cover
Contact Name
Lukmanul Khakim
Contact Email
d3komputerpoltektegal@gmail.com
Phone
+6285642917672
Journal Mail Official
smartcomp@poltektegal.ac.id
Editorial Address
Jalan Mataram No 9 Pesurungan Lor Kota Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
SmartComp
ISSN : 2089676X     EISSN : 25490796     DOI : 10.30591
Smart Comp(p-ISSN: 2089-676X, e-ISSN:2549-0796) is a nationally peer reviewed computer science journal open for researchers from the field of Information Technology, Computer Engineering, Informatics Engineering, Electrical & Electronics Engineering and related researches. Smart Comp has been published continuously since 2012 Starting in year 2016, the journal issues are published online regularly under Open Access Policy. Jurnal Smart Comp is currently indexed/included in Google Scholar, PKP Index, Portal Garuda, Sinta, etc. Please read these author guidelines carefully. Authors who want to submit their manuscript to the editorial office of Smart Comp should obey the writing guidelines. If the manuscript submitted is not appropriate with the guidelines or written in a different format, it will be REJECTED by the editors before further reviewed. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015)" : 6 Documents clear
FILM DOKUMENTER MEBEL BALAPULANG Aunurrofiq Aunurrofiq; Very Kurnia Bakti; Haryo Guritno
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/smartcomp.v4i1.248

Abstract

Perkembangan teknologi multimedia saat ini telah memasuki aspek kehidupan manusia di berbagai sektor.Multimedia merupakan sarana media informasi yang terdiri dari gabungan beberapa elemen, yaitu teks, video,gambar diam (still image), dan audio. Dan salah satu aplikasi multimedia yang menonjolkan kreasi baru dalammengungkapkan ide dan gagasan seseorang adalah Film.Film dokumenter dimanfaatkan untuk media pengetahuan kepada masyarakat akan potensi seni batik daerah danmempublikasikanya kepada masyarakat yang lebih luas tentang Seni Mebel Balapulang agar mengetahui senitersebut.Penelitian ini mencoba mengenalkan tentang seni kerajinan Mebel Balapulang. Serta pengembanganpengetahuan dan kreativitas mahasiswa dalam pembuatan film dokumenter.Kata Kunci : Film Dokumenter, Mebel Balapulang, Pinnacle 14
RANCANG BANGUN WEB PENJUALAN PADA TOKO SKA SOLUTION TEGAL Dany Artha Widiyanto; Oman Somantri; Wildani Eko Nugroho
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/smartcomp.v4i1.249

Abstract

Bisnis penjualan barang secara konvensional biasanya dilakukan hanya melalui outlet-outlet yangtersedia. Sekarang terdapat metode baru dan mulai berkembang pesat, yaitu dengan cara online. Melalui cara iniagar tidak perlu lagi pergi ke berbagai toko di daerah hanya untuk mendapatkan barang yang dicarinya. Userhanya perlu mengakses internet dan mencari situs toko online. Situs-situs tersebut akan menampilkan berbagaibarang yang ditawarkan oleh perusahaan. Bisnis tersebut dapat meraih keuntungan lebih banyakdibandingkan dengan penjualan melalui toko saja, karena dapat memberikan efisiensi dan kenyamanan userdalam melakukan pemesanan barang.Permasalahan yang terjadi pada Ttoko SKA Solution Tegal adalahkarena sistem penjualan yang ada di toko tersebut masih menggunakan metode konvensional yaitu setiapkonsumen yang ingin membeli barang harus mendatangi toko. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalahtersebut yaitu dengan mengembangkan sebuah website penjualan online agar dapat memberikan kemudahanbertransaksi maupun informasi kepada konsumen.Kata kunci :Website, Penjualan, Ecommerce, Ska Solution Tegal.
GAME EDUKASI PENGENALAN CARA HIDUP HEWAN DAN TUMBUHAN UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS 4 Firdaus Arifin; Taufiq Abidin; Muhammad Humam
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/smartcomp.v4i1.250

Abstract

Media pembelajaran Biologi tentang cara hidup hewan dan tumbuhan di sekolah dasar saat ini masih banyakmengunakan metode pembelajaran secara konvensional karena terbatasnya alat peraga yang dibutuhkan, haltersebut membuat banyak siswa kurang maksimal dalam menyerap materi yang diberikan, atas dasar itulahyang mendasari pembuatan Game Edukasi ini, sebagai media pembelajaran dengan tujuan memudahkan gurudalam menyampaikan materi dan meningkatkan penyerapan materi oleh siswa sekolah dasar.Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data dari obyek danmengunakan landasan literatur dengan mempelajari teori-teori dari buku, internet maupun tulisan-tulisan yangdapat membantu masalah dengan menguji kebenaran dari penelitian.Dari hasil penelitian ini adalah sebuah metode pembelajaran berupa Game Edukasi yang dibuat mengunakanMacromedia Flash 8 , Game Edukasi ini dapat digunakan sebagai pendukung metode pembelajaran yang sudahada khususnya pada mata pelajaran Biologi tentang cara hidup hewan dan tumbuhan.Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Game Edukasi, animasi Flash, Macromedia Flash.
APLIKASI PERPUSTAKAAN PADA SMA NEGERI 3 BREBES Denny Fauzi; Rais Rais; Eko Budihartono; Mc Chambali
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/smartcomp.v4i1.151

