cover
Contact Name
Reza Akbar
Contact Email
rezaakbaraplus@gmail.com
Phone
+6281254504942
Journal Mail Official
glorespublication@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tabrani Desa Saing Rambi Komplek Adenia 4A, Sambas Kalimantan Barat, Indonesia, Kode Pos 79460.
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Aksioreligia
ISSN : -     EISSN : 29866030     DOI : https://doi.org/10.59996
Core Subject : Religion, Social,
AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman is a scientific journal that focuses on publications in the fields of Islamic studies such as Islamic law, sharia economics, Islamic education, sharia accounting, Islamic astronomy, Islamic history and culture, dakwah science, the science of interpretation and hadith, Islamic Philosophy, and other Islamic studies.
Articles 10 Documents
Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Membudayakan Shalat Dhuha di SMP Plus Maarif NU Parigi Riksa Iqomah
Aksioreligia Vol. 1 No. 1 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i1.16

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pelaksanaan manajemen kurikulum di SMP Plus Maarif NU Parigi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data peneliti meliputi kepala sekolah, guru, siswa dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data di lapangan dengan proses analisis terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi manajemen kurikulum mengenai shalat dhuha ini dilakukan setiap satu minggu di hari jum’at untuk mengetahui kendala dan cara menyelesaikan kendala tersebut secara langsung. Faktor yang menghambat dalam membudayakan shalat dhuha berjamaah yaitu kurangnya kesadaran bersama para guru. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan menjalin hubungan yang baik dengan para guru dan staf. Faktor yang mendukung dalam membudayakan shalat dhuha yaitu fasilitas yang cukup memadai, hubungan yang baik dengan para guru, staf karyawan, dan masyarakat di lingkungan sekolah sehingga program membiasakan pelaksanaan shalat dhuha untuk kedisiplinan siswa berjalan dengan sukses.
Manhaj Tahlili bi al-Ra’y: Analisis Manhaj Tafsir Al-Qur’an At-Thabari dalam Tafsir Jami’ul Bayan ‘an Ta’wilil Qur’an Chusnul Chotimah
Aksioreligia Vol. 1 No. 1 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i1.72

Abstract

Menelaah corak pemikiran memiliki posisi yang amat penting bagi seorang scholar. Salah satu bahan atau objek telaah yang selalu menarik perhatian para peneliti adalah karya tafsir. Salah satu kitab tafsir yang kajiannya amat luas dan mendalam adalah kitab tafsir yang ditulis oleh At-Thabari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manhaj tafsir At-Thabari yang terdiri dari metode dan sumber-sumber pemikirannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan paradigma kualitatif. penelitian ini menggunakan data sekunder dan tipe penelitian kepustakaan. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh bahwa manhaj tafsir At-Thabari dapat didentifikasi melalui sumber dan metode pemikirannya yaitu menerapkan metode tahlili bi al-ra’y. Sumber pemikirannya secara dominan adalah riwayat yang terdiri dari ayat Alquran, hadis, riwayat sahabat, dan riwayat tabi’in. Adapun ciri khas tafsirnya adalah riwayat-riwayat disajikan berjumlah sangat banyak.
Corak dan Logika Penafsiran At-Thabari dalam Jâmi’ul Bayân ‘an Ta’wîlil Qur’ân Eman Suherman; Khairul Katsirin
Aksioreligia Vol. 1 No. 1 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i1.73

Abstract

Penelitian ini didorong oleh fakta bahwa tafsir At-Thabari-yang termasuk karya awal tokoh Islam-sampai saat ini masih berdiri kokoh dan berpengaruh. Tafsir At-thabari menguraikan makna sebuah kata secara mendalam, baik dari segi makna menurut berbagai pendapat dan riwayat maupun dari segi kaidah Bahasa Arab. Tafsirnya dijuluki sebagai tafsir paling lengkap dan paling komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji orientasi (ittijah) penafsiran At-Thabari dalam Kitab Jami’ul Bayan ‘An Takwilil Quran apakah termasuk tafsir berorientasi pada fikih, akidah, dan lain sebagainya. Penelitian ini juga menelaah secara sepintas logika pemikiran At-Thabari dengan perspektif teori The History of idea of Qur’anic Interpretation. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis datanya bergaya deduktif. Berdasarkan penelitian ini, diungkap bahwa Ittijah tafsir At-Thabari cenderung ke arah kebahasaan dan fikih. Selain itu, berdasarkan teori The History of Idea of Qur’anic Interpretation, logika tafsir At-Thabari termasuk ke dalam nalar quisi-kritis.
Potret Dimensi Pengukuran Standar Miskin menurut Badan Pusat Statistik dan Konsep Islam: Studi Komparatif Muhamad Paizal; Srihani; Wahyu Perdana
Aksioreligia Vol. 1 No. 1 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i1.76

