cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journallentera@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Actual Insight
ISSN : 27765164     EISSN : 27755916     DOI : https://doi.org/10.56393/lentera.v3i2.1738
Core Subject : Education,
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran menerbitkan beragam riset dari para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Naskah yang diterbitkan mencakup isu aktual dan problem terbaru tentang proses pembelajaran, desain pembelajaran, manajemen kelas, pendidikan tindakan kelas, kurikulum pendidikan, teknologi pendidikan, manajemen pendidikan, teknologi pendidikan, kajian kebijakan pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan ekologis, dan pedagogi kritis. Jurnal ini mengajak para peneliti menggunakan ragam pendekatan, terutama dengan melakukan pendekatan multidisiplin, baik empiris maupun rasional teoritis dan dalam bentuk integrasi antara teori dan praktek dengan analisis data. Naskah yang dikirim menggunakan metodologi yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian, baik itu penelitian kelas, analitik big data, eksperimen pengajaran, survei lapangan, wawancara, dan dokumentasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Desember" : 5 Documents clear
Memproteksi Peserta Didik dari Bahaya Hoaks Dengan Literasi Kritis Ahmad Syamsul Bahri
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v2i2.435

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan upaya proteksi bagi peserta didik agar tidak terjebak dalam bahaya hoaks. Upaya tersebut dilakukan dengan pemberdayaan kepada peserta didik melalui literasi kritis. Literasi kritis tersebut didasarkan pada sudut pandang teori falsifikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Penelitian ini berdasarkan kajian literatur terdahulu serta berupaya mengkaji mengenai analisis pemikiran Karl Popper terutama tentang teori falsifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa literasi kritis dilakukan dengan membaca berita, buku, dan beragam teks di media sosial. Pembacaan tersebut bukan dilakukan dengan membaca cepat, tetapi mencermati secara mendetail terutama pesan dan maksud dari berita tersebut disajikan. Bila peserta didik tidak dapat mendeteksi berita bohong, maka terjadi kerapuhan berpikir dan bisa menyebabkan terjadinya mis-komunikasi. Untuk itu, latihan-latihan membaca dalam konteks literasi kritis perlu diajarkan oleh para pendidik atau guru agar peserta didik mampu memfilter informasi yang dengan memahami teori falsifikasi. Rekomendasi penelitian, semua elemen di sekolah perlu juga mempelajari literasi kritis.
Implementasi Karakter Semangat Kebangsaan pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Raya Rio Harmoko Simbolon
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v2i2.977

Abstract

Artikel ini ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana peranan guru dalam membentuk penerapan semangat kebangsaan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Raya. Karakter semangat kebangsaan urgen dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah serta di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Penulis menjelaskan fenomena yaitu semangat kebangsaan dengan telaah literatur. Analisis dilakukan dengan pembacaan data dengan memberi bentuk dan makna pada karakter semangat kebangsaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter semangat kebangsaan telah diimplementasikan di SMAN 1 Raya yang meliputi, pertama, peserta didik yang turut serta dalam mengikuti kegiatan upacara bendera, mencintai produk buatan Indonesia, ikut membantu ketika terjadi bencana alam, bangga ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan menghargai pendapat orang lain. Kedua, menghargai jasa pahlawan. Ketiga, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. Keempat, mengutamakan persatuan dan kesatuan. Kelima, berjiwa Pembaharuan dan tidak mengenal menyerah.
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Miranti Utami
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v2i2.978

Abstract

Penelitian ini bertujuan ada dalam upaya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Upaya peningkatan dilakukan dengan pendekatan belajar secara kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini dimaksudkan untuk pengukuran yang cermat terhadap fenomena sosial tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ada tiga, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama, peningkatan hasil belajar peserta didik dikembangkan dengan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat berorientasi pada siswa (student centered). Upaya tersebut mampu melibatkan peran serta siswa secara menyeluruh sehingga kegiatan pembelajaran tidak hanya didominasi oleh peserta didik tertentu saja. Pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pendekatan Contextual Teaching and Learning. Kedua, komponen meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan membangun hubungan untuk menemukan makna (relating), melakukan sesuatu yang bermakna (experincing), belajar secara mandiri, kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif, mengembangkan potensi individu, standar pencapaian yang tinggi, dan asesmen yang autentik.
Peningkatan Hasil Belajar Materi Memaknai Peraturan Perundang-Undangan Menggunakan Pembelajaran Saintifik di SMPN Sorek Dua Indrawan Indrawan
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v2i2.979

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi memaknai peraturan Perundang-undangan dengan menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa Kelas VIIIA SMPN Sorek Dua. Metode enelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Objek Penelitian ini adalah Siswa Kelas VIIIA SMPN Sorek Dua, dengan jumlah siswa sebanyak 28, yang terdiri dari 15 siswa laki – laki dan 13 siswa perempuan. Data dianalisis secara deskriptif, berdasarkan pada data tes hasil hasil belajar digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa atau tingkat keberhasilan belajar pada materi materi memaknai peraturan perundang-undangan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe pembelajaran saintifik. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual jika siswa tersebut mampu mencapai nilai 75. Ketuntasan klasikal jika siswa yang memperoleh nilai 75 ini jumlahnya sekitar 85% dari seluruh jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar materi memaknai peraturan perundang-undangan siswa kelas VIIIA SMPN Sorek Dua.
Penananaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Silau Laut Melisa Daulay
Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lentera.v2i2.980

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan upaya menanamkan nilai karakter religius pada peserta didik. Lokus penelitian berada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang berupaya mengungkapkan keadaan yang terjadi saat ini, untuk dianalisis dan diinterpretasikan. Fokus penelitian ini adalah penanaman nilai karakter religius di lingkungan di Sekolah Menengah Negeri 2 Silau Laut. Data penelitian didapatkan melalui sumber yakni seluruh siswa di SMP Negeri 2 Silau Laut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ada tiga, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama, pertama, peserta didik memulai dan mengakhiri pelajaran dengan berdoa. Kedua, adanya jadwal sholat Dhuha berjamaah untuk setiap kelas yang dilakukan secara bergantian. Ketiga, adanya jadwal sholat Dzuhur berjamaah untuk setiap kelas yang dilakukan secara bergantian. Keempat, adanya peraturan setiap peserta didik perempuan wajib menggunakan jilbab.

Page 1 of 1 | Total Record : 5