cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journallucerna@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Actual Insight
ISSN : 27765067     EISSN : 27755932     DOI : https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i1.1535
Core Subject : Education,
Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran didirikan untuk memberi cahaya penerang bagi kemajuan ilmu, terutama di bidang pendidikan dan pengajaran. Naskah-naskah yang layak diterima dan bisa diproses secara blind review lebih pada penelitian lapangan dan bisa juga dalam library research. Jurnal ini secara khusus mengajak para peneliti seperti: dosen, guru, mahasiswa, para praktisi pendidikan, dan para pengambil kebijakan pendidikan untuk berpartisipasi dalam menerbitkan naskah ilmiah. Jurnal ini menerima kajian-kajian dengan menggunakan isu aktual, pendekatan studi kasus, review artikel terstruktur (systematic literature review), kajian kritis pada kebijakan pendidikan, penelitian tindakan kelas, dan sejenisnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Mei" : 5 Documents clear
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kewargaan Siswa Melalui Model Pembelajaran Controversial Issues Frida Intan Permatasari
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v3i1.1158

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru untuk meningkatkan civic knowledge siswa melalui model pembelajaran controversial issues. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan sedangkan bentuk penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Balongbendo yang berjumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 28 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan beserta 1 orang guru PKn. Pemilihan kelas yang dikenai tindakan berdasarkan hasil prariset yang dilakukan peneliti dan rekomendasi guru bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan. Terdapat peningkatan civic knowledge siswa melalui penerapan model pembelajaran controversial issues pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Balongbendo, bisa dilihat perolehan tes hasil belajar siswa dimulai dari pra siklus mendapat ketuntasan klasikal 37,8% dengan nilai rata-rata 69, dilanjutkan dengan siklus I mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 56,75% dengan nilai rata-rata 71,35. Siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 77,14% dengan nilai rata-rata 80.
Penggunaan Model Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Darsanudin Nor Kafat
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v3i1.1160

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian tindakan kelas ini diadakan di Sekolah Menengah Atas Kyai Ageng Basyariyah Sewulan dengan model siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini yakni dari tiap siklus diperoleh pada siklus pertama nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa X Sekolah Menengah Atas Kyai Ageng Basyariyah Sewulan adalah 74,85, pada siklus II menjadi 88,12. Sehingga dapat dikatakan model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Anindi Sukmawati
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v3i1.1162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar PKn siswa, (2) meningkatkan aktivitas belajar PKn siswa dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Candipuro dalam implementasi model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan-tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Candipuro Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 27 orang siswa, dengan rincian 13 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 14,52% untuk aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II juga telah mengalami peningkatan sebesar 5,96% dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 11,3%.
Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Tongkat Pembicaraan di SDN 083 Pidoli Rosnidah Rosnidah
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v3i1.1171

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas I SD Negeri 083 Pidoli Kecamatan Panyabungan dengan jumlah siswa 17 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data dianalis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran matematika yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Model Pembelajaran Tongkat Pembicaraan menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 53 % dengan nilai rata-rata siswa 64,4, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan ketuntasan mencapai 88,2% dan nilai rata-rata siswa 78,2. Penggunaan Model Pembelajaran Tongkat Pembicaraan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas I SD Negeri 083 Pidoli Kecamatan Panyabungan.
Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Peserta Didik Kelas VII MTS Muhammadiyah Al-Fatah Nangahale Markus Mada; Wahyuningsih Wahyuningsih
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2023): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v2i4.1388

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan membangun karakter peserta didik Kelas VII Mts Muhammadiyah Al-Fatah Nangahale, (melalui penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk: 1.Mengetahui bagaimana penerapan pendidikan kewarganegaraan di Mts Muhammadiyah Al-Fatah Nangahale 2. Mengetahui pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi peserta didik kelas VII Mts Muhammadiyah Al-Fatah Nangahale.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa peran pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk dilaksanakan dan dapat memberikan dampak positif peserta didik. Pendidikan kewarganegaraan itu sendiri bertujuan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang berbudi luhur, mandiri, maju, tangguh, profesional, bertanggung jawab, produktif, serta sehat jasmani dan rohani, yang memegang peran penting dalam keberlangsungan bangsa. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik MTS Muhammadiyah Al-Fatah Nangahale yaitu peserta didik mampu mengamalkan nilai-nilai luhur pada Pancasila dalam lingkungan sekolah. Pendidikan Kewarganegaraan dapat diharapkan mempersiapkan peserta didik mensjadi warga negara yang memiliki komitmen yang kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 5