cover
Contact Name
Kuncoro Asih Nugroho
Contact Email
pend_fisika@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pend_fisika@uny.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : 30259215     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. Prosedur penerbitan dalam jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Ruang lingkup artikel dalam jurnal ini adalah pendidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 5 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika" : 7 Documents clear
DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET BASED ON MULTIMEDIA TO IMPROVE THE RESULT OF COGNITIVE LEARNING AND INTEREST OF PHYSICS LEARNING ON CLASS X INMOMENTUM AND IMPULSE MATERIALS Bunga Aditya Octaviana, Subroto, Sumarna
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 7, No 5 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan LKPD berbasis multimedia yangdapat digunakan pada pembelajaran fisika, 2) mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar kognitif dan 3) mengetahui besarnya peningkatan minat belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan pembelajaran dan analisis perencanaan kebutuhan tampilan media . Pada tahap design dilakukan pemilihan materi, format desain awal dan pembuatan LKPD berbasis multimedia. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh validator, dilanjutkan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran LKPD berbasis multimedia untuk pembelajaran fisika di SMA N 1 Minggir. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi penilaian, angket minat belajar, pengamatan minat belajar, pretest dan posttest, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan secara kualitatif yaitu dengan menarik kesimpulan dari saran validator, secara kuantitatif yaitu dengan sbi,Aiken’s V, Iteman, dan Standard Gain untuk menganalisis penilaian validator, uji soal pretest dan posttest, respon siswa, peningkatan minat dan hasil belajar kognitif. Hasil penelitian pengembangan produk yang diperoleh: 1) lembar kerja peserta didik berbasis multimedia dapat digunakan pada pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,53; dan 3) peningkatan minat belajar fisika peserta didik berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,5 untuk angket dan 0,51 untuk lembar observasi. Kata kunci: LKPD, multimedia, minat belajar, hasil belajar kognitif. Abstract The aim of this research are to1) make LKPD based on multimedia which can be used in physics learning, 2) know the magnitude of theimproving result of cognitive learning and 3) know the magnitude of the improving interest of physics learning. This research is a development research (RD) with 4-D models (Define, Design, Develop, Disseminate).The define phase consists of initial analysis, student analysis, task analysis, consept analysis, specification of goal learning and planning analysis of the media display needs. The design phase consists of material selecting, initial design format and LKPD based on multimedia making. The develop phase shows validations by validator, continued with limited experiment and operational experiment. The disseminate phase is done by distributing LKPD based on multimedia to physics learning at SMA N 1 Minggir. The data accumulation instrument used are an assessment validation sheet, interest of physics learning questionnaire sheet, monitoring of interest sheet, pretest and posttest sheet, and student response questionnaire sheet.Data analysis techniques used qualitatively by drawing conclusions from validator suggestions, quantitatively with sbi, Aiken's V, Iteman, and Standard Gain to analyze validator assessment, pretest and posttest test, student response, interest improvement and cognitive learning results. Results of product development research obtained: 1) multimedia-based student worksheets can be used on physics learning with very good category; 2) improvement of cognitive learning outcomes of learners are in the medium category with a value of standard gain of 0.53; and 3) increased interest in physics learning of learners are in the medium category with a standard gain value of of 0.5 for the questionnaire and 0,51 for the observation sheet. Keywords : LKPD, multimedia, interest in learning, cognitive learning outcomes
EFFECTIVENESS OF HIGH SCHOOL PHYSICS LEARNING MEDIA INTEGRATED BY TSUNAMI DISASTER EDUCATION IN TERMS OF ENHANCEMENT OF MASTERY LEARNING AND NATURAL DISASTER PREPAREDNESS Inayati Hajjar Akbari , Yusman Wiyatmo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 7, No 5 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui keefektifan media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami ditinjau dari peningkatan penguasaan materi, (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami ditinjau dari peningkatan kesiapsiagaan bencana alam, (3) mengetahui adanya perbedaan penguasaan materi, dan (4) mengetahui adanya perbedaan kesiapsiagaan bencana alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen jenis control group pre-test-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Bambanglipuro tahun pelajaran 2017/2018. Materi fisika yang diajarkan yaitu Usaha dan Energi. Instrumen pengumpulan data yaitu angket kesiapsiagaan bencana alam, soal tes, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan Uji