cover
Contact Name
Yeanny Suryadi
Contact Email
geci21005@gmail.com
Phone
+6289635640465
Journal Mail Official
geci@itscience.org
Editorial Address
Official : Jl. Pancasila, Gg. M. Nur Batangkuis, Deli-Serdang, Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Generasi Ceria Indonesia
ISSN : -     EISSN : 29879264     DOI : 10.47709
Core Subject : Education, Social,
Jurnal ini ( GECI ) bertujuan membangun pendidikan bagi anak-anak oleh para akademisi yang ingin ikut terlibat dalam pembangunan pendidikan bagi Indonesia. Tidak terbatas hanya kepada penelitian terhadap dunia pendidikan dasar pada umumnya, tetapi juga ikut menampilkan keterlibatan pada akademisi terhadap pendidikan dasar bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk dalam dunia inklusi dan pendidikan khusus. Tuliskan penelitian Anda secara sistematis , sampaikan hasil dan tujuan secara jelas, agar dipahami pembaca dan penelitian Anda selanjutnya dapat dikembangkan oleh peneliti lain, dengan harapan ilmu pengetahuan dan hasil riset anda bermanfaat dalam dunia pendidikan. Aims and Scope Pendidikan Dasar Pendidikan Khusus Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan individu autisme
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset May 2023" : 5 Documents clear
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN GURU DI SD NEGERI 101964 JAHARUN A KECAMATAN GALANG Cindi Safitra Saragih
Jurnal Generasi Ceria Indonesia Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset May 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/geci.v1i1.2316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan yang digunakan oleh guru di sekolah dasar dan dampaknya terhadap prestasi siswa. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap 10 orang guru di sekolah dasar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 Gaya kepemimpinan yang diterapkan sebagai gaya kepemimpinan guru SD Negeri 101964 Jaharun A: (1) Gaya kepemimpinan yang otokratis sebesar 20 %, (2) Gaya kepemimpinan yang demokratis sebesar 70%, (3) Gaya kepemimpinan laissez faire sebesar 10%. Hasil penelitian: Hasil dari penelitian ini menunjukan gaya kepemimpinan yang paling banyak diterapkan pada sekolah tersebut adalah gaya kepemimpinan demokratis. Kesimpulan: Kepemimpinan dengan gaya demokratis cukup efektif dalam mencapai tujuan kepemimpinan terkait. Gaya kepemimpinan demokratis memberikan kesempatan partisipasi kepada siswa dalam proses pembelajaran dan memperhatikan kebutuhan individu siswa.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Berbasis Self Efficacy dalam Meningkatkan Kinerja Guru MIN 12 Medan Savira Maharani
Jurnal Generasi Ceria Indonesia Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset May 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/geci.v1i1.2322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah berbasis self-efficacy dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian: Metode yang dipakai dalam studi ini metode deskriptif kuantitatif dengan sampelnya kepala sekolah dan guru di MIN 12 Medan. Data dikoleksi memakai kuisioner skala Likert. Olahan memakai regresi sederhana, ganda, dan parsial. Hasil penelitian: Hasil studi merujuk ke pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah berbasis sefl efficacy dalam menaikan kinerja guru 0,790 (korelasi kuat), dengan capaian sebesar 55% sangat besar dan sisanya 45% karena faktor lain. Kesimpulan: Selaras akan temuan studi, maka konklusinya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berbasis self efficacy berpengaruh secara signinifikan terhadap kinerja guru.
Gaya Kepemimpinan Wali Kelas Dalam Perspektif Psikologi Di SD Negeri 107955 Lubuk Pakam Jesika Sitorus
Jurnal Generasi Ceria Indonesia Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset May 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/geci.v1i1.2375

Abstract

Latar belakang: Penelitian ini dengan bertujuan mendeskripsikan sifat-sifat kepemimpinan wali kelas, yang sangat penting dalam mendidik peserta didik, mendeskripsikan psikologi kepemimpinan wali kelas, serta merancang model kepemimpinan wali kelas dalam perspektif psikologi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 107955 Lubuk Pakam.Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sedangkan Tekniknya melalui data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analsis data dengan model interaktif.Hasil penelitian: Hasil Penelitian yang dilakukan bahwa sifat-sifat kepemimpinan yang ditampilkan wali kelas adalah obejektif, empati, peka, membangun komunikasi kepada orang tua murid, mengolah administrasi kelas dengan rapi, adil, menguasai psikologi pendidikan, ramah, dan demokratis.Kesimpulan: Gaya Kepemimpinan wali kelas ini sangat bagus untuk memberikan kesempatan partisipasi kepada siswa dalam proses pembelajaran dan memperhatikan setiap kebutuhan individual siswa.
Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar 175771 Siaro Jimmi Morgan Sihombing
Jurnal Generasi Ceria Indonesia Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset May 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/geci.v1i1.2400

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD N 175771 SIARO. Latar belakang: Gaya kepemimpinan adalah, sikap, gerak-gerik, atau penampilan yang dipilih pemimpin dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya. Gaya yang dipakai oleh seorang pemimpin satu dengan lainnya berbeda, tergantung pada situasi dan kondisi kepemimpinannya. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dengan menggunakan angket, serta wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah yang bertugas di SD N 175771 SIARO. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kemajuan sekolah dapat dikatakan “cukup”. Kepala sekolah dalam rangka meningkatkan perhatian individual adalah memberikan kesempatan belajar, mendelegasikan wewenang, mendengarkan dengan penuh perhatian, melatih dan memberikan umpan balik, serta memberdayakan bawahan. Kesimpulan: Kualitas sekolah akan meningkat apabila karakter seorang pemimpin itu baik dan sesuai kebutuhan sekolah tersebut. Kepala sekolah juga harus mempunyai gaya kepemimpinan sendiri dalam mengelola seluruh unsur yang ada disekolah baik kinerja guru, mutu pendidikan dan lainnya. Selain itu, bagaimana seorang kepala sekolah menggunakan kekuasaannya sehingga tujuan, visi dan misinya tercapai.
Peran Guru Dalam Menambahkan Nilai Toleransi di Sekolah Dasar 175771 Siaro Jimmi Morgan sihombing
Jurnal Generasi Ceria Indonesia Vol. 1 No. 1 (2023): Artikel Riset May 2023
Publisher : Information Technology and Science (ITScience)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/geci.v1i1.2405

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan pentingnya peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada Siswa Kelas II di SD N 175771 SIARO.Latar belakang: Pendidikan karakter pada Siswa SD N 175771 SIARO merupakan salah satu pondasi yang sangat penting untuk ditanamkan pada diri anak. Lembaga sekolah terutama guru memiliki peran penting dalam mengenalkan. Salah satu nilai karakter yang ditanaman kepada anak adalah toleransi. Penanaman nilai toleransi sejak dini bertujuan agar anak memiliki rasa menghargai keberagaman.Metode penelitian: Peneitian ini menggunakan metode studi literature kajian pustaka dengan mengumpulkan berbagai sumber ilmiah.Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak antara lain dengan merancang kurikulum toleransi, memiliki kompetensi yang optimal dan proporsional serta memiliki komitmen yang kuat dalam memberikan teladan kepada anak mengenai nilai-nilai karakter salah satunya nilai toleransi. Kesimpulan:Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi juga dapat melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan beberapa metode seperti memberikan keteladanan, pemberian arahan, pembiasaan, kegiatan mendongeng, kegiatan permainan, dan penggunaan media.

Page 1 of 1 | Total Record : 5