Abstract

Konsep kemiskinan merupakan suatu konsep yang bersifat multidimensi dan sulit untuk didefinisikan secara tunggal. Sejauh ini, konsep miskin masih dalam perdebatan dan dialog yang patut disoroti serta pngukuran pun berbeda berdasarkan presfektif yang dianut. Salah satu aspek penting untuk mendukung strategi penanggulangan kemiskinan adalah tersedianya data kemiskinan yang akurat. Pengukuran kemiskinan yang dapat dipercaya dapat menjadi instrumen tangguh bagi pengambil kebijakan dalam memfokuskan perhatian pada kondisi hidup orang miskin. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkomparasikan standar pengukuran kemiskinan menurut BPS dan menurut konsep ekonomi Islam. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan dengan paradigma kualitatif-komparatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa persamaan konsep pengukuran kemiskinan BPS dan ekonomi Islam terletak pada definisi miskin sebagai orang yang berada dalam kekurangan dan menjadikan kemiskinan sebagai faktor utama permasalahan ekonomi. Perbedaannya adalah bahwa konsep pengukuran BPS berorientasi pada kebutuhan untuk bertahan hidup dalam waktu singkat, berrfokus pada kebutuhan materiil, dan parameternya bersifat sementara. Sedangkan dalam konsep pengukuran ekonomi Islam, disoroti kebutuhan materiil dan akidah, dan parameter yang digunakan dapat diberlakukan sepanjang masa.
Literasi dan Potensi Zakat Perkebunan: Studi Terhadap Pemahaman Masyarakat Muslim di Desa Cepala Kabupaten Sambas Azhar Azhar; Eviza Eviza; Misra Misra; U. Sulia Sukmawati
Aksioreligia Vol. 1 No. 1 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i1.88

Abstract

Cepala adalah desa dengan lahan terluas di kecamatan Tekarang yang memiliki berbagai macan jenis perkebunan sehingga memiliki potensi yang besar untuk zakat perkebunan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualititif, yang bertujun untuk memberitahukan seberapa pentingnya literasi zakar yang harus diketahui masyarakat Desa Cepala khususnya. Hasil yang di dapat pun tidak sejalan dengan ekspektasi di lapangan dengan rendahnya tingkat literasi di kalangan para petani menjadikan tersendatnya penyaluran dana zakat yang seharusnya ditunaikan setiap tahunnya untuk zakat perkebunan. Sudah seharusnya hal ini menjadi perhatian setiap kalangan mengingat bahsanya zakat tidak hanya merupakan rukun Islam, namun zakat juga merupakan salah satu instrument pengentas kemiskinan yang paling ampuh. Sudah seharusnya lembaga zakat BASNAZ kabupaten Tekarang Desa Cepala melirik hal tersebut dan melakukan aksi nyata dalam meningkatkan literasi zakat perkebunan di Kabupaten Tekarang Desa Cepala.
Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Pembiayaan Macet Pada Koperasi Syariah Mitra Dhuafa Sahrul Gunawan; Yuliawati Yuliawati; Muhamad Ridwan
Aksioreligia Vol. 1 No. 2 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i2.239

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab pembiayaan macet Koperasi Syariah Mitra Dhuafa serta mengetahui tindakan-tindakan yang diambil dalam menangani pembiayaan macet. Penelitian menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data utama dari penelitian ini, yaitu bersumber dari data primer dari lapangan yang dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi dengan karyawan dan beberapa nasabah yang melakukan pembiayaan di Koperasi Syariah Mitra Dhuafa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal-hal yang menyebakan terjadinya pembiayaan macet disebabkan oleh krisis ekonomi yang dialami oleh nasabah selama ini pandemi Covid-19, usaha nasabah mengalami penurunan, sampai dengan adanya masalah keluarga. Upaya yang dilakukan adalah dengan mendatangi rumah nasabah yang macet menelusuri sebabnya dan mencari solusi bersama. Sedangkan cara lain yang dilakukan nasabah dalam mencegah pembiayaan macet adalah dengan menggunakan sistem tanggung renteng. Pencegahan terhadap terjadinya pembiayaan macet yang dilakukan oleh Koperasi Syariah Mitra Dhuafa adalah dengan memberikan proses yang lebih cepat dan mudah saat ingin melakukan pembiayaan selanjutnya serta memberikan sembako pada saat menjelang hari Raya Idul Fitri bagi nasabah yang lancar dalam membayar angsuran pembiayaan.
Psikologi Kepribadian dalam Perspektif Islam Aspi Nurjanah; Dede Nurhida; Haris Maulana
Aksioreligia Vol. 1 No. 2 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i2.255

