285643908111
Journal Mail Official
yogaandriyanmana@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.01, Mariyat Pantai, Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
JURNAL PEMERINTAHAN POLITIK ANGGARAN DAN ADMINISTRASI PUBLIK
ISSN : -     EISSN : 29620198     DOI : -
Jurnal Pemerintahan, Politik Anggaran dan Administrasi Publik telah terdaftar dengan nomor E-ISSN 2962-0198 (media online). Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yakni Juni dan Desember oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Politik, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia. Tim Redaksi menerima artikel dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris (Bilingual). Setiap naskah yang dikirimkan akan dibaca oleh tim editorial. Naskah yang dievaluasi oleh editor dan dianggap tidak sesuai dengan kriteria Jurnal Pemerintahan, Politik Anggaran dan Administrasi Pubik ditolak tanpa tinjauan eksternal. Kemudian, naskah yang memiliki minat khusus kepada pembaca dikirim ke peer reviewer, dengan dua (2) reviewer yang berbeda untuk setiap artikel dengan menggunakan sistem double-blind. Setelah meninjau naskah, itu akan dikembalikan ke penulis untuk proses revisi. Jurnal Pemerintahan, Politik Anggaran dan Administrasi Publik merupakan yang berfokus terhada beberapa isu yakni Pemerintahan, Politik Anggaran dan Administrasi Pubik. Jurnal Pemerintahan, Politik Anggaran dan Administrasi Publik memberikan kesempatan bagi akademisi dan praktisi politik pemerintahan untuk mengembangankan terkait bidang ilmu pemerintahan,Politik Anggaran, dan Administrasi Publik melalui hasil-hasil penelitian serta kajian kritis terhadap berbagai konsep baru, fenomena dan peristiwa dalam kehidupan masyarakat dan pemerintahan.
Articles 16 Documents
Implementasi Pelayanan Administrasi Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima Taufik Irfadat; Haeril Haeril
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kepastian waktu yang dibutuhkan dalam mengurus dokumen kependudukan pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota bima; 2) Untuk mengetahui fasilitas sarana dan prasarana dalam mengurus dokumen kependudukan pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota bima; 3) Untuk mengetahui sikap disiplin pegawai dalam mengurus dokumen kependudukan pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota bima. Peneilitian ini menggunakan jenis kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu Penelitian Lapangan, dan sebaran angket dengan jumlah 55 orang responden terdiri dari unsur pimpinan dan masyarakat. Hasil kesimpulan yaitu Jawaban responden tentang kepastian waktu yang dibutuhkan dalam mengurus dokumen kependudukan pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota bima, responden menjawab baik (43,63%); Jawaban responden tentang fasilitas sarana dan prasarana dalam mengurus dokumen kependudukan pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota bima, responden menjawab sangat baik (41,82%); Jawaban responden tentang sikap disiplin pegawai dalam mengurus dokumen kependudukan pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota bima, responden menjawab sangat baik ( 41,81%).
