cover
Contact Name
Didik Himmawan
Contact Email
didikhimmawan19@gmail.com
Phone
+628179629752
Journal Mail Official
didikhimmawan@gmail.com
Editorial Address
Alamat : Jl. Ir. H. Djuanda Km 03, RT 001 RW 005 Desa Singaraja Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Jawa Barat 45213
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Quality : Journal of Education, Arabic and Islamic Studies
ISSN : -     EISSN : 30256569     DOI : https://doi.org/10.61166/qwt.v1i2.16
The word Quality comes from the English word Quality, which means quality, weight, good quality, top quality, high quality. The use of the name Quality for the name of the journal means that the articles published are selected articles of quality, quality and have good weight as a complement to the scientific treasures that are relevant to the focus and scope of discussion, namely the Journal of Education, Arabic Language and Islamic Studies.
Articles 11 Documents
Manajemen Pendidikan Islam Tingkat SMP/MTs Dan SMA/SMK/MA Asep Mulyana; Aisyatuzikra; Entat Sholihat; Juliyadi
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i1.8

Abstract

Manajemen Pendidikan Islam menjadi suatu proses dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam secara islami, yang memiliki tujuan agar tercapainya suatu pendidikan yang efektif dan efisien. Dengan demikian diperlukan perhatian khusus dalam manajemen pendidikan islam erkhusus pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) sebagai masa transisi dari jenjang sekolah dasar(SD) menuju jenjang sekolah menengah atas (SMA) SMK ataupun MA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode literatur review yaitu menganalisa suatu topik dari suatu penelitian yang dilakukan. Adapun isi yang terdapat dalam metode ini berupa penjelasan atau pembahasan mengenai teori dari suatu temuan atau topik dari sebuah penelitian. pengkajian ini akan fokus pada perencanaan sumberdaya guru, dan mengenai standar manajemen pendidikan tingkat menengah.
Upaya Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Dengan Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak Di Desa Pranggong Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu Hannah; Didik Himmawan
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai ilmu tajwid dan cara membaca Al-Qur’an dengan tartil dan fasih kepada anak-anak di desa Pranggong. Metode yang digunakan adalah Mixed Methods atau penelitian kombinasi, model Concurrent Embedded (campuran tidak berimbang) yaitu dengan cara pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang dalam pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, wawancara, observasi, dan sharing seksama. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kepada siswa kelas V SDN 3 Pranggong dan perhitungan hasil menggunakan metode uji N-Gain, dengan hasil nilai rata-rata N-Gain Score SPSS pada 34 siswa kelas V SDN 3 Pranggong adalah sebesar 82,1464 atau 82,1% yang bila diterjemahkan dari Hake,R. R, 1999 termasuk dalam kategori efektif.
Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media Smart Spinner Di SDN 1 Kedokanbunder Nova Ardiana; Didik Himmawan
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i1.11

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Namun, pada kenyataannya media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan, diantaranya: terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar bagi guru sebagai pendidik, kesulitan untuk mencari model dan jenis media yang tepat, ketiadaan biaya, dan lain-lain. penggunaan media smart spinner sebagai media pembelajaran agama islam bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman belajar yang menyenangkan dan meningkatkan efektivitas pemahaman siswa terhadap pembelajaran agama islam. Program ini terlaksana dengan melakukan kegiatan pembelajaran agama islam di SDN 1 Kedokanbunder. Pembelajaran menggunakan media smart spinner menstimulus siswa untuk bermain sambil belajar. Data kegiatan ini diambil dengan menggunakan instrument pre-test dan post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS dan observasi selama kegiatan berlangsung. Hasilnya, yang ditemukan yaitu adanya peningkatan pada hasil belajar PAI siswa kelas 3, SDN 1 Kedokanbunder. Sebelum adanya pengenalan media pembelajaran terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran PAI diantaranya seperti proses kegiatan belajar mengajar yang monoton dan kurangnya fokus siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga menindak lanjuti dengan mengusulkan kegiatan ini. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran PAI tidak ditemukan hambatan apapun selama proses pembelajaran, Hal itu dibuktikan dengan antusiasme siswa, partisipasi dan hasil belajar siswa yang baik.
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Dan Menghafal Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Di Desa Larangan Jambe Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu Lisa Imroatul Jannah; Ahmad Khotibul Umam
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i1.12