Abstract

Perkembangan komputer dari waktu ke waktu semakin meningkat dan persaingan bisnis pun semakin ketat.Kemajuan teknologi pastinya juga bersentuhan dengan komputer. Komputer merupakan sarana yang sangatdibutuhkan bagi setiap manusia. Hal ini dikarenakan manfaat yang diperoleh jauh lebih besar dibandingkandengan komponen lainnya. Komputer juga dapat memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat, mengurangipotensi terjadinya kesalahan pengolahan data dibandingkan pengolahan data secara manual. Hanya sajapenggunaan komputer ini dalam beberapa bidang, pengolahan data masih menggunakan aplikasi yang sederhanadan kurang kompleks sehingga dapat menyebabkan data yang dihasilkan kurang akurat dan efisien. Membuataplikasi perpustakaan pada SMA Negeri 3 Brebes yang dapat menangani pembuatan laporan data Anggota,laporan Buku, laporan peminjaman, laporan pengembalian. Mengimplementasikan Aplikasi perpustakaan kedalam bahasa pemograman, sehingga dihasilkan suatu program aplikasi yang dapat mengelola data Anggota,transaksi peminjaman serta pengembalian sehingga dapat mencetak laporan data Anggota, laporan Buku,laporan peminjaman, laporan pengembalian.Kata Kunci: Aplikasi, Perpustakaan
PERANCANGAN SMART APPLICATION BERBASIS MOBILE UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DAN SOLUSI PENANGANANNYA Slamet Wiyono; Dairoh Dairoh
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/smartcomp.v4i1.251

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dapat memperbaiki kualitas hidup manusia. Hal inimendorong para ahli untuk semakin mengembangkan komputer agar dapat membantu kerja manusia ataubahkan melebihi kemampuan kerja manusia. Apabila terjadi gangguan kesehatan, orang lebih mempercayakankepada pakar atau dokter ahli. Namun dengan kemudahan adanya pakar atau dokter ahli, terkadang terdapat pulakelemahanya seperti jam kerja (praktek) terbatas dan banyaknya pasien sehingga harus menunggu antrian.Sistem pakar merupakan bagian dari kecerdasan buatan yang terdiri dari pengetahuan dan pengalaman daribanyak pakar yang dimasukkan ke dalam suatu basis pengetahuan. Sistem pakar dibuat untuk mendiagonasisakit, gangguan kesehatan yang dialami user ataupun hanya untuk menambah pengetahuan user tentangkesehatan dengan mengenali ciri-cirinya. User diberikan tampilan bagian tubuh manusia, kemudian usertersebut memilih bagian tubuh yang ingin dicari diagnosanya. Setelah user memilih bagian tubuh manusiatersebut maka user akan dihadapkan dengan sejumlah pertanyaan keluhan dengan menjawab opsi ya atau tidak.Setelah user menjawab semua pertanyaan maka sistem akan mendiagnosa penyakit dengan menampilkan namapenyakit, sebab-sebab munculnya penyakit, serta memberikan saran obat atau perawatan yang dapat dilakukan.Kata kunci: kesehatan, sistem pakar, teknologi mobile
APLIKASI PENGONTROL NYALA LAMPU BERBASIS ARDUINO DAN RTC Irwan Pitoro; Arfan Haqiqi Sulasmoro; Miftakhul Huda
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/smartcomp.v4i1.247

Abstract

Diperlukan sebuah alat yang secara otomatis dapat mengatur hidup dan matinya lampu dalam suatu ruanganberdasarkan waktu yang ditentukan. Sehingga lampu akan nyala dan padam dengan sendirinya apabilawaktunya sudah diatur. Dengan adanya suatu alat yang seperti disebutkan diatas maka pemakaian energi listrikdapat dimanfaatkan lebih efisien dan dapat mengurangi biaya pemakaian listrik. Selain itu, pemakaian energilistrik yang efisien juga dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan akibat pemakaian energi yangberlebihan seperti Global Warming.Kata Kunci : Alat Pengontrolan Otomatis

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 2 (2024): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 13, No 1 (2024): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 12, No 4 (2023): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 12, No 3 (2023): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 12, No 2 (2023): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 12, No 1 (2023): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 11, No 4 (2022): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 11, No 3 (2022): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 11, No 2 (2022): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 11, No 1 (2022): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 10, No 3 (2021): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 10, No 2 (2021): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 10, No 1 (2021): Smart Comp : Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 9, No 2 (2020): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 9, No 1 (2020): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 8, No 2 (2019): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 8, No 1 (2019): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 7, No 2 (2018): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 7, No 1 (2018): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 6, No 2 (2017) Vol 6, No 1 (2017) Vol 5, No 2 (2016) Vol 5, No 1 (2016) Vol 4, No 2 (2015) Vol 4, No 1 (2015) Vol 3, No 2 (2014) Vol 3, No 1 (2014) Vol 2, No 4 (2013): Smart Comp Vol 2, No 3 (2013): Smart Comp Vol 1, No 2 (2012): Smart Comp Vol 1, No 1 (2012): Smart Comp More Issue