Kualitas Pelayanan Dan Harga Sebagai Antaseden Kepuasan Konsumen Jasa Kereta Api (Studi Kasus Pada Kereta Api Prameks Jurusan Yogyakarta–Solo) Nur Khusnul Hamidah; Haeril Haeril
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi persaingan transportasi dapat dilihat melalui aspek pelayanan terhadap penyedia jasa transportasi. Memberikan pelayanan kepada pelanggan merupakan keunggulan tersendiri bagi perusahaan. Kualitas pelayanan dalam perusahaan merupakan upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen menilai bahwa harga yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen, setiap perusahaan memiliki harapan untuk terus meningkatkan fasilitas-fasilitas serta pelayanan untuk menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Kualitas Pelayanan dan Harga Sebagai Antaseden Kepuasan Konsumen Kereta Api”. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Harga. Dependen yang digunakan yaitu Kepuasan Konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Kereta Api Prameks yang sudah pernah menggunakan kereta api Prameks. Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh 100 sampel responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dengan cara metode penyebaran kuisioner yang dibagikan langsung kepada responden yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Dalam penelitian ini populasi ditujukan pada seluruh penumpang Kereta Api Prameks. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa dimensi kualitas pelayanan yang signifikan adalah jaminan dengan nilai sigifikan sebesar 0,006. Sementara atribut dimensi kualitas pelayanan yang memperoleh penilaian kepuasan yang tidak signifikan yaitu bukti fisik dengan nilai signifikan sebesar 0,591, keandalan dengan nilai signifikan sebesar 0,138, daya tanggap dengan nilai signifikan sebesar 0,935, empati dengan nilai signifikan sebesar 0,212, harga dengan nilai signifikan sebesar 0,350 terdapat pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, harga dan Kepuasan Konsumen secara simultan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 maka hipotesis diterima, dengan nilai Adjusted R2 sebesar 26,1% yang artinya sebesar 73,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kinerja Ombudsman di Maluku Utara Karmila Sinen
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ombudsman merupakan wadah untuk menjembatani antara rakyat sebagai sumber kekuasaan dengan pemerintah sebagai pemegang mandat kekuasaan tersebut. Tercapainya tujuan ombudsman tidak lepas dari peran sumber daya manusia yang memberikan kinerjanya. Kinerja ombudsman merupakan hasil kerja yang telah dikerjakan ombudsman dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Ombudsman Maluku perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak yaitu anggota dan juga masyarakat agar tercapai pelayanan publik yang berkualitas. Penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yaitu kepala ombudsman, asisten ombudsman dan masyarakat. Metode analisis menggunakan metode kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitan menunjukkan bahwa kinerja ombudsman masih belum optimal, dikarenakan masih ada kasus yang belum tertutup setiap tahunya. Namun ombudsman Maluku Utara terus berupaya memperbaiki kinerja secara efektif dan efisien. Laporan yang sering diadukan yaitu didunia pendidikan dan pemerintahan. Masalah yang ditemukan mulai dari uang masuk pada saat penerimaan siswa baru, saat ujian sekolah, les, pra ujian, ujian nasional berbagai macam pungutan, sumbangan – sumbangan. Faktor yang mempengaruhi kinerja ombudsman antara lain sumber daya manusia yang ada dikantor Ombudsman Maluku Utara sudah tersedia sesuai dengan peraturan yang ada, namun dalam pelaksanaanya masih kurang memadai, minimnya anggaran yang tersedia juga menghambat kinerja SDM dalam melakukan sosialisasi dan investigasi di lapangan, sarana dan prasarana yang tersedia juga masih minim, terlebih bangunan gedung yang sudah kurang layak dan kurangnya rendahnya ketersediaan kendaraan dan juga rendahnya partisipasi masyarakat dikarenakan minimnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang peran dan tugas ombudsman sehingga perlu adanya sosialisasi.