Abstract

Tujuan kegiatan Pendidikan untuk memahami hafalan-hafalan Al-Qur’an dan menjadikan siswa menjadi berakhlakul karimah. Metode yang digunakan pada saat kegiatan adalah dengan mengunakan metode ceramah. Metode ceramah ini digunakan saat penyampaian materi pembelajaran Al-Qur’an, praktek dan diskusi di pertengahan materi dan akhir pemberian materi. Bila peserta ada yang ingin bertanya, peserta dapat bertanya penceramah atau pemateri. Metode ceramah adalah salah satu cara pengajaran tradisional yang paling lama digunakan dalam proses belajar mengajar dari tingkat paling dasar sampai perguruan tinggi mengingat sifatnya yang sangat praktis lagi efisien bagi model pengajaran yang materi dan jumlah peserta didiknya banyak. Boleh dikatakan setiap orang yang telah mengenyam bangku pendidikan formal maupun non formal atau mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah ataupun selainnya pasti telah mengerti dan merasakan metode pengajaran tersebut. Dalam rangka menumbuhkan mutu masyarakat adalah dengan ikut serta dalam program penelitian “ Upaya Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an dan Menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak di Desa Larangan Jambe” merupakan salah satu judul Program penelitian di Desa Larangan Jambe. Memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai bacaan Al-Qur’an dan juga menumbuhkan spritual pada anak-anak dengan memberikan pemahaman bacaan-bacaan dan hafalan Al-Qur’an, agar dapat membaca dengan fasih (benar) sesuai dengan ilmu tajwid. Metode yang digunakan ialah metode ceramah.
Pemberdayaan Anak-Anak Dan Santri Di Desa Tulungagung Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu Muhamad Farhan; Ibnu Rusydi
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i1.13

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya program ini yaitu untuk mengentaskan buta aksara Al-Qur’an dan meningkatkan kemampuan anak-anak Desa Tulungaung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu dalam belajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid.Metode yang digunakan pada saat pelaksanaan adalah ceramah. Metode ceramah digunakan pada saat penyampaian materi pembelajaran membaca Al-Qur’an sesuai dengan Ilmu Tajwid. Bila peserta ada yang ingin bertanya, peserta dapat bertanya kepada Pendidik. Hasil yang dicapai dari program kegiatan pelatihan membaca Al Qur'an pada anak-anak di mushola desa Tulungagung sudah terlaksana dengan baik, hasil dari pembelajaran tersebut anak-anak mampu memahami huruf-huruf Hijaiyah dan mampu menerapkan bacaan Al-Qur'an sesuai dengan ilmu tajwid. Adapun tingkat keberhasilan kegiatan ini dilihat dari hasil kemampuan anak-anak dengan melalui hasil pretest dan postest.
Inovasi Pembelajaran Menggunakan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di UPTD SDN 1 Kertasemaya Indramayu Diah Hani; Ibnudin
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i1.14

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan pembelajaran pada peserta didik di UPTD SDN 1 Kertasemaya mengenai mata pelajaran matematika, pendidikan agama islam dan bimbingan konseling menggunakan media alat peraga seperti PPT, alat ukur tinggi badan, miniature gong, dan spin. Serta memberikan motivasi dan juga inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode Problem Based Learning dan Bimbingan Klasikal. Metode ini dilakukan dalam seluruh rangkaian pengelolan kegiatan, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pada tahap evaluasi. Tingkat keberhasilan kegiatan ini dilihat dari hasil perbandingan pengetahuan sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. Hasil pretest dan posttest menunjukkan perubahan tingkat pengetahuan siswa/i dengan hasil presentasenya yaitu peningkatan pengetahuan sebesar 93% dan 59% lainnya belum mengalami peningkatan pengetahuan.
Increasing Prayer Ability for Children in Cibeber Village, Sukagumiwang District, Indramayu Regency Iko Rizqonah; Ibnudin; Ahmad Syathori
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i2.15

