cover
Contact Name
Andri Putra Kesmawan
Contact Email
andriputrakesmawan@gmail.com
Phone
+6281990251989
Journal Mail Official
journal@idpublishing.org
Editorial Address
Jl. Sidorejo Gg. Sadewa No.D3, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Economics, Assets, and Evaluation
ISSN : -     EISSN : 30266602     DOI : https://doi.org/10.47134/jeae
Core Subject : Economy, Science,
Journal of Economics, Assets, and Evaluation (3026-6602) publishes original research that advances the frontiers of knowledge in economics, finance, and asset management. The journals scope includes a wide range of topics, such as: Economic theory and policy Financial theory and markets Asset pricing and valuation Portfolio management Risk management Performance evaluation The journal welcomes submissions from a wide range of disciplines, including economics, finance, accounting, and business administration. The journal is committed to publishing high-quality research that is relevant to academics, practitioners, and policymakers.
Articles 6 Documents
Analisis Distribusi Selling-in UD. Bumi Pepaya untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada Perkebunan Pepaya di Desa Wonosobo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Rival Bagus Prastyo; Budi Santoso; Yohanes Gunawan Wibowo
Journal of Economics, Assets, and Evaluation Vol. 1 No. 1 (2023): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jeae.v1i1.21

Abstract

Karena perkembangan dunia bisnis yang cepat, semakin banyak bisnis yang menjadi distributor UD. Bumi Pepaya. pasar barang dan jasa. Ini memiliki efek meningkatkan jumlah item yang tersedia dalam kualitas yang berbeda. Seluruh individu di dunia, khususnya para pelaku bisnis di era globalisasi ini, yang ingin mempertahankan eksistensinya harus mengerahkan seluruh potensi dan kekuatannya agar mampu bersaing dengan yang lain karena tingkat persaingan yang sangat ketat. Dalam wawancara ini, peneliti melakukan wawancara terbuka dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait Analisis Distribusi Selling-in Untuk meningkatkan Kinerja Pemasaran yang dilakukan UD. Bumi Pepaya yaitu dengan menerapkan 2 metode secara vertikal dan horizontal sehingga secara horizontal lebih banyak agen atau pedagang kecil yang mempercayai UD. Bumi Pepaya sebagai pemasoknya untuk memberi konsumen kepuasan terhadap buah pepaya yang dijual di tempat tersebut. Begitu pun secara vertikal petani yang telah mempercayai dan memiliki loyalitas terhadap UD. Variasi barang yang ditawarkan Bumi Pepaya kepada pelanggannya semakin berkembang. Distribusi selling-in dilakukan kepada UD. Sifat produk yaitu buah pepaya yang diproduksi oleh petani yang rentan rusak atau mudah busuk sehingga memerlukan penanganan yang baik pada saat proses pengiriman ke Bali dan Semarang merupakan salah satu faktor yang diperhatikan oleh petani Bumi Pepaya saat memilih saluran distribusi. Biaya penggunaan saluran distribusi Selling-in biaya yang ditentukan mulai awal sudah sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan oleh petani dengan distributor UD. Bumi Pepaya.
Analisis Strategi Pemasaran Lapangan Futsal Pasca Pandemi Covid di Mega Futsal Genteng, Kabupaten Banyuwangi Madita Romadhoni Pratiwi; Ahmad Izzudin; Jekti Rahayu
Journal of Economics, Assets, and Evaluation Vol. 1 No. 1 (2023): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jeae.v1i1.22