Perpecahan dan Soliditas Elite Partai Golkar Pada Pemenangan Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Ternate Tahun 2015 Sofyan Muhamad
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Conflict and Division of political parties in Indonesia is not a new issue, but the phenomenon had long been party Schism happened before, in the era of reform party politics have always been in a split issue with hit never finished, one of the political parties are Golongan karya, the ruling party during the new order Government has always been conflicts and the party's internal divisions, the year 2014 Golongan karya again struck with the dynamics of the Division and gave birth to the dualism of the DPP at the level of stewardship, this research aims to look at the Division and solid elite DPD I Golongan karya North Maluku on winning the election for mayor of ternate year 2015. in this research method used was qualitative case study method, in the technique of collecting data using interviews, documentation and the withdrawal of the conclusion, in this study the theory used to analyse problems is a theory institutional political party, with this theory the author can see solid and elite divisions Golongan karya ternate city in the regional head election momentum the year 2015. The results of the research there were some problems occurred in the internal Golongan karya ternate city, that the occurrence of structural conflict between Superintendent DPD I North Maluku with DPD II city of ternate, in addition there is also a policy dismissal a number of party cadres in ternate city conducted by Chairman of DPD I North Maluku, the split of the party in the region is inseparable with the dynamics of the political elite at the central level, that the split at the level of DPP implicates against decline of votes in the election of Golongan karya regional heads of ternate city, the party defeats 2015 work on the caused level of solid elite is not well formed, and this dismissal policy is the starting point of the party elite and splits in the political interest of the element value in the selection of the head of the regional city of ternate
Pola Relasi Eksekutif Dan Legislatif Pada Penyusunan Legislasi Daerah (Studi Di Pembahasan APBD Kabupaten Buru Selatan 2015) Marno Wance
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembahasan APBD merupakan proses yang sangat kompleks. Hal ini Nampak meski telah ada aturan yang mengatur tentang mekanisme pembahasan anggaran namun tetap saja di dalamnya sarat dengan pola relasi kepentingan para elit Eksekuti dan Legislatif. oleh karenya menjadi penting untuk dilakukan studi tentang (1) pola relasi Eksekutif dan Legislatif pada proses pembuatan APBD Kabupaten Buru Selatan. (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Pola Relasi Eksekutif dan Legislatif pada pembahasan APBD Kabupaten Buru Selatan Tahun 2015 oleh karenya menjadi penting untuk dilakukan studi tentang (1) pola relasi Eksekutif dan Legislatif pada proses pembuatan APBD Kabupaten Buru Selatan. (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Pola Relasi Eksekutif dan Legislatif pada pembahasan APBD Kabupaten Buru Selatan Tahun 2015. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka harus dilakukan analisis secara komprehensif untuk menemukan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Sehingga metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Dalam menentukan hasil penelitian tentang pola relasi yang terjadi maka menggunakan teori pola interkasi dalam kekuasaan model stone yang yaitu Model interaksi Decisional, model interkasi Anticipated Reaction, Interaksi Nondecisional Making, Interaksi Sytemic. Dan teori model ROCCIPI (Rule, Capacity, Comunication, interest, process, ideologi). Berdasarkan Deskripsi temuan hasil penelitian dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pola relasi Eksekutif dan Legislatif pada Pembahasan APBD Tahun 2015 sebagai berikut: Pertama, ditemukan tiga pola interaksi eksekutif dan legislatif yaitu akomondasi, dominasi, dan kompromi namun di antara ketiga pola interaksi dari keseluruhan pembahasan kebijakan anggaran ditemukan adanya proses pola yang lebih mendominasi. Kedua, Pola Interaksi Decesional Yaitu Pola pertentangan yang berlangsung pada perumusan (KUA) dan (PPAS) sehingga mengakibatkan keterlamabatan penetapan APBD, pola interakasi kekuasaan yang terjadi tawar menawar (barganing) untuk melakukan pertukaran kepentingan legislatif kepada Eksekutif yang tidak diakomodir Pada (RKA) SKPD.Ketiga, pola interkasi Anticipated Reaction yaitu Pemerintah Kabupaten Buru Selatan menerima kepentingan DPRD yang mejadi rekomendasi Reses untuk menjaga kestabilan pembahasan APBD Tahun 2015.