Abstract

Pendidikan merupakan sarana penting dalam mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi unggul. Selain itu dalam pendidikan, kepribadian peserta didik juga perlu dilatih agar karakteristiknya sesuai dengan norma-norma yang ditentukan. Mirisnya bangsa saat ini dalam hal moral sangatlah memprihatinkan, apalagi untuk kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi psikologi kepribadian pada peserta didik dalam perspektif Islam. Metode penelitian ini ditempuh dengan pendekatan kualitatif dan kepustakaan. Berdasarkan kajian ini, diperoleh bahwa psikologi kepribadian dalam prespektif Islam berhubungan dengan tingkah laku manusia dan aspek psikologis yang tidak terpisahkan dari nilai-nilai agama Islam. Nilai-nilai fundamental Islam tentang kepribadian lebih banyak merujuk pada substansi manusia yang terdiri dari substansi jasmani, ruhani, dan nafsani.
Menelisik Peran Team Building Fatayat Nahdlatul Ulama di Desa Pagerbumi Dede Asiah
Aksioreligia Vol. 1 No. 2 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i2.258

Abstract

Keberadaan organisasi Fatayat Nahdlatul Ulama di Desa Pagerbumi merupakan wujud dari hadirnya jiwa-jiwa muslimah muda. Adanya organisasi ini, telah mampu menampung aspirasi muslimah-muslimah muda agar mereka bisa berkontribusi dalam keberlangsungan hidup yang semakin modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana peran Fatayat dalam menjalankan kehidupan antara memanaj waktu mengurus keluarga dan juga organisasi. Metode penilitian yang diambil dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu mengumpulkan data dengan cara wawancara, observasi dan juga studi kasus dari kasus-kasus sebelumnya yang ada di Fatayat NU desa pagerbumi. Sejauh ini, Fatayat Nahdlatul Ulama senantiasa berbaur bersama masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa, menciptakan kedamaian di masyarakat, membantu kebutuhan masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera.
Penanaman Akhlak dan Tasawuf Sebagai Upaya Penguatan Super Ego bagi Santri di Pondok Pesantren Babakan Jamanis Parigi Pangandaran Nova Merisa; Acep Ridwan Maulana
Aksioreligia Vol. 1 No. 2 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i2.262

Abstract

Mendidik generasi muda, menjaga rasa aman lingkungan, dan menjaga kesatuan bangsa merupakan tanggung jawab semua pihak. Tanggung jawab ini juga diemban oleh lembaga pendidikan sekolah dan memiliki peran yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui perencanaan, implementasi, dan implikasi taktik penanaman akhlak dan tasawuf sebagai upaya penguatan super ego bagi santri-santriwati Pondok Pesantren Babakan Jamanis Parigi. Penelitian yang dilakukan pada Pondok Pesantren Babakan Jamanis Parigi ialah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data memakai wawancara, observasi, dan dokumentasi. Beberapa penguatan karakter santri yang biasa diterapkan sehari-hari ialah sholat tahajjud bersama, sholat dhuha bersama, sholat fardhu 5 waktu berjamaah dan menghafal bersama. Kegiatan keagamaan ini menjadi agenda wajib yang diikuti oleh seluruh santri setiap harinya. Di luar aktivitas peribadatan, santri dan santriwati Pondok Pesantren Babakan Jamanis juga dibiasakan untuk melakukan bersih-bersih lingkungan bersama, menghafal bersama dan berolahraga bersama. Sebagai lembaga pendidikan Islam, Pondok Pesantren Babakan Jamanis benar-benar mengaktualisasikan nilai-nilai akhlak dan tasawuf kepada para santrinya.
Dakwah Islam dan Transformasi Pendidikan Islam di Nusantara Dinda Wulandari; Khaizah Anba’a Khikmah; Lailatul Lutvyah; Mutiara Latifah; Nusyaibah; Dewi Fatimah Putri Arum Sari
Aksioreligia Vol. 1 No. 2 (2023): AKSIORELIGIA: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/aksioreligia.v1i2.277

Abstract

Dakwah Islam telah masuk ke Nusantara sejak abad ke-7 melalui para pedagang Arab yang berlayar ke wilayah Nusantara. Namun dakwah Islam secara intensif dan sistematis baru dimulai abad ke-13 dengan kedatangan para Ulama dari Timur Tengah dan India. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari peran dakwah dalam masuknya Islam di Nusantara, khususnya dalam konteks pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif-analitis dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber primer dan sekunder. Pendidikan agama Islam menjadi salah satu peran penting dalam menyebarkan dakwah Islam di Nusantara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah memainkan peran penting dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara, khususnya melalui pendidikan agama Islam berupa adanya sistem pendidikan surau, sistem pendidikan masjid, sistem pendidikan pondok pesantren dan madrasah. Pendidikan agama Islam menjadi sarana utama untuk menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat Nusantara, yang pada gilirannya membantu memperkuat identitas Muslim dan memperluas pengaruh Islam di wilayah tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 10