cover
Contact Name
Kuncoro Asih Nugroho
Contact Email
pend_fisika@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pend_fisika@uny.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : 30259215     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. Prosedur penerbitan dalam jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Ruang lingkup artikel dalam jurnal ini adalah pendidikan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Fisika" : 4 Documents clear
PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KONVENSIONAL PADA MATERI SUHU DAN KALOR NAVIS AININNAH NAVIS AININNAH; Yusman Wiyatmo Yusman Wiyatmo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Intisari-Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar fisika aspek kognitif yang signifikan antara pembelajaran berbasis masalah dan konvensional pada materi Suhu dan Kalor kelas X, dan (2) Mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara pembelajaran berbasis masalah dan konvensional pada materi Suhu dan Kalor kelas X.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 1 SMAN 1 Depok, tahun ajaran 2015/2016. Sebagai sampelnya adalah pada aspek hasil belajar kognitif sebanyak 28 siswa kelas X-A dan 28 siswa kelas X-B, sedangkan pada aspek kemampuan pemecahan masalah sebanyak 25 siswa kelas X-A dan 25 siswa kelas X-B. Kelas X-A merupakan kelas eksperimen yang mendapatkan penerapan pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas X-B merupakan kelas kontrol yang mendapatkan penerapan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest, kemudian melakukan pembelajaran dan diikuti dengan observasi keterlaksanaan pembelajaraan. Setelah selesai mengikuti pembelajaran peserta didik diberi posttest. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test pada taraf signifikansi 5 %.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan yang siginifikan pada peningkatan hasil belajar fisika aspek kognitif antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional dengan signifikansi 0,234. (2) Tidak terdapat perbedaan yang siginifikan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional dengan signifikansi 1,000.Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, aspek kognitif, kemampuan pemecahan masalahAbstract-This research’s purposes: (1) Determining whether there was a difference in cognitive and problem solving skills physics learning outcome of X grade between problem based learning and conventional on the topic of temperature and heat, and (2) determining whether there was a difference in of problem solving capabilities between problem based learning and conventional on temperature and heat from X grade. This research was quasi experiment, which uses problem based learning model and conventional. The study population was students of X grade in SMAN 1 Depok 2nd semester, academic year 2015/2016. The sample was on the cognitive aspects of learning outcomes by 28 students of X-A class and X-B, while the aspect of problem based solving abilities was 25 students of X-A class and X-B. X-A class was an experiment class that get the application of problem based learning, while the X-B class was a control class which use the conventional learning method. The data were collected by giving a pretest, then followed by learning process and observation. After completing the learning process, students were given the posttest. Hypothesis testing method use was independent sample t-test on significance level of 5%. The results showed that: (1) there is no significant difference in the improvement of cognitive aspects of physics learning outcomes between group of students using problem based learning model and conventional model with a significance of 0,234. (2) there is no significance difference in problem solving ability improvement between the group of students using problem based learning model and conventional model with significance of 1.000.Key’s words: problem based learning, cognitive, problem solving abilities
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONCEPTUAL ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET WITH CONCEPTUAL ATTAINMENT METHOD TO IMPROVE CONCEPTS UNDERSTANDING AND SCIENCE PROCESS SKILLS IN EQUILIBRIUM AND ROTATIONAL DINAMICS Syella Ayunisa Rani Syella Ayunisa Rani; Yusman Wiyatmo Yusman Wiyatmo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian adalah untuk: (1) menghasilkan LKPD berbasis Conceptual Attainment, (2)mengetahui peningkatan pemahaman konsep, (3) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain Four D Models (define, design, develop,dan disseminate). Produk yang dikembangkan diujicoba di kelas XI SMA Negeri 1 Magelang, 20 pesertadidik untuk uji terbatas dan 33 peserta didik untuk uji lapangan. Hasil penelitian: (1) dihasilkan LKPDberbasis Conceptual Attainment yang layak digunakan dilihat dari penilaian kesesuaian tata