Implikasi Kebijakan Tribun Timur Dalam Pemberitaan Infotainment Terhadap Nilai Berita Dan Profesionalisme Jurnalis Rahmat Hidayat; Sofyan Muhamad; Munzir Munzir
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 1 No 1 (2021): JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan menganalisis pemahaman jurnalis tribun timur dalam pemberitaan infotainment dan bagaimana proses jurnalistik dalam peliputannya. Penelitian kali ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berdasarkan studi kepustakaan sebagai data sekunder dan penggumpulan data primer dengan cara observasi (pengamatan langsung), wawancara mendalam dari satu responden ke-responden berikutnya. Menggunakan teknik analisis data atau metode pengolahan data yakni dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Dalam penelitian ditemukan hasil yang menunjukkan bahwa semua berita terperoses dengan menggunakan media terhubung pada sistem jaringan internet (online), baik dikumpulkan ataupun dikirim oleh jurnalis di-lapangan dan dilakukan penyaringan, berita-berita tertentu untuk tampil di Koran (media cetak). Beberapa pertimbangan salah satunya muatan (isi/bobot) dalam berita, luasnya cakupan media dan usia pembaca. Hasil penelitian terkait gosip bukan sebuah berita sebelum melaui proses panjang, memiliki data pendukung sebagai fakta dan mendapatkan bentuk verifikasi atau data telah terferivikasi. Tentunya ketika gosip harus menjadi sebuah berita maka harus betul-betul dibuktikan oleh jurnalis sendiri. Namun berbeda dengan infotainment yang memang telah menjadi produk jurnalis, disebabkan kerena infotainment memiliki bagian-bagian luas bukan hanya semata hiburan tertentu.
Efektivitas komunikasi Interpersonal dalam Menjembatani Terlaksananya Peran Komite Sekolah di Satuan Pendidikan (Studi Pada SMP Muhammadiyah Kota Sorong) Nursyamsi Nursyamsi; Juminah Juminah; Canggi Araliya Aprianti Ode
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 2 No 1 (2022): JURNAL PEMERINTAHAN POLITIK ANGGARAN DAN ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas komunikasi interpersonal dalam menjembatani terlaksananya peran Komite Sekolah di satuan pendidikan dalam hal ini pada SMP Muhammadiyah Kota Sorong. Lokasi penelitian ini dipilih karena peneliti melihat ada korelasi yang baik dan sinergis antara Komite Sekolah dengan sekolah dimana sekolah ini merupakan salahsatu sekolah berprestasi yang ada di kota kendari dengan Komite Sekolah yang aktif. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti dari segi pola komunikasi yang ada didalamnya. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggambarkan terlebih dahulu data yang diperoleh baik data primer maupun data sekunder kemudian mengklasifikasikan dan mengaktegorikan data dalam berbagai hal yang berkaitan dengan permasalahan untuk kemudian menarik suatu kesimpulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam (in-dept interview) dan melalui observasi langsung di lapangan. Berdasarkan hasil wawancara dengan informan, dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi interpersonal yang terjalin dintara pihak sekolah dan Komite Sekolah telah berjalan dengan baik. Hal tersebut nampak dari keterbukaan dan dukungan yang selalu diberikan pihak Komite Sekolah terhadap kegiatan ataupun program-program yang ada di sekolah baik secara secara moril maupun materiil. Sehingga penulis melihat peran Komite Sekolah yang ada di SMP Muhammadiyah Kota Sorong telah berjalan secara baik dan sinergis dengan pihak sekolah
Analisis Kebijakan: Pengembangan Usaha Sektor Perikanan pada Kawasan Ekonomi Khusus Sorong Edy Supardi; Muh Izhar Difinubun; Sofyan Muhamad