GLM-MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami lebih efektif daripada pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari peningkatan penguasaan materi, (2) media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami lebih efektif daripada pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari peningkatan kesiapsiagaan bencana alam, (3) terdapat perbedaan peningkatan penguasaan materi, dan (4) terdapat perbedaan peningkatan kesiapsiagaan bencana alam. Kata kunci: Media Pembelajaran Fisika Terintegrasi Pendidikan Kebencanaan Tsunami, hasil belajar, kesiapsiagaan bencana tsunami, usaha dan energi. Abstract The purpose of this research is (1) to know the effectiveness of physics learning media integrated by tsunami disaster education in terms of enhancement of mastery of learning, (2) to know the effectiveness of physics learning media integrated by tsunami disaster education in terms of enhancement of natural disaster preparedness, (3) to find out the differences in mastery of learning, (4) to find out the differences in natural disaster preparedness. This research is an experimental research with the control group pretest-posttest design. The population of this research are first grade students of SMA N 1 Bambanglipuro in academic year 2017/2018. The matter physics that taught is work and energy. The instrument of data collection are test question, questionnaire of disaster preparedness, observation sheet of RPP implementation, and validation sheet. Data analysis using GLM-MANOVA test. The result of the research shows that: (1) physics learning media integrated by tsunami disaster education is more effective than conventional physics learning viewed from enhancement of mastery of learning and natural disaster preparedness, and (2) there were differences of mastery of learning and natural disaster preparedness between students which follows the physics learning using physics learning media integrated by tsunami disaster education and the conventional learning model. Keywords: Physics Learning Media Integrated by Tsunami Disaster Education, learning outcomes,natural disaster preparedness, work and energy
THE DEVELOPMENT OF AUDIO VISUAL MEDIA IN DISCOVERY LEARNING IN GRAVITATION NEWTON MATERIAL TO INCREASE STUDENT COGNITIVES LEARNING OUTCOMES CLASS X IN ANGKASA ADISUTJIPTO SHS Eva Anggraini , Jumadi
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 7, No 5 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan produk media audio visual pada pembelajaran discovery learning yang layak digunakan. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa menggunakan media audio visual pada pembelajaran discovery learning .(3) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa antara kelas yang menggunakan media audio visual denga kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4 D Model. (pendefinisisan, perancanagan, pengembangan, dan penyebaran. berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap media audio visual pada beberapa aspek dengan skor rata-rata 3,225 dengan kategori baik. Hasil rata-rata standar gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,33 untuk hasil belajar kognitif dalam kategori sedang dan standar gain untuk kelas kontrol sebesar 0,175 dalam kategori rendah. Kata kunci: media audio visual, video, discovery learning , gravitasi newton Abstract This research aims to: (1) Produce audio visual media products on learning discovery learning is feasible to use. (2) To know the improvement of cognitive learning outcomes of students using audio visual media on learning discovery learning (3) To know the difference of cognitive learning achievement of students between classes using audio visual media with control class. This research is a development research with 4 D development model. (defining, planning, development, and dissemination). Based on the results of analysis conducted on audio visual media on some aspects with an average score of 3,225 with good category. The average result of the standard gain for the experimental class is 0.33 for the cognitive learning outcomes in the medium category and the standard gain for the control class is 0.175 in the low category. Keywords: audio visual media, video, discovery learning, gravity newton
DEVELOPING A SCIENTIFIC INVESTIGATION LEARNING MODEL OF PHYSICS INSTRUCTIONAL SET TO IMPROVE THE HIGH SCHOOL STUDENTS’ MASTERY LEARNING AND SCIENCE PROCESS SKILLS Khoirul Bariyyah , Juli Astono
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 7, No 5 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran Scientific Investigation yang layak digunakan untuk pokok bahasan Usaha dan Energi di kelas X SMA N 2 Bantul, (2) mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran fisika berbasis Scientific Investigation, dan (3) mengetahui ketercapaian keterampilan peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran fisika berbasis Scientific Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RD) dengan 4D Models (Define, Design, Develop, Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKPD, dan instrumen penilaian. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis menggunakan simpangan baku ideal, Content Validity Index dan Percentage of Agreement. Analisis data penelitian dilakukan dengan mencari skor Normalized Gain dan Percentage Correction. Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran Scientific Investigation layak digunakan untuk pokok bahasan Usaha dan Energi di kelas X SMA N 2 Bantul. (2) peningkatan rendah ( = 0,22) pada penguasaan materi peserta didik, (3) ketercapaian keterampilan proses sains peserta didik pada pertemuan pertama 55,02% (kurang baik), pertemuan kedua 65,42% (cukup baik), pertemuan ketiga 68,96% (cukup baik). Kata kunci: scientific investigation, penguasaan materi, keterampilan proses sains Abstract This study aimed (1) to produce a scientific investigation learning model of physics instructional set suitable on the subject matter of work and energy in X MIPA 2, 2 Bantul High School, (2) to know the improvement of students’ mastery learning who follow physics learning based on Scientific Investigation learning model, and (3) to know the achievement of students’ science process skills who follow physics learning based on Scientific Investigation learning model,. This study was categorized as Research and Development (R D) by four-D model namely define, design, develop, and disseminate. The developed instructional set was in the form of a lesson plan, students’ worksheet, and assessment tool. The feasibility of instructional set analyzed by using ideal standard deviation, Content Validity Index, and Percentage of Agreement. Data analyzed by searching the normalized gain score, and percent correction score. The result of this research is (1) the Scientific Investigation learning model of physics instructional set suitable to improve the mastery learning and science process skills, (2) a low improvement ( = 0.22) of mastery learning, (3) the achievement of science process skills of the students in the first meeting was 55.02% and categorized as low, the second meeting 65.42% and categorized as pretty good, the third meeting 68.96% and categorized as pretty good. Keywords : scientific investigation, mastery learning, science process skills
APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL OF TEAMS GAMES TOURNAMENT TYPE WITH TALKING STICK STRATEGY TO INCREASE INTEREST AND ACHIVEMENT OF PHYSICS LEARNING OF STUDENT IN SENIOR HIGH SCHOOL Seli Mulyeni , Rahayu Dwisiwi Sri R
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 7, No 5 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick yang efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika pada peserta didik SMA, (2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika ranah kognitif pada materi momentum dan impuls peserta didik SMA setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick, (3) mengetahui besar peningkatan minat peserta didik SMA dalam belajar fisika ranah kognitif pada materi momentum dan impuls setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, angket, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan melalui dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan strategi talking stick dapat meningkatkan minat dan hasil belajar fisika ranah kognitif pada peserta didik. Hal tersebutdibuktikan dengan adanya peningkatan kegiatan belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar ranah kognitif peserta didik dari pretest ke posttest yaitu pada siklus I sebesar 67,65% dan siklus II sebesar 85,30%. Peningkatan minat belajar peserta didik dari minat awal ke minat akhir yaitu pada siklus I sebesar 7,23% dan siklus II sebesar 11,99%. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan Strategi Talking Stick. Abstract This study aims to: (1) know the steps of physics learning with cooperative learning model of teams games tournament type with effective talking stick strategy to increase the interest and the achivement of physics learning in high school students, (2) to know the increase of physics learning achievement in the cognitive domain on the momentum and impulse lesson of high school students after applying cooperative learning model of teams games tournament type with talking stick strategy, (3) to know the increase scale of high school student interest in physics learning of cognitive domain on the momentum and impulse lesson after applied cooperative learning model of teams games tournament type with a talking stick strategy.This research is a Classroom Action Research with Kemmis and Mc Taggart model. Data collection techniques used are test techniques, questionnaires, and observations. The research instruments used are test questions, questionnaires, and observation sheets. Data analysis techniques in this study using quantitative descriptive analysis.Based on the result of the research which is implemented through two cycles, it can be concluded that the application of cooperative learning model of teams games tournament type with the talking stick strategy can increase the interest and the learning achivement of the physics of the cognitive domain in the learner. This is evidenced by the increased learning activities of students from cycle I to cycle II. Improved mastery of cognitive learning achievement of students from pretest to posttest that is in cycle I of 67,65% and cycle II equal to 85,30%. The Increased of student’s interest from initial interest to the final interest is in the first cycle of 7.23% and cycle II of 11.99%. Keyword: learning interest, learning achivement, cooperative learning model of teams games tournament type.