Abstract

Bisnis futsal yang ada di Indonesia semakin banyak dan persaingan antar pebisnis semakin ketat, Strategi Pemasaran Melalui AnalisiscStrengthaWeakness Opportunity Threat (SWOT) Pada Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal Mega Futsal Genteng Banyuwangi merupakan permasalahan yang mengemuka dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan pendekatan pemasaran yang digunakan oleh Genteng Futsal Mega Kabupaten Banyuwangi. memaparkan strategi pemasaran di Mega Futsal Genteng analisis SWOT Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti dan wawancara dengan partisipan. Mengenai analisis data SWOT, dengan mendeteksi atau menilai elemen internal dan eksternal perusahaan. Kekuatan dan kelemahan perusahaan membentuk elemen internalnya. Selain itu, pertimbangan eksternal perusahaan mencakup peluang dan bahaya bisnis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi perusahaan MEGA Futsal Genteng di Kabupaten Banyuwangi mengadopsi Strategi Berorientasi Pertumbuhan. Hal ini dikarenakan menurut analisis SWOT diagram Kartesius, kuadran dengan skor keseluruhan tertinggi adalah kuadran yang memiliki peluang dan kekuatan terbesar di MEGA Futsal Genteng Kabupaten Banyuwangi, sehingga berada pada posisi yang tepat untuk memanfaatkan peluang saat ini sambil meminimalkan kelemahan dan menangkis ancaman.
Analisis RBV (Resources Based View) untuk Menentukan Keunggulan Bersaing Perusahaan Pada UD. Tiga Putra Febri Rahmatullah; Bayu Wijayantini; Yohanes Gunawan Wibowo
Journal of Economics, Assets, and Evaluation Vol. 1 No. 1 (2023): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jeae.v1i1.23

Abstract

Permasalahan dalam melakukan analisis internal perusahaan adalah saat kita tidak punya dasar yang cukup beralasan untuk menentukan sumber daya perusahaan apakah sebagai sebuah kekuatan atau kelemahan. Kita harus mempunyai kriteria tertentu sehingga sumber daya tersebut layak dikatakan sebagai sebuah kekuatan atau kelemahan. Tujuan penelitian ini untuk menentukan keunggulan kompetitif melalui pendekatan teori RBV, RBV berfokus pada pemahaman mengenai potensi sumber daya dan kapabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan menempatkan sumber daya dan kapabilitas ke dalam empat kategori VRIO, VRIO merupakan alat untuk menentukan sifat dari sumber daya dan kapabilitas. Hasil analisis VRIO digunakan sebagai dasar untuk mengidentifikasi kompetensi yang dimiliki. Untuk mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan (Sustainable competitive advantage) sumber daya dan kapabilitas tersebut harus memiliki empat atribut penting yaitu: Valuable, Rare, Inimitable dan Organized. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kualitatif, data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan UD. Tiga Putra memiliki kekuatan yang bersifat strategis pada 10 sumber daya dan kapabilitas yang berada pada level Sustainable competitive advantage. Kemudian pada tingkatan lain, terdapat 1 sumber daya berada pada level Competitive disadvantage. 1 sumber daya berada pada level Competitive Parity. 6 sumber daya dan kapabilitas berada pada level Temporary competitive advantage. Keunggulan kompetitif dapat diciptakan dan dipertahankan melalui kombinasi unik dari berbagai sumber daya dan kapabilitas perusahaan. Diharapkan agar perusahaan dapat mempertahankan 10 keunggulan bersaing yang berada pada level Sustainable competitive advantage dan menjadi titik fokus perusahaan, serta mengembangkan kemampuan perusahaan yang bersifat Competitive parity, Temporary competitive, dan Unused Competitive advantage agar bisa menjadi Sustainable competitive advantage.
Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi PT Putra Kalistail Banyuwangi dalam Meningkatkan Pelayanan pada Pelanggan Aulia Chandra Widya Nurmala; H.M. Thamrin
Journal of Economics, Assets, and Evaluation Vol. 1 No. 1 (2023): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jeae.v1i1.24

Abstract

Ekspedisi Putra Kalisetail sebagai lembaga yang bergerak di bidang ekspedisi bidang jasa menggunakan berbagai teknik pemasaran untuk mengkomunikasikan produknya. Word of Mouth dan sponsorship merupakan salah satu strategi pemasaran yang diterapkan. WOM (word of mouth) berperan penting dalam kegiatan pemasaran karena berpengaruh positif dan negatif terhadap persepsi konsumen. Pelayanan merupakan faktor terpenting dalam menentukan kepuasan pelanggan karena kualitas pelayanan dirasa memiliki hubungan erat yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan atas suatu jasa yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran jasa PT Putra Kalisetail Expedition dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan, faktor pendukung strategi Marketing Communication PT Putra Kalisetail Expedition yang mempengaruhi peningkatan konsumen PT Putra Kalisetail Expedition, serta pola kemitraan dibangun oleh PT Putra Kalisetail Expedition pada pelanggan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan diperoleh melalui metode wawancara dan observasi serta diperoleh pula melalaui sumber publikasi, buku dan jurnal akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi word-of-mouth dan sponsorship merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, namun tidak dipungkiri jika diperlukan perusahaan akan menggunakan strategi lain, seperti menggunakan media sosial yang berguna untuk memperluas jaringan. lebih jauh. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan PT Putra Kalisetail Expeditions adalah kepemilikan armada angkut sendiri, jam terbang yang cukup, dan sistem pelayanan yang dimiliki oleh PT Putra Kalisetail Expedition yang membuat pelanggan senang menggunakan layanannya.
Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek (Go-Food) Naufal Afi Zarkasyi; Retno Indah Supeni; Seno Sumowo
Journal of Economics, Assets, and Evaluation Vol. 1 No. 1 (2023): September
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jeae.v1i1.25