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 2 No 1 (2022): JURNAL PEMERINTAHAN POLITIK ANGGARAN DAN ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Sorong dan Kota Sorong merupakan wilayah di sebelah Barat Papua yang sangat strategis karena menjadi ‘pintu masuk’ ke Provinsi Papua lainnya. Wilayah terdekat Kabupaten Sorong adalah Kota Sorong sebagai kota perdagangan dan industri jasa, sedangkan Kabupaten Sorong merupakan kawasan dengan sumber daya alam sangat potensial untuk dikembangkan yang dapat membuka peluang investasi seluas-luasnya. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) adalah kawasan dengan batas tertentu untuk melaksanakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu. Kawasan tersebut disiapkan untuk memaksimalkan kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi. KEK Sorong yang terletak di Selat Sele memberikan keunggulan geoekonomi yaitu potensi di bidang perikanan dan transportasi laut. Lokasi ini juga sangat strategis untuk pengembangan industri logistik, agroindustri, dan pertambangan, sehingga KEK Sorong didesain pengembangannya sesuai dengan 3 (tiga) potensi tersebut dan diprediksi akan menghasilkan investasi sebesar Rp 32,2 triliun pada tahun 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alternatif kebijakan KEK Sorong terhadap pertumbuhan ekonomi di sektor usaha perikanan dan kelautan terutama di Provinsi Papua Barat yang dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan metode display analyzis, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi wilayah di Papua Barat dan Papua Barat Daya. Hasil penelitian ini merekomendasikan perlunya stakeholders mengembangkan teknologi moderen pada industri rumahtangga (home industry) dan industri pengolahan ikan berskala besar pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong dan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya
Pengaruh Iklim Organisasi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Dosen Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Wisnu Wardoyo
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 2 No 1 (2022): JURNAL PEMERINTAHAN POLITIK ANGGARAN DAN ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Iklim Organisasi (x1), Motivasi Kerja (x2), dan Kepuasan Kerja (x3) secara parsial dan simultan terhadap Kinerja Dosen (Y) di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, dengan desain deskriptif korelasional dengan sampel sebanyak 81 dosen, dengan menggunakan teknik Total Sampling. Dilakukan dua uji hipotesis yaitu uji T dan uji ANOVA. Uji-t dilakukan untuk mengetahui secara parsial pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Uji ANOVA dilakukan untuk menilai korelasi beberapa variabel independen terhadap variabel dependen. Nilai adjusted R2 masing-masing variabel bebas pada (Y) adalah sebagai berikut: variabel X1 sebesar 0,141, variabel x2 sebesar 0,071, dan variabel x3 sebesar 0,047. Hasil pengujian nilai F untuk x1, x2 dan x3 adalah 7,618, signifikansi 0,000 dan (sig.) < 0,05, maka korelasi x1, x2 dan x3 terhadap (Y) adalah linear. Didapatkan Fhitung sebesar 7,618 sedangkan Ftabel sebesar 2,492. Nilai Fhitung sebesar 7,618 sedangkan Ftabel sebesar 2,492. Oleh karena itu, nilai adjusted R2 adalah 0,199.
Analisis Kinerja Dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Teon Nila Serua Kabupaten Maluku Tengah Gustaf Doland Wewra
JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK Vol 3 No 1 (2023): JURNAL PEMERINTAHAN POLITIK ANGGARAN DAN ADMINISTRASI PUBLIK
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kinerja Pemerintah Kecamatan Teon Nila Serua serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Kecamatan Teon Nila Serua. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diolah dari hasil pengamatan, wawancara serta mengevaluasi seberapa jauh faktor kepemimpinan dan budaya berpengaruh terhadap kinerja pemerintah Kecamatan Teon Nila Serua. Unit analisis dalam penelitian ini yaitu kantor Kecamatan Teon Nila Serua sebagai suatu organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pemerintah Kecamatan Teon Nila Serua dikategorikan rendah. Hal ini dapat dilihat dari indikator tangibles/tampilan, reliability/kehandalan, responsiviness/ketanggapan, assurance/jaminan, dan emphaty/empati. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Teon Nila Serua Kabupaten Maluku Tengah yaitu kurangnya sumber daya manusia, pegawai yang malas datang ke kantor, lingkungan kantor kecamatan yang kotor, sebagian besar pegawai yang merangkap jabatan sebagai karteker di negeri-negeri yang belum mempunyai raja defenetif, ketidakdisiplinan pegawai terhadap kehadiran lebih awal, ketidaksadaran pegawai melayani masyarakat dengan dan masih kurangnya sarana prasarana penunjang pelayanan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16