cover
Contact Name
Reflianto
Contact Email
saputraedriagus@gmail.com
Phone
+6283180086200
Journal Mail Official
jurnalequilibriumm@gmail.com
Editorial Address
Jalan Kolonel Anas Malik by Pass Kota Pariaman
Location
Kota pariaman,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
ISSN : -     EISSN : 26861135     DOI : https://doi.org/10.59963/jpema
Core Subject : Economy,
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan AKuntansi merupakan jurnal yang menerbitkan dua kali salam setahun, yaitu pada bulan maret dan oktober. Fokus pada jurnal ini yaitu bidang keilmuan manajemen dan akuntansi maupun semua yang terkait dengannya.
Articles 58 Documents
PENGARUH CITRA MEREK DAN IKLAN TERHADAP MINAT PEMBELI PRODUK KOSMETIK WARDAH OLEH MAHASISWI STIE SUMBAR PARIAMAN ANGKATAN 2013 Misharni; Yusi Asmadia
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : 1) citra merek terhadap minatpembeli, 2) iklan terhadap minat pembeli, 3) citra merek dan iklan terhadap minat pembeli.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi STIE Sumbar Angkatan 2013 yang menggunakan produk kosmetik wardah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode judgement sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 62 mahasiswi. Teknik pengumpulan data berupa data primer yaitu dengan penyebaran angket atau koesioner, Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Asumsi klasik meliputi uji normalittas , Linearitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Dalam pengujian hipotesis dengan uji t dan uji fdan uji regresi dengan analisis regresi berganda.Hasil menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek terhadap minat pembeli . Hal ini ditunjukkan dengan yaitu thitung> ttabel yaitu (5,723 >1,671) dan sig 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh signifikan antara iklan terhadap minat pembeli yaitu thitung > ttabel yaitu (7.797 > 1,671) dan sig 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh signifikan antara citra merek dan iklan terhadap minat pembeli Fhitung> Ftabelyaitu(36.227 >3,15) dan sig (0,000 < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,551 atau 55,1% .Jadi dapat dikatakan bahwa 55,1 % minat pembeli kosmetik Wardah dipengaruhi citra merek dan iklan. Sedangkan sisanya 44,9 % dipengaruhi variablel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH KOMUNIKASI, KOMITMEN DAN KEUNTUNGAN BERSAMA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) PIALA MAKMUR SUNGAI GERINGGING Patria Nagara; Reno Ade Chandra
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, komitmen dankeuntungan bersama terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)Piala Makmur Sungai Geringging. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secarasimultan dan secara parsial pengaruh komunikasi, komitmen dan keuntungan bersamaterhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Piala Makmur SungaiGeringging digunakan analisis regresi linier berganda. Uji instrument penelitian yangdigunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalahuji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Sedangkanuntuk uji hipotesis digunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruhyang signifikan antara komunikasi terhadap loyalitas nasabah. Hal ini ditunjukkan dengan> yaitu 4,749 > 1,660 dan sig 0,000 < 0,05, dan terdapat pengaruh yangsignifikan antara komitmen terhadap loyalitas nasabah. Hal ini ditunjukkan dengan< yaitu 4,222 > 1,660 dan sig 0.000 < 0,05, dan terdapat pengaruh yangsignifikan antara keuntungan bersama terhadap loyalitas nasabah. Hal ini ditunjukkan dengan> yaitu 2,659 > 1,660 dan sig 0,009 < 0,05. Dan juga terdapat pengaruh yangsignifikan antara komunikasi, komitmen dan keuntungan bersama terhadap loyalitas nasabah.Hal ini ditunjukkan dengan > (21,197 > 2,70) dan sig (0,000 < 0,05), dankoefisien determinasi R square menunjukkan angka 0,398 atau 39,8%. Jadi dapat dikatakanbahwa 39,8% loyalitas nasabah dipengaruhi oleh komunikasi, komitmen, dan keuntunganbersama. Sedangkan sisanya 60,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalampenelitian ini..
PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, PAJAK DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PEMBAYARAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BEI Syofria Meidona
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan, pajak dan pertumbuhan perusahaan terhadap pembayaran dividen pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016, selama lima tahun periode yaitu periode 012-2016. Dari hasilanalisis regresi dapat disimpulkan bahwa secara parsial struktur kepemilikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil probabilitas sebesar 0,032. Selanjutnya pajak berpengaruh negatif terhadap pembayaran dividen. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai probabilitas pajak sebesar 0,112. Dan prtumbuhan perusahaan berpengarub positif terhadap pembayaran dividen. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai probabilitas pertumbuhan perusahaan sebesar 0,024. Dari hasl analisis regresi dapat diketahui pula bahwa secara bersama-sama variabel independen meiliki pengaruh yang signifikan antara sturktur kepemilikan, pajak dan pertumbuhan perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap pembayaran dividen pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN JUMLAH ANGKATAN KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA PARIAMAN Asrul; Mesa Kurniawati
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pertumbuhan Penduduk danJumlah Angkatan Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Pariaman. Variabelindependen dalam penelitian ini adalah Pertumbuhan Penduduk (x1), Jumlah Angkatan Kerja(x2) dan variabel dependentnya adalah Pertumbuhan Ekonomi (Y). Sumber data padapenelitian ini diperoleh dari data profil Kota Pariaman tahun 2012 sampai dengan 2018. Datadikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis,regresi, uji t, uji F dan determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Y = 2,266 +0,024X1+ 0,330X2. Hasil penelitian menunjukkan Pertumbuhan penduduk tidak berpengaruhsecara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Pariaman, secara parsial. Jumlahangkatan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di KotaPariaman, secara parsial. Pertumbuhan penduduk dan jumlah angkatan kerja secara silmultanberpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Pariaman, dengan R =0,987 dan Ajusted R Square = 0,960 atau 96% sisanya 4% adalah pengaruh lain yang tidakditeliti dalam penelitian ini.
PENGARUH KARAKTERISTIK KEPEMILIKAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Erniwati
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Menganalisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return On Equity (ROE.), (2) Menganalisis Pengaruh Kepemilikan Keluarga terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return On Equity (ROE), (3) Menganalisis Pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return On Equity (ROE), (4) Menganalisis Pengaruh Kepemilikan Asing terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return On Equity (ROE), (5) Menganalisis Kualitas Audit memoderasi pengaruh Karakteristik Kepemilikan terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return On Equity (ROE). Populasi dalam penelitian ini adalah 43 Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014 sampai 2017. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga di dapat sampel sebanyak 24 perbankan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan EVIEWS. Hasil pengujian menunjukkan 1 Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return on Equity (ROE) perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dari Tahun 2014-2017. 2) Kepemilikan keluarga berpengaruh signifikan negatif terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return on Equity (ROE) perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dari Tahun 2014-2017. 3) Kepemilikan institusional berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return on Equity (ROE) perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dari Tahun 2014-2017. 4) Kepemilikan asing berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return on Equity (ROE) perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dari Tahun 2014-2017. 5) Kualitas audit tidak berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Keuangan yang diukur dengan Return on Equity (ROE) perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dari Tahun 2014-2017. 6) Kualitas audit tidak memperkuat pengaruh kepemilikan manajerial terhadap Kinerja Keuangan. 7) Kualitas audit tidak memperkuat pengaruh kepemilikan Keluarga terhadap Kinerja Keuangan. 8) Kualitas audit tidak memperkuat pengaruh kepemilikan Institusional terhadap Kinerja Keuangan. 9) Kualitas audit tidak memperkuat pengaruh kepemilikan Asing terhadap Kinerja Keuangan.