bahasa dantampilan PA 96,97%, kesesuaian pembelajaran berbasis Conceptual Attainment PA 95,24%, dan kesesuaianpembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains PA 95%, ketiganya dalam kategori sangatbaik. Kecenderungan respon peserta didik terhadap aspek penilaian LKPD adalah setuju, dengan persentaseuji terbatas 78% dan uji lapangan 89%. (2) Peningkatan pemahaman konsep uji terbatas 0,56 dan ujilapangan 0,50, keduanya dalam kategori sedang. (3) Peningkatan keterampilan proses sains tidak signifikanpada uji terbatas maupun pada uji lapangan dengan range 0,1-0,3.Kata kunci: LKPD, Conceptual Attainment, pemahaman konsep, keterampilan proses sainsAbstractThis research aims were to: (1) produce Conceptual Attainment student worksheet, (2) know conceptsunderstanding improvement, (3) know science process skills improvement. This was a developmentresearch by using 4-D models (define, design, develop, and disseminate). The development product wastested in grade XI SMA Negeri 1 Magelang, 20 students for limited test and 33 students for field test. Theresearch results: (1) were produced student worksheet based on validator’s score from language structureand design PA 96.97%, appropriate learning with Conceptual Attainment method PA 95.24%, and learningto improve science process skills PA 95%, which all aspects got the best category. Almost students agreedto the worksheet with presentation 78% for limited test and 89% for field test. Concepts understandingimprovement based on Normalized Gain (g) were 0.56 for limited test and 0.50 for field test. Scienceprocess skills improvement weren’t significant for all the test with range 0.1-0.3.Keywords: student worksheet, Conceptual Attainment, concept understanding, science process skills
PENGEMBANGAN LKS FISIKA BERORIENTASI SCIENTIFIC INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IDENTIFIKASI VARIABEL DAN INTERPRETASI DATA MATERI FLUIDA UNTUK SISWA SMA KELAS XI DEVELOPMENT OF SCIENTIFIC INVESTIGATION-BASED WORKSHEET FOR ELEVENTH GRADE STUDENTS TO ENHANCE THE SKILLS OF IDENTIFYING VARIABLES AND INTERPRETING DATA OF THE SUBJECT FLUID AFIFAH KHAERUNNISA PURNAMA AFIFAH KHAERUNNISA PURNAMA; BAMBANG RUWANTO BAMBANG RUWANTO
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS berorientasi scientific investigation yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika bagi siswa SMA kelas XI dan untuk mengetahui hasil ketercapaian siswa dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi variabel dan interpretasi data setelah menggunakan LKS scientific investigation dalam pembelajaran fisika materi fluida statik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D Models (define, design, develop, dan disseminate). Produk LKS yang dikembangkan diujicoba sebanyak dua kali di SMAN 1 Ngaglik dengan 15 siswa pada uji coba terbatas dan 31 siswa pada uji coba lapangan operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan LKS berorientasi scientific investigation yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika materi fluida statik bagi siswa SMA kelas XI yang ditinjau dari hasil telaah instrumen LKS oleh validator ahli dan validator praktisi dengan kategori sangat baik, analisis penilaian angket respon siswa dengan kategori sangat baik, serta reliabilitas ICC dengan koefisien alpha sebesar 0.785 (acceptable). 2) Persentase ketercapaian siswa dalam mengidentifikasi variabel secara keseluruhan meningkat dari 8.82% menjadi 73.76%, sedangkan kemampuan siswa dalam menginterpretasi data meningkat dari 26.98% menjadi 75.13%. Dengan demikian, LKS scientific investigation keterpakaiannya dapat dikategorikan baik. Kata kunci: lembar kerja siswa, identifikasi variabel, interpretasi data, hasil belajar Abstract This research aims to produce a scientific investigation-based student worksheet suitable for eleventh grade students to learn physics, and to measure students’ achievement level in enhancing their ability to identify variables and to interpret data after their use of scientific investigation-based in studying physics, particularly static fluids. The research is development research of 4-D Models (define, design, develop, and disseminate). The developed worksheet was use in SMAN 1 Ngaglik that involved as many as two times of trials with 15 students in limited trial and 31 students in extensive trial. The result of this research showed that : 1) a scientific investigation-based worksheet has been produced, suitable for students of eleventh grade to study physics, particularly on the subject of static fluids, as reviewed from the result of the research over the worksheet’s instrument by experts and validators, which was categorized as very good; as well as from the assessment analysis of the students’ responses, which was also categorized as very good. According to the result of ICC reliability test, an alpha coefficient of 0.785 (accepatable) has been obtained. 2) The percentage of the students’ achievement in identifying variables has overall increased, from 8.82% to 73.76%. Meanwhile the percentage of the students’ ability to interpret data has increased as well, from 26.98% to 75.14%. Therefore, the usage of this scientific investigation-based worksheet can be categorized into decent. Keywords: student worksheet, variable identification, data interpretation, learning result