DEVELOPMENT OF AUTHENTIC ASSESSMENT INSTRUMENT OF PHYSICS LEARNING TO MEASURE THE SCIENCE PROCESS AND CRITICAL THINKING SKILLS Amalia Khasanah , Zuhdan Kun Prasetyo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 7, No 5 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

bstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian otentik yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik, (2) mengetahui seberapa besar ketercapaian keterampilan proses sains dan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari hasil belajar aspek kognitif. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi model Wilson dan Oriondo dan Antonio. Analisis validitas isi instrumen menggunakan CVR/CVI, validitas empiris dan data politomus hasil uji coba dianalisis menggunakan model Rasch dengan bantuan program Winsteps 3.37. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah dihasilkan instrumen penilaian otentik yang layak untuk mengukur keterampilan proses sains dan berpikir kritis peserta didik. Validitas isi instrumen oleh ahli dan praktisi termasuk dalam kategori sangat baik. Validitas empiris berdasarkan tiga kriteria yaitu OUTFIT MNSQ, ZSTD, Pt Mean Corr untuk 8 butir instrumen keterampilan proses sains dan 5 butir instrumen keterampilan berpikir kritis, 1 butir instrumen keterampilan proses sains tidak memenuhi kriteria. Reliabilitas instrumen berdasarkan index sparation item sangat bagus dengan nilai 0,90, (2) ketercapaian keterampilan proses sains peserta didik sebagian besar berada pada kategori sangat tinggi 31,25% dan rendah 21,88%. Ketercapaian peserta didik untuk keterampilan berpikir kritis sebagian besar berada pada kategori tinggi 28,12%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian otentik yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu instrumen alternatif untuk mengukur keterampilan proses sains dan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: penilaian otentik, keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar. Abstract The research aims to 1) generate feasible authentic assessment instrument to measure learners’ science process and critical thinking skills, 2) know how far the learners’ science process and critical thinking skills achievement in terms of cognitive aspect. The used research design was the modification of Wilson and Oriondo and Antonio model. Instrument validity was analyzed by using CVR/CVI, empirical validity and the polytomy data was analyzed using Winsteps 3.37. Results of the research indicate that (1) a feasible authentic assessment instrument to measure learners' science process and critical thinking skills is already generated. The authentic assessment instrument in terms of content validity is categorized as very, meanwhile for the empirical validation is based on the three criteria that are OUTFIT MNSQ, ZSTD, Pt Mean Corr for 8 points of science process skill and 5 points of critical thinking skill instrument, yet 1 point of instrument of science process skill does not meet the criteria. The instrument reliability of science process and critical thinking based on index sparation item is very good with 0.90, and (2) the learner’s achievement of the science process skill is mostly on the categorize of very high with 31.25% and low with 21.88%. The learner’s achievement regarding the critical thinking skill is mostly on the categorize of 28.12%. Based on the result, authentic assesment instrument that has been developed can be use as one of the alternative assesment instrument to measure learners’ science process and critical thinking skills. Keywords: authentic ssessment, science process skill, critical thinking skill, and learning outcome.
THE DEVELOPMENT OF CONTEXTUAL LEARNING HANDOUT MATERIAL PHYSICS CIRCULAR MOTION TO INCREASE THE MOTIVATION OF LEARNING AND COGNITIVE LEARNINGOUTCOMES STUDENTS CLASS X HIGH SCHOOL Shinta Hanifati , Suyoso
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 7, No 5 (2018): Jurusan Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1)menghasilkan handout kontekstual yang layak digunakan pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar untukmeningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA; (2) mengetahui besar peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan handout kontekstual pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar, dan (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan handout kontekstual pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RD) dengan model 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Tahap definemerupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk mengembangkan rancangan awal (draft) handout kontekstual dan instrumen penelitian. Tahap developmentmenghasilkan handout kontekstual yang layak digunakan. Tahap disseminatemerupakan tahap penyebarluasan media dengan memberikan handout kepada guru fisika di SMA N 3 Bantul dan publikasi melalui website. Kelayakan handout kontekstual didasarkan pada penilaian validasi menggunakan Sbi dan hasil analisis angket respon peserta didik. Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dianalisis berdasarkan nilai Standard Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan handout kontekstual pada pembelajaran fisika materi gerak melingkar yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA; (2) peningkatan motivasi belajar sebesar 0,009 dengan kategori rendah; dan (3) peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 0,14 dengan kategori rendah. Kata-kata kunci:handout, kontekstual, motivasi belajar, hasil belajar kognitif Abstract This research aims to: (1) generate a proper contextual use handouts, (2) know the great increase of the motivation of the learners learn after using contextual, and handouts (3) knowing the great increase in cognitive learning results the students after using contextual handouts. This type of research is research development (RD) with the model 4D that consists of a define (definition), design (design), development (development), and disseminate (dissemination). The stage of the initial phase is to define to define the problem. The stage of design phase is to develop an initial draft (draft) handouts and contextual research instrument. Stage of development produces used contextual handouts. Disseminate stage is the stage of dissemination media by providing handouts to the teacher of physics in senior high school 3 of Bantul and the publication through the website. Eligibility is based on contextual assessment handout validation using the Sbi and the results of the analysis of question form response learners. Increased motivation to learn and the results of the study analyzed value-based learners Gain Standard. The results showed that: (1) has been generated contextual learning handout material physics circular motion a decent used to increase motivation of learning and cognitive learning outcomes students class X SMA; (2) increasing the motivation of learning of 0.009 with low category; and (3) enhancement of cognitive learning results of 0.14 with a low category. Keywords: handouts, contextual learning, motivation, cognitive learning results

Page 1 of 1 | Total Record : 7