PENGARUH PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA PARIAMAN TAHUN 2009-2017 Misharni; Ilham Multama; Sri Rahayu Dayanti
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Pajak Daerah danRetribusi Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Pariaman. Data penelitianyang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari BPKPD (BadanPerencanaan Keuangan Pembangunan Daerah) dan BPS (Badan Pusat Statistik)Kota Pariaman. Populasi dalam penelitian ini adalah Kota Pariaman Tahun 2009-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposivesampling. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan selama 9 tahun. Hasilpenelitian ini adalah Pajak Daerah secara parsial tidak berpengaruh terhadapPertumbuhan Ekonomi Kota Pariaman, dengan nilai signifikansi sebesar 0,197 yangberarti lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05. Retribusi Daerah secara parsialberpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Pariaman,dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi0,05. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah secara simultan berpengaruh positif dansignifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Pariaman dengan nilai signifikansisebesar 0,004 yang berarti lebihkecil dari tingkat signifikansi 0,05. Dan hasil Koefisien determinasi R2 sebesar84,4% sedangkan sisanya 15,6% yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
SWOT ANALISIS DAN MATRIK SWOT ANALISIS DALAM RANGKA PEMASARAN PRODUK PENDANAAN BANK (STUDI PT. BPR RANGKIANG AUR) Maskur Arif; Sabri; Patria Nagara; Nasfi
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study discusses the determination of marketing strategies based on internal and externaldata of the company. Marketing strategy is one way to support marketing programs toachieve marketing objectives, namely seeking profit and seeking customer satisfaction. Thepurpose of this study is to find a clear picture of marketing strategies in an effort to increasesavings and time deposits at PT. BPR Rangkiang Aur, using a descriptive approach to bankfunding from 2013 to 2017, with a population of 10 bank employees and 20 customers aswell as samples. Determination of marketing strategies using the SWOT analysis method.Data from internal companies come from the leadership, staff and employees of thecompany. While externally the company comes from savings and deposit customers. Basedon observations and considerations of all factors that influence the marketing strategy in aneffort to increase savings and deposits at PT. BPR Rangkiang Aur, the selected strategy isthe S-O strategy with a value of 3.7, the strategy is carried out by using the strengths ownedby utilizing the various opportunities that exist,
PENGARUH INFLASI DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI SUMATERA BARAT Zaki; Mutira Sani
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of inflation and the unemploymentrate on economic growth in West Sumatra partially and simultaneously. This research is aquantitative study with secondary data in the 2013-2018 observation period. Secondary datacollection uses the documentation method for inflation, unemployment and economic growthreport data from BI and BPS. The independent variable in this study is inflation and theunemployment rate, while the dependent variable is economic growth. Data analysis used ismultiple linear regression using SPSS version 16.00, the test results partially indicate thatinflation, the unemployment rate has a significant effect on economic growth. And the results ofthe tests simultaneously show inflation and the unemployment rate have a significant effect oneconomic growth, with a significance of 97.8% and the remaining 2.2% influenced by othervariables.
PENGARUH PENEMPATAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KABUPATEN AGAM Misharni; Ayu Ningsih
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of work placement on employee job satisfaction, the effect of workload on employee job satisfaction, the effect of work placement and work load on employee job satisfaction. This research is using quantitative data, data collected through a questionnaire and if using SPSS version 16, with a total sample of 36 people. The results of the study can be concluded,work placement affects employee Job Satisfaction at Agam Regency Political Unity Agency, Workload does not affect Employee Job Satisfaction in Agam Regency National Unity and Politics Agenc, simultaneous Work Placement and Workload affects Employee Job Satisfaction at Agam Regency Political Unity Agency, with R Square 750 or its influence 75% while 25% is influenced by other than the model under study. Suggestions in this study are,it is hoped that the Agam Regency National Unity and Politics Board will place employees according to their expertise and experience,it is hoped that the Agam Regency National Unity and Politics Board will provide workloads in accordance with standard work portions and modest work volume, it is hoped that the Agam Regency National Unity and Politics Board will pay attention to employee job satisfaction, the leaders are expected to pay attention or provide compensation / rewards to employees according to the work volume of their employees.
STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE ROTATING QUARTET EXCHANGE: SUATU UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Syahrial; Deby Handayani; Dedi Mardianto
Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59963/jpema.v3i1.10

Abstract

Penelitian ini didasari atas rendahnya hasil belajar siswa. Faktor yang mempengaruhinya adalahpembelajaran masih didominasi oleh Guru, dan siswa kurang diberi kesempatan melakukansesuatu selain mencatat, mendengar serta menyatakan informasi dengan kalimat mereka sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategipembelajaran aktif tipe rotating quartet exchange terhadap hasil belajar matematika siswa padaranah kognitif. Jenis penelitian ini yaitu pra eksperimen dan rancangan penelitian yangdigunakan adalah randomized control group only design.Berdasarkan tes akhir hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar matematika pada kelaseksperimen 83,68 dan rata-rata hasil belajar matematika kelas kontrol 72,13. Hasil analisa uji- t diperolehthitung = 3,58 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05. Disimpulkan thitung > ttabel menerima hipotesis alternatif(H1) yaitu hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, artinyapembelajaran aktif tipe rotating quartet exchange berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.