Abstract

Prayer is a type of worship in the Islamic religion carried out by Muslims. Prayer is used as the main form of worship that influences the faith and quality of a Muslim's worship. Performing prayer is obligatory for all Muslims. So one form of student contribution in growing the quality of society is by participating in community service activities in Cibeber Village. "Improving the Quality of Prayer Services for Children in Cibeber Village" is one of the titles of the community service program in Cibeber Village. The research method used by the author is qualitative with an ethnographic type of research. This program aims to improve the quality of children's worship, especially in terms of prayer, as well as fostering a spiritual spirit in children by providing understanding regarding the need to purify (thaharah) before prayer, and reading during prayer. This is done so that children can perform prayers well and correctly according to the science of fiqh and the sciences of worship.
Learning the Science of Tajwid and Tahsin of the Koran in Tegalwirangrong Village, Kertasemaya District, Indramayu Regency Ginal Leby; Ibnu Rusydi; Ibnudin
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i2.16

Abstract

The aim of this program is for children to understand the science of recitation and Tahsin of the Koran. While the benefits of this program are that children are able to apply the knowledge of recitation when reading the Qur'an so that there are no mistakes in reading it. The approach used in carrying out this supporting program is the lecture, demonstration and question and answer method. The results of learning Tajwid and Tahsin Al-Quran make children who take part in the learning able to understand what recitation is, starting from the law of Nun Mati or Tanwin to understanding and how to read Mad, so that children can implement the material above when reading Al-Quran with good and right.
Community Empowerment at Sukagumiwang Village Elementary School, Sukagumiwang District, Indramayu Regency Using the Mind Mapping Method Didik Himmawan; Ibnu Rusydi; Dini Syifa Agustina
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i2.17

Abstract

In the world of education, learning methods are very necessary to facilitate the implementation of learning in the form of specific implementation of concrete steps so that an effective learning process occurs to achieve a certain goal, such as positive changes to students. Apart from learning methods, learning media also have an important role in increasing elementary school students' interest in learning, especially in lower classes, because students in lower classes are not yet able to think abstractly, so the material taught by teachers needs to be visualized in a more real or concrete form. One of the student contributions in reducing boredom and increasing students' understanding when learning is the program "PAI Learning Using the Mind Mappin Method in Elementary Schools." The aim of implementing this program is that students understand what has been conveyed by the teacher using this method, and it is hoped that students will be active. in classroom learning.
Learning Guidance in Creating Interest in Reading, Memorizing and Writing the Qur'an in Students of SDN II Jayalaksana Kedokan Bunder Indramayu Ahmad Khotibul Umam; Didik Himmawan; Jihan Fatmah
Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61166/qwt.v1i2.18

Abstract

This research aims to provide skills training in the religious field, such as reading, writing and memorizing verses of the Al-Qur'an at SDN II Jayalaksana School. The method used in this research is a qualitative descriptive method. The sample from this research was taken as 10 % of the 180 students at SDN II Jayalaksana for the 2023/2024 academic year and a sample of 30 students was obtained. The data collection technique used was an attitude scale and pretest-posttest questions. The results of the analysis from research data processing show that the school's efforts to increase students' reading of the Al-Qur'an at SDN II Jayalaksana Indramayu Teaching religious education is the main personal learning of course has the consequence that the teacher's responsibility, apart from being an educator and leader, is also as a guide for his students. , especially in increasing students' interest in reading the Koran.

Page 1 of 2 | Total Record : 11