cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journallentera@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Actual Insight
ISSN : 27765164     EISSN : 27755916     DOI : https://doi.org/10.56393/lentera.v3i2.1738
Core Subject : Education,
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran menerbitkan beragam riset dari para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Naskah yang diterbitkan mencakup isu aktual dan problem terbaru tentang proses pembelajaran, desain pembelajaran, manajemen kelas, pendidikan tindakan kelas, kurikulum pendidikan, teknologi pendidikan, manajemen pendidikan, teknologi pendidikan, kajian kebijakan pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan ekologis, dan pedagogi kritis. Jurnal ini mengajak para peneliti menggunakan ragam pendekatan, terutama dengan melakukan pendekatan multidisiplin, baik empiris maupun rasional teoritis dan dalam bentuk integrasi antara teori dan praktek dengan analisis data. Naskah yang dikirim menggunakan metodologi yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian, baik itu penelitian kelas, analitik big data, eksperimen pengajaran, survei lapangan, wawancara, dan dokumentasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): Desember" : 5 Documents clear
Kajian Deskriptif tentang Pembelajaran Pasca Pandemi dalam Paradigma Keilmuan Ebita Malau
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v1i2.422

Abstract

Tujuan penelitian ini lebih berupaya untuk menguraikan hal ihwal tentang penerapan new normal pasca pandemi Covid-19. Selain itu, penelitian ini berupaya memaparkan hasil analisis pemikiran Thomas Kuhn terhadap new normal, terutama masa pasca pandemi dalam bidang pendidikan. Kebaruan penelitian ini ada pada deskripsi di situasi new normal yang terjadi sekarang, yang merupakan penyesuaian pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan telaah kepustakaan. Hasil penelitian menemukan, pertama penerapan new normal di masa pandemi. Pertama, penerapan new normal di masa pandemi dengan kebijakan pemerintah yaitu memberlakukan perilaku kehidupan baru saat beraktivitas di luar rumah. Kedua, pemikiran Thomas Kuhn pada pasca new normal dalam bidang pendidikan, yaitu terciptanya kehidupan baru membuat masyarakat harus terbiasa dalam hal paradigma. Kemunculan paradigma baru, membuat para ilmuwan meninggalkan paradigma yang lama dan fokus pada ilmu baru. Ketiga, relevansi pemikiran Thomas Kuhn pada pembelajaran yaitu pembelajaran dengan mengutamakan aktivitas e-learning untuk dapat diakses dengan melakukan pembelajaran tanpa terhalang waktu dan tempat.
Peran Guru Dalam Memanfaatkan Media Internet Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sulistiwati Lahiya; Theodorus Pangalila; Telly Delly Wua
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v1i2.468

Abstract

Peran guru dalam memenfaatkan media internet dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri 3 Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PKn dalam proses belajar online di SMA N 3 Manado. Selain itu untuk menemukan hambatan guru PKn pada proses pembelajaran online di SMA Negeri 3 Manado. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif deskripsi yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data yang deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, untuk mengkaji lebih jauh sebagaimana besar peran guru dalam memanfaatkan media internet dalam pembelajaran PKn Di SMA N 3 Manado. Untuk upaya yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran online pada situasi pandemi seperti ini yaitu dimana seorang guru harus lebih meneliti lagi dalam mengajar dan dimana seorang guru dituntut untuk mengetahui pemakaian media internet pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung.
Pengaruh Metode Bercerita Untuk Pembentukan Empati Anak Usia 5-6 Tahun Theresia B. S Gare; Henni Anggraini; Siti Muntomimah
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v1i2.529

Abstract

Metode bercerita adalah metode yang paling banyak digunakan dalam pembelaran pada anak usia 5-6 tahun. Dengan bercerita anak akan merasakan, mengimajinasi, sendiri apa yang terjadi di dalam cerita dan lingkungan sekitar terlebih pada pembentukan empati anak. Sehingga lingkungan akan menerima anak dengan baik sesuai dengan perilaku dari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dalam pembentukkan empati pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 01Bululawang Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian pre experimental design dengan bentuk one group pre tets-post test design yang melibatkan 20 anak sebagai sampel. Penentuan sampel dilakukan secara random. Pengumpulan data dilakukan selama dan setelah proyek diberikan, dengan menggunakan lembar observasi empati dan dikumentasi dari setiap kegiatan penelitian. Analisis data uji prasyarat analisis dan uji hipotesis . hasil peneltian yaitu Fhitung 180.637 sebesar pada taraf signifikan 000<0,05. Kesimpulanya ada pengaruh metode bercerita terhadap pembentukan empatti anak usia 5-6 tahun.
Pengembangan Permainan Secret Trail Untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Dian Pratiwi Ramadhaniati; Rina Wijayanti; Ayu Asmah
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v1i2.552

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah menghasilkan permainan secret trail yang layak digunakan untuk perkembangan kemampuan sosial emosional kelompok A. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Kelayakan permainan ini berdasarkan hasil dari ahli materi, ahli permainan, dan anak kelompok A di TK Harapan Bunda Desa Pamotan sebagai subjek uji coba. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap memperoleh hasil yaitu, hasil persentase dari validasi ahli materi 96,05%, validasi ahli permainan 93,73%, sedangkan pada uji coba lapangan 91,66% dan 95% yang semua itu dalam kategori “sangat layak”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan secret trail layak digunakan, sehingga dapat dikatakan kegiatan permainan secret trail dapat mengembangkan sosial emosional anak. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan secret trail sudah layak dan sangat baik digunakan untuk perkembangan kemampuan sosial emosional kelompok A.
Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Tri Wuryani; Henni Anggraini; Rina Wijayanti
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v1i2.553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode karyawisata terhadap perkembangan bahasa anak usia dini kelompok AD-4 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen Kabupaten Malang. Aktivitas kegiatan ini menerapkan sistem metode karyawisata yang beraneka ragam serta dapat menarik perhatian anak maka dapat menstimulasi perkembangan bahasa anak. Ragam penelitian yaitu eksperimen dengan menggunakan bentuk one group design. Instrumen penelitian memakai observasi dan dokumentasi. Tahap pelaksanaan pengumpulan data yaitu pre-test, treatment, dan post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok AD -4 yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Menurut hasil uji T yang dilaksanakan peneliti diketahui memperoleh nilai signifikan pre-test yaitu 0,000 dan post-test 0,000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa signifikan pre-test yaitu 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan nilai signifikan post-test yaitu 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak berarti adanya pengaruh pemberian perlakuan metode karyawisata terhadap perkembangan bahasa anak usia dini kelompok AD-4 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen Kabupaten Malang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5