PENGEMBANGAN LKS DISCUSSION ACTIVITY BERBASIS PENILAIAN KERJA AMALI (PEKA) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR THE DEVELOPMENT OF WORKSHEET’S DISCUSSION ACTIVITY BASED ON SCIENCE PRACTICAL WORK ASSESMENT FOR TEMPERATURE AND HEAT MATERIALS IN LEARNING PHYSICS Winda Arwin Setyani Winda Arwin Setyani; Yusman Wiyatmo Yusman Wiyatmo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk LKS Discussion Activity berbasis PEKA agar layak untuk prosespembelajaran fisika pada materi pokok Suhu dan Kalor, dan (2) mengetahui tingkat ketercapaian keterampilan proses danpemahaman konsep siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor dengan menggunakan LKS Discussion Activity berbasis PEKA.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan RD (Research and Development) dengan menggunakan model4D.Tahap def ine merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan denganmengembangkan rancangan awal LKS Discussion Activity dan instrumen penelitian. Tahap develope dilakukan untukmenghasilkan LKS Discussion Activity yang layak serta untuk mengetahui tingkat keterampilan proses dan pemahamankonsep siswa. Kelayakan LKS Discussion Activity dilihat dari skor skala 5 dari hasil validasi validator, reliabilitas AlfaCronbach hasil pekerjaan siswa terhadap LKS Discussion Activity, dan hasil respon siswa menggunakan skor skala lima.Tingkat keterampilan proses dilihat dari pekerjaan siswa pada LKS Discussion Activity, sedangkan pemahaman konsep siswadilihat dari skor posttest siswa. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran LKS Discussion Activity dalam skala yangluas.Hasil penelitian pengembangan ini adalah : (1) produk LKS Discussion Activity layak dengan kategori sangat baik,berdasarkan hasil Reliabilitas Alfa Cronbach LKS Discussion Activity mempunyai tingkat reliabilitas sangat tinggi, sertahasil respon siswa dengan kategori baik. Tingkat ketercapaian keterampilan proses siswa mempunyai nilai rata-rata dengankategori baik. Tingkat ketercapaian pemahaman konsep siswa siswa SMA N 7 Yogyakarta pada materi pokok Suhu danKalor dengan menggunakan LKS Discussion Activity berbasis PEKA berdasarkan nilai posttest mempunyai nilai rata-ratadengan kategori baik.Kata Kunci: LKS, PEKA, Discussion Activity, Suhu dan KalorAbstractThis research is aimed to: (1) produce worksheet’s Discussion Activity based on Sciene Practical Work Assesment so that itwill be feasible for the learning process for temperature and heat materials in physics subject, and (2) f ind out theachievement of process skills and concept understanding of temperature and heat materials using the Assessment ofworksheet’s Discussion Activity based on Sciene Practical Work Assesment.This study is a research and development using the 4D .The def ine stage is the early stage in def ining the problems. Thedesign stage is done by developing the plan f or the worksheet’s Discussion Activity and the research insteruments. Thedevelop stage is done to produce f easible worksheet’s Discussion Activity and also to f ind out the students’ achievement ofprocess skills and concept understanding. The f easibility of the worksheet’s Discussion Activity is observed f rom 5 scale scoreof the validator’s results, Alf a Cronbach’s reliability of students’ worksheet’s Discussion Activity results, and students’responses using f ive scale score. The level of process skills can be seen f rom students’ works in the worksheet’s DiscussionActivity while the concept understanding can be seen f rom the students’ posttest scores. The disseminate stage is done t odistribute worksheet’s Discussion Activity in a large scale.The results of this research and development are: (1) the worksheet’s Discussion Activity product is f easible f or the physicslearning process have the excellent categories, , based on the result of Alf a Crobach’s reliability, worksheet’s DiscussionActivity 1, 2, and 3 have high reliability, also the students’ responses have the categories goo. The average score forachievement of process skills is good, while the posttest average in 5 scale score f or concept understanding’s achievement ofthe SMA N 7 Yogyakarta’s students in temperature and heat materials using worksheet’s Discussion Activity based onAssessment of Practical Work in Science is good.Keywords: worksheet, Sciene Practical Work Assesment, Discussion Activity, temperature and heat

Page 1 of 1 | Total Record : 4