cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journalmelior@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Published by Actual Insight
ISSN : 27765180     EISSN : 27755924     DOI : https://doi.org/10.56393/melior.v3i2.147
Core Subject : Education,
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia memfokuskan untuk menerima riset-risetnya di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini didirikan dengan dasar bahwa para peneliti memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih baik dari situasi yang sebelumnya, terutama dalam hal: kebijakan, desain pendidikan, sumber daya guru, sampai ke praktik-praktik pembelajaran di dalam kelas. Hasil-hasil riset bisa dari para pemikir dan praktisi di bidang pendidikan dan pembelajaran, baik itu ilmuwan, dosen, guru, dan mahasiswa. Jurnal ini menerima kajian-kajian dengan menggunakan isu aktual, systematic literature review, case study approach, dan kajian lapangan. Metode yang digunakan bisa kajian teoritis, dan empiris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): November" : 5 Documents clear
Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Yusmita Damanik
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i2.996

Abstract

Tujuan penelitian ini berfokus pada upaya untuk mengamati pengaruh metode pembelajaran inkuiri pada prestasi belajar peserta didik. Lokus penelitian berada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Aek Kuo. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan dan dokumen resmi lainnya. Tahapan analisis data meliputi tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yaitu pertama, upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan maka peneliti memilih dengan mengembangkan keterampilan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah. Hal ini menjadikan peserta menjadi pelajar yang mandiri dan dapat merangsang peserta didik untuk belajar lebih efisien dan efektif. peserta didik tersebut. Kedua, pelajaran pendidikan kewarganegaraan menjadi lebih mudah karena konsep-konsep pendidikan kewarganegaraan tidak langsung diberikan oleh guru kepada peserta didik, tetapi guru berperan sebagai motivator, fasilitator yang memberikan sejumlah bantuan dan pengaruh kepada peserta didik agar selalu aktif dan menemukan sendiri pemecahan masalahnya.
Upaya Menanamkan Nilai Cinta Tanah Air bagi Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 3 Siabu Marito Muliani
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i2.997

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan penanaman nilai cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penanaman nilai pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan oleh Pembina dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti, sampai kegiatan penutup. Materi kepramukaan tidak tertulis langsung namun melalui integrasi pada materi dan kegiatan-kegiatan pramuka. Pembiasaan kegiatan penanaman nilai pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah mengikuti upacara bendera dengan khidmat, menunjukkan sikap hormat yang benar kepada Bendera Merah Putih, menyebutkan sila-sila Pancasila, menyayikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Beberapa hambatan yang dihadapi yaitu penanaman karakter membutuhkan proses pembiasaan secara rutin sehingga tidak bisa hanya sekali diterapkan, latar belakang peserta didik yang berbeda karakter, dan waktu yang sedikit untuk kegiatan pramuka.
Pemanfaatan Media Sukaga (Susun Kata dan Gambar) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Mariyana Mariyana
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i2.998

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan media sukaga atau susun kata dan gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan yang memanfaatkan media sukaga pada pembelajaran PPKn. Data diperoleh dari kajian pustaka yang bersumber dari buku-buku, artikel dari jurnal. Teknik analisis data dilakukan dengan pembacaan kritis dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama, gambar membantu para siswa dan dapat membangkitkan minatnya pada pelajaran. Upaya untuk membantu mereka dalam kemampuan berbahasa, kegiatan seni, dan pernyataan kreatif dalam bercerita, dramatisasi, bacaan, penulisan, melukis dan menggambar. Kedua, gambar dapat digunakan untuk suatu tujuan tertentu seperti pengajaran yang dapat memberikan pengalaman dasar. Upaya memanfaatkan media gambar sendiri dalam kegiatan pengajaran dapat dilakukan cara, menulis pertanyaan tentang gambar, menulis cerita, mencari gambar-gambar yang sama, dan menggunakan gambar untuk mendemonstrasikan suatu obyek.
Manajemen Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bojonegoro Ahmad Wildan Rifki
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i2.1150

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan manajemen pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bojonegoro. Jenis penelitian adalah wawancara, dokumentasi dan observasi dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran Pendidikan Kewargenagraan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bojonegoro, Kualitas infut dari siswa yang memiliki titik tingkat kurang; kualitas dan kuantitas guru masih kurang; belum menggunakan metode pembelajaran yang variatif, kurangnya buku pegangan untuk siswa; kualitas dan kuantitas sekolah infrastruktur sudah memadai. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bojonegoro membutuhkan kinerja dan manajer strategi yang baru untuk dikembangkan seperti kreativitas dan menggunakan sisi yang kuat untuk menutupi kelemahan
Pembinaan Karakter Disiplin Berkendara Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dan Budaya Disiplin Anindi Sukmawati
Melior : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2 No. 2 (2022): November
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/melior.v2i2.1157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pembinaan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan budaya disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitataif. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Candipurodengan subjek penelitian guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan secara kualitatif model Miles & Huberman melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Candipurosecara eksplisitmelakukan pendidikan karakter disiplin berkendara melalui pembelajaran PKn dengan cara mengintegrasikan pendidikan disiplin berkendara pada pembelajaran norma hukum. Selain itu, di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Candipuro secara eksplisit dilakukan melakukan pendidikan karakter disiplin berkendara melalui pembiasaan dengan cara menerapkan budaya disiplin berkendara di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5