Abstract

Di era yang semakin modern sekarang ini banyak sekali perkembangan pada berbagai bidang, seperti teknologi informasi dan komunikasi bahkan proses transaksi jual beli melalui dunia digital. Seiring dengan perkembangan teknologi sebagai alat komunikasi menyebabkan semakin tingginya pertumbuhan pengguna internet, maka terjadinya persaingan jasa transportasi pengantar makanan yang salah satunya jasa transportasi pengantar makanan online berupa Gojek (Go-Food). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tiga variabel yaitu e-service quality, dan perceived value terhadap loyalitas pelanggan dimana hipotesis dalam penelitian ini e-service quality, perceived value terhadap loyalitas pelanggan secara parsial. Objek penelitian ini adalah Gojek yang ada di Universitas Muhammadiyah Jember Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya untuk GOFOOD. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 96 responden menggunakan teknik Purpossive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara serta kuisioner. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reabilitas, analisis linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji t, koefisiensi determinasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan perceived value berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Analisis Hubungan Faktor Lokasi dengan Harga Transaksi Rumah Tinggal Tipe Sederhana (Studi Kasus Kabupaten Bantul, Kulonprogo dan Sleman) Anisa Nurpita; Ike Andjani; Fatima Putri Prativi; Rakhmayani Ardhanti
Journal of Economics, Assets, and Evaluation Vol. 1 No. 2 (2023): December
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jeae.v1i2.46

Abstract

Menurut data Provinsi DIY dalam angka BPS Tahun 2022, Provinsi DIY memiliki pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen pada tahun 2021 dimana menurut data Bank Indonesia pada tahun 2021 tersebut kontribusi sektor pariwisata sebesar 10 persen, konstruksi 10 persen serta riel estate sebesar 7 persen. Berdasarkan data REI DIY, pada tahun 2021 permintaan properti di Provinsi DIY naik sebesar 20 persen. Jika dilihat berdasarkan data REI DIY, properti di DIY didominasi 90 persen adalah hunian komersial dan 10 persen adalah hunian subsidi. Rerata tahunan penawaran rumah di Provinsi DIY sebesar 1500 rumah dimana 250 merupakan rumah subsidi. Saat ini pembangunan perumahan yang dilakukan oleh pengembang hampir sebagian besar adalah rumah tipe sederhana. Lokasi merupakan faktor penentu harga perumahan yang paling penting (Chen dan Hao, 2008). Pemilihan lokasi menjadi faktor utama seseorang memutuskan untuk membeli sebuah properti khususnya rumah tinggal. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan lokasi terhadap harga transaksi rumah tinggal sederhana di Kabupaten Sleman, Bantul dan Kulonprogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lokasi yang memiliki korelasi kuat yaitu Jarak Rumah Tinggal ke CBD (Central Business District) atau Pusat Kota untuk rumah tinggal tipe sederhana yang ada di Kabupaten Sleman dan Bantul. Selain itu untuk lokasi rumah tinggal sederhana di Kabupaten Sleman, jarak dengan fasilitas kesehatan juga memiliki korelasi terhadap harga transaksi rumah tinggal. Sedangkan untuk Kabupaten Kulonprogo ternyata faktor lokasi tidak berhubungan erat dengan harga transaksi rumah tinggal sederhana.

Page 1 of 1 | Total Record : 6