cover
Contact Name
Sumarno
Contact Email
gusmarno1912@gmail.com
Phone
+6285647497756
Journal Mail Official
gusmarno1912@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mantingan-Ngawi Km. 01, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
Al-lubab
ISSN : 25021850     EISSN : 27768236     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Journal Al-Lubab (P-ISSN : 2502-1850, E-ISSN : 2776-8236) : is a Research Journal of Islamic Education and Religion which is a forum for information in the form of research results, literature studies, ideas, application of theories and critical analysis studies in the field of Islamic education and religious scholarship. The al-lubab journal is published twice a year, intended to be a discourse, reference, information and solution to the problems that are currently developing. Al-Lubab can be interpreted as substance (if associated with form) or content and essence (if associated with fruit). In addition to encapsulating the meaning of "the best choice of all," this word is also used to describe a bright mind, a clear mind, and a calm heart. For those who want to participate in writing the Al-Lubab Journal, please send your article to e-mail: journal.allubab1912@gmail.com.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2015): Al Lubab" : 1 Documents clear
NILAI ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN DI TINJAU DARI SURAT AL-MUJADALAH AYAT 11 Jurnal Al Lubab
Al-Lubab : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam Vol 1 No 1 (2015): Al Lubab
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19120/al-lubab.v1i1.3479

Abstract

Sejak awal Islam telah memberikan perhatian yang amat besar terhadap penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran dalam arti seluas-luasnya dan bukan hanya berarti formal seperti di sekolah. Hal ini antara lain dapat dilihat pada apa yang secara normatif-teologi ditegaskan dalam al-Qur’an dan as-Sunnah, dan pada apa yang secara empiris dapat dilihat dalam sejarah. Berangkat dari hal tersebut penelitian ini memfokuskan penelitian pada nilai-nilai ilmu pengetahuan dan pendidikan di tinjau dari surat al-mujadalah ayat 11.Dengan menggunakan pendekatan kajian kepustakaan, penelitian ini dapat menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Rasul mengajak untuk saling meluangkan dan meluaskan tempat ketika berada di majelis, tidak saling berdesakan dan berhimpitan. (2) Perintah untuk memberikan kelapangan dalam mendatangkan setiap kebaikan dan memberikan rasa kebahagiaan kepada setiap orang Islam. (3) Petunjuk dalam ilmu pengetahuan, agar dikembangkan untuk tujuan peningkatan ibadah, akidah dan akhlak yang mulia. (4) Ilmu pengetahuan dalam proses pendidikan yang sesuai dengan al-Qur’an akan menjauhkan manusia dari sikap takabur, sekuler dan ateistik.

Page 1 of 1 | Total Record : 1